Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10+ Tempat Wisata Populer di Kebumen Jawa Tengah

Tempat wisata di Kabupaten Kebumen tidak kalah terkenalnya dengan tempat wisata lainnya di Indonesia. Masalah pariwisata Jawa tengah memang belum terkenal seperti halnya provinsi tetangga yakni Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Walaupun sebenarnya bila di eksplore,  maka  semakin banyak wilayah di Jawa tengah yang menyimpan banyak tempat wisata yang layak untuk dikembangkan.

Bila dilihat di internet telah banyak artikel yang mengupas tempat wisata di Jawa tengah lainnya seperti Semarang, Purbalingga dan Solo, maka kali ini kita akan mengulas dengan sedetil mungkin tempat wisata yang berada di kota ngapak Kebumen. 

Lantas apa saja tempat wisata yang berada di kota Kebumen ? yuk kita baca sama - sama ulasannya berikut ini.

1. Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti berada di tepian pesisir pantai selatan yang menjadikan Kapupaten Kebumen memiliki beberapa pantai dengan pemandangan yang cantik. Pantai di Kebumen yang paling cantik adalah pantai Menganti yang ada di dusun Karangduwur, Kecamatan Ayah. 

Perjalanan menuju ke pantai Menganti dilakukan sekitar 1,5 jam dari pusat perkotaan Kebumen. Pantai ini belum demikian populer seperti Pantai Ayah atau Pantai Karang Bolong karena akses yang ada ke tempat wisata itu cukup sulit.

Walaupun  aksesnya sulit, panorama pantai ini tidak Anda dapatkan di pantai - pantai lainnya. Pantai yang indah itu dikitari dengan bukit dan tebing warna hijau, pantai pasir putih itu mirip dengantempat wisata yang ada di Selandia Baru dengan cuaca tropis. 

Selain menikmati pantai yang cantik dan belum didatangi oleh banyak orang, Anda akan disuguhi dengan hasil tangkapan nelayan berbentuk makanan laut yang dilakukan oleh masyarakat sekitar pantai tersebut.

Jam buka: 07.00 WIB - 17.00 WIB

Harga tiket masuk : Rp. 10.000,- / orang

Alamat Lengkap: Tj. Karangboto, Karangduwur, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473

Temukan di Google Map

2. Pantai Karang Agung Kebumen 

credit:[email protected]_ryni

Saat berkunjung ke pantai Karang Agung Anda akan diingatkan dengan panorama yang ada di Tanah Lot Pulau Dewata Bali. Mengapa demikian ? 

Bebatuan karang yang membumbung, memberinya landscape yang mengagumkan, ombak juga semakin bersusulan dengan gagahnya. Pantai yang dirawat oleh warga di tempat ini berada di tempat yang terselip di balik jejeran bukit karst Gombong selatan. 

Supaya bisa sampai kesana dengan aman Anda perlu melewati jalan setapak sepanjang lebih kurang 30 menit dari dusun Argopeni Kecamatan Ayah.

Jam buka: 07.00 WIB - 17.00 WIB

Harga tiket masuk : Rp. 5.000,- / orang

Alamat Lengkap: Argopeni, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473

Temukan di Google Map

3. Pantai Pecaron Kebumen

Tempat wisata di Kebumen yang ini lokasinya masih ada di sekitar pantai Ayah, menjadikan pantai ini tersembunyi dan harus Anda kunjungi. Pantai Pecaron lokasinya ada di samping timur pantai Menganti. 

Untuk sampai di sini, Anda harus berjalan melewati bukit curam. Akses yang perlu dituju ke pantai ini masih sulit karena baru saja dibuka, tetapi setelah itu Anda akan disajikan dengan pantai menarik namun tetap senyap sunyi.

Para pelancong (wisatawan) yang tiba akan disuguhi dengan deburan ombak yang memecah kesunyian.

Jam buka: 07.00 WIB - 17.00 WIB

Harga tiket masuk : Rp. 5.000,- / orang

Alamat Lengkap: Hutan, Srati, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473

Temukan di Google Map

4. Pantai Karangbolong

Di kota kebumen ada satu pantai yang tidak kalah menarik yang terletak ada di desa Karangbolong, kecamatan Buayan, namanya adalah pantai Karangbolong. Pantai itu cukup dikenal jadi tidak heran bila banyak pelancong yang berkunjung kesana. 

Menariknya, pantai ini memiliki sebuah gua sebagai tempat burung walet untuk membuat sarang. Sarang walet menjadi penyumbang penghasilan paling besar di Kabupaten Kebumen, itu argumen mengapa kabupaten ini menjadikan burung walet sebagai lambangnya. 

Karena medan yang susah dan berbahaya, pelancong biasa tidak dapat semaunya saja masuk gua walet ini. Karena warga setempat yang hendak memetik walet melangsungkan adat ngunduh sarang walet terlebih dahulu agar diberikan keselamatan sepanjang mengunduh sarang walet tersebut. 

Tetapi bila Anda ingin menyaksikan secara langsung proses adat itu Anda bisa juga menyaksikan gua walet tiruan yang bisa menambah pengetahuan Anda.

Jam buka: 07.00 WIB - 17.00 WIB

Harga tiket masuk : Rp. 5.000,- / orang

Parkir Motor : Rp. 5.000,-

Parkir Mobil : Rp. 10.000,-

Alamat Lengkap: Karangbolong, Kec. Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54474

Temukan di Google Map

5. Gua Barat

credit:[email protected]bedahlokal

Wilayah karst Gombong selatan menyimpan kecantikan pantai - pantai yang yang telah disebutkan diatas. Mencoba menyusuri gua di perut bumi dengan adanya banyak keagungan ciptaanNYA, Anda akan dibantu oleh tour guide untuk menyaksikan cantiknya stalagtit dan stalagmit didalam gua tersebut.

Deru suara air terjun bisa menjadi musik latar, sepanjang kurang lebih tiga jam menyusuri gua itu Anda akan mendapati keelokan air terjun yang sering disebutkan dengan superman's big sister. 

Gua barat yang terletak tidak jauh dari Gua Jatijajar itu terletak ada di desa Jatijajar, kecamatan Ayah, kebumen. Anda sebagai pelancong akan didampingi pemandu dan alat caving komplit dengan biaya sebesar Rp. 180.000 per kelompoknya.

Jam buka: 

Harga tiket masuk : Rp. 12.500,- / orang (dewasa)

Harga tiket masuk : Rp. 5.500,- / orang (anak - anak)

Alamat Lengkap: Kalikarang, Jatijajar, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473

Temukan di Google Map

6. Curug Silancur dengan batu-batuan purba

credit:[email protected]_subekti

Tenangnya situasi desa Pujegan, desa Wadasmalang, Karangsambung tidak lantas membuat tempat itu tidak memiliki potensi wisata, karena disitu ada Curug Silancur air terjun terasing yang sekarang ini menjadi daya magnet yang memberikan banyak pengaruh untuk dusun itu.

Curug Silancur mempunyai tinggi 20 meter dan jatuh ke bebatuan purba di bawahnya, sehingga membuat sebuah kolam. 

Supaya Anda bisa sampai disitu maka Anda bisa melakukan perjalanan selama lebih kurang 35 Km dari Kebumen, lalu berjalan kaki lebih kurang 20 menit dari tempat parkir ke dasar jurang.

Jam buka: 

Harga tiket masuk : Rp. 5.000,- / orang

Alamat Lengkap: Wadasmalang, Karangsambung, Pujegan, Wadasmalang, Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54353

Temukan di Google Map

7. Gunung Duwur

credit:[email protected]_luhpitasari

Tak perlu risau untuk Anda yang hobi mendaki dan ingin menikmati panorama cantik Samudera Hindia, karena Anda dapat mendaki ke puncak gunung Duwur. Tidak Ada salahnya untuk Anda yang ingin mencoba mengetes mental dan nyali diri sendiri dengan naik ke puncak Gunung Duwur. 

Gunung duwur terletak di desa Watukelir, Kecamatan Ayah. Ketinggian gunung Duwur sekitar 500 mdpl. Luasnya Samudera Hindia yang terhampar disisi bagian selatan akan tampak spesial di hati, dihias dengan garis pantai dan cakrawala. 

Supaya dapat sampai ke puncak gunung duwur, Anda perlu tracking sepanjang satu jam melalui medan berbatu, karena tidak ada jalur pendakian yang resmi, berhati - hatilah dan perhatikan panduan di sepanjang jalan supaya tidak salah jalan.

Jam buka:

Harga tiket masuk : Gratis

Alamat Lengkap: Hutan, Watukelir, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Temukan di Google Map

8. Bukit Pranji

Bukit Pranji terletak berada di dusun Watulawang dan dusun Pengaringan, kecamatan Pejagoan, dan menjadi spot terpopuler anak muda untuk nikmati panorama kota Kebumen dari ketinggian. 

Bahkan juga ada pula beberapa pengunjung yang menyengaja menginap untuk menyaksikan bintang dengan pendar sinar lampu kota sekaligus menanti munculnya fajar di ufuk timur. 

Spot itu pas untuk Anda yang ingin menyaksikan sunrise, saat langit bersih Anda dapat menyaksikan gunung Sindoro dan Sumbing yang semakin hari semakin tampak gagah di kejauhan.

Jam buka: 

Harga tiket masuk : Gratis

Alamat Lengkap: Krajan, Watulawang, Kec. Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54361

Temukan di Google Map

9. Waduk Sempor

Waduk Sempor menjadi tempat wisata di Kebumen yang layak untuk dikunjungi. Waduk Sempor terletak di desa Sempor, Kecamatan Sempor. 

Warna langit yang biru memantul dari permukaan waduk yang dikelilingi dengan bukit hijau, dengan panorama yang menyejukkan. Untuk berkeliling  Anda dapat naik perahu motor yang disewakan oleh warga setempat.

Jam buka: 07.00 WIB - 17.00 WIB

Harga tiket masuk : Rp. 5.000,- / orang

Alamat Lengkap: Gombong, Waduk Sempor, Kec. Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54421

Temukan di Google Map

10. Arung Jeram padegolan

Ingin memicu adrenalin Anda? Datang saja ke wisata Arung Jeram Padegolan. Sungai Padegolan menjadi sungai dengan luapan air dari bendungan Waduk Wadaslintang Kecamatan Prembun. 

Titik awalnya dari dusun Sendang Dalam dan berakhir di bendungan Pejengkolan. Karena datang dari waduk maka air sungai ini sangat jernih, didukung dengan panorama pohon kanan kiri yang menjadikan track sungai ini sangat menyenangkan.

Jam buka: 07.00 WIB - 17.00 WIB

Harga tiket masuk : Rp. 100.000,- / orang

11. Benteng Van der Wijck

Benteng Van der Wijck adalah sebuah benteng Belanda yang berdiri kuat di kecamatan Gombong, 35 Km dari kota Kebumen. Benteng yang memiliki ciri khas warna merah ini kelihatan menonjol daripada bangunan kuno yang ada disekelilingnya. 

Bangunan ini awalannya dibuat untuk barak militer guna menahan perlawanan pasukan Diponegoro. Tetapi sekarang ini kompleks benteng itu dijadikan sebagai Sekolah Calon Tamtama dan barak militer TNI AD. 

Sedangkan lainnya dipakai sebagai tujuan wisata dengan taman bermain dan kereta mini. Bila Anda pernah melihat film The Raid maka Anda akan familiar dengan bangunan itu, karena lokasi syutingnya ada di wilayah benteng itu. 

Bagaimana ? Apakah sudah Anda telusuri semua tempat wisata di Kebumen?

Jam buka: 08.00 WIB - 16.00 WIB

Harga tiket masuk : Rp. 5.000,- / orang

Harga tiket masuk : Rp. 25.000,- / orang (Semua wahana)

Alamat Lengkap: Sidayutengah, Sidayu, Kec. Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54416

Temukan di Google Map

Itulah  10+ Tempat Wisata Populer di Kebumen Jawa Tengah. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna untuk Anda.

Post a Comment for " 10+ Tempat Wisata Populer di Kebumen Jawa Tengah"