Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Lampung - 5 (Lima) Wisata Pantai Populer Di Lampung, Pantai Pasir Putih Salah Satunya


Wisata Lampung - 5 (Lima) Wisata Pantai Populer Di Lampung, Pantai Pasir Putih Salah Satunya

Setelah meng_explore berbagai macam tempat wisata di pulau Jawa, maka kali ini media travelling akan meng_explore berbagai macam tempat dan obyek wisata populer di Lampung.

Provinsi Lampung adalah sebuah Provinsi yang terletak di ujung selatan pulau Sumatera. Provinsi Lampung juga di kenal dengan nama "SANG BUMI RUWA JURAI" yang mempunyai  arti satu bumi dua aliran adat budaya. Kata Sang Bumi berasal dari Sanga Bumi yang bermakna  se-bumi. Sedangkan kata Ruwa Jurai bermakna dua aliran (kelompok) budaya yang berbeda, yakni aliran masyarakat adat Sebatin dan Pepadun.

Provinsi Lampung di karunia rahmat dan nikmat oleh Tuhan Yang Maha Esa berupa keindahan alam dan pantainya yang sangat menawan. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi Pemerintah Provinsi Lampung karena dengan begitu banyaknya Alam dan Pantai yang indah akan menghasilkan pendapatan bagi daerah jika di kelola dengan baik.

Pun bagi masyarakat Lampung sendiri, mereka merasa beruntung karena untuk menikmati keindahan alam dan pantai yang indah tidak perlu jauh - jauh keluar kota atau keluar provinsi. Hal ini tentu menghemat waktu dan juga akomodasi yang harus di keluarkan jika harus pergi keluar kota atau Provinsi.

Pada kesempatan kali ini media travelling merekomendasikan 5 (Lima) Wisata Pantai Populer Di Lampung, yang recomended untuk Anda kunjungi.  Kelima Pantai tersebut adalah sebagai berikut :

1. Pantai Pasir Putih

Wisata Lampung - 5 (Lima) Wisata Pantai Populer Di Lampung, Pantai Pasir Putih Salah Satunya
image : infolpg.com

Pantai pertama yang harus Anda kunjungi adalah pantai Pasir Putih. Pantai ini terletak di pinggir jalan Lintas Sumatera yang membelah provinsi Lampung. Secara geografis pantai Pasir Putih ini sebenarnya lebih dekat dengan Kotamadya Bandar Lampung, akan tetapi secara administrasi pemerintahan lokasi pantai Pasir Putih ini maasuk ke Kabupaten Lampung Selatan. Jika di ukur jarak antara Kota Bandar Lampung dan pantai Pasir Putih ini sekitar 20 Km saja. 

Jika Anda datang dari arah kota Bandar Lampung maka posisi pantai Pasir Putih ini ada di sebelah kanan jalan lintas Sumatera, sedangkan jika Anda datang dari arah Tarahan atau Kalianda maka posisi pantai Pasir putih ini ada di sebelah kiri jalan lintas Sumatera.

Pantai Pasir putih selalu menjadi pilihan utama bagi warga masyarakat Lampung untuk mengisi liburan bersama teman dan keluarga. Pantai ini telah lama sekali ada dan di kenal luas oleh masyarakat Lampung, jauh sebelum munculnya obyek wisata baru yang sekarang ini banyak terdapat di Lampung.

Pantai Pasir Putih selalu ramai ketika hari Sabtu dan minggu, dan akan semakin membludak ketika liburan sekolah tiba, ataupun libur natal, tahun baru dan pada hari raya Idul Fitri. 

Untuk menjaga kenyamanan pengunjung maka pengelola tempat wisata pantai Pasir Putih ini juga telah menyediakan berbagai macam sarana dan fasilitas umum yang bisa di gunakan oleh para pengunjung, seperti Mushalla, Kamara mandi, Lahan parkir kendaraan (baik roda dua maupun roda empat) yang cukup luas, penyewaan Ban untuk berenang dan penyewaan perahu kano. Selain itu bagi Anda yang ingin berbelanja oleh - oleh, maka di sini juga tersedia kios - kios yang menjual berbagai macam jenis souvenir dan hasil kerajinan tangan dari bahan kerang, seperti kap lampu, pgura photo, kalung dana banyak lagi yang lainnya.

Informasi seputar pantai Pasir Putih Lampung :
  • Jam Operasional : Senin - Minggu (24 Jam)
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 15.000 / Orang
Alamat Lengkap : Rangai Tri Tunggal, Kec. Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35452

Temukan di Google Map

2. Pantai Embe Kalianda

Wisata Lampung - 5 (Lima) Wisata Pantai Populer Di Lampung, Pantai Pasir Putih Salah Satunya

Pantai kedua yang sangat layak untuk Anda kunjungi adalah pantai Embe Kalianda. Pantai Embe ini berada di jalan lintas Sumatera , tepatnya Km 45 atau lokasi tepatnya di desa Merak Belantung. Jika Anda berangkat dari arah kota Bandar Lampung maka Anda membutuhkan waktu sekitar 1 Jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Dan jika Anda datang dari arah pelabuhan Bakauheni maka butuh sekitar 35 menit untuk bisa sampai ke lokasi Pantai Embe ini.

Demi menjaga kenyamanan pengunjung, maka tempat wisata ini  juga telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penting seperti tempat parkir yang luas, Mushola, warung dan pujasera, serta sarana MCK. 

Pengelola pantai Embe sekarang ini juga menyediakan berbagai macam jenis kendaraan untuk di sewa dan di gunakan oleh para pengunjung, antara lain :

Reguler Activity
  • Kendaraan ATV 125 cc : Rp. 40.000 / 10 menit
  • Kendaraan ATV 100 cc : Rp. 35.000 / 10 menit
  • Kendaraan ATV 50 cc : Rp. 25.000 / 10 menit
  • Volly Pantai dan Futsal : Rp. 30.000 / jam
  • Banana Boat : Rp. 150.000 / 10 menit
  • Donat Boat : Rp. 150.000 / 10 menit
  • Flying Fox : Rp. 40.000 / pax
  • High Rope : Rp. 40.000 / pax
  • Sewa Amben atau Bale : Rp. 25.000 / hari
  • Fishing Bawian : Rp. 25.000 / hari
  • Perahu Kano : Rp. 20.000 / 30 menit
  • Tenda Ranger : Rp. 200.000 - Rp. 250.000
Package Activity
  • Paint ball 25 shot (Minimal 20 pax) : Rp. 125.000 / pax
  • Atv adventure junior : Rp. 175.000 / hari ( Sudah termasuk instruktur, snack box ).
  • Atv adventure profesional : Rp. 275.000 / 2 hari ( Sudah termasuk instruktur, 1X snack box dan 1X makan).
  • Trip Krakatau (Minimal 10 pax) : Rp. 1.000.000 / pax ( Sudah termasuk instruktur, asuransi, peralatan keselamatan, kapal, 1X snack box dan 1X makan).
  • Diving (Minimal 10 pax) : Rp. 1.350.000 / pax ( Sudah termasuk instruktur, asuransi, peralatan keselamatan, kapal, 1X snack box dan 1X makan).
Informasi seputar pantai Embe Kalianda, Lampung :

Jam Operasional : Senin - Minggu 

Harga Tiket Masuk : 
  • Dewasa : Rp. 20.000 / Orang
  • Anak - Anak : Rp. 10.000 / Anak
Note : Harga tiket tersebut sudah termasuk asuransi jasa raharja dan penggunaan toilet di lokasi wisata tersebut.

Biaya Parkir Kendaraan : 
  • Kendaraan roda dua : Rp. 5.000
  • Kendaraan roda empat : Rp. 15.000
Alamat Lengkap : Merak Belantung, Kec. Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35551

Temukan di Google Map

3. Pantai Mengkudu Island

Wisata Lampung - 5 (Lima) Wisata Pantai Populer Di Lampung, Pantai Pasir Putih Salah Satunya

Pantai ketiga yang sangat recomended untuk di kunjungi adalah pantai Mengkudu yang berlokasi di Kalianda Lampung. Dinamakan sebagai pantai Mengkudu karena pulau yang berada di sana banyak di tumbuhi oleh pohon Mengkudu.

Landscape pantai Mengkudu sendiri menawarkan hamparan pasir pantai yang berwarna putih dengan susunan batu berlapis yang semakin menambah keindahan pantai tersebut. Pulau Mengkudu sendiri secara geografis memiliki luas 20.000 Meter persegi. Jika Anda berangkat dari arah pelabuhan Bakauheni maka di perlukan waktu sekitar 1 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor dengan jarak tempuh 32 Km untuk sampai ke lokasi.

Pengelola kawasan wisata Mengkudu Island ini menyediakan hotel - hotel dan home stay yang bisa Anda sewa jika memang Anda berniat menginap di pulau tersebut. Di kawasan tersebut juga tersedia warung - warung yang menjual aneka jenis makanan dan minuman yang bisa Anda nikmati.

Untuk Anda yang ingin menikmati sensasi berkeliling pulau Mengkudu dengan menggunakan perahu, maka Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp. 30.000 / orang  untuk satu kali perjalanan.  

Informasi seputar pantai Mengkudu Kalianda, Lampung :

Jam Operasional : Senin - Minggu (Jam 07.00 Wib - Jam 16.00 Wib)

Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000 / Orang

Alamat Lengkap : Totoharjo, Kec. Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35552

Temukan di Google Map

4. Pantai Laguna

Wisata Lampung - 5 (Lima) Wisata Pantai Populer Di Lampung, Pantai Pasir Putih Salah Satunya
image : wisatalova.com

Pantai selanjutnya yang layak untuk Anda kunjungi adalah pantai Laguna yang berlokasi di Kalinda Lampung. Jarak tempuh menuju ke lokasi dari pelabuhan Bakauheni adalah sekitar 57  Km dan dapat di tempuh dalam waktu 1 jam dengan kendaraan bermotor. Sementara dari Kota Bandar Lampung sendiri jaraknya sekitar 30 Km.

Kawasan  Wisata Pantai Laguna Kalianda ini sangat cocok sekali  untuk di jadikan sebagi tempat berlibur bersama dengan keluarga Anda. Ada banyak fasilitas yang terdapat di lokasi wisata ini yang bisa Anda nikmati bersama dengan keluarga Anda. Bagi Anda yang suka dengan pemandangan ketika Matahari terbenam (Sunset) maka Anda bisa menyaksikannya di sini. Pemandangan terbaik dari pantai laguna kalianda ini adalah  pemandangan ketika matahari akan terbenam dengan pemandangan anak Gunung Krakatau  yang menjadi latar belakangnya. 

Fasilitas yang ada di kawasan wisata pantai Laguna ini antara lain tersedianya warung-warung dan kafe atau kedai yang menjual aneka jenis makanan dan minuman. Kemudian adanya saung-saung kecil untuk tempat bersantai yang berada di bibir pantai. Bagi Anda yang ingin menginap  di kawasan pantai laguna,maka Anda bisa menyewa penginapan atau home stay yang ada di sana dengan harga sekitar  Rp.200.000 sampai dengan Rp.700.000, tergantung dengan fasilitas tambahan yang di berikan oleh penginapan tersebut.

Di pantai ini juga tersedia banyak spot photo yang sangat indah dan tentu saja instagramable yang bisa Anda manfaatkan.

Informasi seputar pantai Laguna, Lampung :

Jam Operasional : Senin - Minggu 

Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000 / Orang

Alamat Lengkap : Way Urang, Kec. Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung

Temukan di Google Map

5. Pantai Minang Rua

Wisata Lampung - 5 (Lima) Wisata Pantai Populer Di Lampung, Pantai Pasir Putih Salah Satunya

Lokasi pantai ini tidak jauh dari pelabuhan Bakauheni Lampung. Lokasi pantai Minang Rua ini memang agak jauh dari jalan raya, namun demikian akses jalan ke lokasi pantai Minang Rua ini terbilang bagus dan mulus sehingga sangat mudah untuk di lalui.

Pantai Minang Rua di huni oleh sebagian masyarakatnya yang berprofesi sebagai Nelayan. Jumlah kepala keluarga di kawasan tersebut sekitar 75 KK.

Untuk sampai ke lokasi Pantai Minang Rua, maka Anda terlebih dahulu harus menuju ke desa Slawi terlebih dahulu. Desa Slawi sendiri lokasinya berada di dekat POM Bensin dekat patung Garuda Hitam. Dari sana Anda bisa berjalan sekitar 10 menit untuk sampai di desa Slawi. Dari desa Slawi ini maka selanjutnya Anda bisa menuju ke lokasi pantai Minang Rua yang bisa di tempuh sekitar 30 menit dengan kendaraan bermotor.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata pantai Minang Rua ini adalh Mushalla, tempat parkir dan sarana MCK. Di sana tersedia juga penginapan atau home stay yang bisa Anda sewa jika memang Anda berniat untuk menginap di lokasi wisata tersebut.

Informasi seputar pantai Minang Rua, Lampung :

Jam Operasional : Senin - Minggu (24 Jam)

Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000 / Orang

Alamat Lengkap : Kelawi, Kec. Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35592

Temukan di Google Map

Demikianlah ulasan artikel mengenai Explore Obyek Wisata Di Lampung - 5 (Lima) Wisata Pantai Populer Di Lampung. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda dalam menentukan tempat berlibur bersam keluarga Anda.


referensi : liburanlampung.blogspot.com, infolpg.com

Post a Comment for "Wisata Lampung - 5 (Lima) Wisata Pantai Populer Di Lampung, Pantai Pasir Putih Salah Satunya"