Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Keindahan Pantai Tegal Mas Lampung-Maldivesnya Indonesia


Pesona Keindahan Pantai Tegal Mas Lampung-Maldivesnya Indonesia

Obyek wisata Pantai Tegal Mas Lampung yang berlokasi di desa Gebang, Kecamatan Padang Cermin, kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung ini merupakan salah satu tempat wisata yang baru di kelola kurang lebih 2-3 tahun terakhir ini. 

Walaupun terbilang baru, namun ternyata tidak membutuhkan waktu lama bagi kawasan wisata Tegal Mas Lampung ini untuk menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat hits dan populer di Lampung.

Kawasan wisata Tegal Mas ini memang menyajikan view yang sangat luar biasa indah dan mempesona sehingga tidak sedikit yang menganggap bahwa kawasan wisata Tegal Mas ini mirip dengan obyek wisata di kepulauan Maldives yang sangat terkenal akan keindahannya.

Lokasi Pulau Tegal Mas Lampung sendiri berada tidak jauh dari Pantai Sari Ringgung, yang merupakan salah satu pantai paling hits dan populer di Lampung selain Pantai Mutun tentunya. Pulau Tegal Mas, Kabupaten Pesawaran Lampung memiliki luas sekitar 98 hektar, dan pulau ini sebenarnya bukanlah pulau tanpa penghuni karena di pulau tersebut terdapat puluhan KK yang mendiami Pulau ini.

Rute Menuju Pulau Tegal Mas Pesawaran Lampung

Untuk bisa sampai ke lokasi Pulau Tegal Mas Lampung ini dari pusat kota Bandar lampung hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit – 60 menit. 

Rute Jalan Menuju Pulau Tegal Mas sama persis dengan rute jalan menuju Pantai Sari Ringgung. Jika anda ingin ke Pulau Tegal Mas, rute paling dekat adalah lewat Pantai Sari Ringgung ini. Dengan kata lain, Anda harus masuk ke Pantai Sari Ringgung terlebih dahulu, baru kemudian dari sana Anda bisa menyeberang dengan cara naik kapal ke lokasi wisata pulau Tegal Mas Thomas.

Perjalanan dari pusat Kota Bandar Lampung, maka Anda akan diarahkan ke arah Jalan RE Martadhinata. Kemudia  melewati Pantai Duta Wisata, Pantai Tirtayasa, Villa Gardenia, Pantai Queen Artha, Pantai Mutun, Pasar Hanura, lalu sampailah ke Pantai Sari Ringgung.

Transportasi Menuju Pulau Tegal Mas Pesawaran Lampung

Angkutan umum atau angkot yang beroperasi disana hanya bisa mengantarkan anda ke depan Gerbang Pantai Sari Ringgung saja, sementara dari situ ke lokasi pantainya  masih sekitar 2 km lagi jaraknya. Maka paling enak adalah menggunakan alat transportasi sendiri, apakah menggunakan speda motor atau mobil pribadi.

Anda juga bisa mmenggunakan jasa taksi online, namun yang merepotkan adalah ketika Anda hendak pulang, karena biasanya yang terjadi akan sedikit kesulitan untuk mendapatkan jasa taksi online di pantai tersebut.

Asal Usul Pulau Tegal Mas 

Mengapa pulau tersebut disebut Tegal Mas ? Karena pemilik dari Pulau Tegal Mas Lampung adalah Mas Thomas, sehingga kemudian orang - orang menyebut pulau tersebut dengan nama Pulau Tegal Mas Thomas. 

Selain pulau tersebut, Mas Thomas ini ternyata juga yang memiliki tempat wisata lain yang juga sangat populer di Lampung yaitu Puncak Mas Lampung serta Bukit Mas Cottage and Resto di Sukadanaham, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung.

Untuk menyeberang ke Pulau Tegal Mas Lampung ini banyak tersedia  perahu – perahu yang disediakan oleh pengelola, mulai dari perahu dengan kapasitas 10 orang dan ada juga yang dapat menampung hingga 15 orang.

Fasilitas Di Pantai Tegal Mas

1. Penginapan

Untuk Paket menginap 2 hari satu malam sebesar Rp. 2.050.000 - Rp. 5.500.000
Ada beberapa tipe kamar penginapan yang tersedia di sini, antara lain :

Ruang Palembang, ruangan ini dapat menampung 10 orang dengan tarif Rp.4.500.000 (weekday) dan Rp.5.500.000 (Weekend).

Pesona Keindahan Pantai Tegal Mas Lampung-Maldivesnya Indonesia
image : instagram@milafauziah

Ruang Lombok, ruangan ini dapat menampung 8 orang dengan tarif sebesar  Rp.3.000.000 (weekday) dan Rp.3.500.000 (Weekend).

Ruang Kecil, ruangan ini dapat menampung 5 orang, dengan tarif sebesar  Rp.2.050.000 (weekday) dan Rp.3.250.000 (Weekend).

Note : Harga tersebut dapat berubah – ubah sesuai kebijakan dari pengelola Pantai Tegal Mas Lampung.

2. Paket Wisata (Tour)

Pihak pengelola Pantai Tegal Mas Lampung ini juga menyediakan jasa Paket Oneday yang di banderol dengan harga sebesar Rp. 250.000  per orang. Beberapa fasilitas yang di dapatkan antara lain transportasi kapal penyeberangan antar dan jemput, satu set alat snorkeling, pelampung, guide, photo underwater dan makan siang.

Paket wisata reguler Pulau Tegal Mas Lampung dengan biaya 80 ribu rupiah per orang (minimal 10 orang). Beberapa fasilitas yang akan anda dapatkan dengan paket wisata reguler ini, antara lain : Kapal penyeberangan dari Pantai Sari Ringgung ke Pulau Tegal Mas pulang pergi, fasilitas masuk pantai Tegal Mas Lampung (harga tiket masuk Pulau Tegal Mas sudah termasuk harga paket), toilet, kamar bilas atau kamar ganti setelah berenang di pantai Tegal Mas Lampung.

Paket Wisata Full Day Pantai Tegal Mas Lampung dengan biaya Rp. 170.000 per orang (minimal 10 orang). Beberapa fasilitas wisata yang akan anda dapatkan dari paket ini adalah fasilitas seperti paket reguler di atas ditambah dengan:
  • 1 set alat snorkling, guide, dan dokumentasi underwater.
  • 2 unit kano + pelampung (1 jam pemakaian bergantian).
  • 1 kali makan siang.
Paket wisata ini sangat recommended buat Anda yang ingin praktis dan tidak mau repot karena harus mengurus ini dan itu.

3. Penginapan (Cottages)

Salah satu hal yang paling menarik dari Pulau Tegal Mas Lampung ini adalah adanya penginapan yang unik, berupa cottage pinggir pantai, cottage terapung, dan beberapa buah villa yang eksotis.

Harga penginapan di kawasan pulau tegal mas Lampung ini memang terlihat mahal, mulai dari Rp. 1.750.000 hingga Rp. 5.000.000 per malam. Supaya murah maka Anda bisa menginap secara beramai-ramai, sehingga harga sewanya nanti di bagi bersama dan tentunya tidak mahal lagi.

Ada beberapa buah cottages yang mampu menampung hingga 10 orang, dan ada juga paket menginap untuk maksimal 3 orang.

Harga Sewa Kapal Ke Pulau Tegal Mas

Dari Pantai Sari Ringgung, banyak jasa penyewaan kapal yang menyewakan kapal atau perahu mereka untuk menuju ke lokasi Pulau Tegal Mas, Lampung.

Harga sewa per kapal sekitar 250 ribu pulang pergi, atau tergantung harga tawar menawar Anda dengan pemilik kapal. Ketika sedang ramai oleh pengunjung, biasanya tarifnya akan naik. Dengan kapasitas kapal yang mampu menampung sekitar 10 orang, maka paling enak kalau Anda datang secara rombongan, atau Anda bisa patungan dengan pengunjung yang lain sehingga harga yang harus di tanggung per orangnya menjadi murah yakni sebesar Rp. 25.000 saja.

Di dalam Pulau Tegal Mas Lampung ini, Anda bisa melakukan banyak sekali kegiatan dan aktivitas seperti diving (menyelam) dan snorkeling. Kemudia pantai Pulau Tegal Mas Lampung ini juga menyediakan beberapa fasilitas yang bisa kita nikmati seperti tempat makan dan penginapan untuk kenyamanan kita.

Pesona Keindahan Pantai Tegal Mas Lampung-Maldivesnya Indonesia

Wahana Wisata dan fasilitas yang bisa Anda temui di Pulau Tegal Mas, antara lain :
  • Tempat makan atau tempat kuliner cafe dan resto.
  • Pondokan atau gazebo.
  • Alat snorkling dan diving.
  • Banana boat.
  • Jet sky
  • Penginapan berupa cottage dan villa.
  • Mushola terapung sebagai tempat ibadah.
  • Toilet.
  • Kamar mandi atau kamar bilas.
  • Sewa sepeda.
Galleri photo Pulau Tegal Mas Lampung

Pesona Keindahan Pantai Tegal Mas Lampung-Maldivesnya Indonesia

Pesona Keindahan Pantai Tegal Mas Lampung-Maldivesnya Indonesia

Pesona Keindahan Pantai Tegal Mas Lampung-Maldivesnya Indonesia

Pesona Keindahan Pantai Tegal Mas Lampung-Maldivesnya Indonesia

Di sekitar pulau Tegal Mas tersebut, terdapat pula beberapa pulau lain di Lampung yang juga menarik untuk Anda kunjungi dan Anda eksplore, anatara lain :
  • Pulau Mahitam.
  • Pulau Tangkil dari Pantai Mutun.
  • Pasir Timbul Lampung dari Sari Ringgung
  • Pulau Kelagian Besar dan Kelagian Kecil.
  • Pulau Condong.
  • Pulau Pisang.
  • Pulau Pahawang
  • Pulau Tanjung Putus.
  • dan masih banyak lagi yang lainnya.
Informasi seputar Pantai Tegal Mas Lampung

Harga tiket masuk : Rp. 25.000 per orang
Alamat Lengkap : Jl. Tlk. lampung, Pidada, Panjang, Kabupaten Pesawaran, Lampung 35241

Nomor Kontak Pengelola : 
Hepi : 081310008581
Tomi : 082182021371
WA:081272099848

Temukan di Google Map

referensi : pozkowisatalpg.blogspot.com, riniisparwati.com

Post a Comment for "Pesona Keindahan Pantai Tegal Mas Lampung-Maldivesnya Indonesia"