Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Tips Menjaga Keselamatan Selama Liburan Anda


20 Tips Menjaga Keselamatan Selama Liburan Anda
image via pixabay

Menjaga keselamatan diri Anda selama dalam perjalanan liburan Anda adalah sebuah hal yang harus Anda utamakan. Apalagi jika Anda mengadakan perjalanan liburan ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya, atau jika Anda mengadakan perjalanan liburan keluar negeri yang tentu berbeda karakteristik masyarakatnya dengan negara Anda.

Adfa banyak sekali tips dan cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keselamatan diri Anda selama dalam perjalanan liburan Anda. Dan di bawah ini saya akan membagikan kepada Anda tentang 20 Tips Menjaga Keselamatan Selama Liburan Anda. Ini adalah tips yang dapat Anda lakukan diantara sekian banyak tips yang lainnya.

20 tips tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Perjalanan Dari Bandara Ke Hotel Anda

Sebuah contoh kecil misanya adalah ketika memilih taksi dari Bandara ke hotel tempat Anda akan menginap, maka pasti ongkos taksi dari bandara tersebut lebih mahal bagi orang asing dan Anda harus  memastikan bahwa driver taksi tersebut memiliki identitas resmi. Jangan pernah memilih taksi taksi yang menunggu di luar halaman bandara, karena itu bisa jadi adalah taksi ilegal yang akan membahayakan keselamatan Anda. 

2. Gunakan Taksi Resmi Hotel Ketika Keluar Dari Hotel

Pastikan jika Anda akan bepergian keluar dari hotel, misalnya pergi ke Bandara atau ke tempat lainnya, maka gunakanlah taksi yang direkomendasikan oleh pihak hotel tempat Anda menginap. Sekali lagi, salah dalam memilih taksi bisa sangat berbahaya untuk Anda. 

3. Tiba Di Lokasi Pagi Atau Siang Hari

Usahakan untuk tidak tiba di lokasi tujuan Anda pada malam hari. Cobalah merencanakan dengan baik agar Anda bisa tiba disana pada pagi hari atau siang hari. Hal ini akan membuat Anda lebih aman dan jauh lebih mudah untuk mendapatkan pemeriksaan dari pihak keamanan daripada pada malam hari.  

4. Berlibur Dalam Kelompok

Jika Anda pergi berlibur dengan cara berkelompok bersama - sama dengan teman - teman Anda, maka itu akan jauh lebih aman daripada ketika Anda mengadakan perjalanan berlibur sendirian. 

5. Belajar Bahasa Lokal Setempat

Anda jangan berharap bahwa masyarakat setempat akan berbicara dengan menggunakan bahasa Anda. Hal paling mujur yang Anda dapatkan adalah  mendapatkan beberapa orang di tempat yang Anda tuju dapat berbicara dan mengerti bahasa Inggris walaupun sedikit - sedikit. 

Bahasa Inggris kini memang telah menjadi bahasa yang lebih umum diucapkan kepada orang asing hari ini, tetapi Anda perlu memastikannya. Anda harus selalu memeriksa hal ini sebelum kedatangan Anda. Jika memungkinkan Anda perlu memahami sedikit bahasa masyarakat setempat paling tidak bahasa yang sering di ucapkan sehari - hari, misalnya selamat pagi, apa kabar, terima kasih dan sebagainya. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk lebih dekat dengan masyarakat setempat.

6. Pastikan Barang Berrharga Anda Tersembunyi Dan Aman 

Memastikan bahwa barang berharga Anda tersembunyi dan aman adalah salah satu hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya. Anda bisa menyimpan uang Anda pada tempat yang sulit bagi pencuri untuk mengambilnya.

7. Jangan Pergi Sendiri Ke Tempat Terpencil

Hindari untuk pergi mengunjungi tempat yang terpencil atau bekas reruntuhan di mana wisatawan sering kunjungi. Jika Anda tetap ingin berkunjung ke tempat tersebut maka pastikan bahwa Anda di dampingi oleh pemandu lokal yang akan menjaga Anda. 

8. Membaca buku panduan dan berbicara dengan wisatawan lain untuk mengetahui daerah mana saja yang sebaiknya dihindari. Hal ini juga penting untuk menjaga keselamatan selama liburan Anda. 

9. Ketika Anda pulang ke hotel dari kafe larut malam maka pastikan untuk menumpang taksi ke hotel tempat Anda menginap tidak peduli seberapa dekat hotel Anda dengan kafe tersebut. 

Pastikan untuk memilih taksi yang aman, Anda bisa bertanya kepada pedagang kaki lima yang menjual rokok di pinggir jalan misalnya. Biasanya orang ini tahu semua sopir taksi dan dapat merekomendasikan satu yang aman untuk Anda. 

10. Tetap Lakukan Sesuai Planning Anda

Ketika Anda telah tiba di lokasi yang Anda tuju, maka tetap ke rencana awal Anda dan tinggal di hotel yang telah Anda putuskan sebelumnya. Jangan biarkan sopir taksi membujuk Anda dengan mengatakan bahwa hotel tempat Anda berencana menginap telah di pesan semuanya dan mengatakan bahwa ia tahu yang hotel yang lebih murah dan lebih baik. Dia akan bekerja sama dan mendapatkan komisi dari hotel yang dia rekomendasikan tersebut dan mungkin saja hotel tersebut tidak berada di bagian kota yang aman. 

11. Pesan Hotel Lebih Awal Sebelum Anda Tiba

20 Tips Menjaga Keselamatan Selama Liburan Anda
image via freepik

Saat ini Anda bisa memesan kamar hotel jauh - jauh hari sebelumnya. Bahkan mungkin akan lebih baik, ketika Anda masih dalam perjalananpun Anda bisa memastikan sekali lagi kepada petugas hotel tersebut untuk memastikan. 

12. Jangan Memakai Perhiasan Mahal

Selama Anda berlibur sebaiknya tidak mengenakan perhhiasan mahal Anda, karena akan mengundang tindak kejahatan terhadap Anda. Pakailah sekedarnya saja dan jangan terlihat mencolok. 

13. Meminta Nomer Bagasi

Ketika Anda naik transportasi umum biasanya Anda akan diminta untuk meletakkan tas Anda dalam kpmpartemen bagasi yang berada di luar bus tersebut. Pada bus jarak jauh meminta tanda terima tas Anda adalah sebuah hal yang penting. Dalam hal tas Anda kemudian dicuri oleh orang lain, maka Anda tinggal mendatangi agen bus tersebut dan meminta tanggung jawab atas kerugian yang Anda alami dalam rangka untuk mengklaim uang dari perusahaan asuransi Anda. 

14. Tinggalkan Barang Berharga Anda Di Hotel

Barang berharga Anda akan aman jika ditinggalkan di hotel tempat Anda menginap daripada Anda bawa kemanapun Anda pergi. Bawalah secukupnya saja dan tinggalkan sisanya di hotel Anda.

15. Tinggalkan Identitas Dalam Kondisi Tertutup

Jika Anda terpaksa harus meninggalkan paspor atau kartu kredit Anda bersama-sama, maka pastikan untuk menempatkan kartu kredit dalam amplop tertutup dan menandatangani nama Anda di atasnya. Dengan cara ini ketika Anda kembali, Anda akan mengetahui bahwa tidak ada yang dirusak. 

16. Bawa Uang Seperlunya Ketika Keluar 

Jika Anda berencana untuk membeli sesuatu yang mahal maka akan lebih aman untuk menyimpan uang Anda dengan aman dalam sabuk uang. Cobalah untuk menjadi bijaksana ketika membukanya, untuk melindungi perubahan kecil dalam saku Anda.

17.  Jika trotoar yang sangat ramai, terutama di daerah pasar, berjalan di jalan akan membuat Anda lebih aman. 

18. Waspada Ketika Di Ikuti Orang

Jika Anda mencurigai seseorang telah mengikuti Anda, maka berhenti dan menatap mereka sampai mereka pergi. Jika Anda benar-benar mendapatkan perasaan buruk tentang suatu tempat, maka segera pergi dari tempat tersebut. 

19. Jika orang -orang di belakang Anda mencoba untuk berjalan tanpa henti, maka Anda perlu untuk berhenti sejenak, menggoyangkan ransel Anda dengan lembut dari sisi ke sisi sehingga Anda dapat merasakan jika ada yang mengganggu dengan itu. 

20. Waspada Terhadap Tas Anda

Ketika Anda meletakkan tas Anda di lantai, untuk sekedar mengambil foto atau hanya untuk duduk di sebuah kafe, maka ingatlah untuk meletakkan kaki Anda diantaranya. Hal ini akan menjaga keamanan tas tersebut dari pencuri, karena pencurian tas ini adalah jenis yang paling umum terjadi pada wisatawan asing. Wisatawan melupakan tasnya di kafe dan kemudian kembali untuk menanyakan apakah ada orang yang melihatnya, maka Anda sudah bisa menebak jawabannya, itu hilang.

Demikianlah artikel tentang 20 Tips Menjaga Keselamatan Selama Liburan Anda. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for "20 Tips Menjaga Keselamatan Selama Liburan Anda"