Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar 4 Wisata Alam Terindah Di Jawa Barat Yang Wajib Anda Kunjungi


Daftar 4 Wisata Alam Terindah Di Jawa Barat Yang Wajib Anda Kunjungi

Menghabiskan liburan dengan berkunjung ke obyek wisata alam terindah di Jawa Barat memang mengasyikkan dan menyenangkan karena suasana alamnya yang indah dan mempesona.

Provinsi Jawa Barat ini memang memiliki begitu banyak obyek wisata alam yang sangat recommended untuk Anda kunjungi. Beberapa obyek wisata tersebut sangat unik dan tidak akan Anda jumpai di wilayah lainnya.

Berikut ini adalah Daftar 4 Wisata Alam Terindah Di Jawa Barat Yang Wajib Anda Kunjungi, diantaranya :

GUNUNG PANCAR

Wisata Alam Gunung Pancar

Objek wisata alam gunung Pancar adalah salah satu tujuan wisata yang berada di kawasan Sentul,  yang merupakan salah satu daerah favorit bagi masyarakat yang tinggal di Ibukota Jakarta dan sekitarnya. 

Wisata alam Gunung Pancar menghadirkan wisata alam lengkap dengan pemandian air panas yang akan memanjakan Anda. Selain itu, ada banyak sekali  kegiatan menarik lainnya yang dapat Anda lakukan di sana.

Kawasan wisata gunung Pancar ini berada di ketinggian 300-800 meter di atas permukaan laut dengan kemiringan lereng mencapai 15-40%. Gunung Pancar menyajikan banyak  vegetasi  khas pegunungan yang  terdiri dari hutan dataran rendah, perkebunan, dan semak belukar.

Ketika Anda menjejakkan kaki di gunung Pancar ini, maka udara sejuk dan pemandangan indah akan menyambut kehadiran Anda. Suhu di sekitar daerah wisata gunung Pancar berkisar antara 24 derajat Celsius pada malam hari dan pada siang hari suhu maksimum berkisar  33 derajat Celcius.

Di Gunung Pancar terdapat berbagai jenis tanaman, seperti pinus, rasamala, Puspa, rotan, Jamuju, saninten, dan sebagainya. 

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk kawasan wisata gunung Pancar : Rp. 2000 per orang.
Parkir mobil : Rp. 1.500
Parkir motor : Rp. 1.000

Note : Harga tiket dan parkir bisa berubah sewaktu - waktu

Aktivitas Di Gunung Pancar

Kawasan wisata alam gunung Pancar merupakan kawasan hutan lindung dengan ciri khas berupa pepohonan pinus yang mempesona dan berbagai jenis  pohon lainnya. 

Beberapa jenis kegiatan dan aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan wisata gunung Pancar ini misalnya berkemah, bersepeda, jogging, hiking, menunggang kuda, jacuzzi, hingga wisata budaya.

Selain itu, Anda juga bisa mandi di pemandian air panas dengan membayar Rp. 10.000 per orang. Tempat pemandian ini di bagi menjadi dua yakni untuk pria dan wanita.


Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Air panas Gunung Pancar berasal dari mata air alami, yang di airkan langsung  ke bak - bak mandi yang tersedia disana. Banyak wisatawan yang datang berkunjung dan menikmati sensasi mandi air panas di gunung Pancar ini. Selain berfungsi untuk menghilangkan sakit tubuh dan badan lesu, air panas ini mengandung belerang dan mineral yang sangat baik untuk terapi otot dan kulit Anda.

Di kawasan gunung Pancar tersebut juga terdapat sebuah kuil yang konon katanya sudah sangat tua.

Akses Menuju Ke Sentul Dan Gunung Pancar

1. Naik Bus APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway)


Bus Transjakarta
Bus Transjakarta via flickr

Berikut ini adalah beberapa rute bus APTB dari Jakarta ke Sentul City dari Jakarta, antara lain sebagai berikut:
  • Blok M –> Sentul City
  • Grogol –> Sentul City
  • Senen –> Bogor (Bubulak)
  • Tanjung Priok –>Bogor (Bubulak)
Dan berikut ini adalah jadwal operasional bus APTB dari Jakartta ke Sentul City, sebagai berikut:
  • Jam 5:00 – jam 7:30 Sentul City – Blok M (PP)
  • jam 5:20 – jam 7:50 Sentul City – Grogol (PP)
  • jam 5:40 – jam 8:10 Sentul City – Rawamangun (PP)
  • jam 6:00 – jam 8:30 Sentul City – Blok M (PP)
  • jam 15:30 – jam 18:00 Sentul City – Blok M (PP)
  • jam 16:00 – jam 18:30 Sentul City – Grogol (PP)
  • jam 17:00 – jam 19:30 Sentul City – Rawamangun (PP)
  • jam 18:00 – jam 20:30 Sentul City – Blok M (PP)
Note: Bus APTB ini hanya berhenti di shelter busway. Setiap harinya bus akan berangkat dari Sentul City mulai jam 5 pagi, dan bus terakhir dari Jakarta ke Sentul City berangkat pada jam 8.30 malam.

2. Naik Kereta Api

Anda juga bisa naik kereta api untuk menuju ke Stasiun Bogor, kemudian turun di stasiun dan kemudian naik metromini 03 atau angkot hijau 03, ke arah Botani Square. Kemudian dari situ Anda bisa lanjut naik Trans Pakuan, dan turun di Mall Bellanova Sentul City.

3. Naik Bus Damri

Kalau Anda berangkat dari Bandara Soekarno Hatta, Anda bisa naik bus Damri dan turun di Mall Bellanova. Dan bila Anda berangkat dari beberapa daerah lainnya, seperti Bekasi, Bandung, BSD, Depok, Anda bisa naik angkutan umum yang menuju ke Sentul City, dan berhenti di Bellanova, Sentul City.

Alamat lengkap: Karang Tengah, Babakan Madang, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
Temukan Di Google Map


TAMAN MAWAR SITUHAPA

Taman Mawar Situhapa

Obyek wisata taman mawar Situhapa terletak di desa situ hapa, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut Jawa Barat, atau sekitar 15 km dari pusat kota Garut.

Obyek wisata taman mawar Situhapa atau yang disebut sebagai Rose Garden memiliki luas lahan sekitar 5 hektar dengan ketinggian sekitar 1.150 meter di atas permukaan laut. 

Desain taman mawar Situhapa dibuat seperti sebuah pulau, sehingga ada banyak ruang di antara pulau - pulau buatan tersebut. Setiap desain Pulau memiliki beberapa jenis tanaman dan dinamai sebagai zona,  seperti zona tanaman akuatik, zona Cana, zona Azalea, zona mawar, zona begonia, dan sebagainya. Ada ribuan jenis spesies bunga yang ditanam di taman ini dan merupakan jumlah tertinggi adalah jenis mawar dengan total sekitar 500 spesies lebih.

Akses Ke Taman Mawar Situhapa

Untuk menuju ke wahana wisata alam taman mawar Situhapa ini, Anda bisa memilih salah satu dari dua jalur yang ada, yaitu:
  • Dari wilayah Bandung Garut
  • Melalui kawasan daerah Majalaya Ibun yang menuju ke daerah Kamojang

Selama perjalanan menuju ke taman bunga mawar Situhapa ke arah Garut, Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam eksotis dan hamparan perkebunan serta perbukitan yang tertata rapi. Selain itu Anda juga dapat merasakan udara segar selama dalam perjalanan.

Selain itu terdapat fasilitas resort yang sangat menarik dan akan membuat pengunjung merasa nyaman karena semua fasilitas yang terasa unik dan dirancang dengan nuansa tradisional. Tempat istirahat dalam bentuk Villa dan bungalow yang sengaja didisain dengan bahan kayu dimana pada bagian halamannya dipenuhi dengan bunga dan pemandangan Gunung Papandayan Cikuray di kejauhan.

Taman Mawar Situhapa

Taman bunga mawar Situhapa menawarkan suasana alam yang sangat menarik dan menawan. Selain penginapan dan kebun mawar, ada juga Taman pembibitan mawar dan Begonias yang dapat Anda nikmati ketika Anda berada di kawasan taman bunga ini.

Terdapat 3 kabin yang bisa di sewa oleh para pengunjung, yaitu:
  • Pondok dekat Taman bunga geranium
  • Pondok damasena dengan pemandangan keluasan bunga Magnolia pembibitan
  • Pondok yang terletak tepat di tengah kebun mawar
Dan berikut ini adalah tips berkunjung ke Taman Bunga Mawar Situhapa, antara lain:
  • Membawa topi atau payung 
  • Memakai pakaian yang nyaman.
  • Memakai alas kaki yang nyaman
  • Membawa uang cash secukupnya

Alamat lengkap: Jl. Raya Kamojang KM. 5, Samarang, Sukakarya, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44161
Temukan Di Google Map


DESA SAMPIREUN

Desa Sampireun

Desa Sampireun adalah sebuah Resort yang akan memberikan banyak pengalaman baru dan kenyamanan bagi Anda. Lokasi Desa Sampireun ini berada di dataran tinggi, yang akan membuat Anda merasa nyaman dengan udara sejuknya. Desa Sampireun adalah pilihan destinasi wisata yang tepat untuk liburan Anda bersama dengan keluarga. Suasana liburan dengan nuansa tradisional Sunda akan membuat Anda merasa lebih damai dan nyaman.

Terletak Desa Sampireun ini berada di desa Kampung Ciparay Kecamatan Sukakarya Samarang, Kabupaten Garut, provinsi Jawa Barat dengan luas area sekitar 3,6 hektar.

Fasilitas 

Desa Sampireun memiliki sekitar 22 Bungalow, yang terbagi menjadi :
  • 8 unit Kalapalua suite
  • 4 unit Suit Kurjati
  • 6 unit Suite Waluran
  • 1 unit Cikuray suite
  • 1 unit Papandayan suite
  • 1 unit Manglayang

Setiap kamarnya dilengkapi dengan teras/balkon, ruang tamu, dan fasilitas lain yang Anda butuhkan. Setiap kamarnya menampilkan dekorasi dengan bahan alami seperti bambu dan kelapa, serta dilengkapi dengan TV dan area untuk duduk bersantai. Kamar mandi semi-outdoor yang unik juga tersedia di sana.

Kegiatan Dan Aktivitas

Desa Sampireun memiliki restoran yang menyajikan hidangan dan kuliner khas bernama Bamboo Flute Sunda Restaurant. Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu menikmati udara di sekitar tempat tersebut, maka tersedia juga Waroeng Kopi Kampung Sampireun.


Desa Sampireun
image via [email protected]_momjonas

Setiap pagi hari, ada sebuah kano yang menjual kerajinan tangan dan hidangan lokal akan berlayar melewati Bungalow. Dan di malam hari, musik Sunda dimainkan oleh para musisi di seberang Danau. 

Taman Sari Royal Heritage juga menawarkan berbagai macam perawatan pijat relaksasi.  Restoran ini juga menyajikan menu hidangan favorit internasional untuk memenuhi selera Anda.

Kegiatan dan aktivitas lain yang dapat dinikmati di desa Sampireun, antara lain:
  • Berperahu menikmati keindahan Desa Telaga Sampireun,
  • Perikanan di Danau Sampireun,
  • Bersepeda melewati jalanan di sekitar Desa Sampireun,
  • Belanja di Floating Market yang terletak di atas Desa Telaga Sampireun.
  • Olahraga Rafting terletak tidak terlalu jauh dari Telaga Sampireun.
  • Trekking dan menikmati alam sekitar Telaga Sampireun

Bagi Anda pecinta kuliner, di desa Sampireun ini juga tersedia wisata kuliner yang dapat Anda nikmati. Restoran Desa Sampireun memiliki berbagai jenis menu yang ditawarkan, termasuk ikan bakar dan masakan Sunda.

Alamat lengkap: Jl. Raya Samarang Kamojang Sukakarya Samarang Garut Jawa Barat, Sukakarya, Kec. Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151
Temukan Di Google Map

CURUG BIBIJILAN

Curug Bibijilan

Curug Bibijilan berada tidak jauh dari jalan Raya. Terdapat sebuah papan nama yang bertuliskan Curug Bibijilan di pintu masuk ke obyek wisata tersebut.

Air terjun ini masih ada hubungannya dengan Goa Buniayu dan sungai - sungai yang ada di dalam gua tersebut. Goa Buniayu sendiri terdiri dari banyak gua dan berada di dalam perut bumi. Di dalam gua terdapat danau yang besar dan Sungai yang akan muncul dari lantai sebagai air terjun Bibijilan. 


Curug Bibijilan

Air terjun bibijilan memiliki ketinggian sekitar 100 m. Jika musim hujan, lokasi air terjun Bibijilan tidak diperbolehkan untuk dikunjungi karena cukup membahayakan. 

Tempat wisata Curug Bibijilan adalah tempat yang sangat menarik bagi wisatawan yang ingin bermain air atau mendaki gunung dan bermain Flying Fox. 

Alamat lengkap: Babakan Nangka, Cimerang, Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten 42394
Temukan Di Google Map

Demikianlah artikel tentang Daftar 4 Wisata Alam Terindah Di Jawa Barat Yang Wajib Anda Kunjungi. Semoga bisa menjadi referensi untuk liburan Anda.

Post a Comment for "Daftar 4 Wisata Alam Terindah Di Jawa Barat Yang Wajib Anda Kunjungi"