Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Tips Aman Jalan - Jalan Sendirian Yang Harus Anda Ketahui


15 Tips Aman Jalan - Jalan Sendirian Yang Harus Anda Ketahui
image via pixabay

Jika Anda ingin bertemu dengan orang - orang baru yang Anda tidak kenal sebelumnya, berusaha menemukan pasangan baru, berusaha meningkatkan kesadaran, berusaha meningkatkan pertumbuhan pribadi, menurunkan tekanan darah dan stres atau hanya sekedar ingin bersantai menikmati hidup serta indahnya dunia ini maka hanya ada satu hal yang perlu Anda lakukan yakni pergi berlibur atau jalan - jalan keliling dunia.

Ketika berlibur Anda dapat mencoba  untuk menikmati sebuah resort yang mewah yang akan memberi Anda keamanan hidup komunal, namun cukup fleksibel untuk memberikan  kemudahan kepada Anda pada tujuan yang Anda pilih atau mendaki gunung dan menikmati keindahan alam yang begitu indah hasil karya Tuhan Yang Maha Esa. 

Berlibur bisa dilakukan dengan cara berkelompok bersama dengan teman - teman atau kolega Anda, atau bisa juga dilakukan sendirian. Jika Anda pergi berlibur secara berkelompok tentu dari sisi keamanan lebih bermanfaat untuk Anda. Akan tetapi jika Anda lebih suka berlibur sendirian (traveling solo) juga tidak masalah, asalkan Anda tetap mengutamakan keselamatan Anda selama perjalanan liburan Anda.

Apapun alasannya, keselamatan adalah masalah serius dan tidak boleh dianggap enteng oleh Anda. Sebagai referensi untuk Anda, berikut ini saya akan membagikan kepada Anda tentang 15 Tips Aman Jalan - Jalan Sendirian Yang Harus Anda Ketahui, diantaranya sebagai berikut:

 1. Ketika Anda sampai di hotel tempat Anda akan menginap, berikan Bellman uang tip. Katakan padanya nama Anda dan ajukan beberapa pertanyaan seputar hotel tempat Anda akan menginap tersebut, Jauhkan percakapan yang panjang lebar dan tidak perlu, ajukan pertanyaan dengan singkat dan profesional. 

 2. Gunakan Hotel tempat Anda menginap sebagai tempat yang aman untuk menyimpan uang Anda, dokumen perjalanan Anda dan perhiasan milik Anda untuk sementara waktu. Jika Anda ingin menggunakan kamar Anda dengan aman, pastikan Anda mengetahui bagaimana untuk mengoperasikan peralatan didalamnya dengan benar dan aman. 

 3. Selalu gunakan fasilitas taksi dari hotel tempat Anda menginap kemanapun Anda pergi. Ketika tempatnya jauh dari hotel Anda cobalah untuk menghindari bertanya dan meminta kepada orang asing untuk menunjukkan arahnya. Jika Anda tersesat atau butuh bantuan, pergilah ke Hotel terdekat (semakin besar lebih baik) dan mintalah bantuan di meja depan (resepsionis).

 4. Selalu gunakan taksi untuk kembali lagi ke hotel tempat Anda menginap dengan hati-hati dan selalu waspada dengan keadaan lingkungan sekitar Anda 

 5. Selalu gunakan sabuk yang aman sebagai tempat menyimpan uang ketika Anda pergi keluar dari hotel. Bawalah uang seperlunya saja. Sisanya dapat Anda tinggalkan di hotel tempat Anda menginap supaya lebih aman.

 6. Sebisa mungkin hindari penggunaan uang cash dalam bertransaksi. Jika Anda tidak yakin dengan pertukaran uang, tidak apa-apa untuk meninggalkan sedikit uang tambahan di atas meja. Tetapi melakukan pembayaran dengan fasilitas kartu debit jauh lebih aman untuk Anda.

 7. Ketika bertemu orang asing selama perjalanan liburan Anda, jangan pernah memberikan nomor kamar hotel Anda kepadanya. Temui orang di lobi atau operator hotel akan menghubungkan mereka ke kamar Anda. 

Lobi Hotel
image via freepik

 8. Jika Anda memutuskan untuk pergi keluar dari hotel bersama dengan pemandu yang akan menemani Anda saat bepergian, mintalah dia untuk menjemput Anda di Hotel Anda menginap. Temukan Bellman Anda, dan katakan dengan santai bahwa Anda akan keluar dengan salah satu pemandu lokal setempat dan ajukan pertanyaan ke mana sebaiknya harus pergi? (ingat, pihak Hotel tentu tidak ingin terjadi apa - apa pada Anda, karena mereka tentu khawatir siapa yang akan membayar tagihan Anda nantinya?) 

 9. Selalu ingat untuk berperilaku aman dalam hal mengadakan pertemuan pribadi dengan orang yang baru Anda kenal. 

10. Jangan terjebak dengan hubungan asmara (one night stand) setidaknya untuk saat ini ketika Anda berada di negara asing. 

 11. Jangan terjebak dengan hal ini, karena itu bisa menjadi modus untuk mengelabui Anda dan mengambil barang - barang berharga milik Anda. Lebih baik fokus pada liburan Anda.

 12. Tunggu sampai dengan hari terakhir sebelum hari keberangkatan Anda sebelum memberikan alamat rumah Anda atau nomor telepon kepada pihak hotel. (Anda tentu tidak ingin informasi ini diteruskan ke pencuri profesional saat Anda pergi berlibur) 

 13. Cobalah untuk tidak mematahkan hati siapa pun. Oleh karena itu hindari untuk terlibat dalam hubungan asmara dalam waktu singkat selama liburan Anda. 

 14. Jika Anda mendapatkan masalah selama dalam perjalanan liburan Anda, maka segera hubungi perwakilan kedutaan negara Anda yang terdekat. 

 15. Tinggalkan jadwal rinci perjalanan liburan Anda dengan teman atau kerabat Anda di rumah. Hal ini akan membuat keluarga Anda mengetahui kemana saja rute perjalanan Anda. Jika terjadi sesuatu dengan Anda selama perjalanan liburan Anda, maka anggota keluarga Anda yang lain dapat melacak keberadaan anda dengan lebih mudah.

Demikianlah artikel tentang 15 Tips Aman Jalan - Jalan Sendirian Yang Harus Anda Ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.

Post a Comment for "15 Tips Aman Jalan - Jalan Sendirian Yang Harus Anda Ketahui"