Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kawasan Anyer Alternatif Terbaik untuk Berlibur

Kawasan Anyer Alternatif Terbaik untuk Berlibur
credit:instagram@bantenbagus

Kawasan wisata Anyer terkenal dengan keeksotisan lautnya. Pantai Anyer selain menarik wisata alamnya juga kaya akan wisata budayanya. 

Pesona inilah yang menjadi daya tarik Pantai Anyer untuk memikat hati wisatawan. Karenanya, tidak salah bila Anda dan keluarga memilih untuk liburan ke Anyer.

Bila berwisata ke Pantai Anyer, Anda akan sekaligus dapat mengunjungi Taman Nasional Ujung Kulon dan menikmati menjulangnya Gunung Krakatau. Tak heran karena posisi Pantai Anyer tak jauh dari Taman Nasional Ujung Kulon maupun Gunung Krakatau.

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, Pantai Anyer bisa menjadi alternatif berlibur. Untuk sekadar membuang penat karena rutinitas. Dengan berlibur ke kawasan Pantai Anyer, akan menyegarkan pikiran. 

Nikmati wisata lautnya nan indah luar biasa. Dijamin tidak akan pernah bosan. Beragam fasilitas juga tersedia, siap untuk memanjakan pengunjung.

Untuk sampai ke kawasan wisata Anyer, dari Jakarta akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan darat dengan membawa mobil pribadi. Dengan melalui jalan tol, sebaiknya keluar di gerbang Cilegon Barat.

Lalu, setelah menemui jalan bercabang dua, pilih yang ke arah Anyer. Dari sana terus lurus hingga sampai tujuan. Kawasan wisata Anyer masuk wilayah hukum Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang.

Kegiatan di Pantai Anyer

Agar wisata di Anyer bisa dimaksimalkan, berikut ini merupakan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di Anyer.

• Berenang

Berenang di kawasan Pantai Anyer memiliki sensasi yang istimewa. Pengunjung bisa bercengkrama dengan deburan ombak di pantai. Beberapa pantai di kawasan wisata Anyer nyaman untuk tempat berenang, kecuali pantai yang berkarang.

Bagi yang tidak bisa berenang, disiapkan ban yang bisa disewa di sekitar pantai. Dengan menggunakan ban, pengunjung bisa bersantai terapung di pantai.

• Jetski

Olahraga jetski tergolong mahal. Pengunjung dapat menyewa jetski di penyewaan yang biasanya dekat dengan hotel. Haraganya relatif lebih murah dibanding dengan penyewaan jetski di Bali. Sebelum menunggangi jetski, pengunjung akan diberi arahan oleh instruktur.

• Bodysurf

Bagi pengunjung yang belum mahir berselancar tak perlu cemas. Mencoba bodysurfing bisa menjadi alternatif. Berbeda dengan surfing sesungguhnya, jenis olahraga air bodysurfing menggunakan alat bantu papan. Panjang papan tersebut sekitar 70 cm.

Cara berolahraga bodysurfing yaitu kaitkan tali pengaman di pergelangan tangan. Berjalanlah dengan arah melawan ombak sampai ketinggian air sampai di dada. Saat ombak menggulung, lompat lalu empaskan badan sambil tengkurap di papan selancar.

• Banana Boat

Jangan lewatkan permainan menantang ini. Sebaiknya waktu bermain di sore hari. Lantaran saat itu, gelombag ombak lebih besar di Pantai Anyer. Banana boat biasanya berkapasitas 4 sampai dengan 7 orang.

Pengemudi perahu akan sengaja menarik banana boat dengan kencang. Lalu, perahu motor dibelokkan secara tiba-tiba. Tak ayal, banana boat turut berbelok dan terbalik menumpahkan penumpang.

• Berperahu Kelilingi Perairan

Menyewa kapal bisa menjadi solusi bagi pengunjung yang tidak mau berbasah ria. Tempat penyewaan kapal ada di pelabuhan yang sekaligus berfungsi sebagai dermaga bagi kapal nelayan, polisi air, dan kapal wisata.

Kapal sewaan biasanya bertolak di Pelabuhan Paku lalu menyeberang menuju Pulau Sangiang.

Selain itu, di Anyer pengunjung juga bisa bersnorkeling serta diving. Pengunjung bisa beranjak menuju Taman Laut. Letaknya sekitar pesisir Pantai Caringin.

Menggunakan speedboat ke Taman Laut, membutuhkan waktu kira-kira 15 menit.

Pemandangan indah bawah laut bisa dinikmati di sana. Gemerlap plankton berkilauan bak permata. Pengunjung juga bisa bersnorkeling serta diving. Tempatnya di Pulau Sangiang.

Karakteristik Pantai Anyer

Kawasan Anyer Alternatif Terbaik untuk Berlibur
credit:instagram@bantembagus

Kawasan wisata Anyer terdiri dari barisan pantai dengan hamparan pasir putih. Untuk menyamankan pengunjung di kawasan wisata Anyer juga sudah banyak berdiri cottage, hotel, bangunan vila, juga penginapan sederhana.

Cukup banyak pantai di kawasan wisata Anyer. Sebut saja, Pantai Tanjung Tum, Pantai Marbella, Pantai Sambolo, Pantai Marina, Pantai Cibeureum, dan lain-lain. Semuanya sangat indah dan memesona.

Pantai-pantai di kawasan wisata Anyer akan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Karakteristiknya yang sudah termasyur antara lain air lautnya bersih dan jernih, ombaknya bersahabat, suasana sangat resik dan asri, teduh dengan deretan pohon kelapanya.

Selain itu, kawasan wisata Anyer diramaikan dengan para penjual baju pantai, aksesori, dan warung-warung makanan. Bahkan, salah satu pantai di kawasan wisata Anyer, yakni Pantai Batu Saung kerap dijadikan tempat shooting, baik untuk film, sinetron, maupun iklan. Pantai ini dikenal sebagai studio alam.

Rata-rata pantai di Anyer bisa dijadikan arena olahraga air. Hanya sedikit pantai yang kurang nyaman digunakan tempat berenang atau olahraga air lainnya, yaitu Pantai Cibeureum dan Pantai Bojong. 

Karena kedua pantai tersebut banyak dihuni karang hitam. Namun demikian, keindahan alamnya tepat menyimpan daya pikat yang mampu menyihir pengunjung.

Karenanya, kawasan wisata Anyer sangat cocok dijadikan tujuan tempat berlibur baik dengan teman, kerabat ataupun keluarga.

Berikut beberapa tips belibur ke Anyer

• Hindari waktu akhir pekan

Di akhir pekan terlalu ramai orang berkunjung ke Anyer. Jalanan menuju ke Anyer sangat padat merayap. Hal ini akan menjenuhkan. Kalaupun harus berkunjung di akhir pekan usahakan berangkat sepagi mungkin.

• Berhati-hatilah mengemudi malam hari

Akses liburan ke Anyer masih minim penerangan. Hal ini banyak dikeluhkan oleh pengendara yang kebetulan melalui jalan menuju atau meninggalkan kawasan wisata Anyer di malam hari. 

Selain itu, banyaknya truk yang lewat serta para pengendara motor yang kebut-kebutan membuat kurang nyaman perjalanan.

• Usahakan berlibur ramai-ramai

Berlibur dengan cara beramai-ramai tentunya akan lebih hemat dari segi transportasi maupun akomodasi, daripada sendirian atau hanya dengan jumlah terbatas. Dengan ramai-ramai kita bisa mencarter kendaraan berbiaya ringan. Di samping itu, liburan akan tersasa lebih berkesan.

• Harus siap dengan tiket masuk berulang kali

Kini kian banyak destinasi wisata yang ada kawasan wisata Anyer. Semua pantainya cantik dan indah. Jadi, setiap beralih pantai mesti membayar tiket yang tarifnya lumayan mahal.

• Jangan takut mengeksplor pantai lain

Kemolekan pantai di kawasan wisata Anyer akan membuat orang selalu ketagihan. Begitu banyak pantai yang sama-sama cantik dan indah. Karenanya, jangan riskan apalagi takut untuk menjajal pantai-pantai di Anyer.

Fasilitas di Pantai Anyer

Fasilitas liburan ke Anyer cukup lengkap guna mendukung kegiatan wisata para pengunjung. Di sana bisa ditemukan hotel-hotel kelas bintang lima. Bagi yang berkunjung rombongan, bisa memilih home stay di dekat pantai. Di Pantai Anyer juga banyak vila dengan harga relatif murah.

Untuk mengintari pesisir pantai, disiapkan penyewaan sepeda. Dengan bersepeda, pengunjung dapat mengelilingi area pantai seraya berburu objek untuk diabadikan.

Di kawasan wisata Anyer juga berderet beragam kuliner. Pengunjung bisa memilih rumah makan yang menyajikan nuansa makanan laut. 

Ada pula warung tenda di area pantai. Di area pantai, pengunjung akan menikmati embusan angin pantai sembari menikmati ikan bakar berbumbu khas.

Alamat lengkap: Jl. Raya Anyer-Sirih, Sindanglaya, Serang, Banten 42167

Temukan di Google Map

Post a Comment for " Kawasan Anyer Alternatif Terbaik untuk Berlibur"