Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Keindahan Pantai Sawarna Banten-Rute Dan Harga Tiket Masuk


Pesona Keindahan Pantai Sawarna Banten

Sawarna sebenarnya merupakan nama dari sebuah desa yang terletak di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Desa Sawarna ini terletak di bagian barat pulau Jawa dan berhadapan dengan laut lepas. Serupa dengan pantai Anyer yang terdiri dari beberapa macam pantai, karena Anyer sendiri adalah nama sebuah kecamatan di pesisir Barat pulau Jawa, maka Sawarna pun demikian.

Walaupun orang seringkali menyebut pantai Sawarna, akan tetapi ternyata di lokasi terssebut terdiri dari beberapa buah pantai karena memang terletak dalam satu kawasan yakni desa Sawarna. Lokasi pantai yang menjadi tujuan wisata memang memiliki jarak yang berdekatan antara pantai yang satu dengan pantai lainnya, sehingga dalam satu kali perjalanan Anda dapat menikmati semuanya sekaligus. 

Pantai Sawarna adalah pantai yang sangat indah dan mempesona. Pantai Sawarna terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat bersih dan alami sehingga Pantai Sawarna dimasukkan sebagai Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2016 dalam Kategori Tempat Tujuan Wisata Terbersih (Most Popular Cleanliness).

Pantai Sawarna memiliki bentangan pantai sejauh 65 kilometer, dan memiliki hamparan pasir putih bersih dan lembut, berbukit hijau dan dihiasi batu karang yang menjulang, sepi dari pengunjung serta air lautnya yang sangat jernih berwarna hijau kebiruan. Di pantai ini Anda dapat melakukan aktivitas berenang, surfing, bermain pasir atau berjemur matahari, atau menikmati Panorama Desa yang asri dan alami. Hal ini tentu akan sangat menyegarkan dan memanjakan diri Anda.

Dulu, sebelum pantai Sawarna di kelola dan dibuka untuk umum, merupakan sebuah pantai yang sepi karena letaknya yang agak tersembunyi dan agak sulit untuk di jangkau. Namun sekarang tempat tersebut telah di kelola dengan baik sehingga selalu ramai di kunjungi oleh para wisatawan.

Beberapa pantai yang letaknya saling berdekatan di kawasan tersebuat adalah  Pantai Layar, Pantai Karang Taraje, Pantai Pulo Manuk, Pantai Ciantir, Gua Lalay, Gua Langir dan sebagainya.

Bagi Anda yang ingin bermalam di Pantai Sawarna, di lokasi tersebut sudah tersedia tempat penginapan seperti Malibo Resort Sawarna yang letaknya sangat stategis, nyaman dan bersih dengan harga yang sangat terjangkau. 

Pantai Sawarna memang sangat cocok sekali sebagai tempat refreshing, karena suasananya yang tenang dengan hamparan pasir putih bersih terbentang luas dan pantainya yang sangat alami dan bersih dari sampah. Hal ini terasa sangat berbeda dengan pantai-pantai lain yang selalu penuh sesak oleh para pengunjung, pedagang, kemudian airnya yang  keruh dengan sampah yang berserakan di mana-mana.

Rute Menuju Ke Pantai Sawarna Banten

1. Menggunaan Kendaraan Pribadi (Mobil)

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi jenis mobil, maka Anda dapat melewati rute jalan sebagai berikut :
  • Dari Jakarta - Serang - Pandeglang - Saketi - Malingping - Bayah - Pantai Sawarna.
  • Dari Bogor - Rangkasbitung - Malingping - Bayah - Pantai Sawarna, atau dari Bogor - Pelabuhan Ratu - Cisolok - Pantai Sawarna.
  • Dari Bandung - Sukabmui - Pelabuhan Ratu - Cosolok - Pantai Sawarna.
2. Menggunakan Angkutan Umum

Jika Anda menggunakan moda angkutan umum , dari arah Sukabumi, ambil jurusan yang menuju ke Pelabuhan Ratu. Kemudian dari Pelabuhan Ratu lanjutkan perjalanan dengan naik angkutan elf menuju ke pantai Sawarna  (Angkutan tersebut hanya beroperasi sampai dengan  jam 5 sore).

Beberapa Lokasi Wisata Yang Ada di Desa Sawarna dan Sekitarnya, Antara Lain :

1. Pantai Ciantir, Sawarna

Ombak di pantai Ciantir ini bisa mencapai sekitar 7 meter di waktu - waktu tertentu, sehingga sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi surfing atau berselancar.

pantai Ciantir
image : info-wisata-pantai.blogspot.com

2. Pantai Tanjung Layar, Sawarna

Hal unik yang di hadirkan oleh pantai Tanjung Layar ini adalah bentuk batu karangnya yang tampak seperti sebuah batu terbalik. Batu karang tersebut sangat cocok sebagai background untuk berphoto karena hasilnya tentu sangat bagus dan indah.

Pantai Tanjung Layar
image : info-wisata-pantai.blogspot.com

3. Pantai Legon Pari, Sawarna.

Pantai ini menghadirkan batu - batu karang dengan deburan ombak yang menderu. Saat sunset adalah saat paling indah di pantai Legon ini karena Anda bisa menikmati saat - saat indah ktika Matahari hendak tenggelam di ufuk barat.

Pantai Legon Pari
image : info-wisata-pantai.blogspot.com

4. Pantai Karang Taraje, Sawarna.

Pantai Karang Taraje
image : [email protected]_banten

Pantai ini menghadirkan landscape berupa deretan batu karang yang tampak bertingkat - tingkat, sehingga sekilas bila di perhatikan mirip dengan sebuah tangga.

5. Jembatan Gantung Sungai Cisawarna

Jembatan Gantung Sungai Cisawarna

6. Pantai Pulo Manuk

Pantai Pulo Manuk
image : [email protected]_beach

7. Goa Lalay

Goa Lalay

8. Pantai Karang Bokor

Pantai Karang Bokor
image : [email protected]_color

9. Gunung Kembang

Gunung Kembang

10. Bukit Cariang
11. Hutan Lindung Pantai Cipamadangan
12. Pantai Karang Seupang
13. Goa Sikadir
14. Goa Singalong
15. Goa Cimaul
16. Bukit Pasir Tangkil

Informasi seputar pantai Sawarna Banten

Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000 per orang
Parkir Motor : Rp. 2.000
Parkir Mobil : Rp. 5.000

Alamat Lengkap : Jl. Raya Sawarna Bayah No.Km. 12 No.1, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42392

Temukan Di Google Map

Itulah ulasan artikel tentang Pesona Keindahan Pantai Sawarna Banten. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang hendak berwisata ke pantai Sawarna Banten.


referensi : info-wisata-pantai.blogspot.com

Post a Comment for "Pesona Keindahan Pantai Sawarna Banten-Rute Dan Harga Tiket Masuk"