Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Merencanakan Perjalanan Liburan Anda


7 Tips Merencanakan Perjalanan Liburan
image via pixabay

Setiap orang pasti suka untuk berlibur. Anda bahkan telah jauh - jauh hari merencanakan liburan Anda sebelum hari libur tersebut tiba. Namun pada kenyataannya, seringkali rencana liburan yang sudah Anda buat menjadi gagal dan berantakan karena padatnya urusan pekerjaan Anda yang tidak bisa untuk di tinggalkan. Jika hal ini terjadi tentu sangat mengecewakan Anda bukan?

Anda harus lebih bijaksana dalam menyikapi hal tersebut, dan jangan frustasi karenanya. Lebih baik Anda selesaikan terlebih dahulu urusan pekerjaan Anda karena itu adalah hal yang sangat penting dan menyangkut kelangsungan hidup Anda di masa depan. Anda bisa melakukan reschedule liburan Anda ketika pekerjaan Anda sudah bisa di tinggalkan. Dengan demikian maka liburan Anda juga akan terasa lebih tenang karena tidak di ganggu dengan urusan pekerjaan.

Dan bagi Anda yang sedang merencakan untuk pergi berlibut, berikut ini saya akan membagikan kepada Anda tentang 7 Tips Merencanakan Perjalanan Liburan Anda, antara lain sebagai berikut:

1. Perjalanan (Liburan) Darat

Pastikan jika Anda hendak melakukan perjalanan liburan ke suatu tempat, Anda harus mendapatkan peta lokasi tempat yang akan Anda kunjungi  tersebut. Dengan peta tersebut , Anda dapat merencanakan rute perjalanan Anda secara menyeluruh. Mungkin saja tidak semuanya akan sama persis dengan yang Anda rencanakan, akan tetapi setidaknya Anda akan memiliki lebih sedikit panduan daripada tidak sama sekali sehingga Anda mendapatkan kejadian yang buruk nantinya. 

 2. Jangan Membuat Lelucon Tentang Bom Atau Teroris Di Bandara

Banyak orang yang terkadang suka bercanda dan sayangnya kadang - kadang sampai kelewatan. Salah satu contoh misalnya bercanda dengan mengatakan kalau mereka memiliki bom kecil dalam bagasi mereka. Hal tersebut tentu akan membuat petugas keamanan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kemudian setelah di bawa di kantor polisi akhirnya mereka sangat menyesali kebodohan mereka karena telah kelewatan dalam bercanda.

Jika Anda berencana untuk liburan apalagi keluar negeri dengan naik pesawat terbang, jangan sekali - sekali bercanda tentang hal tersebut diatas karena akan membuat Anda berada dalam masalah. Faktor keamanan adalah salah satu hal yang paling di utamakan dalam dunia penerbangan, sehingga sedikit saja ada masalah maka penerbangan Anda akan di batalkan. 

3. Curiga Ketika Tiba - Tiba Di Tabrak Orang di Bandara, Kereta api Atau Stasiun Bus 

Ini mungkin sedikit berlebihan tetapi ini adalah kenyataan yang sering terjadi. Kita tidak pernah tahu apa modus orang yang menabrak kita tersebut, apakah murni karena ketidak sengajaan ataukah karena ada modus lain. 

Saat ini banyak sekali modus - modus baru tindak kejahatan yang ada, sehingga kita perlu mewaspadainya. Dan menabrak Anda bisa jadi merupakan salah satu modusnya. Kita juga perlu menyadari dan mewaspadai jika ada sesuatu yang tumpah pada Anda, atau pakaian Anda karena hal itu bisa jadi ditunjukan dan dirancang untuk mengalihkan perhatian Anda dari apa yang sebenarnya terjadi yakni pencurian barang berharga Anda.  

4. Mempersiapkan Anggaran Liburan Anda

Anggaran Liburan

Mempersiapkan anggaran yang tepat akan membuat liburan Anda menjadi tenang dan menyenangkan.  Anda sebaiknya mempersiapkan anggaran tambahan (ekstra) sebagai langkah antisipasi, karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi nanti. 

Dengan adanya anggaran ekstra tersebut, maka setidaknya Anda akan lebih rileks karena tidak perlu khawatir akan terjadi masalah dengan Anda selama berlibur. Jika Anda naik kapal pesiar misalnya, maka  membuat perencanaan akan jauh lebih mudah karena semua biaya telah Anda bayarkan kepada merek. Namun, ada kemungkinan ada banyak item tambahan yang harus Anda anggaran sendiri untuk keperluan yang tidak tercantum dalam paket liburan tersebut. Ini termasuk, pajak, tipping, minuman, beberapa wisata pantai, belanja dan sebagainya.

5. Mencari Informasi Cuaca Di Lokasi Yang Anda Tuju

Hal ini adalah salah satu yang penting untuk Anda lakukan. Memeriksa keadaan dan informasi cuaca sebelum berangkat akan membantu Anda untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Anda tentu tidak ingin hanya mengenakan kaos Tee shirt jika ternyata di lokasi tersebut turun salju. Untuk itu maka Anda perlu membawa mantel bulu agar tidak kedinginan.  

6. Membawa Photo Diri Dan Keluarga

Hal ini adalah salah satu yang juga perlu Anda perhatikan. Ketika bepergian dengan anak sangat penting untuk membawa foto terbaru dari masing-masing anak Anda. Mengapa?  Jika seorang anak Anda tersesat, maka foto akan menjadi bukti yang sangat berharga dalam membantu untuk menemukan anak Anda kembali.

7. Membuat Daftar Tempat Yang Akan Di Kunjungi

Jika Anda  pergi berlibur ke sebuah tempat yang sangat luas dan besar seperti Taman Safari atau taman  hiburan yang lain maka Anda mungkin tidak bisa mengunjungi semua tempat dan wahana yang ada di tempat tersebut. Beberapa taman memiliki luas yang sangat besar dan wahana yang sangat banyak sehingga perencanaan sangatlah penting. Dapatkan daftar semua wahana dan peta Taman tersebut, kapan waktu buka dan tutupnya sebelum Anda berangkat kesana.

Dengan membuat daftar wahana mana saja yang akan Anda kunjungi (dengan melihat pada peta) maka akan menghemat waktu Anda dan membuat waktu Anda menjadi lebih efektif serta efisien.

Itulah artikel tentang 7 Tips Merencanakan Perjalanan Liburan Anda. Semoga bermanfaat dan berguna untuk Anda.

Post a Comment for "7 Tips Merencanakan Perjalanan Liburan Anda"