Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Hotel Surabaya

Tips Memilih Hotel Surabaya
credit:instagram@felizhotelsby

Sebagai salah satu kota metropolitan, Surabaya merupakan kota yang banyak dikunjungi. Mobilitas manusia yang datang dan pergi di kota Pahlawan ini sangatlah tinggi setiap harinya. 

Keberadaan hotel Surabaya pun menjadi salah satu pilihan para pendatang untuk beristirahat dan menikmati suasana di kota tersebut.

Para pendatang bisa memilih berbagai jenis hotel Surabaya. Mulai dari yang berkelas melati, hingga hotel berbintang semua tersedia. Semua disesuaikan dengan kebutuhan dan juga ketersediaan dana dan juga selera dari masing-masing calon konsumen tersebut.

Bagi mereka yang memiliki dana terbatas, pilihan untuk menginap di hotel melati tentu merupakan pilihan yang paling tepat. Sebab, hotel melati di surabaya ini biasanya memasang tarif yang tidak terlalu mahal sehingga cukup terjangkau oleh semua kalangan.

Meski untuk fasilitas yang tersedia pada beberapa hotel melati, tidak bisa dikategorikan mewah. Sebab, sebagaimana lazimnya fasilitas yang ada pada sebuah hotel melati biasanya memiliki standar yang sangat minim. Misalnya hanya tersedia fasilitas pokok seperti tempat tidur dan kamar mandi saja.

Sedangkan untuk fasilitas pelengkap lain misalnya pendingin ruangan, hanya menggunakan peralatan kipas angin saja dan bukan menggunakan AC. Demikian pula, untuk fasilitas lain misalnya lemari es atau fasilitas hiburan juga tidak semuanya disediakan.

Rata-rata, untuk kelas melati hotel Surabaya biasanya mematok harga berkisar antara 150 ribu hingga 300 ribu untuk satu malamnya. Harga ini merupakan harga yang tidak terlalu sulit untuk dijangkau oleh semua kalangan. 

Apalagi, biasanya orang-orang yang menginap di hotel kelas melati ini merupakan konsumen menengah kebawah dan hanya membutuhkan tempat beristirahat dalam jangka waktu pendek saja.

Dengan demikian, mereka tidak memerlukan fasilitas dan kelengkapan lain. Yang paling dibutuhkan adalah ketersediaan tempat untuk istirahat yang nyaman dan aman. Dengan demikian, keesokan paginya mereka bisa melanjutkan aktivitas dengan kondisi yang lebih baik lagi.

Inilah yang membedakan antara konsumen untuk hotel kelas melati dengan hotel berbintang. Pada konsumen hotel berbintang, mereka bukam hanya membutuhkan tempat beristirahat semata. Namun juga membutuhkan nilai lain pada saat menginap di hotel tersebut.

Misalnya membutuhkan suasana yang bersih dan tenang serta juga pelayanan yang lebih baik. Demikian pula, konsumen hotel berbintang juga membutuhkan kamar hotel yang dilengkapi beberapa fasilitas misalnya hiburan melalui televisi berbayar atau juga perangkat internet. 

Sehingga, selama menginap di hotel tersebut mereka tetap bisa melaksanakan aktivitas mereka yang belum terselesaikan di kamar hotel.

Mencari Hotel

Bagi Anda yang belum pernah datang ke Surabaya dan berniat mengindap di hotel Surabaya pun tidak perlu khawatir. Pada saat ini tersedia banyak cara untuk bisa memilih hotel sebagai tempat menginap dengan mudah dan praktis.

Anda tidak perlu harus mendatangi satu persatu semua hotel untuk mendapatkan informasi mengenai hotel tersebut. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan akses internet dan mengetikkan kata kunci untuk hotel surabaya yang Anda inginkan.

Dari situs yang muncul tersebut, pada nantinya akan bisa didapatkan informasi mengenai beberapa jenis hotel yang tersedia. Di situ kita bisa memperoleh profil dari hotel yang dimaksud. Mulai dari gambaran hotel, fasilitas, harga tiap kamar, kelas kamar hingga ketersediaan kamar bisa kita dapatkan melalui internet tersebut.

Bahkan ada pula beberapa situs resmi dari hotel yang menyediakan ruang untuk pemesanan kamar melalui internet. Dengan demikian kita bisa memesan kamar tersebut dengan mudah sebelum kita datang ke Surabaya. 

Sehingga begitu kita sampai di Surabaya kita bisa langsung menuju ke hotel tersebut dan menunjukkan bukti reservasi yang sudah kita lakukan.

Selain melalui situs internet, kita juga bisa melakukan reservasi hotel melalui biro perjalanan. Mereka akan memberikan beberapa rekomendasi mengenai hotel mana yang kiranya sesuai dengan keinginan kita. 

Kelebihan melakukan reservasi melalui biro perjalanan ini antara lain kita tidak perlu repot mencari data hotel yang kita inginkan.

Sebab, kita tinggal memberikan beberapa kriteria hotel yang kita cari, dan pihak biro perjalanan tersebut akan memberikan beberapa pilihan. Kelebihan lain adalah biasanya kita bisa memperoleh diskon khusus. Terutama bila kita memiliki hubungan baik dengan biro perjalanan tersebut.

Konsumen cukup membayar biaya yang dibutuhkan, bisa dilakukan dengan cara transfer atau juga membayar dengan uang tunai. 

Bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk memilih hotel di Surabaya, cara ini cukup layak untuk dilakukan. Selain menghemat waktu, kita juga akan bisa menemukan hotel yang sesuai dengan keinginan kita.

Tips Memilih Hotel

Hotel bukan sekedar tempat untuk beristirahat, oleh karenanya dalam memilih hotel biasanya beberapa orang memiliki kriteria tersendiri. 

Namun, secara umum ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam memilih hotel yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kita. Beberapa tips yang bisa dilakukan dalam memilih hotel tersebut antara lain adalah :

Sesuaikan dengan ketersediaan dana. Hal ini karena semakin tinggi kelas hotel yang ingin kita pilih, tentunya akan membutuhkan dana yang semakin besar. Untuk hotel transit yang berkelas melati, harganya mungkin bisa lebih terjangkau. 

Hotel melati memiliki rentang harga mulai 150 ribu hingga 300 ribu rupiah. Sedangkan untuk harga hotel berbintang, biasanya memiliki harga mulai 300 ribu rupiah untuk kelas kamar yang paling murah.

Jenis kamar. Jenis kamar ini terkait dengan fasilitas yang tersedia hingga jenis tempat tidur. Apabila kita membutuhkan kamar yang luas, tentunya kita harus memilih jenis kamar yang memiliki klasifikasi khusus. 

Namun, jika kita tidak membutuhkan kamar yang luas, kita cukup memilih kamar dengan kelas standar saja. Demikian pula, untuk jenis tempat tidur kita bisa memilih antara jenis tempat tidur single bed atau twin bed. 

Bila kita menginap bersama keluarga, akan lebih baik jika memilih tempat tidur dengan jenis single bed. Sedangkana apabila kita menginap bersama relasi kerja, kita bisa memilih tempat tidur jenis twin. Sehingga kita tidak akan saling menganggu dengan rekan kita tersebut.

Jarak. Biasanya, kita menginap di hotel karena ada kepentingan di suatu tempat yang ada di kota tersebut. Dengan demikian, kita perlu mempertimbangkan jarak hotel tempat kita menginap dengan lokasi dimana kita akan beraktivitas. 

Sebaiknya pilih hotel yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan lokasi kita beraktivitas sehingga tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk menjangkau lokasi tersebut.

Reputasi hotel. Sebaiknya kita memilih hotel yang memiliki reputasi bagus. Hal ini untuk menghindarkan kesan negatif yang mungkin muncul apabila kita menginap di hotel yang memiliki reputasi buruk, seperti sering dijadikan tempat untuk berbuat negatif.

Suasana. Beberapa hotel memberikan fasilitas berupa suasana yang unik pada hotel mereka. Misalnya dengan menggunakan ornamen khas pedesaan untuk menciptakan nuansa khas pedesaan sehingga berkesan alami. 

Atau pula hotel yang menggunakan konsep ala barat, sehingga berbagai ornamen dan perlengkapan yang digunakan menyerupai tempat hunian ala barat.

Post a Comment for " Tips Memilih Hotel Surabaya"