Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar 3 Wisata Alam Populer Di Jawa Barat Yang Wajib Anda Kunjungi


Daftar 3 Wisata Alam Populer Di Jawa Barat Yang Wajib Anda Kunjungi

Provinsi Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang memiliki begitu banyak obyek wisata yang hits dan populer, baik obyek wisata pantai, wisata alam, wisata edukasi, kuliner dan sebagainya. Obyek wisata tersebut tersebar merata di hampir semua wilayah Kabupaten dan Kota yang ada di provinsi ini.

Dan berikut ini media travelling akan mengulas tentang Daftar 3 Wisata Alam Populer Di Jawa Barat Yang Wajib Anda Kunjungi, diantaranya sebagai berikut:

1. GUNUNG PAPANDAYAN GARUT (JAWA BARAT)

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan nmerupakan salah satu Gunung berapi yang masih aktif yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Salah satu yang menjadi daya tarik dari gunung Papandayan ini adalah adanya bunga Edelweis yang  begitu menarik  bagi wisatawan untuk pergi ke gunung Papandayan tersebut. Gunung Papandayan menurut catatan sejarah terakhir kali meletus dengan dahsyat pada tahun 1772 silam. 

Menurut beberapa orang pendaki, jalur pendakian di gunung Papandayan sangat ramah untuk pendaki pemula dan juga keluarga terutama anak - anak. Ada dua jalur pendakian di gunung tersebut untuk sampai ke gunung Papandayan Cisurupan dan Canning.

Setidaknya ada tujuh (7) pesona keindahan gunung Papandayan yang menarik perhatian wisatawan sehingga layak untuk di kunjungi, antara lain: 

1. Dekat dengan kota Garut

Selain faktor dekat dengan pusat kota Garut, gunung Papandayan juga memiliki jalur pendakian yang cukup landai dan cepat. Jalur pendakian ini sangat ramah untuk para pendaki gunung pemula dan anak - anak. 

2. Tidak Perlu Perlengkapan Khusus

Tidak seperti perlengkapan untuk melakukan pendakian ke beberapa  gunung berapi lainnya, dimana semua perlengkapan harus lengkap, maka untuk melakukann pendakian di gunung Papandayan ini tidak memerlukan peralatan khusus.

Misalnya Anda tidak perlu membawa tabung oksigen karena ketinggian gunung Papandayan ini hanya 2.665 Meter sehingga masih dalam kategori aman. Pemandangan indah kawah gunung Papandayan adalah keindahan yang akan Anda jumpai selama melakukan pendakian gunung tersebut.

3. Panorama Yang Indah

Pesona dan keindahan pemandangan gunung Papandayan menjanjikan pengalaman yang sangat menarik bagi wisatawan yang datang berkunjung dan melakukan pendakian. Anda akan melewati kawasan bebatuan yang merupakan sisa - sisa letusan gunugng Papandayan tersebut di masa lalu.

4. Keunikan Hutan Mati

Hamparan pemandangan berupa hutan mati yang tersebar di gunung Papandayan merupakan satu hal yang sangat menarik. Hutan mati tersebut merupakan hasil dari erupsi gunung tersebut yang terjadi pada tahun 2002 lalu. Saat ini secara perlahan - lahan hutan mati tersebut mulai hidup kembali dan kembali seperti semula. 

Hutan Mati Gunung Papandayan
image via [email protected]_am_adrie

5. Bunga Edelweis

Hamparan bunga Edelweiss yang luar biasa lebar di Tegal alun adalah salah satu daya tarik bagi wisatawan. Walaupun sangat indah dan menarik terdapat larangan bagi seiapapun yang datang ke temapat tersebut untyuk memetik dan membawa pulang bunga edelweis tersebut.

6. Padang Rumput Saladah

Hal menarik lainnya adalah padang rumput Saladah yang memiliki luas sekitar 8 hektar, yang mana tempat ini sangat cocok untuk berkemah.

7. Mata Air Hangat

Keberadaan mata air hangat yang berada di perbatasan blok Cigenah sangat menarik bagi wisatawan. Sumber mata air panas tersebut mengandung zat belerang dan bisa untuk  terapi - pori pori kulit dan untuk mengobati penyakit kulit lainnya.

Alamat lengkap : Karamat Wangi, Cisurupan, Garut Regency, West Java
Temukan Di Google Map


2. AGROWISATA GUNUNG MAS PUNCAK (JAWA BARAT)


Agrowisata Gunungmas Puncak

Obyek Agrowisata Gunungmas Puncak merupakan obyek wisata yang berada di kawasan puncak, Jawa Barat yang menyajikan pemandangan alam berupa hamparan perkebunan teh yang sangat luas.
Perkebunan tersebut berada pada ketinggian 800-1200 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata adalah 12-22 derajat Celsius, dan menjadikan kawasan tersebut sangat nyaman dan aman untuk beristirahat.

Anda dapat berjalan - jalan di sepanjang area perkebunan teh tersebut, sambil melihat pemandangan alam dan para pemetik daun teh yang sedang bekerja di sana.

Agrowisata Gunungmas Puncak

Beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati di lokasi wisata ini adalah kolam pancing, menyusuri jalan di tengah perkebunan teh atau Tea Walk, Tea Nook Cafe, Hold-gliding, Horse, The Fishing Pond, dan bak mandi air panas.

Dan jika wisatawan ingin mencicipi hidangan teh hangat, Anda dapat pergi ke pojok teh dan kafe teh yang ada disana. Menikmati secangkir teh hangat dengan dikelilingi oleh  pemandangan alam yang sangat indah, segar dan mempesona akan menjadikan liburan yang sangat berkesan untuk Anda dan keluarga.

Alamat lengkap : Jl. Raya Puncak Gadog No.KM. 87, Tugu Sel., Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750
Temukan Di Google Map


3. KAMPUNG BUDAYA SINDANGBARANG BOGOR (JAWA BARAT)


Kampung Budaya Sindangbarang
image via [email protected]_dr

Jika Anda ingin melihat secara langsung keunikan budaya dan tradisi masyarakat Bogor, Jawa Barat yang masih asli, maka Anda harus datang ke kampung Budaya Sindangbarang, Bogor.

Kampung budaya Sindangbarang berada di dalam desa pasir Eurih, benteng, Bogor. Kampung budaya Sindangbarang terletak tidak jauh dari pusat kota, yakni sekitar 5 km saja. Nuansa budaya dan tradisi asli yang merupakan warisan peninggalan kerajaan Pajajaran menjadikan kampung Sindangbarang tersebut sebagai desa tertua yang ada di wilayah Bogor, Jawa Barat.

Seperti kita ketahui berdasarkan catatan sejarah, Sindangbarang adalah sebuah negara Sunda pada abad ke-12, yang merupakan asal mula budaya Sunda yang bertahan sampai saat ini.

Di Kampung Sindangbarang ini juga banyak terdapat situs arkeologi yang merupakan peninggalan Kerajaan Pajajaran yang berbentuk perbukitan. Kampung Budaya Sindangbarang setiap tahunnya menjadi tuan rumah ritual tradisional upacara Seren Taun yang merupakan ungkapan syukur warga desa tersebut terhadap Tuhan yang Maha Esa.


Kampung Budaya Sindangbarang

Tinggal secara kolektif dengan kokolot adalah salah satu hal menarik yang ada di Kampung budaya Sindangbarang. Karena ini adalah Kampung budaya, maka para tamu yang berkunjung bahkan dapat tinggal dengan kokolot dan seniman yang tinggal di Kampung tersebut. 

Anda dapat melihat secara langsung suasana ibu - ibu di kampung tersebut yang telah menumbug nasi di Saung lisung, memasaka dengan menggunakan kayu bakar dan Hawu (kompor tradisional Sunda), melihat para petani yang bertani, belajar seni konvensional dan banyak lagi yang lainnya.

Alamat lengkap : Jl. Endang Sumawijaya, RT. 02 / RW. 08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Pasireurih, Bogor, Jawa Barat 16631
Temukan Di Google Map

Itulah uraian artikel tentang Daftar 3 Wisata Alam Populer Di Jawa Barat Yang Wajib Anda Kunjungi. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.

Post a Comment for "Daftar 3 Wisata Alam Populer Di Jawa Barat Yang Wajib Anda Kunjungi"