Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Wisata Pemandian Air Panas Di Jawa Timur Yang Hits Dan Populer

 

2 Wisata Pemandian Air Panas Di Jawa Timur Yang Hits Dan Populer
credit image:[email protected]

Sebenarnya di provinsi Jawa Timur ini terdapat banyak sekali pemandian air panas. Namun khusus pada artikel ini saya akan mengulas 2 Wisata Pemandian Air Panas Di Jawa Timur Yang Hits Dan Populer, yaitu pemandian air panas Cangar dan Songgoriti.

1. Pemandian Air Panas Cangar 

Pemandian air panas Cangar, sesuai dengan namanya adalah tempat wisata yang terletak di dusun Cangar, desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, kota Batu Malang. Lokasinya berada di kawasan Taman Hutan Raya (TAHURA) R. Soeryo. Letaknya memang lumayang jauh Dari kota Batu yakni kurang lebih 20 km kearah utara kota Batu.

Akses Dan Transportasi

Transportasi menuju ke pemandian Cangar memang agak sulit untuk dijelaskan karena tidak ada kendaraan umum yang menuju kelokasi pemandian ini. Jadi Anda harus menggunakan travel atau mencarter angkot untuk menuju ke pemandian air panas Cangar ini. Selain itu Anda juga bisa menggunakan ojek ataupun taksi untuk bisa menuju ke pemandian air panas Cangar ini.

Sumber air panas Cangar ini berasal dari sumber belerang yang ada di gunung Welirang. Yang berbeda dari sumber air panas di Cangar ini yaitu bau belerang yang tidak tercium sama-sekali seperti sumber-sumber air panas yang lain, sehingga tidak berbahaya bagi para pengidap penyakit asma dan penyakit-penyakit pernafasan lainnya.

Di lokasi pemandian air panas Cangar ini terdapat beberapa pilihan kolam air panas. Pertama yaitu kolam yang berbentuk kolam renang yang terdiri dari 2 jenis yakni kolam renang yang dalam dan yang dangkal. Kedua adalah kolam rendam dengan 2 macam pula yaitu kolam rendam dengan panas sedang dan yang panas sekali. Semua tergantung pada pilihan Anda.

Selain itu terdapat juga beberapa buah kamar mandi yang yang berair panas yang digunakan untuk bilas setelah Anda berendam dikolam air panas sebelumnya.  Ada beberapa penjual minuman hangat dan juga mie rebus yang bisa Anda pesan dan nikmati sambil menikmati suasana di pemandian air panas ini.

Untuk memasuki kawasan pemandian air panas Cangar ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk saja yakni sebesar Rp.5.500/orang, jadi Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Kawasan wisata pemandian air panas Cangar ini bisa juga digunakan untuk lokasi perkemahan, family gathering, dan juga outbond karena terdapat lapangan yang cukup luas. 

Selain itu, di lokasi ini juga tersedia pilihan home stay yang bisa disewa untuk menginap. Home stay yang tersedia masih  satu management dengan wisata pemandian air panas Cangar sehingga untuk menyewanya tidak begitu merepotkan untuk mengurusnya.

Alamat Lengkap: Tulungrejo, Sumber Brantas, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336

Temukan Di Google Map

2. Pemandian Air Panas Songgoriti 

2 Wisata Pemandian Air Panas Di Jawa Timur Yang Hits Dan Populer
credit image:[email protected]_huda

Bagi kebanyakan orang Songgoriti memang lebih terkenal dengan wisata keluarga dan juga berbagai macam villa untuk berlibur. Belum banyak diantara mereka yang mengetahui bahwa di Songgoriti juga memiliki wisata pemandian air panas. 

Memang pemandian air panas di Songgoroti ini tidak begitu terkenal seperti pemandian air panas di Cangar. Akan tetapi pemandian air panas Songgoriti ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda kunjungi terutama bagi Anda yang menginginkan suasana yang lebih privasi.

Lokasi Pemandian Songgoriti

Lokasi pemandian air panas Songgoriti ini tidak terlalu sulit untuk Anda capai. Dari pintu masuk Taman Wisata Songgoriti Anda hanya perlu jalan terus lurus sampai mentok hingga sampai tikungan, disana Anda akan bertemu dengan pintu masuk bertuliskan "PAPA" yang artinya Pemandian Air Panas Alami. 

Dari sana Anda tinggal masuk dan akan menemui resepsionist yang akan menanyakan paket mana yang akan Anda pilih, karena disana terdapat beberapa jenis paket kolam air panas. Paket yang paling murah dengan harga Rp.15.000, dimana Anda bisa berenang di kolam umum sepuas Anda. 

Adapun tarif yang lain dengan harga sama yaitu Rp.15.000, akan tetapi di dalam kamar khusus untuk 1 orang. Disini Anda diberi durasi waktu selama 1 jam. Dan yang terakhir Rp,25.000 juga untuk kamar privasi.

Disini paket yang paling diminati adalah paket privasi karena paket yang dikolam umum relatif terlalu banyak pengunjung dan rata-rata mereka adalah anak-anak. Tetapi Anda harus rela mengantri dengan pengunjung lain, jika ingin menikmati sensasi berendam di kamar pribadi.

Pemandian Air Panas Untuk Keluarga

Mesklipun di kawasan wisata Songgoriti ini terkenal dengan banyaknya villa untuk menginap, akan tetapi wisata pemandian air panas disini tidak buka sampai malam hari. Jadi bagi Anda yang ingin bersantai di pemandian air panas ini hanya bisa Anda lakukan dari pagi sampai dengan sore hari.

Selain kolam renang di kawasan wisata pemandian air panas Songgoriti ini juga terdapat candi Songgoriti. Candi ini menurut mitos yang beredar adalah merupakan Candi tertua di Jawa Timur yang merupakan peninggalan Eyang Empu Gandring. 

Menurut catatan sejarah Candi ini dibangun pada abad IX/X. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan Candi-Candi yang ada di Malang lainnya seperti Candi Kidal, Candi Jago dan Candi Singosari. Situs peninggalan sejarah masih terawat rapi oleh warga sekitar.

Alamat Lengkap: Jl. Raya Songgoriti No.42, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65312

Temukan Di Google Map

Demikianlah uraian artikel mengenai 2 Wisata Pemandian Air Panas Di Jawa Timur Yang Hits Dan Populer. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna untuk Anda.

Post a Comment for "2 Wisata Pemandian Air Panas Di Jawa Timur Yang Hits Dan Populer"