Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selayang Pandang - Sejarah Dan Informasi Kebun Binatang Ragunan Jakarta


Selayang Pandang - Sejarah Dan Informasi Kebun Binatang Ragunan Jakarta
image : ragunanzoo.com

Kebun Binatang Ragunan  memiliki luas sekitar 140 hektar. Lokasinya berada  di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia. Kebun Binatang Ragunan ini memiliki jumlah pegawai yang mencapai 450 orang. Kebun Binatang Ragunan berada di bawah pengelolaan pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Di dalam kebun Binatang ini banyak sekali koleksi  satwa - satwa  langka dan terancam punah dari berbagai wilayah di Indonesia dan juga seluruh dunia. Total satwa yang dimiliki oleh Kebun Binatang Ragunan sebanyak 3,122 spesies termasuk burung. Dengan mengusung konsep rancangan hutan tropis, maka satwa langka seperti buaya, gorila, orangutan, tapir, anoa, macan Sumatera dan burung merak diberikan banyak ruang untuk berkembang seolah  - olah mereka berada di habitat asli mereka.

Bila kita lihat sejarah panjang tentang Kebun Binatang Ragunan ini maka kita mencatat bahwa Kebun Binatang ini  sudah lebih dari 150 tahun berdiri. Kebun Binatang Ragunan ini juga merupakan salah satu dari kebun binatang tertua nomor tiga di dunia dan menyandang prediket sebagai kebun binatang dengan populasi fauna dan flora paling beragam nomor dua di dunia. Tentu hal ini sangat membuat kita bangga.

Mulai dari bulan Februari tahun 2014, Kebun Binatang Ragunan tutup setiap Hari Senin untuk melakukan pemeliharaan dan untuk memberikan hari tenang untuk satwa - satwa yang berada di dalamnya. Jika secara kebetulan Hari Libur Nasional jatuh pada Hari Senin, maka Kebun Binatang Ragunan mengambil kebijakan akan tetap buka dan akan tutup pada hari yang lain sebagai penggantinya.

Tiket Masuk Ke Kebun Binatang Ragunan :
  • Dewasa: Rp 4.000 per orang
  • Anak-anak : Rp 3.000 per orang
Menurut literatur sejarah Kebun Binatang Ragunan ini bernama Planten En Dierentuin yang mempunyai arti dalam bahasa Indonesia yaitu Tanaman dan Kebun Binatang. Sejarah juga mencatat bahwa Kebun Binatang Ragunan ini awalnya hanya menempati lahan seluas 10 Hektar saja yang merupakan pemberian dari Raden Saleh. Lokasi Kebun Binatang ini awalnya juga berada di daerah Cikini , Menteng Jakarta Pusat.

Setelah berhasil didirikan, maka kebun Binatang ini kemudian dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia yang tergabung dalam Culture Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia. Pada tahun 1949 maka secara resmi namanya di rubah menjadi Kebun Binatang Cikini.

Karena perkembangan zaman yang semakin pesat, maka Pemerintah menganggap bahwa lokasi Kebun Binatang yang ada di daerah Cikini tersebut tidak cocok, sehingga kemudian pada tahun 1949 Pemerintah membentuk sebuah badan yang bernama Badan Persiapan Pelaksanaan Pembangunan Kebun Binatang. Badan yang di bentiuk oleh Pemerintah ini bertugas untuk memindahkan Kebun Binatang Cikini ke lokasi baru yakni Pasar Minggu Jakarta Selatan. Badan tersebut di ketuai oleh Drh. T.H.E.W Umboh.

Untuk mendukung proses  perpindahan tersebut , maka pemerintah provinsi  DKI Jakarta kemudian menghibahkan lahan seluas 30 hektare di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.  Ketika itu satwa yang dipindahkan mencapai lebih dari 450 ekor. Selanjutnya  pada tanggal 22 Juni 1996, Gubernur Ali Sadikin secara resmi membuka Kebun Binatang tersebut untuk umum dan di beri nama dengan nama Taman Margasatwa Ragunan.

Kebun Binatang Ragunan ini terletak di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun Binatang Ini adalah tempat favorit bagi warga Ibukota dan sekitarnya untuk berwisata bersama dengan keluarga dan anak - anaknya. Ada banyak sekali fasilitas dan wahana yang tersedia di kebun Binatang Ragunan ini yang tentu saja sangat menarik dan sangat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan putra - putri Anda.

Alamat Lengkap : Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Temukan Di Google Map


Demikianlah artikel tentang Selayang Pandang, Sejarah Dan Informasi Seputar Kebun Raya Ragunan Jakarta, semoga bisa menambah wawasan Anda.

referensi : ragunanzoo.com

Post a Comment for "Selayang Pandang - Sejarah Dan Informasi Kebun Binatang Ragunan Jakarta"