Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Wisata Air Terjun Pengantin Ngawi

Tempat Wisata Air Terjun Pengantin Ngawi
credit:instagram@ryusei_rizal

Air terjun, pasti kita semua sudah mengenal objek wisata yang satu ini. Di Indonesia sangat kaya akan objek wisata air terjun, setiap daerah provinsi yang ada di Indonesia memiliki eksotisme objek wisata jenis air terjun. 

Salah satu objek terbaru dari wisata air terjun yang ada di provinsi Jawa Timur, khususnya kota Ngawi, yaitu air terjun pengantin Ngawi. Memang tidak dipungkiri, objek wisata air terjun memang merupakan objek yang sangat menakjubkan sebagai tempat rekreasi guna melepas penat dan sebagai penyegar diri.

Wisata air terjun bisa dijadikan alternatif dalam memberikan relaksasi pada diri kita, dengan melihat air dan pemandangan alam yang terbentang membuat segarnya kembali otak yang telah jenuh dengan berbagai macam pemikiran dan pekerjaan, wisata air terjun juga bisa dijadikan tempat terapi otak yang baik.

Secara ilmu, air terjun adalah tempat di mana air mengalir di atas penurunan vertikal dalam perjalanan sebuah sungai. Air terjun biasanya terbentuk ketika sungai masih berusia sangat muda. Sungai dengan usia tersebut biasanya masih memiliki saluran yang sempit dan dalam. 

Ketika aliran sungai di atas batuan dasar tertahan, erosi akan terjadi secara perlahan-lahan, sementara hilir akan mengalami erosi lebih cepat.

Air terjun pengantin Ngawi, terletak di daerah Hargomulyo Ngrambe, terdapat pada daerah pegunungan yang merupakan jalur pegunungan selatan Jawa, tepatnya yaitu pegunungan gunung Lawu. Terkenal dengan hawa pegunungan yang sejuk dan nyaman, sangat pas jika anda yang ingin berdarma wisata kesana.

Desa ini beberapa waktu terkenal akan objek barunya ini, air terjun pengantin Ngawi. Namun sebelumnya desa ini sangat banyak memiliki potensi pariwisata yang saat ini digalakkan oleh pemerintah daerah kabupaten Ngawi untuk mengangkat citra dan potensi devisa bagi daerah ini.

Dengan kontur daerah pegunungan sehingga membuat banyak pecinta alam yang sering mengadakan trekking di alam terbuka. 

Terkenal dengan berbagai macam wisata seperti peternakan lele, perkebunan teh peninggalan zaman Belanda, makam tokoh penting Ngawi seperti Bupati pertama Ngawi, yang paling terbaru yaitu air terjun pengantin Ngawi yang saat ini menjadi tren wisata terbaru daerah Ngawi.

Air terjun pengantin Ngawi telah dibuka sejak 2011 lalu, dengan pengelola masyarakat pemuda setempat yang peduli akan pengembangan pariwisata daerahnya. 

Air terjun ini cukup eksotis dan unik karena landaian air terjunnya terdapat dua buah, letaknya berdampingan terpaut beberapa meter saja, dengan ketinggian masing-masing air terjun adalah 12 km. Dari hal itulah masyarakat setempat menamakannya air terjun pengantin. 

Terutama pada hari libur sekolah, hari besar nasional banyak wisatawan lokal yang datang ke tempat terjun untuk menikmati keindahan dan sejuknya air dari air terjun tersebut, wisatawan baik dari masyarakat setempat kota Ngawi, ada juga yang dari luar kota. Dengan berbagai macam tujuan dan kesenangan akan panorama air terjun pengantin. 

Rupanya pemerintah kabupaten Ngawi sendiri tidak mau kalah memanfaatkan momentum wisata air terjun pengantin ini. Segala sarana dan prasarana lengkap yang menunjang demi kelancaran dan kenyamanan para pengunjung pun disediakan dan semakin ditingkatkan. 

Sejak pembukaan tempat wisata air terjun pengantin ini pada 2011, setidaknya pemerintah daerah Ngawi telah mendapatkan peningkatan pendapatan daerah sebesar 10% dari pendapatan bersih daerah.

Peningkatan ini diharapkan terus dapat melaju berkembangnya perekonomian masyarakat setempat, oleh karena itu peningkatan sarana dan prasarana terus dilakukan oleh pemerintah daerah.

Misalnya akses jalan yang menuju lokasi wisata air terjun pengantin yang nyaman dan mudah dijangkau, pusat belanja cinderamata khas daerah Ngawi dengan berbagai macam ragamnya, penginapan dan restoran mulai dari level terjangkau atau ekonomis sampai kelas menengah. 

Semua itu dilakukan demi peningkatan dan kemakmuran masyarakat setempat yang semakin membaik tingkat perekonomiannya.

Potensi pariwisata seperti air terjun pengantin ini sangat besar, jika pemerintah daerah benar-benar melakukan pengelolaan secara professional bukan tidak mungkin air terjun pengantin ini akan menjadikan tren icon Indonesia sampai ke manca negara. 

Potensi yang ada sangat pada daerah ini sangat banyak untuk dikembangkan mulai dari akomodasi pariwisata, akses jalan yang baik dan nyaman, serta sarana dan prasarana penunjang lainnya.

Langkah Pemerintah untuk Mempertahankan Objek Wisata Daerah

Tempat Wisata Air Terjun Pengantin Ngawi
credit:instagram@sisil_sinubyo

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan pemerintah daerah untuk semakin meningkatkan pendapatan daerah sebagai perbaikan taraf hidup masyarakat setempat dengan adanya tujuan wisata baru air terjun pengantin ini. 

Diantara hal yang dapat dilakukan adalah:

1. Terus Mempromosikan Objek Wisata

Tetap gencar mempromosikan wisata air terjun pengantin walau pada waktu-waktu sepi pengunjung, biasanya tidak pada hari libur, hari efektif kerja. Tetap melakukan cara kreatif untuk menarik datangnya para pengunjung atau wisatawan walau pada musim sepi. 

Bisa dengan cara memberikan tiket murah dan diskon menarik untuk tempat penginapan misalnya, dengan cara tersebut walau tidak seramai ketika musim liburan, namun musim sepi pun masih ada pengunjung yang dating untuk bertamasya bersama kolega, keluarga, dan sebagainya.

2. Kreativitas Dalam Berekonomi

Melalui cara ini, pemerintah daerah dapat menyokong masyarakat setempat untuk mengembangkan kerajinan yang ada dan telah berkembang di masyarakat setempat. 

Menciptakan inovasi-inovasi baru melalui desain dan kualitas yang semakin membaik, maka akan dapat memberikan kontribusi yang cukup dan bahkan berlebih untuk promo wisata air terjun pengantin.

3. Mengadakan Wisata Hijau

Dimana para Pengelola wisata air terjun pengantin ini dapat menjaga dan menggalakkan kelestarian sekitar tempat air terjun sehingga keasrian dan kenyamanan tetap terjaga.

Dengan hal ini pengunjung atau wisatawan semakin betah dan selalu akan datang kembali untuk mengunjungi wisata air terjun pengantin. 

Tidak luput juga pengelola tetap memberikan pengarahan kepada pengunjung atau wisatawan untuk turut serta menjaga kebersihan, keasrian, dan kenyamanan tempat wisata tersebut.

Sekarang tinggal semuanya mampu bersinergi dengan baik atau tidak untuk kemajuan daerah bersama ini, tentunya tidak hanya pemerintah daerah saja, namun masyarakat terkait dan keseluruhan lapisan. 

Jika pengembangan dan perbaikan infrastruktur dan pendukungnya, perbaikan dan pengembangan sumber daya manusia pengelola semakin profesional dan berkualitas, maka tidak mungkin wisata air terjun pengantin ini dapat menjadi icon kabupaten Ngawi provinsi Jawa Timur akan sangat dikenal hingga manca negara.

Menjadi tujuan alternative para wisatawan local ataupun manca negara dalam mencari tempat penyegar diri dan berekreasi. Indonesia sangat kaya akan segala eksotisme alam yang masih sangat terjaga kealamiannya, namun saying terkadang dirusak oleh manusia-manusia yang tidak memiliki kepribadian dan karakteristik diri cinta tanah air, hanya mencari keuntungan pribadi semata.

Perbaikan sumber daya alam dan sumber daya manusianya harus bersinergi dan berimbang, tanpa hal ini tidak akan ada peningkatan kesejahteraan dan kemamkmuran rakyat. 

Keuntungan bersama dan peningkatan kehidupan bersama yang lebih baik akan sangat baik jika hal tersebut dijadikan tujuan utama dalam pengembangan cita rasa negeri Indonesia yang tercinta ini.

Alamat lengkap: Sabrang, RT.03/RW.01, Besek, Hargomulyo, Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63263

Temukan di Google Map

Post a Comment for " Tempat Wisata Air Terjun Pengantin Ngawi"