Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nyamannya Hotel Yogyakarta

Nyamannya Hotel Yogyakarta
credit:instagram@silvie_lie

Apakah Anda pernah mencoba menginap di hotel Yogyakarta? Kalau belum, sesekali cobalah untuk menginap satu atau dua malam di sana. Seperti yang Anda ketahui, Yogyakarta memiliki trademark sebagai kota budaya.  Yogyakarta pun menyimpan banyak landmark di beberapa penjuru kota.

Salah satunya adalah Candi Borobudur yang juga merupakan salah satu keajaiban dunia. Nah! Terbayang kan kira-kira sensasi seperti apa yang akan Anda peroleh apabila berkunjung ke Yogyakarta?

Seluk-beluk Hotel Yogyakarta

Jangan mengaku Anda sebagai traveller sejati, kalau belum pernah merasakan menginap di hotel yang ada di Kota Yogyakarta. Mendengar kata "Yogyakarta" pastilah ingatan Anda terbang pada musik gamelan, klenengan Yogya, dan kerajinan perak bakar Kotagede. Kemudian, dokar Yogya serta makan malam lesehan di Malioboro. Wuuuahh nikmatnya…

Semua hampir mirip penggambarannya seperti yang dilantunkan oleh penyanyi Katon Bagaskara, Tentang Yogyakarta dan Sejumput kerinduan. Yogyakarta memang identik dengan khasanah budaya khas Indonesia yang membumi, merakyat, merapat, dan nikmat.

Dari mulai kemegahan Istana Kayogyan-nya, keramahan penduduknya, keindahan seni batik serta peraknya, juga nikmat gudek dan pecelnya. Semua berpadu satu dan akan Anda dapati di Yogyakarta. Tinggal kini Anda berburu tempat menginap untuk dapat menikmati semua itu. Tentu saja di hotel-hotel yang ada di Yogyakarta.

Tips : Cobalah untuk mensurvei hotel di beberapa kawasan berikut: Sleman, Jalan Prawirotaman, Kaliurang, dan Malioboro.

Adem-ayem dan Nyamannya Hotel Yogyakarta

Apabila Anda berputar-putar seantero Kota Yogyakarta, Anda dapat perhatikan bahwa hotel-hotel di Yogyakarta rata-rata memiliki fasad bangunan yang masih kental dengan adat budaya Jawanya. Bentuk rumah joglo, diadopsi sangat jelas.

Hotel-hotel di Yogyakarta meskipun bangunannya mengusung tema minimalis, namun penataan interior di dalamnya tetap mengangkat tema keelokan Yogyakarta yang manis, Yogyakarta yang unik. 

Beberapa bangunan dengan tarif yang lumayan tinggi dan juga direkomendasikan, malah menyerupai  bangunan Imperium Roma. Sangat fantastis.

Hal yang menjadi ciri khas lainnya adalah kerindangan pohon-pohon yang ditanam di area halaman hotel. Ataupun sengaja ditanam di areal parkir hingga membuatnya menjadi teduh. Atau menyelip di antara bangunan-bangunan hotel yang bersambung-sambung di komplek hotel yang ada.

Mungkin pepohonan rindang itu diibaratkan sebagai karakter orang Yogyakarta yang lembut, sopan, dan ngayomi. Pemandangan pepohonan rindang tersebut membuat aksen rata-rata hotel di Yogyakarta memiliki kesan yang kuat. 

Sangat identik Yogya. Hanya tiga kata sederhana untuk mewakili kondisi hotel-hotel di Yogyakarta. Adem, ayem, dan nyaman. Sangat njawani sekali.

Tarif Hotel Yogyakarta

Menariknya hotel di Yogyakarta tidak berhenti sampai di situ. Dari urusan tarif dan harga sewa per malamnya juga sangat ekonomis. Siapa pun Anda yang berniat bepergian ke Yogyakarta, pasti merasa sangat nyaman untuk mencoba tidur di kamar-kamar yang disediakan di hotel-hotel di Yogyakarta.

Apabila Yogyakarta memang telah menjadi tujuan wisata Anda, baik sebagai pengisi liburan, acara keluarga, ataupun alternatif tempat meeting atau training, Anda bisa menggunakan jasa biro perjalanan dan wisata. 

Mereka akan membantu Anda untuk menentukan pilihan hotel di Yogyakarta bagi Anda. Anda cukup menghubungi para biro jasa tersebut. Layanan via telepon pun biasanya akan mereka service sama baiknya dengan mendatangi langsung.

barangkali Anda memilih option yang lain, untuk mencari informasinya melalui internet. Dengan mengetik kata kunci ‘hotel Yogyakarta’, Anda akan mendapatkan hampir dua juta lebih informasi tentang hotel di Yogyakarta. Mudah bukan?

Beberapa situs yang memiliki informasi lengkap tentang hotel Yogyakarta, antara lain http://yogyakartahotel.com. Pada situs tersebut cukup lengkap informasinya tentang hotel di Yogyakarta. Kemudian, ada juga http://www.agoda.com dan http://www.asiarooms.com. 

Nah, kira-kira informasi apa saja yang bisa Anda dapatkan? Informasi terpenting yang tentu Anda inginkan, yaitu tarif atau harga sewa hotel di Yogyakarta. Berikut beberapa informasi yang dapat Anda simpan sebagai acuan tarif hotel Yogyakarta.

Tarif top: mematok harga antara US$ 72 – US$ 98 per malam.

Tarif best: lebih ekonomis dengan harga antara US$ 40 – US$ 75 per malam.

Tarif trending: tentu saja bisa agak lebih hemat, yakni  antara US$ 29 – US$ 58 per malam.

Tarif ekonomi: yang ini benar-benar dapat memenuhi pilihan bagi para pelajar yang hobi melancong utau mungkin Anda yang suka travelling dalam waktu lama. Tarif ekonomi ini cukup hemat, meskipun pelayanannya tetap standar. Tarifnya bisa kurang dari US$ 29.

Bagaimana? Anda tinggal menyesuaikan dengan kondisi dompet Anda bukan? Karena semua pilihan adalah tergantung kepada Anda. Intinya, Anda hanya perlu merasakan sensasi menginap di hotel Yogyakarta.

Hotel Yogyakarta – Hotel Keluarga

Hotel-hotel Yogyakarta dikatakan sebagai surganya keluarga. Sebab, berlibur di Yogyakarta tanpa membawa keluarga, benar-benar kurang asyik, ibarat sayur tanpa garam. Begitu banyak kegiatan di Yogyakarta yang bisa lebih asyik dan heboh apabila dilakukan bersama keluarga.

Seperti mencoba memuaskan lidah dengan wisata kuliner di malam hari atau dengan cara mencicipi makanan lesehan di sepanjang Jalan Malioboro. Kegiatan seperti ini bisa menambah kehangatan antaranggota keluarga. 

Belum lagi berburu pernak-pernik yang ‘Yogya banget’ di Alun-alun Yogyakarta. Anda juga bisa menelusuri Pasar Kembang dan mencari oleh-oleh batik Yogyakarta yang terkenal sampai mancanegara.

Bukankah mengikutsertakan keluarga dalam acara seperti tadi akan terasa lebih asyik? Puncaknya adalah saat beristirahat bersama keluarga di hotel Yogyakarta. Benar-benar akan menciptakan dan meninggalkan kenangan yang sulit dilupakan.

Merupakan hal yang mudah mencari hotel di Yogyakarta. Kawasan seperti Malioboro, wilayah Pasar Kembang, area Sleman, dan bahkan wilayah Kaliurang, juga sepanjang Jalan Prawirotama banyak hotel-hotel yang bisa Anda pilih. 

Hampir di semua tempat sepertinya mudah mencari hotel. Tinggal disesuaikan ke arah mana tujuan wisata yang telah direncanakan sebelumnya.

Apabila disebutkan satu per satu, akan sangat banyak daftarnya. Namun untuk memudahkan Anda, mungkin beberapa nama hotel di bawah ini akan sangat membantu. Sehingga, Anda tinggal menyesuaikan budget yang telah Anda persiapkan jauh-jauh hari.

1. Tipe top

Antara lain : Ibis Hotel Yogyakarta, Hotel Hyatt Regency Yogyakarta, dan Inna Garuda Hotel yang berada di pusat kota Yogyakarta, Melia Purosani Hotel

2. Tipe best

Antara lain : 1001 Malam Hotel, Grage Jogja Hotel, Phoenix Hotel Yogyakarta, serta Dusun Jogya Village Inn. Ada juga Novotel Yogyakarta dan Grand Aston Yogyakarta.

3. Tipe trending

Antara lain : Puri Artha Hotel, Duta Hotel, Indah Pallace Hotel Yogyakarta, Sriwedari Bussiness & Resort Hotel, Grand Quality Hotel Yogyakarta, Hotel Jentra Dagen, All Seasons Yogyakarta, serta Gloria Amanda Hotel, menambah panjang daftar di belakangnya. Ada juga Abadi Hotel, Istana Batik Ratna, dan Hotel Santika Premiere Jogya. Juga LPP Convention Hotel.

4. Tipe economy

Dalam daftar ini termasuk di dalamnya adalah : Oasis Hotel Jogya, Amaris Hotel Diponegoro, University Hotel, dan Wisma Ary’s. Ada juga Mawar Asri Villas dan Puri Chorus Boutique Hotel.

Tidak hanya itu saja. Ternyata, ada tipe hotel yang sangat direkomendasikan oleh pengunjung yang telah merasakan, yakni Hotel The Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa, Royal Ambarukmo Yogyakarta, dengan tarif menengah yakni US$ 78.

Bagi Anda yang memilih mencari hotel yang dekat dengan jalan legenda yaitu Malioboro, Anda dapat memilih beberapa hotel yang berada di badan jalan tersebut. Seperti : Hotel Mutiara Malioboro, Whiz Hotel Yogyakarta, dan Ibis Malioboro.

Nah! Kini komplitlah sudah segenggam informasi awal bagi Anda tentang hotel yang ada di Yogyakarta. Selamat berlibur di hotel Yogyakarta yang Anda pilih.

Post a Comment for " Nyamannya Hotel Yogyakarta"