Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fasilitas Dan Sarana Rekreasi Di Kebun Binatang Ragunan Jakarta


Fasilitas Dan Sarana Rekreasi Di Kebun Binatang Ragunan Jakarta
image : instagram@ragunanzoo

Salah satu tempat wisata yang paling populer dan paling banyak di kunjungi baik pada hari - hari kerja biasa maupun pada pada weekend hari Sabtu dan Minggu ataupun hari libur Nasional adalah Kebun Binatang Ragunan Jakarta. Para pengunjung Kebun Binatang Ragunan ini bukan hanya berasal dari wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya saja, namun juga berasal dari luar kota dan luar pulau, bahkan berasal dari seluruh wilayah Indonesia.

Kebun Binatang Ragunan akan sangat ramai di kunjungi oleh wisatawan ketika pada masa liburan sekolah, liburan hari raya keagamaan seperti Idul Fitri ( lebaran) dan libur natal serta tahun baru.


Pada hari - hari biasa, Kebun Binatang Ragunan banyak di kunjungi oleh rombongan pelajar yang sedang mengadakan acara Study Tour dari sekolahnya.



Sebagai referensi untuk Anda, maka dalam artikel saya kali ini, saya akan menulis tentang Fasilitas Dan Sarana Rekreasi Di Kebun Raya Ragunan Jakarta. Diantara fasilitas dan sarana tersebut antara lain :

PUSAT PRIMATA SCHMUTZER

Mengutip apa yang di tulis oleh website resmi pengelola Kebun Binatang Ragunan bahwa pusat Primata Schmutzer merupakan salah satu pusat primata yang berkelas internasional. Pusat Primata Schmutzer ini  mempunyai peranan yang cukup penting dalam konservasi primata Indonesia dan sekaligus sebagai Jendela Informasi Primata di Indonesia.

Terdapat berbagai macam jenis primata asli Indonesia yang terdapat di sini antara lain : orangutan, gorilla, simpanse, dan jenis-jenis primata langka lainnya. Selain Primata asli Indonesia terdapat pula berbagai macam jenis Primata yang berasal dari negara lain. Kompleks Pusat Primaata ini mempunyai luas 13 hektar dan  dirancang dengan konsep open zoo (Kebun terbuka ) dimana satwa Primata yang tinggal di dalamnya merasakan seolah-olah mereka berada di habitat aslinya mereka sendiri.

Fasilitas Dan Sarana Rekreasi Di Kebun Binatang Ragunan Jakarta
image : instagram@aisyasyifapu

Ketika Anda akan memasuki area pusat Primata Schmutzer maka Anda akan melihat sebuah enklosur yang tertata rapih, menarik dan juga  artistik. Salah satu koleksi Primata yang menjadi andalan di sini adalah orangutan dan gorilla. Pintu gerbang masuk ke pusat Primata ini  berbentuk setengah lingkaran yang menyerupai sebuah  kubah raksasa dengan tangga menuju ke jembatan yang merupakan salah satu tempat untuk  melihat gorilla  yang berada di dataran yang lebih rendah dari jembatan tersebut.

Gorilla merupakan salah satu jenis kera terbesar di dunia. Berat tubuh seekor Gorilla bisa  mencapai lebih dari 100 kg. Pada jam 12 siang para pengunjung dapat menyaksikan secara langsung bagaimana para petugas kebun Binatang memberikan makanan (feeding time) kepada gorilla - Gorilla tersebut. Atraksi ini tentu saja sangat menarik karena para pengunjung  bisa melihat secara langsung bagaimana gorilla yang pemalu tersebut makan.

Kemudian bagi para pengunjung yang  ingin melihat orangutan secara langsung maka dapat melihatnya melalui sebuah  terowongan yang di beri nama terowongan orangutan (orangutan tunnel).

Fasilitas Dan Sarana Rekreasi Di Kebun Binatang Ragunan Jakarta
image : instagram@ragunanzoo

Selain melihat primata secara langsung di alam, Anda juga bisa mempelajari tentang kehidupan primata melalui beberapa fasilitas yang ada di dalam pusat primata schmutzer tersebut, antara lain : dapur makanan satwa, fasilitas pendidikan yakni dengan adanya ruang theater pemutaran film dokumenter, diorama satwa serta perpustakaan yang berisi tentang buku - buku mengenai berbagai macam jenis Primata di dunia.

Harga Tiket Masuk 
  • Senin : Libur
  • Selasa - Jum'at : Rp. 6.000 
  • Sabtu - Minggu dan hari libur Nasional : Rp. 7.500
  • Tiket Theater : Rp. 150.000

Catatan : Untuk sekali pemutaran film, kapasitas tempat duduk sebanyak 85 kursi.

TAMAN SATWA ANAK

Taman Satwa Anak merupakan taman satwa yang menampilkan berbagai macam jenis  satwa yang disukai oleh anak-anak misalnya saja ikan raksasa arapaima gigas yakni jenis ikan raksasa dari sungai Amazon dengan berat mencapai lebih dari 100 kg per ekornya.

Kemudian ada juga burung kakatua yang pandai berbicara, mini terrarium yang terdapat ular condrophyton berwarna colurful sehingga sangat menarik, lalu ada hewan kapibara yakni jenis rodentia raksasa (satwa pengerat). Taman Anak ini juga dilengkapi dengan sarana permainan anak-anak seperti ayunan, jaring laba-laba dan lain - lain. 

Harga tiket masuk : Rp. 2.500

GAJAH TUNGGANG

Menunggang gajah tentu menjadi hal yang tidak terbayangkan oleh Anda sebelumnya dan bisa jadi akan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi anda. Hewan yang berukuransangat  besar dan tinggi ini bisa menjadi sangat jinak dan penurut ketika berada di bawah pengawasan para pawang yang telah terlatih sehingga pengunjung dapat naik di atas punggungnya dan merasakan berkeliling dengan nyaman dan aman.

Harga tiket nya : Rp. 7.500

ONTA TUNGGANG

Jika Anda ingin merasakan sensasi naik Onta seolah - olah di zaman Nabi dulu, maka Anda tidak perlu jauh - jauh pergi ke Arab Saudi atau ke Mesir. Cukup datang saja ke Kebun Binatang Ragunan saja, dengan membayar sebesar Rp. 7.500 maka Anda sudah bisa naik di atas punuk Onta tersebut. 

KERETA KELILING

Jika Anda ingin mengelilingi seluruh kawasan Kebun Binatang  Ragunan yang mempunyai luas 147 hektar dengan berjalan kaki rasa - rasanya Anda tidak akan sanggup. Karena itu, Anda dapat memanfaatkan adanya fasilitas kereta keliling yang akan mengantar anda mengelilingi Kebun Binatang  Ragunan ini dengan lebih cepat tentunya.

Harga Tiket Kereta : Rp. 7.500

PENYEWAAN SEPEDA

Jika Anda tidak ingin naik kereta untuk berkeliling, maka Anda bisa mencoba yang satu ini yaitu dengan bersepeda keliling di kawasan Kebun Binatang Ragunan. Bersepeda tentu  akan lebih menyenangkan dibandingkan dengan berjalan kaki. Di Kebun Binatang Ragunan ini tersedia penyewaan sepeda dengan dua model/ tipe  sepeda yakni sepeda tunggal ( satu kayuh ) dan sepeda ganda ( dua kayuh ). 

Harga Sewa Sepeda Tunggal :  Rp. 10.000
Harga Sewa Sepeda Ganda : Rp. 15.000

TAMAN PERAHU ANGSA

Taman perahu Angsa adalah sebuah  kolam besar, yang membentang dari arah utara ke arah selatan seluas 2.000 m2 , di mana pada bagian tengah kolam terdapat pulau - pulau kecil. 

Harga Tiket : Rp. 15.000

PENTAS SATWA

Anda juga dapat menyaksikan atraksi pertunjukan satwa seperti kakatua bermain gelang warna warni, beruang bersepeda, dan sebagainya. Pertunjukan tersebut  tentu saja dikemas dalam atraksi yang lucu dan akan membuat anda tertawa dengan tingkah polah satwa-satwa tersebut. 

Loket pertunjukan dibuka pukul 10.00 – 15.00 WIB. 
Harga Tiket masuk : Rp 4000 

KUDA BENDI

Bendi adalah jenis kendaraan tradisional yang unik dan sudah langka. Di Jawa Tengah Bendi di kenal dengan nama Dokar..

Loket buka pukul 10.00 – 15.00 WIB. 
Harga tiket : Rp. 10.000 per bendi dengan kapasitas 4 orang.

KUDA TUNGGANG

Kuda Tunggang yang ada di Kebun Binatang Ragunan ini berbeda dengan kuda pacu yang kita kenal karena kuda - kuda yang ada di sini adalah sejenis kuda Poni yang memiliki perawakan lebih kecil. Jika Anda ingin naik kuda Poni ini maka akan di temani oleh seorang pawang kudanya.

Tiket naik kuda : Rp. 5000 / orang untuk satu kali putaran.

TAMAN REFLEKSI

Banyak pengnjung yang tidak mengetahui bahwa Kebun Binatang  Ragunan memiliki areal khusus untuk refleksi. Tempat tersebut berupa taman yang dilengkapi dengan berbagai macam jenis batu-batu yang didesain sebagai taman refleksi. Taman Refleksi berlokasi  di Central Area Pusat Primata Schmutzer.

Taman refleksi ini biasanya akan ramai pada pagi dan sore hari dimana orang - orang memanfaatkan areal taman ini untuk melakukan relaksasi dan bersantai. Untuk menikmati taman refleksi ini para pengunjung tidak harus mengeluarkan biaya tambahan lagi alias gratis.

Alamat Lengkap : Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Temukan Di Google Map

Demikianlah artikel tentang Fasilitas Dan Sarana Rekreasi Di Kebun Binatang Ragunan Jakarta. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda.

Post a Comment for "Fasilitas Dan Sarana Rekreasi Di Kebun Binatang Ragunan Jakarta"