Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tempat Wisata Favorit di Puncak Bogor Paling Banyak Dikunjungi

Daftar Isi

10 Tempat Wisata Favorit di Puncak Bogor Paling Banyak Dikunjungi
credit:flickr.com

Tempat Wisata Paling Seru di Puncak Bogor

Mengisi liburan akhir pekan ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi, terutama warga Jakarta yang bosan dengan hiruk pikuk kendaraan dan kemacetan. Salah satu tempat wisata alternatif di Jakarta yang paling sering dikunjungi adalah Puncak Bogor. Di puncak kawasan wisata tersebut banyak terdapat wisata alam yang memiliki pemandangan yang sangat indah yang dapat memberikan ketenangan pikiran dan jiwa.

Selain itu, lokasi puncak Bogor juga tidak terlalu jauh dari kota Jakarta. Suasana di udara yang sejuk dan bersih juga membuat puncak selalu dipenuhi banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Tempat Wisata di Puncak Bogor juga dikenal dengan kawasan perkebunan yang sangat indah dan jalanan yang berkelok-kelok. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tempat wisata menarik indonesia di atas, silahkan anda simak ulasan puncak wisatanya berikut ini :

1. Taman Wisata Matahari

taman-wisata-matahari
credit:flickr.com

Taman wisata matahari merupakan salah satu tempat wisata yang ada di tempat yang sangat diminati puncak keramaian turis. Suasana di tempat-tempat tersebut sangat sejuk, selain itu terdapat banyak fasilitas hiburan di dalamnya seperti permainan anak-anak, ATV, arung jeram, kolam renang. Bahkan ada juga penginapan dan pusat perbelanjaan. 

Wajar saja, tempat wisata ini selalu dipenuhi oleh orang-orang dari berbagai daerah. Harga tiket masuknya juga terbilang murah dan Anda bisa menikmati segala hiburan dengan segala fasilitas yang sangat lengkap yang berada di Taman Wisata Matahari. (Baca Juga Taman Wisata Matahari)

2. Curug Kembar

Diberi nama curug kembar karena keduanya saling berdampingan. Airnya yang begitu bersih dan juga memiliki suasana yang cukup sejuk menjadikan kawasan air terjun ini menjadi tempat favorit para wisatawan. 

Air terjun kembar terletak di Cisarua. Untuk mencapai air terjun ini anda harus melewati jalan yang berbatu, namun perjalanan anda tidak akan terasa karena di sekelilingnya terdapat pepohonan hijau yang memberikan kesejukan bagi diri anda.

3. Taman Safari

taman-safari-indonesia
credit:flickr.com

Kebun binatang yang memiliki berbagai macam satwa dengan pemandangan alam yang sangat indah ini sudah dikenal banyak orang di seluruh Indonesia. Berbeda dengan kebun binatang di tempat lain, di Taman Safari Anda bisa melihat satwa dari dalam mobil, dan Anda juga bisa memberi makan secara langsung. 

Namun, ketika Anda memasuki area satwa liar, maka Anda harus menutup kaca depan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, Anda juga dapat menikmati berbagai atraksi satwa seperti gajah, elang, jerapah dan lainnya.

4. Curug Cibeureum

curug-cibeureum
credit:flickr.com

Selain Curug Panjang dan Curug Cilember, di kawasan Bogor juga terdapat Curug Cibeureum. Air terjun atau air terjun memiliki dua air terjun lain yang lebih kecil. Yaitu air terjun dan air terjun Cidendeng Cikundul. Meskipun merupakan air terjun atau curug terbesar di kawasan ini, namun Curug Cibeureum adalah yang terpendek. 

Namun lokasinya lebih terbuka dibandingkan air terjun lainnya, air terjun Cibeureum ini memiliki lebih banyak wisatawan. Di sebelah kanan air terjun adalah Cidendeng Cibeureum. Meski ukurannya tidak lebih besar dari Curug Cibeureum, Curug Cidendeng lebih tinggi dari Curug Cibeureum. Dan Cidendeng sebelah kanan adalah air terjun Cikundul, namun yang satu ini lebih sulit dijangkau karena letaknya agak tinggi dan tersembunyi di antara dua tebing.

5. Puncak Taman Melrimba

Jika air terjun Cibeureum masih alami, di Puncak juga terdapat alam yang dibuat dengan konsep taman alami, yaitu Puncak Taman Melrimba yang luasnya 5 hektar di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Taman ini menjadi salah satu destinasi bagi keluarga yang menyuguhkan banyak keindahan alam dan fasilitas menarik. 

Mulai dari Taman Wisata Melrimba Garden, Forum Sentra Bunga Anggrek Bulan, Melrimba Kitchen, Playground, dan Kampung Melrimba di Weekend. Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas parkir kendaraan yang memadai.

6. Air Terjun Panjang

Di daerah Bogor dikenal banyak terdapat air terjun atau air terjun di kaki Gunung Gede atau bukit-bukit kecil. Salah satunya adalah panjangnya air terjun di lereng Gunung Paseban, Desa Citaming, Paseban, Megamendung, Bogor. Bagi anda yang menyukai alam, jika sedang berkunjung ke Bogor, kami anjurkan untuk mampir ke panjang air terjun ini. 

Seperti namanya, air terjun “Panjang” bentuknya vertikal tidak seperti kebanyakan air terjun lainnya. Bentuknya adalah air terjun memanjang atau panjang yang terbentuk dengan panjang lereng kurang lebih 20 meter mencapai aliran air yang cukup deras. 

Asal muasal air terjun ini dari sungai Cirangrang, dari sungai tersebut membentuk empat air terjun. Mulai dari Curug Blao di puncak, kemudian Curug Panjang, Curug Bunder, hingga Curug Barong.

7. Puncak Gunung Gede Pangrango

puncak-gunung-pangrango

Di atas air terjun terdapat Gunung Gede Pangrango. Nah, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango atau TNGGP berperan penting dalam sejarah konservasi di Indonesia. Di taman ini banyak terdapat flora dan fauna yang unik. Mulai dari berbagai jenis tanaman anggrek hutan, hingga beberapa tanaman yang masih belum diberi nama. Mulai dari elang jawa hingga lutung jawa dan yang terancam punah. 

Namun jika datang pada hari Sabtu atau Minggu harus bersiap-siap karena taman nasional pasti sangat ramai. Bagi anda yang ingin menikmati indahnya pesona alam yang menyegarkan setelah hari yang sibuk terik, tempat ini cocok menjadi tempat refreshing.

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, maka Anda harus menempuh jarak 100 km untuk sampai ke Pangrango. Gunung ini memiliki banyak satwa dan fauna yang dilindungi. Jika Anda suka hiking maka Anda harus mengunjungi gunung ini.

8. Colour Summit Ponds

Puncak Bogor adalah salah satu yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar Bogor. Salah satu objek wisata yang ada di Wisata Puncak Bogor Jawa Barat adalah Danau Warna Puncak Bogor. Obyek wisata air ini terletak di dekat areal perkebunan teh PTPN VIII Gunung Mas. 

Latar belakang persawahan, desa dan pegunungan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke tempat ini. Sebelum resmi dibuka sebagai obyek wisata pada tahun 1972, kawasan Telaga Warna termasuk dalam kawasan cagar alam Hutan Gunung, Hutan Gunung Mega Mendung dan Hambalang. 

Pemandangan alamnya begitu menawan dan masih asri. Di tempat-tempat tersebut wisatawan dapat mengelilingi danau dengan perahu atau rakit sambil menikmati keindahan alam di sekitarnya. (Baca juga Tempat Wisata di Bogor)

9. Puncak Air Terjun Cilember

curug-cilember
credit:flickr.com

Selain itu ada juga telaga warna Air Terjun Cilember yang memiliki tujuh air terjun di tempat yang berbeda. Salah satu riam tertinggi di Air Terjun Cilember mencapai ketinggian 40 meter. Semakin kecil angkanya, semakin tinggi letak air terjunnya. Maka dari itu untuk menemukan air terjun curug ini anda harus mempersiapkan fisik anda. 

Namun di antara tujuh air terjun yang ada, yang paling sering dikunjungi wisatawan adalah air terjun ketujuh. Dimana konon katanya air di curug ini bisa berkahsiat untuk awet muda, ringatn jodoh, dan menyembuhkan penyakit.

Itulah beberapa tempat wisata yang menarik di Puncak.Semoga informasi wisata di puncak Bogor dapat bermanfaat bagi anda (Baca Juga Wisata Tanjung Lesung yang bisa menjadi alternatif wisata alam yang mengagumkan bagi yang ingin berlibur).

10. Kebun Raya Cibodas 

kebon-raya-cibodas
credit:flickr.com

Anda akan menemukan koleksi yang luar biasa dari pakis, palem, 65 buah eukaliptus, pinus gunung Meksiko, dan rumah kaca yang dipenuhi dengan kaktus dan sukulen. Sebuah jalan melingkar di sekitar taman, melewati taman Jepang dengan pohon sakuranya, dan ada juga jalan setapak yang melewati hutan bambu menuju air terjun Cismun yang mengesankan.

Itulah informasi tentang 10 Tempat Wisata Favorit di Puncak Bogor Paling Banyak Dikunjungi. Semoga berguna dan bermanfaat untuk para pembaca semua.

Post a Comment for " 10 Tempat Wisata Favorit di Puncak Bogor Paling Banyak Dikunjungi"