Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar 6 Obyek Wisata di Sukabumi Yang Indah dan Mempesona

Daftar 6 Obyek Wisata di Sukabumi Yang Indah dan Mempesona

Kabupaten Sukabumi berada dalam wilayah administratif provinsi Jawa Barat. Sukabumi merupakan sebuah Kabupaten yang luas dan penuh dengan keberagaman keadaan alam, mulai dari pantai, daratan rendah, daratan tinggi, sampai pegunungan. 

Obyek Wisata di Sukabumi yang cantik dan indah terbentang mulai dari Pantai Dermaga Ratu di selatan hingga sampai ke Gunung Gede di sebelah utara. Ada beberapa langkah untuk menelusuri keelokan tempat rekreasi di Sukabumi. Para pelancong atau wisatawan dapat melakukan aktivitas memancing, berendam air panas, berenang, kemping atau sekadar jalan kaki obyek wisata ini.

Kabupaten Sukabumi sebagai salah satu tujuan wisata di Jawa Barat sangat mengandalkan pendapatan asli daerah (PAD) nya dari sektor pariwisata. Karena itu, obyek wisata di Sukabumi mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah setempat. 

Bermacam fasilitas dan prasarana pendukung acara berlibur keluarga sudah dibuat pada hampir semua obyek wisata di Sukabumi. Karena itu, liburan ke Sukabumi adalah aktivitas yang membahagiakan untuk Anda sekeluarga.

Berikut ini adalah Daftar 6 Obyek Wisata di Sukabumi Yang Indah dan Mempesona, yaitu:

1. Pantai Dermaga Ratu (Pelabuhan Ratu)

Daftar 6 Obyek Wisata di Sukabumi Yang Indah dan Mempesona


Sejak zaman dahulu, Pantai Dermagaratu telah menjadi tempat rekreasi di Sukabumi yang paling populer diantara pantai - pantai lainnya yang ada di provinsi Jawa Barat. Teluk Pelabuhan ratu adalah merupakan tempat bermuaranya dua buah sungai yaitu sungai Cimandiri dan Citarik. 

Tempat wista di Sukabumi ini menyuguhkan panorama berupa keelokan alam pantai yang indah dan memikat hati siapa saja yang berkunjung kesana. Ada beberapa titik panorama alam pantai yang menarik untuk didokumentasikan baik dalam bentuk video maupun dalam bentuk photo (gambar) sebagai alnum kenangan Anda.

Disamping itu, kawasan Pantai Dermagaratu merupakan tempat wisata di Sukabumi yang mempunyai nuansa mistis (keangkeran) tertentu bagi para pelancong (wisatawan) yang berkunjung kesana. 

Hal ini disebabkan karena adanya keyakinan dari warga masyarakat setempat, jika Teluk Pelabuhan ratu merupakan wilayah kekuasaan dari Penguasa Pantai Selatan yang bernama Nyi Roro Kidul. Bahkan ada salah satu kamar hotel di Pantai Dermaga Ratu yang sebagaja disiapkan dan diatur sedemikian rupa untuk menyongsong kehadiran Nyi Roro Kidul tersebut.

Rute dan Akses Ke Dermaga Ratu

Kawasan wisata Pelabuhan Ratu sangat mudah dijangkau oleh para pengunjung baik yang berasal dari Jakarta ataupun dari Bogor dan kota Bandung. Anda dapat memakai Bis umum, Kereta Api, Kendaraan pribadi, ataupun jenis Angkutan umum lainnya. 

Berikut ini adalah jalur jalan yang dapat Anda lalui:

1. Dari Jakarta dan Bogor, Anda dapat menggunakan Bis kearah tujuan Dermaga Ratu, Sukabumi

2. Dari Bandung dan Sukabumi, Anda dapat  menggunakan Bis kearah tujuan Dermaga Ratu, Sukabumi

Jika Anda berangkat dari arah Bogor, Anda dapat naik transportasi umum atau Bis dari Terminal Bogor. 

Sampainya di Terminal Bogor, Anda dapat  melanjutkan perjalanan dengan menumpang Bis dengan jalur Bogor - Sukabumi dengan biaya sekitar Rp. 15.000 per-orang. Kemudian, setelah Anda tiba di Sukabumi, Anda tinggal naik Bis kembali ke arah Dermaga Ratu, dengan cara menumpang bis jurusan Sukabumi - Dermaga Ratu.

Hotel dan Penginapan di Pelabuhan Ratu

Berikut ini adalah beberapa hotel yang dapat Anda pilih sebagai tempat bermalam (menginap) ketika Anda sedang berlibur di Dermaga Ratu Sukabumi, antara lain:

  • Inna Samudra Beach Hotel, Jl. Raya Cisolok Km. 7, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, Harga kamar Rp. 832.000
  • Karang Aji Beach Villa, Jl. Raya Cisolok Km. 20, Cimaja, Pelabuhan Ratu, Cisolok, Jawa Barat 10310, Telepon 0212 525 837
  • 77 Sunset Plaza, Jl. Raya Karang Papak, Pelabuhan Ratu, Cisolok, Jawa Barat 43365, Tarif kamar antara Rp. 500.000 – Rp. 1.000.000 per malam
  • Resort Cahaya, Jl. Raya Karang Papak, Pelabuhan Ratu, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat 43365, Tarif kamar Rp. 500.000 – Rp. 1.000.000 per malam
  • Didesa Resort, Jl. Raya Cisolok Km. 8, No. 23, Cimaja, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat 43266, Telepon 0266 433300, Tarif kamar Rp. 265.000 per malam
  • Pondok Kencana Hotel & the Ombak Tujuh Pub, Jl. Cisolok KM.8, Bojong Haur, Jawa Barat, Telepon 0266 431465
  • Hotel Villas Lagusa, Jalan Lagusa – Cisolok, Sukabumi, Cimaja, Jawa Barat 43366
  • Padi – Padi Beach Resort, Jl. Raya Citepus, Citepus, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, Telepon 0266 432124

Alamat Lengkap: Pelabuhanratu, Kec. Pelabuhan Ratu, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43364

Temukan di Google Map

2. Curug Cicurug: Air Terjun 3 Trek di Sukabumi

Curug Cicurug Sukabumi
credit:[email protected]_rahman

Tempat wisata selanjutnya di Sukabumi adalah Curug Cicurug. Sukabumi sendiri mempunyai beberapa buah curug atau air terjun yang cantik dan indah, dan salah satu curug yang populer di Sukabumi ialah Curug Cicurug yang berada di kecamatan Cibitung ini. 

Daya tarik tempat wisata di Sukabumi ini menyuguhkan sebuah air terjun yang mempunyai trek aliran sejumlah 3 buah. Panorama cantik ini sayang sekali untuk dilewatkan, jadi pastikan Anda membawa kamera untuk mengambil gambar tempat rekreasi tersebut sebagai kenang - kenangan Anda.

Jalur jalan yang menuju ke tempat wisata Curug Cicurug ini tidak hanya menyajikan pemandangan cantik berupa air terjun saja. Anda juga bisa membuat acara perkemahan (camping), mendayung perahu, atau melakukan penelusuran alam di sungai jernih yang berbatu. 

Saat berlibur ke tempat wisata di Sukabumi inipun Anda tidak perlu merasa khawatir atau cemas karena tidak dapat tersambung dengan dunia luar. Mengapa? Karena tempatwisata di Curug Cicurug ini sudah dilengkapi dengan sarana telepon umum, transportasi dan pemondokan yang baik., sehingga Anda bisa tetap terhubung dengan keluarga Anda.

Kecuali Curug Cicurug, tempat wisata di Sukabumi yang berbentuk air terjun lainnya adalah Curug Sawer. Curug Sawer ini berada di wilayah Gunung Gede Pangrango, kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. 

Tidak jauh dari Curug Sawer tersebut, ada tempat rekreasi lainnya di Sukabumi yang bernama Curug Cibeureum. Curug Cibeureum sebagai tempat rekreasi di Sukabumi masuk wilayah Sundajaya Riang.

Alamat Lengkap: Kecamatan Cicurug Sukabumi West Java

Temukan di Google Map

3. Situ Gunung: Danau Cantik di Sukabumi

Situ Gunung

Tempat wisata ketiga di Sukabumi adalah Situ Gunung. Para pelancong (wisatawan) dari luar negeri serta dalam negeri juga bisa menikmati keindahan danau cantik yang ada di Sukabumi. Ada danau Situ Gunung di kecamatan Kadudampit, kabupaten Sukabumi yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan.

Situ Gunung merupakan sebuah danau alam yang ada dalam wilayah kaki Gunung Gede Pangrango. Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas seperti memancing, camping, atau sekedar menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan rileks melingkari danau cantik ini.

Secara geografis, tempat wisata di Sukabumi ini bersisihan (bersebelahan) dengan wilayah tempat wisata di Puncak Bogor. Oleh karena itu, maka banyak pelancong yang menyempatkan diri berkunjung ke Situ Gunung ketika mereka berlibur ke Puncak Bogor. 

Kecuali Situ Gunung, tempat wisata di Sukabumi lain yang berbentuk danau ialah Situ Sukarame yang berada di kecamatan Parakan Salak, kabupaten Sukabumi.

Bagi Anda yang ingin mengisi acara liburan dengan berendam dan mandi air panas, maka tempat wisata di Sukabumi juga mempunyai daya tarik tersendiri yakni objek pemandian air panas Cipanas. 

Cipanas sebagai objek wisata di Sukabumi adalah tempat berrendam air panas secara alami. Air panas pyang ada di pemandian Cipanas ini berasal dari aktfitas post-vulkanik dari Gunung Halimun yang ada di kecamatan Cisolok, Sukabumi.

Alamat Lengkap: Sukamanis, Kadudampit, Sukabumi Regency, Jawa Barat

Temukan di Google Map

Berikut ini adalah salah satu videonya (credit to chanel : Enjoy Channel)

4. Taman Nasional Gunung Halimun-Salak Sukabumi

Taman Nasional Gunung Halimun

Tempat wisata di Sukabumi selanjutnya yang memiliki panorama asri dan cantik dan berbentuk pegunungan adalah Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Daerah yang merupakan konservasi alam ini mencakup teritori Gunung Halimun dan Gunung Salak yang sangat luas. 

Taman Nasional Halimun Salak memiliki keberagaman ekosistem yang sangat beragam. Hutan lindung yang tumbuh lebat sanggup menjadi penyangga dan menjaga kesuburan tanah sekaligus wilayah pemukiman penduduk dan kelangsungan hidup berbagai macam  jenis hewan langka yang diproteksi (dilindungi) oleh negara sesuai dengan Undang - Undang.

Sembari berjalan santai di tempat wisat Gunung Halimun-Salak, Anda dapat nikmati kondisi yang menjadi ciri khas budaya Sunda pada warga tradisi Kasepuhan Ciptarasa Ciptagelar. 

Warga masyarakat suku Sunda yang tinggal di wilayah konservasi alam Taman Nasional Gunung Halimun-Salak ini hingga sekarang tetap setia menjalankan adat budaya dan kesenian Sunda yang sudahmenjadi tradisi mereka secara turun - temurun. 

Mereka sangat berperan dan ikut menjaga kelestarian lingkungan alam di wilayah konservasi Gunung Halimun-Salak sehingga tetap lestari dan dapat diwariskan kepada anak cucu mereka di masa depan.

Alamat Lengkap: Sampora, Cikidang, Sukabumi Regency, Jawa Barat

Temukan di Google Map

5. Objek Wisata Pemandian Air Panas Cisolok Sukabumi

Pemandian Air Panas Cisolok
credit:[email protected]_brasa

Jika hanya sekedar mendengarkan cerita dan referensi dari beberapa orang yang pernah berkunjung  ke objek wisata pemandian Air Panas Cisolok yang berada di Kabupaten Sukabumi ini, maka kemungkinan Anda belum tentu akan tertarik untuk berkunjung kesana. 

Anda mungkin menganggap jika tidak ada sesuatu hal yang spesial yang bakal Anda saksikan di objek wisata alam di Sukabumi ini. Agar Anda tidak merasa penasaran, maka tidak ada salahnya jika Anda memasukkan lokasi wisata pemandian air panas Cisolok Sukabumi ini kedalam daftar tempat tujuan liburan Anda. 

Satu hal yang pasti adalah bahwa Anda akan dibuat terperangah karena rupanya air panas di objek wisata Air Panas Cisolok itu memancar di sebabkan oleh sebuah tekanan tinggi dari dalam tanah dan di tengah sungai kecil. 

Pancarannya seolah bisa dibuat menjadi semakin tinggi dengan cara menimbun air tersebut dengan batu-batuan disekelilingnya. Cukup menyenangkan sekali bermain di lokasi wisata pemandian air panas Cisolok ini.

Temperatur air yang memancar dari dalam tanah lumayan tinggi sehingga Anda tak perlu ngotot untuk mencobanya langsung ke badan Anda. Salah satu bukti jika temperaturnya memang tinggi, adalah dengan menempatkan sebuah telur di sungai tersebut. 

Dalam sekejap saja, telur itu akan segera matang dan menjadi telur rebus. Sama dengan nilai plus dari sebuah mata air panas, di objek wisata pemandian Air Panas Cisolok ini juga memiliki kandungan mineral belerang. Manfaatnya, sudah pasti sangat bagus untuk menyembuhkan keluhan - keluhan seperti penyakit gatal - gatal pada kulit, dan rematik.

Bila Anda ingin berendam, Anda bisa masuk di dalam sungai tersebut. Atau, Anda juga bisa mencoba kolam yang sudah dibuat oleh pengelola objek wisata pemandian air Panas Cisolok tersebut. Biayanya cukup murah, yakni Rp 1.000,-. 

Selain itu, ada juga kolam yang bisa digunakan secara perseorangan, dan biayanya Rp 5.000,-/jam. Ada juga sarana yang lain, misalnya layanan pijat tradisionil. Ini diperuntukkan untuk mereka yang ingin dipijat saat sebelum berendam.

Sebagai oleh - oleh, Anda dapat membeli souvenir dari beberapa penjual souvenir yang ada di lokasi objek wisata tersebut. Harganya sudah pasti dapat dijangkau dan sesuai dengan kantong Anda. 

Setelah berendam di air panas, Anda dapat mengisi perut dengan berbagai macam pilihan minuman dan makanan yag tersedia disana. Anda tidak perlu takut kelaparan saat berlibur di lokasi wisata pemandian Air Panas Cisolok ini. Selain tempat berjualan makanan dan minuman di lokasi tersebut juga telah tersedia sebuah Mushalla sebagai tempat untuk beribadah.

Alamat Lengkap: Jl. Cisolok-Cipanas, Cisolok, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43366

Temukan di Google Map

6. Objek Wisata Alam Danau Lido

Danau Lido

Danau Lido ini berada di Jalan Raya Bogor Sukabumi Km 21, Dusun Wates Jaya, Bogor. Anda dapat meluangkan waktu untuk singgah terlebih dahulu di tempat ini ketika dalam perjalanan menuju ke Sukabumi.

Dilokasi ini terdapat restaurant apung, yang sangat artisitik dan lokasi wisata ini sudah ada semenjak tahun 1935 yang lalu.

Objek wisata Alam Danau Lido Sukabumi dapat dijangkau dengan sangat gampang, baik untuk yang naik kendaraan individu ataupun transportasi umum. Ada sarana bermalam (menginap) dan bermacam pertunjukan yang lumayan komplet di Lido Lakes Resor dengan rentang harga yang sangat terjangkau dan sesuai dengan isi kantong Anda.

Di Objek wisata Alam Danau Lido Anda dapat memilih untuk bermalam di Villa atau cottage yang nyaman dan bersih yang dibuat saat dulu Presiden Soekarno sering ke tempat ini. Dengan sarana hotel berkelas, ada lapangan golf untuk pelancong, paralayang, paragliding, dan pesawat ultralight. 

Berkeliling di wilayah pegunungan ini dengan pesawat ultralight dikenakan biaya Rp 300.000,- sampai Rp 400.000,- per 15 menit.

Alamat Lengkap: Jl. Raya Danau Lido Watesjaya Cigombong BogorJawa Barat 16110

Temukan di Google Map

Itulah ulasan tentang Daftar 6 Obyek Wisata di Sukabumi Yang Indah dan Mempesona. Jangan lupa untuk memasukkan mereka ke dalam daftar tujuan liburan Anda. Mungkin Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengunjungi keenam lokasi wisata tersebut secara sekaligus, akan tetapi paling tidak mengunjungi salah satu tempat tersebut akan menjadi kenangan yang spesial untuk Anda.

Selamat Berlibur dan tetap jaga kesehatan dengan mengikuti anjuran protokol kesehatan dari pemerintah terkait dengan pandemi COVID-19 yang belum juga reda.

Post a Comment for "Daftar 6 Obyek Wisata di Sukabumi Yang Indah dan Mempesona"