Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Obyek Wisata Populer Di Sekitar Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi, Jawa Barat


Pantai Pelabuhan Ratu

Setelah pada beberapa artikel sebelumnya media travelling telah banyak mempublikasikan obyek wisata pantai di kawasan wisata Anyer di Banten seperti Pantai Carita, Pantai Tanjung Lesung, Pantai Sawarna dan sebagainya, maka pada artikel kali ini media travelling akan mengeksplore obyek wisata di kawasan pesisir selatan pantai Jawa Barat dan sekitarnya. 

Salah satu obyek wisata pantai yang sangat populer di kawasan pantai selatan Jawa Barat adalah pantai Pelabuhan Ratu. Secara administratif kawasan pantai Pelabuhan Ratu ini termasuk kedalam wilayah Kabupaten Sukabumi provinsi Jawa Barat. Kawasan pantai Pelabuhan Ratu ini memiliki ombak pantai yang lumayan besar karena memang kawasan pantai ini adalah kawasan pantai yang menghadap langsung ke arah Samudra Hindia yang di kenal memiliki ombak dan gelombang laut yang tinggi dan besar. Selain itu wilayah pantai ini banyak memiliki lereng - lereng yang curam dengan bebatuan karang yang cukup berbahaya.

Walaupun demikian, kawasan pantai pelabuhan Ratu ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Beberapa wisatawan mancanegara yang datang ke pantai ini adalah mereka yang memiliki hobi berselancar di laut lepas. Dan menurut mereka tingginya gelombang di pantai pelabuhan Ratu ini sangat menantang andrenalin mereka untuk berselancar dan menaklukan tingginya gelombang di pantai tersebut.

Dengan banyaknya kunjungan wisatawan di pantai ini tentunya telah menumbuhkan sektor ekonomi masyarakat lainnya seperti sektor jasa dan penginapan. Di kawasan pantai pelabuhan Ratu ini banyak berdiri penginapan dan hotel berbintang yang bisa di manfaatkan oleh para wisatawan yang ingin menginap di kawasan pantai tersebut.

Selain pantai, kawasan Pelabuhan Ratu juga menyimpan banyak sekali obyek wisata yang cukup populer dan di kenal oleh masyarakat Jawa Barat pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Berikut ini adalah 6 Obyek Wisata Populer Di Sekitar Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi, Jawa Barat, antara lain :

1. Gua Lalay Pelabuhan Ratu

Gua Lalay

Kawasan obyek wisata Goa Lalay lokasinya berada sekitar 3 Km dari Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, provinsi Jawa Barat. Keunikan yang akan Anda temui ketika berkunjung ke Goa Lalay ini adalah Anda dapat menyaksikan ribuan bahkan jutaan kelelawar yang menghuni Goa Lalay ini. Keberadaan jutaan Kelelawar itulah yang menjadikan Goa tersebut kemudian dinamakan dengan nama Goa Lalay (Lalay dalam bahasa Sunda berarti Kelelawar atau Kalong). 

Kelelawar atau kalong - kalong yang jumlahnya sangat banyak itu akan mulai keluar dari dalam Goa menjelang malam hari atau sekitar jam 5 sore. Tentunya itu merupakan sebuah pemandangan yang sangat luar biasa dan sangat menarik untuk di lihat serta di abadikan dalam bentuk photo atau video. 

Alamat lengkap : Jl. Pelita - Cipatuguran, Citarik, Kec. Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43364
Temukan di Google Map

2. Kawasan Pantai Cimaja

Pantai Cimaja

Kawasan Pantai Cimaja merupakan salah satu pantai yang cukup populer di pesisir selatan Jawa Barat. Kawasan Pantai Cimaja ini memiliki gelombang laut yang cukup tinggi sehingga menjadikan kawasaan pantai ini sebagai tempat berselancar favorit bagi para pengunjung yang datang ketempat ini. 

Anda bisa menyaksikan secara langsung bagaimana para peselancar meliuk - liuk dan menari - nari di tengah gulungan gelombang laut yang tinggi tersebut. Bukan hanya para peselancar domestik saja yang bisa Anda saksikan akan tetapi juga para peselancar yang berasal dari mancanegara.

Alamat lengkap : Jl. Raya Karang Papak No.2722, Cimaja, Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43365
Temukan di Google Map

3. Dermaga Pantai Pelabuhan Ratu

Dermaga Pelabuhan Ratu

Lokasi dermaga ini berada tepat di ujung teluk Pelabuhan Ratu dan menjadi salah satu pintu masuk utama menuju kearah laut pantai selatan. Di samping dermaga pelabuhan, terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) modern yang telah ramai oleh pengunjung. Anda bisa menyempatkan diri untuk berphoto di sana dengan latar belakang perahu - perahu nelayan yang tertambat di dermaga pelabuhan.

4. Pantai Pelabuhan Ratu

Kawasan Pantai ini tentu saja adalah objek wisata yang paling terkenal di kawasan Pelabuhan Ratu ini. Pantai Pelabuhan Ratu ini memiliki karakteristik pasir pantai yang berwarna coklat lembut dan memiliki ombak dan gelombang laut yang cukup tinggi yang menjadi ciri  khas pesiair Pantai Selatan Jawa.

Sunset Di Pantai Pelabuhan Ratu

Di kawasan pantai ini berdiri satu buah hotel yang di bangun atas prakarsa presiden RI pertama Ir. Soekarno yakni Samudera Beach Hotel. Hotel tersebut telah menjadi icon bagi kawasan pantai Pelabuhan Ratu secara keseluruhan. Selain keindahan pantainya yang memukau dan terkenal sejak dulu, pantai ini juga terkenal karena mitos yang begitu melegenda tentang Nyi Roro Kidul, yaitu Ratu penjaga Pantai Selatan yang memiliki paras sangat cantik dan selalu mengenakan pakaian berwarna hijau. 

Alamat lengkap : Jl. Raya Cisolok - Pelabuhanratu No.16, Citepus, Kec. Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43364
Temukan di Google Map

5. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu
photo via [email protected]_

Kawasan wisata Pantai Karang Hawu merupakan obyek wisata pantai lainnya yang cukup terkenal di sekitar kawasan ini. Seperti umumnya pantai pesisir selatan Jawa, maka pantai ini juga memiliki ombak yang besar yang sangat cocok sebagai tempat untuk berselancar. Beberapa bangunan dan  fasilitas yang mendukung kenyamanan para wisatawan telah di bangun, seperti trotoar untuk pejalan kaki, gazebo dan tempat- tempat duduk yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan di sekitar pantai.

Salah satu ciri khas yang dimiliki pantai ini adalah banyaknya batu- batu karang yang menjorok ke laut. Beberapa diantaranya memiliki lubang seperti tungku, sehingga akhirnya kawasan pantai ini dinamakan sebagai Pantai Karang Hawu  (dalam bahasa Sunda Hawu berarti tungku).

Alamat lengkap : Caringin, Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43366
Temukan di Google Map

6. Pemandian Air Panas Cisolok

Pemandian Air Panas Cisolok
photo via [email protected]_han

Obyek wisata lainnya di sekitar pelabuhan Ratu adalah Pemandian Air Panas Cisolok.  Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merelaksasikan diri setelah capek berkeliling kawasan pelabuhan Ratu.

Tidak seperti Pemandian air panas pada umumnya dimana air panas yang di hasilkan karena adanya kandungan belerang, maka di tempat ini air panasnya berasal dari geyser dan bukan dari belerang. Air panas di pemandian ini memiliki suhu sekitar 80 derajat celcius, yang cukup membuat badan Anda rileks dan menjadi segar kembali.

Alamat lengkap : Kawasan Geopark Ciletuh, Jl. Raya Cisolok Cipanas, Cikahuripan, Cisolok, Cisolok, Pelabuhan Ratu, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43366
Temukan di Google Map

Itulah ulasan artikel tentang 6 Obyek Wisata Populer Di Sekitar Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi, Jawa Barat.  Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.


referensi : inisukabumi.com

Post a Comment for "6 Obyek Wisata Populer Di Sekitar Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi, Jawa Barat"