Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Tips Backpacker Traveller (Termasuk Resikonya) Yang Perlu Anda Ketahui


3 Tips Backpacker Traveller (Termasuk Resikonya) Yang Perlu Anda Ketahui
Backpacker, via pixabay

Tidak ada yang lebih menarik daripada pergi berlibur dengan menjadi seorang backpacker. Backpacker awalnya sangat populer karena dilakukan oleh sebagian besar anak - anak muda yang menyukai traveling, namun sekarang ini backpacker juga dilakukan oleh berbagai lapisan masyarakat yakni kelompok usia tua dan remaja, sehingga tidak melulu di dominasi oleh anak - anak muda saja. 

Jika Anda berencana untuk melakukan perjalanan (traveling) dengan menjadi backpacker, maka berikut ini adalah panduan penting yang akan membantu Anda untuk memulainya. Panduan backpacker yang cukup lengkap dan bermanfaat ini akan dapat membantu Anda untuk bersiap - siap dalam memulai petualangan dengan aman, menarik, dan akan menjadi perjalanan yang tidak akan terlupakan.

1. Rencanakan Perjalanan Anda Dengan Baik

Hal pertama yang harus Anda putuskan adalah ke daerah mana Anda akan pergi. Kemanapun Anda ingin pergi, apakah itu di Indonesia atau keluar negeri, maka itu adalah sebuah ide yang baik untuk merencanakan perjalanan Anda dengan baik. 

Sementara beberapa orang traveller tidak ingin membuat jadwal dan daftar yang sangat detail, cukup dengan memutuskan kemana Anda akan pergi dan apa yang akan Anda lakukan di sana. Anda harus meneliti apa saja fasilitas yang ada di tempat yang akan Anda tuju, bagaimana akomodasinya, dan bagaimana pilihan transportasinya. 

Anda juga harus terbiasa dengan biaya perjalanan yang pas - pasa dan bahasa setempat di daerah yang Anda pilih. Meskipun disarankan untuk membawa kartu kredit Anda, sebaiknya bersiaplah untuk menukar uang Anda dengan mata uang negara tujuan Anda (Jika Anda berencana melakukan perjalanan keluar negeri). 

Pada perjalanan backpacker ini, fleksibilitas adalah kuncinya, jadi bersiaplah untuk perubahan jadwal yang mendadak dan tidak Anda rencanakan sebelumnya.  Memang akan lebih baik jika Anda membuat sebuah daftar terlebih dahulu. Dalam pembuatan jadwal tersebut buatlah yang fleksibel untuk menyesuaikan dan megubah jadwal perjalanan tersebut sesuai dengan kebutuhan. Jika ini adalah pengalaman pertama kali Anda dalam melakukan perjalanan Backpacker, maka sebaiknya memilih destinasi (tujuan) yang cukup mudah dan mungkin dekat dengan rumah rumah terlebih dahulu.

2. Siapkan Bekal Seringan Mungkin

Apa yang harus dikemas dan di bawa dalam perjalanan Anda sepenuhnya sangat tergantung pada tempat dimana Anda akan pergi. Selalu mempertimbangkan cuaca dan jenis pakaian yang sesuai adalah hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan. 

Namun, aturan pertama yang tidak boleh Anda langgar adalah bekal yang Anda bawa harus ringan. Anda bisa mencuci pakaian setiap saat kalau Anda mau, sehingga Anda tidak perlu membawa banyak pakaian. 

Anda juga harus membawa perlengkapan penting seperti kotak obat - obatan, pengisi daya ponsel, dan peralatan keselamatan lainnya. Banyak orang yang berpikir tentang apa yang mereka akan bawa, akan tetapi tidak fokus terhadap kondisi tas ransel itu sendiri. Anda perlu mencari tas punggung yang sedang dan jangan terlalu besar. Banyak toko penjual yang akan membantu Anda dalam mendapatkan ransel yang terbaik untuk perjalanan Anda.

3. Dapatkan Asuransi Perjalanan Backpacker

Jenis asuransi semacam ini secara khusus dirancang untuk keperluan Backpacker yang memiliki anggaran yang ketat dan pas - pasan. Asuransi perjalanan ini akan memberikan perlindungan standar kepada Anda. Mungkin itu terasa seperti biaya yang tidak Anda perlukan, akan tetapi jika Anda bepergian untuk waktu yang cukup lama, sebuah peristiwa atau keadaan darurat yang tidak terduga bisa dan mungkin saja terjadi pada diri Anda. 

Asuransi ini mencakup beberapa hal, misalnya tagihan rumah sakit, kehilangan bagasi, dan juga ketinggalan penerbangan. Biaya terbesar yang mungkin Anda keluarkan adalah jika Anda mengalami kecelakaan selama perjalanan adalah berupa tagihan medis. 

Memang tidak ada jaminan 100% bahwa Anda tidak akan jatuh sakit selama perjalanan Anda. Oleh karena itu sebuah asuransi perjalanan Backpacker akan memberikan perlindungan tertinggi yang Anda butuhkan sketika Anda sedang melakukan perjalanan liburan.

Salah satu cara yang hemat untuk menjelajahi dunia dengan sedikit uang adalah pergi dengan menjadi backpacker. Kebanyakan orang yang telah pergi backpacker mengatakan bahwa itu adalah pengalaman yang telah mengubah hidup dan pengetahuan mereka. Kesan yang mereka peroleh selama menjadi backpacker adalah pengalaman berharga yang tidak tergantikan. 

Jika Anda bermaksud untuk melakukan perjalanan backpacker dalam waktu dekat ini, maka sangat bijaksana untuk mempertimbangkan risiko dan bahaya yang mungkin saja akan Anda hadapi. Selalu ada risiko perjalanan di manapun dan kemanpun Anda pergi di dunia ini. Oleh karena itu sangat disarankan agar Anda untuk mendapatkan asuransi perjalanan Backpacker seperti diatas untuk melindungi Anda dari insiden selama perjalanan Anda. Insiden tersebut bisa saja tidak terpikirkan sebelumnya, akan tetapi yakinlah bahwa hal tersebut memang di butuhkan.


3 Tips Backpacker Traveller
image via pixabay

Berikut ini adalah beberapa resiko perjalanan Backpacker yang sering terjadi dan bagaimana cara menghindarinya, antara lain sebagai berikut:

1. Pencurian Dan Penipuan

Banyak sekali kejadian dimana seorang Backpacker kerap menjadi mangsa dari aksi pencurian dan penipuan. Obyek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan dan cenderung sangat ramai memiliki resiko tindak pencurian dan perampokan yang lebih besar pula. 

Ketika Anda berjalan di jalanan kota, pastikan bahwa uang tunai dan kartu kredit Anda aman dan  tersembunyi dan itu artinya Anda tidak memakai item mencolok yang akan menarik banyak perhatian dari pelaku kejahatan yang selalu mengintai.

Beberapa Backpackers membeli peralatan keselamatan yang cukup murah dan juga membeli perangkat keselamatan yang bisa mencegah seseorang menerobos masuk ke kamar Anda di malam hari. Jika Anda tinggal di asrama, maka Anda dapat menggunakan kunci ganda untuk mengamankan barang-barang berharga milik Anda. 

Penipuan bisa berbahaya, akan tetapi bisa juga sama sekali tidak berbahaya. Dengan iming - iming dapat melakukan penghematan besar selama perjalanan liburan Anda, maka banyak scammers yang kemudian menipu Backpackers dalam bentuk pembelian paket wisata murah akan tetapi pada kenyataannya tidak seperti yang dikatakan. Anda perlu menyadari jenis penipuan perjalanan yang paling umum terjadi dan Anda harus tahu apa yang harus dilakukan dalam situasi ini agar tidak terjadi pada diri Anda.

2. Resiko Sakit Atau Cidera

Untuk backpacker yang sakit atau terluka selama dalam perjalanan liburan harus membayar tagihan medis di rumah sakit setempat. Dan anehnya adalah, Anda boleh percaya atau tidak, tagihan medis untuk orang asing tanpa asuransi bisa jadi lebih mahal dibandingkan dengan mereka yang memilikinya. Maka klinik atau rumah sakit lokal setempat yang murah adalah pilihan, akan tetapi sayangnya mereka sering tidak memiliki fasilitas terbaik. Oleh karena itu sebelum melakukan perjalanan, Anda harus mengadakan penelitian lebih dulu tentang kondisi fasilitas kesehatan di tempat tujuan Anda dan sebaiknya Anda membawa perlengkapan medis standar yang mungkin akan Anda butuhkan.

Untuk berjaga - jaga, cukup bijaksana rasanya jika Anda berusaha untuk hanya minum air kemasan saja karena Anda tidak tahu tentang kualitas air minum di tempat tersebut. Jadi intinya adalah dengan membayar dan memilih asuransi perjalanan terbaik dengan cakupan medis yang baik ketika Anda merencanakan untuk melakukan perjalanan akan membuat Anda merasa lebih tenang dan tidak banyak pikiran ketika tiba - tiba Anda sakit atau terluka ketika di jalan. Anda juga harus memastikan bahwa asuransi tersebut juga mencakup baik perawatan medis dan evakuasi darurat.

3. Kehilangan Bagasi

Sebagai Backpacker, tidak ada yang lebih menjengkelkan dan membuat stres daripada kehilangan bagasi Anda. Entah itu karena ada masalah dengan maskapai penerbangannya atau karena dicuri,. Untuk itu maka ingatlah untuk selalu mengasuransikan barang - barang berharga milik Anda agar selama melakukan perjalanan liburan Anda akan selalu terlindungi dengan baik dan akan mendapatkan penggantian jika bagasi Anda hilang atau karena sebab lainnya. Barang - barang berharga tersebut biasanya berupa barang - barang elektronik seperti laptop, kamera, ponsel, dan barang perhiasan lainnya.

Sebenarnya akan lebih baik lagi, jika Anda meninggalkan barang - barang elektronik mahal tersebut di rumah dan lebih untuk menggunakan ponsel yang lebih murah saat melakukan perjalanan liburan. Anda juga dapat meninggalkan laptop di rumah dan pergi ke warnet atau ke kafe internet untuk sekedar mengecek email Anda.

Secara umum, menjadi Backpacker adalah cara yang bagus untuk berkeliling dunia dengan biaya yang murah. Namun, sangat penting untuk mendapatkan asuransi selama perjalanan Anda untuk menutupi biaya medis, kehilangan bagasi, pencurian, atau kejadian tak terduga lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Happy traveling..

Post a Comment for "3 Tips Backpacker Traveller (Termasuk Resikonya) Yang Perlu Anda Ketahui"