Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11+ Tempat Wisata Populer di Wonogiri Jawa Tengah

Pantai Nampu
credit:instagram@puspita_eki

Kabupaten Wonogiri secara geografis termasuk dalam wilayah Provinsi Jawa tengah. Berada pada bagian selatan dari kota Solo dan bersebelahan langsung dengan samudera Hindia, Kabupaten Wonogiri menawarkan beragam daya tarik dan tempat wisata yang lumayan menarik dan harus Anda Kunjungi.

Selain bersebelahan dengan wilayah yang kaya dengan  tujuan wisata seperti Solo, Wonogiri berdekatan dengan Kabupaten Karanganyar, Sukoharjo, Ponorogo, Pacitan, Magetan, dan Gunung Kidul.

Berbatasan langsung dengan beberapa daerah itu memberikan keuntungan untuk berbagai wilayah di Wonogiri khususnya akses ke tempat wisata. Selain dikuasai oleh wisata pantai, Kabupaten Wonogiri menyimpan pesona wisata yang tidak kalah cantik dan menarik lainnya, seperti wisata alam misalnya.

Berikut ini adalah  11+ Tempat Wisata Populer di Wonogiri Jawa Tengah, antara lain:

1. Pantai Nampu

Pantai Nampu
credit:instagram@thiozard

Dengan karakter pasir putih dan batu-batuan karang yang cantik, pantai Nampu tampil sebagai tujuan wisata yang harus didatangi oleh pelancong saat bertandang ke Wonogiri. Panorama di sekitar pantai tidak kalah menariknya. Angin laut yang menjadi ciri khas pantai menjadi keunggulan tersendiri di pantai yang berada di Kecamatan Paranggupito ini.

Pantai ini cukup asri karena belum terjamah oleh banyak pelancong atau wisatawan. Maka tidak ada salahnya bila  pada akhir minggu atau waktu berlibur, Anda menyempatkan diri berkunjung ke pantai ini. Akses ke arah pantai ini sangat gampang, karena bisa menumpang bus umum yang memiliki trayek ke arah Kecamatan Paranggupito.

Alamat lengkap: Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57678

Temukan di Google Map

2. Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo
credit:instagram@ayuumaiya

Masih beradaada di daerah Kecamatan Paranggupito persisnya di Gudangharjo, pantai Banyutowo mempunyai kekhasan tertentu yakni air tawar yang mengambil sumber dari sungai-sungai yang ada disekelilingnya.

Selain daya tarik air tawar dan air lautnya, pantai Banyutowo mempunyai panorama alam yang cantik dengan batu-batuan karang yang demikian mempesona dan menjadi tempat tujuan wisata di Wonogiri yang harus didatangi.

3. Pantai Sembukan

Pantai Sembukan
credit:instagram@jalanjalanwonogiri

Tidak jauh berbeda dengan 2 pantai sebelumnya yakni pantai Nampu dan pantai Banyutowo, di Wonogiri ada pantai yang lain pantas jadi tujuan favorit bagi beberapa pelancong atau wisatawan. Pantai itu namanya adalah pantai Sembukan. Pantai ini masih ada di wilayah administratif Kecamatan Paranggupito.

Panorama yang dijajakan pantai ini sanggup mempesonakan mata beberapa pelancong. Selain menikmati pantai yang cantik dan nyaman, di pantai Sembukan bisa juga diisi dengan aktivitas memancing. Bahkan masyarakat setempat seringkali melangsungkan acara tradisi di pantai Sembukan tersebut.

Alamat lengkap: Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Temukan di Google Map

4. Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur
credit:instagram@katoro_fotografi

Wonogiri mempunyai salah satu waduk yang paling populer di Indonesia. Waduk ini sudah lama dibuat yakni pada tahun 1970 yang lalu. Luas waduk sekitar 8.800 hektar. Tidak hanya digunakan untuk keperluan pertanian, waduk Gajah Mungkur bahkan juga jadi lokasi favorit bagi beberapa pelancong untuk berlibur.

Akses ke arah waduk ini tidak terlampau jauh. Dari kota Wonogiri pelancong hanya perlu menempuh jarak sekitar 3 km ke lokasi wisata tersebut. Waduk ini mempunyai panorama alam yang paling cantik dan mempesona. Tidak hanya sampai di sana pelancong bisa juga menikmati hasil ikan yang ada di waduk ini.

Alamat lengkap: Waduk Gajahmungkur, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Temukan di Google Map

5. Air Terjun Setren Girimanik

Air terjun Setren Girimanik
credit:instagram@jujuhajah

Wonogiri memiliki potensi wisata air terjun yang tidak kalah dari wilayah lain. Ada air terjun Setren sebagai kesukaan beberapa pelancong di saat akhir minggu atau saat musim berlibur datang. Panorama di tempat ini akan memulai pelancong dengan gabungan air terjun yang cantik.

Air terjun itu berada di dusun Setren, Kecamatan Slogohimo. Akses ke arah objek wisata ini sekitar 30 km dari kota Wonogiri atau persisnya ke arah timur. Umumnya air terjun Setren akan dipenuhi pelancong sehari-harinya, tetapi pada akhir minggu merupakan jam kunjungan paling padat.

Alamat lengkap: Ngerapah, Setren, Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57694

Temukan di Google Map

6. Air Terjun Binangun Watu Jadah

Selain air terjun Setren, Wonogiri masih mempunyai tempat wisata menarik yakni air terjun Binangun Watu Jadah. Namun tempat wisata ini terselip karena akses ke arah lokasi yang memerlukan waktu tempuh yang cukup lama.

Pelancong yang ingin pergi ke arah air terjun Binangun Watu Jadah harus tempuh perjalanan kaki sepanjang 1 jam melalui persawahan dan bukit-bukit di sekitar gunung Lawu. Lokasi air terjun ini ada di dusun Girimulyo, Kecamatan Jatipurno. Panorama dan semburan dingin air di tempat wisata ini bisa menjadi obat sesudah menempuh jarak yang lumayan jauh dan lama.

Alamat lengkap: Girimulyo, Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57693

Temukan di Google Map

7. Goa Putri Kencono

Goa Putri Kencono
credit:instagram@goa_putri_kencono

Tempat wisata di Wonogiri yang dianggap sebagai wisata favorit ialah Goa Putri Kencono. Goa ini mempunyai panorama yang paling cantik dan memikat. Karakteristik khusus goa ini adalah banyak memiliki stalagmit dan stalaktit yang ada di sejauh goa.

Luas goa yang mempunyai nama Putri Kencono ini sekitar 1000 m2.. Goa Putri Kencono ada di Kecamatan Pracimantoro yang memiliki jarak sekitaran 40 km bila dilintasi dari kota Wonogiri. Pelancong dapat menikmati kekhasan goa dengan keunikan batu-batuan menggantung.

Alamat lengkap: Dusun Wonosobo, RT 3/RW 1 Desa Wonodadi Wonodadi, Gunungan, Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57664

Temukan di Google Map

8. Papan Luncur Gantole

Untuk pelancong yang menyenangi tantangan ketinggian, maka di tempat wisata Wonogiri ini tersedia sarana papan luncur di bukit Gantole yang pantas untuk dicoba. Tempat wisata ini cukup menantang dan benar-benar mengetes nyali serta adrenalin para pelancong atau wisatawan. Lokasi tempat wisata ini berada di bukit dusun Sendang.

Pelancong dapat memilih ketinggian untuk mencoba papan luncur Gantole. Ada dua opsi yakni dari ketinggian 200 meter dan ketinggian 400 meter. Tempat papan luncur ini dapat Anda jadikan sebagai wisata alternatif saat bertandang ke Wonogiri. Di bukit Gantole ini pelancong dapat menyaksikan aktivitas paralayang.

9. Museum Karst Dunia Wonogiri

Museum Karts Indonesia
credit:instagram@restu_prayogo25

Wonogiri masih mempunyai bermacam tempat wisata menarik lainnya. Kali ini para pelancong akan dibawa melakukan wisata edukasi yakni mengenali batu-batuan Karst. Lewat Museum Karst Dunia yang dipunyai oleh Kabupaten Wonogiri pelancong dapat mengenali banyak beragam tipe batu-batuan Karst.

Pelancong dapat mengajak keluarga tersayang untuk menikmati wisata edukasi dan info di museum ini.

Museum Karst Indonesia berada di desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro. Jarak tempuhnya sekitar 38 km ke selatan dari kota Wonogiri.

Alamat lengkap: Mudal, Gebangharjo, Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57664

Temukan di Google Map

10. Museum Wayang Indonesia

Museum wayang Indonesia
credit:instagram@veronica_agatha_asiah

Bila ingin mengenali salah satu kreasi seni dan budaya datanglah ke Museum Wayang Indonesia yang berada di Kecamatan Wuryantoro Wonogiri. Di sini ada beragam koleksi wayang Jawa seperti wayang kulit, golek, kedok, suket, dan lain-lain.

Pelancong dapat mengetahui banyak hal mengenai produk dan peninggalan budaya wayang Indonesia lewat Museum Wayang Indonesia yang ada di Kabupaten Wonogiri ini.

Alamat lengkap: Jl. Raya Wuryantoro No.184, Ngebel, Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57661

Temukan di Google Map

11. Rimba Alas Kethu

Alas Kethu
credit:instagram@yeniardn

Wisata rimba Alas Kethu mempunyai luas sekitar 40 hektar. Pelancong dapat memanfaatkan wisata di wilayah rimba sebagai napas dan paru-paru kota ini. Beragam tumbuhan dan pohon-pohonan seperti Jati, Kayu Putih, Akasia, dan Mahoni menghias muka Alas Kethu ini.

Situasi rimba yang asri dan teduh akan menganakemaskan pelancong yang datang berkunjung. Pelancong dapat memilih untuk menelusuri rimba Alas Kethu dengan berjalan kaki atau naik sepeda sambil menikmati panorama rimba yang mempesona.

Alamat lengkap: Jl. Raya Wonogiri-Jatipuro, Area Tegalan, Giriwono, Kec. Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57613

Temukan di Google Map

12. Kahyangan

Tempat wisata yang berada di dusun Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo ini mempunyai panorama yang benar-benar cantik dan menarik. Ada air terjun dan sendang sebagai unggulan di tempat wisata ini. 

Tidak itu saja, tempat wisata Kahyangan dipakai untuk aktivitas religius karena dulunya merupakan tempat petilasan Mangkunegaran I.

Itulah 11+ Tempat Wisata Populer di Wonogiri Jawa Tengah yang perlu Anda kunjungi ketika berlibur di kota ini. Anda dapat menjadikan daftar tempat wisata di Wonogiri ini sebagai rekomendasi untuk teman - teman dan kerabat Anda.

Alamat lengkap: Dlepih, Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57672

Temukan di Google Map

Itulah 11+ Tempat Wisata Populer di Wonogiri Jawa Tengah. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi Anda.

Post a Comment for " 11+ Tempat Wisata Populer di Wonogiri Jawa Tengah"