Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tempat Wisata Hits dan Populer di Pekalongan

8 Tempat Wisata Hits dan Populer di Pekalongan
credit:instagram@pesonabatangofficial

Mayoritas warga masyarakat mengenal Pekalongan sebagai Kota Batik, karena batik Pekalongan populer dengan polanya yang menarik dan mempunyai banyak pilhan warna yang memikat. 

Kota yang ada di jalur utara (pantura) Pulau Jawa ini merupakan wilayah pesisir yang kaya dengan hasil lautnya, bahkan juga menjadi dermaga perikanan paling besar di Pulau Jawa. Secara administratif, Pekalongan masuk wilayah Provinsi Jawa tengah.

Selain daerah penghasil kekayaan laut yang mengagumkan, kota ini juga memproses hasil laut seperti ikan asin, terasi, kerupuk ikan, dan sarden. Pemrosesan ini bukan hanya dilakukan oleh perusahaan besar saja akan tetapi juga oleh industri rumah tangga. 

Demikian besar kekayaan laut yang ada di Pekalongan, sehingga kota di pesisir utara pulau Jawa ini mempunyai wisata bahari dan wisata kulineran yang paling terkenal. 

Tetapi, bukan hanya wisata bahari saja yang berada di Pekalongan, wisata pegunungan dengan panorama alam yang tidak kalah cantik dari tempat lain juga ada disini. Apa tempat wisata di Pekalongan yang penting Anda kenal? 

Berikut ini adalah 8 Tempat Wisata Hits dan Populer di Pekalongan, antara lain:

1. Museum Batik Pekalongan

museum-batik-pekalongan
credit:instagram@aulisaktirosativa

Sesuai dengan sebutannya sebagai Kota Batik, Museum Batik adalah tempat yang perlu didatangi saat Anda berkunjung ke kota ini. Bangunan Museum yang berada di Jalan Jetayu nomor 1 Pekalongan, mempunyai koleksi batik yang lumayan komplit dari sejak zaman penjajahan Belanda dan Jepang. 

Selain batik asli kota pekalongan didalam Museum tersebut juga terdapat banyak koleksi batik dari seluruh wilayah Indonesia.

Museum Batik Pekalongan ini memiliki gaya arsitektur bangunan art deco yang merupakan bekas balai kota pada periode penjajahan Belanda. Tempat wisata di Pekalongan ini menjadi media edukasi untuk anak-anak agar semakin mengenali kebudayaan dan kekayaan bangsa Indonesia, terutama batik.

Harga tiket masuk museum batik pekalongan sebagai berikut:

  • Anak - anak    : Rp. 2.000
  • Dewasa           : Rp. 5.000
  • Mancanegara  : Rp. 10.000

Alamat lengkap: Jl. Jatayu No.3, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51141

Temukan di Google Map

2. Curug Bajing

curug-bajing-pekalongan
credit:instagram@waragan_rahman

Curug Bajing adalah tempat wisata di Pekalongan yang berada di Dusun Tlogopakis, Kecamatan Petungkriyono. Akses ke lokasi wisata ini lumayan mudah apalagi memakai kendaraan roda empat (mobil). 

Jarak yang harus ditempuh dari kota Pekalongan ke arah lokasi air terjun ini menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam. 

Hijaunya rimba dan terasering sawah yang bersusun di punggung-punggung bukit menjadi panorama cantik yang menemani sepanjang perjalanan Anda. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus melakukan trekking sepanjang 15 menit dari tempat parkir kendaraan.

Air terjun Curug Bajing ini mempunyai ketinggian 70 meter dan aliran airnya membuat tahapan-tahapan di dasarnya. Di sini para pelancong bisa menikmati kopi rimba yang menjadi ciri khas wilayah ini. Hangatnya kopi bisa menyingkirkan rasa dingin karena tempat ini ada di ketinggian 1300 mdpl.

Harga tiket masuk ke Curug Bajing : Rp. 5.000 / per orang

Parkir motor : Rp. 2.000

Parkir mobil : Rp. 5.000

Alamat lengkap: Jl. Raya Petungkriyono, Hutan, Curugmuncar, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah 51193

Temukan di Google Map

3. Gunung Rogojembangan dan Curug Muncar

curug-muncar-pekalongan
credit:instagram@amynsyahlevi

Gunung Rogojembangan masih ada dilokasi yang sama dengan Curug Bajing yang berada di Petungkriyono dan bersebelahan langsung dengan Kabupaten Banjarnegara. 

Perjalanan kearah puncak Gunung Rogojembangan memerlukan waktu 3 jam dengan kendaraan. Sepanjang perjalanan, para pengunjung akan disajikan dengan panorama rimba yang menghijau dan masih alami.

Gunung ini sering menjadi objek pendakian untuk para pecinta alam. Jalur pendakian yang eksotik menjadi argumen (alasan) para pendaki untuk mengalahkan gunung yang mempunyai ketinggian 2117 mdpl. 

Puncak Gunung Rogojembangan hanya seluas lapangan badminton dan mempunyai kontur tanah yang datar. Kabarnya dahulu pucuk gunung tersebut berupa cengkungan besar, karena itu diberi nama Jembangan, namun makin lama puncak itu menjadi datar.

Di tengah perjalanan, para pengunjung akan mendapati Curug Muncar yang berada di jalur yang sama ke arah pucuk gunung tersebut. Kekhasan di tempat ini adalah ada tumbuhan kantong semar dan anggrek putih yang jarang-jarang ditemukan di tempat lain. 

Dengan semua keelokan alamnya, maka gunung Rogojembangan pantas menjadi satu diantara tempat wisata di Pekalongan yang harus Anda datangi.

Harga tiket masuk ke Curug Muncar sebesar Rp. 5.000 / per orang

Alamat lengkap: Kalibang, Kaliwungu, Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Temukan di Google Map

4. Kebun Teh Pagilaran

kebun-teh-pagilaran
credit:instagram@sekilasbatang

Bagi Anda yang menyenangi ekowisata, maka kebun teh ini menjadi opsi tepat. Walaupun terletak di luar daerah Pekalongan, akan tetapi tempat ini harus didatangi saat Anda berlibur di Pekalongan. 

Kebun Teh Pagilaran berada di bukit-bukit Dieng dan masuk dalam wilayah Dusun Pagilaran, Kecamatan Blado, Kabupaten Tangkai. Bila tiba dari Pekalongan, Anda akan tempuh jarak 40 km ke arah tempat ini.

Perjalanan yang jauh dan melelahkan akan terbayarkan dengan bentangan kebun teh yang menghijau. Menikmati panorama seperti ini akan menghilangkan rasa capek dan memberi kesegaran badan dengan udara sejuk dan wewangian teh yang fresh dan menyegarkan.

Harga tiket masuk ke kebun teh Pagilaran sebesar Rp. 5.000 / per orang

Alamat lengkap: Jalan Botosari, Botosari, Paninggaran, Area Hutan/Perkebunan, Gununglangit, Kalibening, Pekalongan, Jawa Tengah 51164

Temukan di Google Map

5. Dusun Wisata Lolong

desa-wisata-lolong
credit:instagram@tia_martianagardiyanti

Unggulan dari desa wisata Lolong Kecamatan Karanganyar adalah buah durian yang sedap dan nikmat. Dusun ini populer dengan perkebunan durian yang nyaris rata ada di setiap dusun tersebut. 

Untuk para pecinta durian, Desa Lolong pada musim durian adalah surganya. Di sini Anda bisa mencicipi buah durian yang sedap dan nikmat dengan harga terjangkau.

Tempat wisata di Pekalongan ini bukan hanya menawarkan hasil kebun saja, tetapi juga pengalaman menelusuri sungai yang berbatu dengan wisata adventure di Sungai Sengkarang. 

Para pengunjung bisa menikmati pengalaman yang memacu adrenalin dengan aktivitas river tubing yang disiapkan pengurus ditempat tersebut. Aktivitas ini benar-benar pas dilaksanakan bersama rekan-rekan dan kolega Anda.

Berikut daftar spot wahana menarik di obyek wisata alam Lolong adventure Pekalongan:

1. Camping Lolong adventure (Harga mulai dari Rp.75.000 dengan sajian fasilitas lengkap)

2. Outbond Lolong adventure (Rp.15.000 sudah termasuk equipment lengkap, asuransi, dokumentasi dan lainnya)

3. Rafting Lolong adventure ( 9 km – Rp.150.000 dan 12 km- Rp.185.000) lengkap dengan gear dan fasilitas menarik.

4. Tubing Lolong adventure (400 m – Rp.60.000 dan 3 km – Rp.100.000)sudah termasuk safety guard dan perlengkapan lengkap.

(Harga tiket masuk dan wahana menarik di Lolong adventure bisa berubah setiap waktu). Anda bisa mengexplore destinasi wisata alam Pekalongan satu ini setiap hari, untuk operasionalnya buka dari jam 08.00 – 17.00 WIB.

Alamat lengkap: Karangrejo, Lolong, Kec. Karanganyar, Pekalongan, Jawa Tengah 51182

Temukan di Google Map

6. Pantai Pasir Kencana

pantai-pasir-kencana
credit:instagram@wirultan

Pantai Pasir Kencana berada dilokasi yang sangat berdekatan dengan pusat kota Pekalongan, karena hanya memiliki jarak 4 km dari pusat kota. Pantai ini benar-benar ramai didatangi warga Pekalongan tiap hari, khususnya di sore hari. 

Panorama sunset (Matahari terbenam) di saat senja benar-benar cantik untuk dinikmati. Disamping itu pemerintahan menyengaja membuat beberapa sarana umum dan permainan anak di sekitar pantai untuk memancing ketertarikan pengunjung berekreasi di pantai ini.

Tempat wisata di Pekalongan ini akan jadi penuh sesak oleh pengunjung saat hari liburan tiba, khususnya saat liburan hari raya Idul Fitri (lebaran). 

Uniknya di tempat ini adalah adanya akuarium yang berisi beragam biota laut seperti miniatur Seaworld. Icon dari pantai ini adalah jembatan saluran yang tidak ada di pantai lain.

Harga tiket masuk ke pantai pasir kencana sebagai berikut:

  • Hari kerja (workdays) : Rp. 2.000
  • Malam Minggu : Rp. 2.500
  • Hari Minggu : Rp. 5.000

Alamat lengkap: Jalan Pantai, Wonokerto, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51153

Temukan di Google Map

7. Linggo Asri

linggo-asri

Tempat wisata ini berada pada ketinggian 800 mdpl dan ada di jalur di antara Kabupaten Pekalongan dengan Kabupaten Banjarnegara. Akses yang gampang dan ada di tepi jalan raya yang melintasinya adalah alasan mengapa tempat wisata ini selalu ramai didatangi pelancong. 

Linggo Asri menjadi satu diantara tempat wisata di Pekalongan yang terkenal karena mempunyai opsi wisata yang komplit. Dimulai dari kolam renang, kebun binatang mini, sampai wisata outbound seperti flying fox, arung jeram dan trekking rimba.

Tempat wisata ini benar-benar pas menjadi tempat wisata keluarga karena bukan hanya sebagai tempat wisata, namun juga dapat menjadi tempat belajar, olahraga dan menikmati selingan. 

Situasi alam perdesaan Linggo Asri masih natural serta pas digunakan sebagai tempat berkemah. Seringkali kelompok anak sekolah melakukan kemah (kemping) di tempat ini untuk menambah pengalaman belajar di alam liar.

Harga tiket masuk ke Linggo Asri:

  • Anak - anak : Rp. 5.000 / per anak
  • Dewasa : Rp. 7.500 / per orang
  • Atraksi naik Gajah : Rp. 10.000 / orang

Alamat lengkap: Kec. Kajen Pekalongan Jawa Tengah

Temukan di Google Map

8. Pantai Depok

pantai-depok-pekalongan
credit:instagram@kenter_amora

Satu lagi tempat wisata di Pekalongan yang memiliki nuansa bahari adalah Pantai Depok. Pantai ini dikenal dengan rimbunnya pohon nyiur yang berdiri dan berjajar di sepanjang pantai tersebut. 

Tempat ini menjadi lokasi favorit para pelancong karena suasananya yang romantis. Suara deburan ombak bersatu dengan gesekan daun nyiur membuat pikiran dan badan menjadi santai.

Panorama terindah di pantai ini adalah pada senja hari, ketika sunset tiba. Untuk para pecinta photografi, panorama ini menjadi objek pengambilan foto yang paling menarik. Ombak di pantai ini cukup tenang sehingga cukup aman jika pengunjung ingin bermain air di pantai.

Di pantai Depok ini sudah tersedia sarana umum untuk menunjang kenyamanan pengunjung yang datang seperti sarana MCK, Mushalla, taman bermain, warung santai dan tempat parkir kendaraan.

Harga tiket masuk ke pantai Depok Pekalongan sebesar Rp. 5.000 / per orang

Alamat lengkap: Sawah, Depok, Kec. Siwalan, Pekalongan, Jawa Tengah 51137

Temukan di Google Map

Itulah ulasan tentang  8 Tempat Wisata Hits dan Populer di Pekalongan. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk Anda ketika berlibur di Pekalongan, Jawa Tengah.

Post a Comment for " 8 Tempat Wisata Hits dan Populer di Pekalongan"