Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Taman Laut Bunaken -Syurga Menyelam Terbaik Di Dunia


Wisata Taman Laut Bunaken -Syurga Menyelam Terbaik Di Dunia

Bunaken merupakan kawasan Taman Laut Nasional yang berada di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Taman Laut Bunaken ini berada di dalam kawasan segitiga karang, yang merupakan habitat dari 390 spesies terumbu karang dan berbagai macam spesies ikan, moluska, reptil dan juga mamalia laut. 

Taman Laut Bunaken adalah kawasan wisata yang berlokasi di Teluk Manado, provinsi Sulawesi Utara dengan dengan luas area sekitar 8 kilometer persegi. Taman Laut Bunaken merupakan tempat tujuan wisata yang sangat indah yang terletak di Pulau Manado tua (Mantehage dan Siladen). Taman Laut Bunaken merupakan Syurga Menyelam Terbaik Di Dunia

Taman Laut Bunaken sendiri memiliki tidak kurang dari 20 titik penyelaman (Dive spot) dengan kedalaman yang bervariasi dimana bagian yang terdalam mencapai hingga 1,344 meter. Dari 20 titik penyelaman tersebut, sebanyak 12 titik penyelaman berada di Pulau Bunaken. Titik penyelaman tersebut merupakan titik yang paling sering di kunjungi oleh para wisatawan yang datang, baik wisatawan lokal maupun dari mancanegara.

Keindahan alam bawah laut Taman Laut Bunaken ini memang sudah sangat terkenal di seluruh dunia, sehingga tidak mengehrankan jika banyak sekali wisatawan asing terutama para pecinta diving yang datang berkunjung ke sini.

Di Taman Laut Bunaken terdapat sekitar tiga belas jenis spesies terumbu karang yang naik turun dan sangat curam ke bawah dengan intensitas vertikal sekitar 25-50 meter. Selain itu tidak kurang dari 91 spesies ikan di dalam Taman Laut Bunaken yang sangat menarik, seperti  Koi putih (Seriola rivoliana), gusimi (Hippocampus), batang Indigo (Scolopsis bilineatus), goropa (spilotocepsep hinephelus dan hypselosoma Pseudanthias), kuning ekor lolosi (Lutjanus kasmira), dan sebagainya. Kemudian terdapat pula spesies Moluska seperti kambing kepala ikan (Cassis cornuta), Nautilus (Nautilus pompillius), kerang besar (Tridacna gigas) dan tunikates atau askidian.

Wisata Taman Laut Bunaken -Syurga Menyelam Terbaik Di Dunia

Bagi wisatawan pecinta scuba diving, kawasan Taman Laut Bunaken ini adalah salah satu tempat yang tepat untuk melakukan kegiatan tersebut. Anda akan sangat terpuaskan dengan pemandangan bawah laut berbagai eksistensi laut yang sangat memikat dan sangat menarik.

Akses Ke Taman Laut Bunaken

Sebagai obyek wisata yang sudah dikenal secara luas di dunia internasional, maka akses transportasi menuju ke tempat wisata Taman Laut Bunaken juga sangat mudah di lalui. Kota Manado yang merupakan ibukota provinsi Sulawesi Utara sendiri memiliki bandar udara internasional yakni Bandara Sam Ratulangi yang melayani penerbangan ke beberapa kota lain di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar, Balikpapan maupun Makasar. 

Selain itu bandara Sam Ratulangi juga melayani rute penerbangan langsung dari Singapura, Manila, Kuala Lumpur, dan Davao, Filipina. Terminal penumpangnya sendiri sudah memiliki fasilitas penunjang berstandar internasional. Dari bandara Sam Ratulangi tersebut  Anda bisa menuju ke kota Manado dengan menggunakan taksi dengan tarif sekitar Rp. 100.000.

Berikut ini adalah beberapa alternatif rute yang bisa Anda pilih untuk menuju ke Taman Laut Bunaken, sebagai berikut:

1. Melalui Pelabuhan Manado

Yakni dari Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas dan Marina Blue Banter. Dari pelabuhan Manado tersebut, untuk mencapai lokasi Pulau Bunaken memakan waktu sekitar 30 menit. Sementara dari Nusantara Diving Centre ( NDC)  ke lokasi penyelaman Pulau Bunaken membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Dan jika Anda menggunakan kapal pesiar dari Marina Blue Banter, untuk sampai  ke Pulau Bunaken membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit.

Wisata Taman Laut Bunaken -Syurga Menyelam Terbaik Di Dunia

2. Menyewa Kapal Dari Manado

Ada dua pilihan tempat untuk bertolak ke pulau Bunaken, yakni dari Pasar Bersehati atau dari Marina. 
  • Tarif sewa kapal dari Pasar Bersehati ke Bunaken sekitar Rp. 300.000  hingga Rp. 400.000
  • Tarif sewa kapal dari Marina sekitar Rp. 600.000  hingga Rp. 800.000

Alternatif lainnya, Anda bisa mennyewa kapal tradisional dengan tarif yang lebih murah sekitar Rp. 50.000 per orang. Namun Anda harus menunggu hingga penumpang penuh sehingga kapal baru bisa berangkat.

Harga Tiket Masuk

Tiket dan tanda masuk  ke Pulau Bunaken dapat diperoleh di kota Manado dan di Taman Nasional Bunaken. Anda juga bisa membeli tiket tersebut  di beberapa counter penjual tiket yang ada di Bunaken dan desa Liang di Pulau Bunaken dan Siladen. 
  • Harga tiket masuk bagi wisatawan asing adalah Rp. 50.000 per orang per hari atau Rp. 150.000 per tahun
  • Harga tiket masuk bagi wisatawan lokal adalah  Rp. 2.500  per orang per hari
Alamat lengkap : Bunaken National Marine Park, Pantai, Bunaken, Bunaken Kepulauan, Kota Manado, Sulawesi Utara 95246
Temukan Di Google Map

Itulah uraian artikel tentang Wisata Taman Laut Bunaken -Syurga Menyelam Terbaik Di Dunia. Semoga bisa menjadi referensi Untuk Anda.

Post a Comment for "Wisata Taman Laut Bunaken -Syurga Menyelam Terbaik Di Dunia"