Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciater Subang

 

Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciater Subang
credit:instagram@seno_elfulsary

Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciater Subang - Alam selalu menyiapkan yang terbaik untuk manusia, sama seperti dengan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciater Subang, yang mempunyai faedah dan manfaat untuk kesehatan kita. 

Tidak hanya sekedar bisa mengendurkankan urat - urat di badan kita yang kaku setelah sekian lama melakukan bermacam kegiatan rutin sehari - hari, kandungan belerang yang terdapat didalamnya juga bagus untuk mengobati bebagai macam jenis penyakit, di antaranya adalah penyakit yang terkait dengan kulit dan tulang. Tentunya ini kana sangat membantu pengobatan tersebut jika dilakukan secara teratur dan rutin.

Manfaat tambahan tersebut itulah yang membuat Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciater Subang ini dipilih oleh wisatawan dalam negeri atau macanegara ketika mereka berlibur. 

Sebuah riset balneologi menyatakan bahwa kecuali belerang, mata air panas tersebut juga kaya dengan kandungan bahan - bahan mineral lainnya seperti kalsium, magnesium, klorida, sulfat, thermo, atau hyperthermia dengan kandungan alumunium tinggi (38,5 equiv %) dan tingkat keasaman capai PH 2,45.

Sesungguhnya, ada sejumlah sumber mata air panas yang di fungsikan juga sebagai tempat wisata alam di Indonesia. Tetapi Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciater Subang ini memang diatur dengan sangat baik. 

Mata air panas ini mengucur dan mengalir ke sungai sejauh 200  meter dan tentu saja sudah berubah menjadi dingin dan kemudian digunakan oleh warga masyarakat setempat untuk pengairan sawah-sawah mereka. Menurut beberapa petani, hasil panen yang mereka peroleh jauh  lebih bagus daripada menggunakan air biasa.

Akses Ke Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciater Subang

Obyek Wisata ini berada di jalan Raya Subang dan benar-benar sangat mudah untuk dijangkau dengan memakai angkot atau kendaraan pribadi. Bila Anda datang dari arah Jakarta melalui puncak ke arah Subang, maka jaraknya sekitar 200 km dan waktu perjalanan selama 5 jam. 

Bila Anda datang dari arah Purwakarta, Anda memerlukan waktu tempuh lebih singkat karena jarak tempuhnya hanya 185 kilometer. Perjalanan Anda walaupun agak lama, pasti ditanggung tidak akan membuat Anda jemu dan bosan. 

Kota Subang dikenal memiliki udara yang sejuk dan segar. Di Subang juga Ada juga perkebunan teh yang membentang luas dan menyajikan suasana segar.

Sarana Dan Prasarana

Tempat pemandian di Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciater Subang ini dipisah menjadi beberapa tempat. Di tempat terbuka, Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk membayar ticket masuk lagi. Mungkin karena itu pula maka tempat ini sangat ramai dan malah membuat Anda tidak dapat bersantai dan rileks.

Kemudian, ada kolam pemandian yang airnya mengandung belerang. Apa yang akan Anda dapatkan di sini? Anda dapat memperoleh ruang pemandian yang semakin nyaman dengan ruangan basuh (bilas). 

Tempat pemandian yang selanjutnya adalah kelas VIP. Anda dapat menikmati suasana tenang dan santai dengan memilih tempat pemandian yang tertutup karena lebih privacy, walaupun untuk itu Anda harus membayar tiket masuknya lagi. Selain itu Anda pun memperoleh minuman ringan gratis, shampo, dan sabun. 

Di sini, disiapkan air dingin untuk mencuci badan yang telah tergenang di air belerang. Temperatur air panas di tempat ini mencapai suhu 44 derajat celcius. Mata airnya berasal dari gunung Tangkuban Perahu. Tetapi, temperaturnya kemudian turun setelah disalurkan ke kolam pemandian hingga sekitar 40 derajat celcius saja.

Kecuali tempat pemandian, di Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciater Subang ini juga ada beberapa sarana yang lain seperti tempat bermain anak - anak, Kuda Tunggang, Delman, Suvernir, Tempat Golf dan Kolam Pancing. 

Kemudian ada fasilitas Bungalow, Outbound, Terapi Pijat (Tarifnya antara Rp 40.000 - Rp. 75.000), Restoran, Mushala, Arung Jeram, Playground, Pemancingan, Track Sepeda, Berkuda, Lapangan Tenis, Bola Volley, Basket, Golf, Sewa Perahu, Wahana Pancuran Tujuh, Curug Jodoh, dan Jeep Offroad (Tarifnya antara Rp. 550.000 - Rp. 1.900.000).

Anda juga dapat menyewa tikar untuk bersantai dengan biaya Sewa Rp 50.000 (Kecil) – Rp 100.000 (Besar).

Untuk akhir pekan (Sabtu dan Minggu), ada pertunjukan tari tradisionil ciri khas Kabupaten Subang yang pentas secara terbuka dan di tampilkan sebagai selingan hiburan untuk para pengunjung.

Penginapan

Hotel Sari Ater Subang

Anda tidak perlu merasa khawatir ketika berkunjung ke obyek wisata ini karena terdapat penginapan yang menyeediakan 100 kamar dengan bermacam kelas yang bisa Anda pilih. 

Sisi luar bangunan hotel memiliki arsitektur yang merupakan ciri khas lokal kota Subang, dilapisi dengan dinding bambu (bedeng), ijuk atau sirap. 

Tiap kamar dilengkapi dengan kamar mandi air panas dan kolam renang khusus. Untuk makanan ada di Warung Sunan Ambu yang buka 24 jam dan masih ada juga beberapa restaurant lainnya yang buka antara jam 08.00-23.00 WIB.

Harga Penginapan mulai dari  Rp 100.000/malam

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciater Subang sebagai berikut:

Harga Tiket Masuk : Rp 20.000 - Rp 80.000

Tarif Parkir Motor : Rp 20.000 (Weekday) dan Rp 25.000 (Weekend)

Tarif Parkir Mobil : Rp 30.000 (Weekday) dan Rp 35.000 (Weekend)

Tarif Parkir Bus : Rp 42.000 - Rp 45.000

Alamat Lengkap: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Kec. Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat 40154

Temukan di Google Map

Berikut ini adalah video Pemandian Air Panas Ciater Subang (credit to : chanel mygatget)


Itulah ulasan artikel mengenai Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciater Subang. Semoga bisa menjadi tambahan referensi untuk Anda.

Post a Comment for "Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciater Subang"