Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar 3 Obyek Wisata Hits Dan Populer Di Bangka Belitung Yang Wajib Di Kunjungi


Daftar 3 Obyek Wisata Hits Dan Populer Di Bangka Belitung Yang Wajib Di Kunjungi

Mengutip penjelasan yang tertera di website resmi pemerintah provinsi Bangka Belitung, wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terdiri dari dua pulau besar yakni Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta beberapa pulau kecil lainnya. 

Berdasarkan catatan sejarah, sebelum Kapitulasi Tutang, wilayah Pulau Bangka dan Pulau Belitung termasuk wilayah Kerajaan Sriwijaya di Palembang Sumatra Selatan, Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Mataram. 

Kemudian Bangka Belitung menjadi wilayah jajahan Inggris, akan tetapi kemudian diserah terimakan kepada pemerintah Belanda sesuai dengan perjanjian yang diadakan di Muntok pada tanggal 10 Desember 1816. Pada masa penjajahan Belanda, terjadi perlawanan yang yang dilakukan oleh Depati Barin dan kemudian dilanjutkan oleh puteranya yang bernama Depati Amir hingga aakhirnya di asingkan ke Kupang, Nusa Tenggara Timur. 

Setelah Indonesia merdeka wilayah Bangka Belitung masuk dalam administrasi provinsi Sumatra Selatan dan kemudian dengan di berlakukannya otonomi daerah, maka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ditetapkan sebagai provinsi ke-31 oleh Pemerintah Republik Indonesia sesuai dengan Undang-Undang No. 27 Tahun 2000. Provinsi Bangka Belitung beribukota di Pangkalpinang.

Provinsi Bangka Belitung memiliki kekayaan alam yang melimpah termasuk kekayaan yang berupa obyek wisata, baik wisata pantai, wisata alam dan wisata lainnya.

Berikut ini adalah Daftar 3 Obyek Wisata Hits Dan Populer Di Bangka Belitung Yang Wajib Di Kunjungi, antara lain:

1. PANTAI TANJUNG KELAYANG

Pantai Tanjung Kelayang
image via [email protected]_evi

Obyek wisata hits dan populer pertama di provinsi Bangka Belitung adalah Pantai Tanjung Kelayang yang terletak di bagian sebelah utara pulau Belitung, atau sekitar 27 km dari pusat kota. Pantai Tanjung Kelayang memiliki panorama pantai yang indah dan mempesona.

Di bagian sisi sebelah barat akan Anda menemukan sekelompok batu granit yang memiliki bentuk yang sangat teratur dan beragam. Kemudian di sisi bagian timur Anda akan menemukan pantai  dengan hamparan pasir putih yang sangat luas. 

Pantai Tanjung Kelayang ini menghadap ke arah utara dan dihiasi dengan pulau kecil dan bebatuan yang seperti tumbuh di tengah lautan. Ada dua buah batu unik di mana batu yang satu berbentuk seperti penyu raksasa dan batu yang lainnya seperti burung besar di tengah lautan.

Pantai Tanjung Kelayang terkenal dengan hamparan pasir putih yang indah dan kapal nelayan yang berjejer rapih di pantai. Pantai Tanjung Kelayang ini selalu digunakan sebagai titik awal aktivitas Island Tour. Tanjung Kelayang juga merupakan salah satu pantai terbaik untuk menikmati suasana senja (sunset) di Indonesia. 

Aktivitas Di Pantai Tanjung Kelayang

Di pantai Tanjung Kelayang ini, para wisatawan dapat melakukan kegiatan dan aktivitas yang cukup menarik seperti menyelam, berenang, berjemur, memancing, dan sebagainya.


Menyelam di Pantai Tanjung Kelayang
image via [email protected]_belitung

Akses Ke Pantai Tanjung Kelayang

Untuk mencapai lokasi pantai Tanjung Kelayang berikut adalah rute yang dapat Anda lalui, yaitu:

Setelah Anda  mendarat di Bandara H. A. S Hanandjoeddin di Tanjung Pandan, maka Anda dapat melanjutkan perjalanan ke pusat kota Tanjung Pandan dengan taksi sekitar 30 menit. Setibanya di Tanjung Pandan, Anda bisa mencari penginapan atau hotel terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan ke pantai Tanjung Kelayang. 

Dari pusat kota Tanjung Pandan, sampai ke lokasi pantai Tanjung Kelayang, Anda bisa menggunakan jasa penyewaan sepeda motor atau mobil (yang biasanya termasuk dalam Fasilitas Hotel tempat Anda menginap), atau Anda juga bisa menggunakan jasa agen perjalanan yang ada di kota itu. Jarak dari Tanjung Pandan ke pantai Tanjung Kelayang sekitar 1 jam dengan naik kendaraan motor atau mobil.

Catatan : Jika Anda beranngkat dari Jakarta maka lama penerbangan Jakarta - Belitung sekitar 1 jam.

Fasilitas, Akomodasi  Dan Harga Tiket Masuk Di Pantai Tanjung Kelayang

Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang terdapat di pantai Tanjung Kelayang, antara lain:

  • Cootage
  • Restoran
  • Sarana MCK

Harga Tiket Masuk : Rp. 8.000 / Orang

Penginapan Di Pantai Tanjung Kelayang

Penginapan di Pantai Tanjung Kelayang
image via [email protected]_belitung

Jika Anda ingin bermalam di sekitar pantai, maka Anda dapat menyewa penginapan yang ada di sana dengan harga berkisar antara Rp. 300.000 - Rp. 350.000.

Alamat lengkap: Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung
Temukan di Google Map


2. PANTAI PENYUSUK

Pantai Penyusuk
image via [email protected]_alfanramlan

Obyek wisata kedua di provinsi Bangka Belitung yang wajib Anda kunjungi adalah  pantai Penyusuk. Pantai Penyusuk adalah salah satu pantai yang hits dan populer di Pulau Bangka. Pantai Penyusuk terletak di desa bukit kata, Belinyu, Bangka Utara. Anda akan menemukan tumpukan batu granit yang tampak seolah membentuk ceruk di pantai ini. Ditambah dengan banyaknya pepohonan hijau yang tumbuh di daerah pesisir pantai membuat pantai ini tampak indah.

Pantai Penyusuk ini memiliki panjang pantai sekitar 4 kilometer. Dan bagian sisi pantai yang menghadap ke arah barat memiliki ombak yang tenang sehingga sangat cocok untuk bermain atau berenang di pantai tersebut. Sementara sisi pantai lainnya, yang menghadap ke arah utara, memiliki ombak yang cukup besar dan tinggi. Pantai tersebut  sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi berselancar.

Ada yang menarik ketika Anda berada dalam perjalanan menuju ke pantai Penyusuk ini, yakni Anda akan disuguhi dengan pemandangan indah yang sangat memukau seperti bangunan tua khas Belanda, rumah tradisional di panggung, dan juga rumah kayu konvensional khas pedesaan. Pokoknya dijamin , perjalanan Anda menuju pantai Penyusuk tidak akan membosankan.

Pantai Penyusuk
image via [email protected]_fearless

Pantai Penyusu mmerupakan sebuah pantai yang di kelilingi oleh pulau - pulau kecil lain di sekitarnya. Anda bisa menyewa perahu jika ingin mengunjungi beberapa pulau tersebut. Mengenai harga sewa sangat tergantung pada  negosiasi Anda dan pemilik perahu. Prinsipnya semakin banyak pulau yang akan dikunjungi, maka harga sewanya akan semakin mahal. Perahu - perahu tersebut dapat menampung hingga 12 orang. Jadi Anda bisa patungan dengan pengunjung lainnya agar lebih ekonomis.

Jika Anda ingin merasakan pesona Pulau Bangka di masa lalu, maka Anda bisa datang ke Belinyu. Di sepanjang jalan Anda akan menjumpai bangunan yang dibangun dengan arsitektur kuno peninggalan Belanda yang masih dimiliki oleh PT. timah Tbk.

Akses Ke Pantai Penyusuk

Lokasi pantai Penyusuk sebenarnya sangat mudah dijangkau. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan untuk pergi ke pantai tersebut.  Anda harus pergi ke desa ketok Hill agar bisa sampai ke pantai Penyusuk. Desa ini dapat dicapai dari pusat kota Pangkal Pinang sekitar 2 jam perjalanan.

Fasilitas, Akomodasi Dan Tiket Masuk Ke Pantai Penyusuk

Beberapa fasilitas di pantai Penyusuk, antara lain:

  • Penginapan
  • Restoran
  • Tempat Berkemah
  • Sarana MCK


Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000 / Orang

Jika Anda ingin berlibur ke pantai Penyusuk, jangan lupa untuk membawa kamera karena pemandangannya sangat indah, sehingga sangat di sayangkan jika Anda tidak sempat mengabadikannya.

Alamat lengkap: Bukit Ketok, Belinyu, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung
Temukan di Google Map

3. DANAU KAOLIN

Danau Kaolin
image via [email protected]_bangkabelitung

Obyek Wisata ketiga di provinsi Banga Belitung yang wajib Anda kunjungi adalah Danau Kaolin yang berada di Bangka Selatan, yakni di desa Air Bara, Bangka Selatan. Danau kaolin sendiri adalah danau yang memiliki warna putih bersih dan airnya berwarna biru dan dikelilingi oleh perbukitan pasir dengan ketinggian hingga mencapai 30 meter.

Danau Kaolin ini bukan kawah seperti Danau kawah putih Ciwidey atau Kawah Putih High King yang berasal dari letusa gunung Berapi, melainkan danau ini terbentuk dari bekas tempat penambangan Kaolin yang telah ditinggalkan. Orang di sekitar wilayah tersebut menyebutnya danau air biru. 

Bagi Anda yang suka fotografi maka danau Kaolin adalah tempat yang sangat cocok untuk menyalurkan hobi Anda tersebut. Kombinasi air biru dan dinding batu putih seperti salju menjadi sebuah kombinasi warna yang sangat menakjubkan. 

Danau Kaolin, sering digunakan sebagai tempat untuk pasangan yang akan menjalani pernikahannya (prewedding). Untuk mengunjungi danau ini di sarankan pada pagi hari, karena di siang hari akan terasa panas.

Danau Kaolin
image via [email protected]_bangkabelitung

Akses Ke Lokasi Danau Kaolin

Untuk sampai ke lokasi danau Kaolin tersebut, Anda menggunakan sepeda motor atau mobil sekitar 1,5 jam dari kota Pangkal Pinang ke desa Air Bara.  Jika Anda langsung berangkat dari Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, maka membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam perjalanan.

Fasilitas dan akomodasi

Tidak ada fasilitas umum di  sekitar danau tersebut karena daerah ini memang tidak dikelola oleh siapa pun. Jadi Anda harus membawa akomodasi sendiri dari Hotel tempat Anda mengunap di Tanjung Pandan.

Alamat lengkap: Perawas, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33411
Temukan di Google Map

Demikianlah uraian tentang Daftar 3 Obyek Wisata Hits Dan Populer Di Bangka Belitung Yang Wajib Di Kunjungi. Semoga bisa menjadi referensi Anda dalam berlibur di Bangka Belitung.

Post a Comment for "Daftar 3 Obyek Wisata Hits Dan Populer Di Bangka Belitung Yang Wajib Di Kunjungi"