Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Merencanakan Liburan Secara Cerdas Dan Sistematis


Tips Merencanakan Liburan Secara Cerdas Dan Sistematis
image via pixabay

Berlibur adalah hal yang selalu di nanti - nantikan oleh setiap orang tidak terkecuali Anda. Dengan berlibur maka bisa menyegarkan kembali pikiran kita dari rutinitas pekerjaan selama ini.

Agar liburan Anda menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan, maka Anda sebaiknya melakukan persiapan sebelumnya dengan matang. Persiapan yang matang akan membuat Anda menjadi lebih rileks dan terbebas dari beban pikiran yang lain.

Merencanakan liburan dan perjalanan tidak harus membuat Anda menjadi sakit kepala. Oleh karena itu saya ingin membagikan kepada Anda  tentang 7 Tips Merencanakan Liburan Secara Cerdas Dan Sistematis, yang bisa menjadi referensi untuk Anda.

Berikut ini adalah ketujuh tips tersebut, antara lain sebagai berikut:
  • Putuskan kemana harus pergi
  • Pilih waktu yang tepat untuk bepergian
  • Luangkan waktu kerja
  • Temukan penerbangan yang terjangkau
  • Temukan tempat menginap yang tepat
  • Hubungi perusahaan kartu kredit Anda
  • Siapkan anggaran untuk perjalanan liburan Anda


1. PUTUSKAN KEMANA HARUS PERGI 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memutuskan  kemana dan bagaimana Anda akan pergi  pada liburan kali ini. Hal tersebut ditentukan oleh keadaan Anda sendiri, misalnya :
  • Apakah Anda lebih terkendala dengan waktu atau dengan uang?
  • Apakah Anda akan berlibur sendiri atau dengan teman dan keluarga Anda?
  • Apakah pekerjaan Anda fleksibel ? Artinya, ketika Anda harus meninggalkan sementara pekerjaan tersebut tidak terjadi masalah (misalnya, seorang guru)?
  • Apakah Anda ingin pergi ke suatu tempat dekat dalam arti dapat Anda jangkau dengan berkendara lewat jalur darat, atau Anda harus naik pesawat terbang?

Dan tergantung pada situasi Anda, Anda mungkin harus memikirkannya dengan cermat dan kemudian Anda dapat memutuskan  kemana Anda akan pergi. 

Ada dua alasan mengapa Anda harus memikirkan dengan cermat hal - hal diatas, yaitu : 

a. Ini akan membantu Anda secara psikologis 

Manfaat mental dari menetapkan tujuan yang baik sangatlah  besar. Memiliki destinasi tujuan dalam benak Anda akan memberikan Anda sesuatu untuk dikerjakan yakni ketika Anda bersiap untuk melakukan perjalanan Anda.

b. Ini menentukan hampir setiap aspek perencanaan

Tidak ada dua tujuan liburan yang sama, yang berarti setiap tujuan akan mengubah cara Anda dan membuat Anda menyesuaikan kembali anggaran dan rencana perjalanan Anda. Seringkali itu adalah hal yang sulit untuk memutuskan kemana Anda ingin pergi.

Ada tiga referensi yang dapat Anda dapat gunakan  untuk melihat dan menemukan tempat liburan Anda, yaitu :
  • Rekomendasi
  • Media sosial
  • Teman dan keluarga


2. PILIH WAKTU YANG TEPAT UNTUK BEPERGIAN

Traveling atau jalan - jalan adalah seperti permainan Twister, jadi pilihlah yang terbaik namun tetap fleksibel.

Ketika Anda akan pergi berlibur maka hal itu sama pentingnya dengan kapan Anda akan pergi, karena waktu yang Anda pilih dapat membuat perbedaan dalam anggaran yang harus Anda persiapkan, jumlahnya bisa ratusan ribu, bahkan hingga jutaan rupiah jika itu menyangkut biaya tiket pesawat.

"Fleksibilitas adalah hal yang paling penting dalam mencari penerbangan murah."  Jika Anda ingin pergi berlibur keluar negeri misalnya pada peak season di bulan Desember menjelang tahun baru, maka pasti harga tiketnya sangatlah mahal. Maka, akan lebih baik jika Anda merencanakan di lain waktu ketika harga tiketnya sudah turun.

Sebagai referensi, jika Anda ingin menemukan waktu terbaik untuk melakukan perjalanan liburan Anda, pertimbangkan tiga hal yang berkaitan dengan lokasi tujuan Anda, antara lain :

a. Peak Season

Ini adalah waktu ketika sebagian besar wisatawan akan datang dan mengunjungi lokasi tersebut. Hal ini sering karena alasan cuaca yang baik dan hari libur. Ketika dalam masa Peak season maka tiket penerbangan dan akomodasi yang lain cenderung menjadi yang sangat mahal.

b. Off-Peak Season

Ini adalah waktu ketika mayoritas wisatawan sedikit yang datang dan mengunjungi lokasi tersebut. Biasanya juga di pengaruhi karena alasan cuaca yang tidak bersahabat. Anda biasanya akan mendapatkan tiket penerbangan dan akomodasi lainnya yang sangat terjangkau selama waktutersebut. Akan  tetapi di sisi lain, biasanya ada alasan lain kenapa waktu tersebut menjadi "off-Peak season". Jadi Anda harus mempertimbangkan juga hal tersebut. 

3. LUANGKAN WAKTU KERJA

Menurut survey, mayoritas pekerja tidak menggunakan semua hari liburan mereka. Hal tersebut terjadi karena banyak faktor, misalnya kondisi kerja yang tidak bisa ditinggalkan, dan tekanan kerja yang berat sehingga orang tidak berpikir untuk berlibur.

Padahal menurut undang - undang tenaga kerja yang berlaku di Indonesia, setiap tahunnya para pekerja mendapatkan jatah cuti (libur kerja dengan tetap dibayar) selama 12 hari. Sangat di sayangkan jika mayoritas pekerja tidak bisa mengambil dan memanfaatkannya untuk pergi berlibur.

4. TEMUKAN PENERBANGAN YANG TERJANGKAU

Salah satu kesalahpahaman yang paling umum yang orang pikirkan tentang pergi berlibur adalah harga tiket pesawat terbang (terutama internasional) yang mahal.

Kenyataannya adalah, tiket pesawat terbang bisa menjadi salah satu biaya yang paling terjangkau dari perjalanan Anda jika mengetahui bagaimana cara memanfaatkan alat yang tepat.

Dua alat yang paling efektif untuk menemukan penerbangan yang murah dan terjangkau adalah:
  • Kartu kredit perjalanan
  • Reposisi dengan kesalahan tarif


Jika Anda memesan tiket pesawat terbang dengan menggunakan kartu kredit maka kadang - kadang Anda bisa mendapatkan tiket penerbangan yang murah bahkan gratis.

Jika Anda dapat menyimpan ribuan poin reward setiap tahun maka Anda dapat memanfaatkan poin reward tersebut. Dan semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk melakukan perencanaan, maka akan semakin banyak poin yang Anda dapat kumpulkan. Ada banyak kartu kredit yang  bahkan dapat  memberikan Anda bonus tiket gratis pesawat.

Terkadang kesalahan dalam menentukan besaran tarif pesawat di lakukan oleh perusahaan penerbangan, sehingga mereka menetapkan harga yang lebih rendah dari biasanya (ini terjadi akibat dari kesalahan teknis atau bisa juga karena human error). Jika beruntung maka Anda bisa mendapatkan keuntungan dari adanya kesalahan tarif ini.

5. TEMUKAN TEMPAT MENGINAP YANG TEPAT

Menemukan tempat yang tepat  untuk menginap terkadang merupakan hal yang sulit dan hampir mustahil. Akan tetapi jika beruntung Anda tetap bisa menemukan tempat untuk menginap yang tepat, artinya biaya yang murah, fasilitas yang memadai dan lokasi yang tepat.

Jika Anda ingin menghemat uang untuk penginapan dan akomodasi, maka memilih menginap di hostel Backpacker adalah cara yang tepat, karena harganya lebih murah daropada hotel berbintang.

Jika Anda tetap memilih untuk tinggal di sebuah hotel juga tidak apa-apa. Anda dapat memesan penawaran luar biasa di Hotel dengan menggunakan kartu kredit perjalanan karena mereka sering memberikan kesempatan kepada Anda untuk menghabiskan poin reward kartu kredit Anda untuk biaya sewa kamar hotel.

6. HUBUNGI PERUSAHAAN KARTU KREDIT ANDA

Bayangkan jika Anda akhirnya bisa melakukan perjalanan liburan ke Paris yang selama ini Anda impikan. Anda dapat menikmati pemandangan kota paris, suara, dan lalu lalang orang disana. 

Kemudian datang waktunya untuk membayar tagihan Anda. Kemudian Anda menyerahkan kartu kredit Anda dan kemudian pelayan akan memindai kartu kredit Anda tersebut dan scan... dan scan lagi. Dia lantas menggelengkan kepalanya yang artinya kartu kredit Anda di tolak.

Sementara itu, Anda tidak memiliki cara lain untuk membayarnya karena Anda memang tidak membawa uang cash. Ini adalah apa yang bisa saja terjadi (mungkin) jika Anda tidak memperingatkan perusahaan kartu kredit Anda tentang perjalanan yang Anda lakukan.

Perusahaan kartu kredit akan merasa curiga ketika mereka melihat Anda melakukan pembelian yang biasanya tidak Anda lakukan, terutama ketika pembelian tersebut di suatu tempat asing dimana Anda tidak tinggal sana. Jadi, selalu ingatkan perusahaan kartu kredit Anda jika Anda akan melakukan perjalanan liburan, terutama keluar negeri agar mereka juga mengetahui jika Anda akan menggunakan kartu kredit tersebut untuk melakukan transaksi disana.

7. SIAPKAN ANGGARAN UNTUK PERJALANAN LIBURAN ANDA

Ada dua cara yang Anda dapat lakukan untuk mempersiapkan anggaran liburan Anda, antara lain:
  • Menghemat uang untuk rencana perjalanan liburan
  • Mendapatkan uang untuk perjalanan liburan

Bagaimana cara menghemat dan menyimpan uang untuk perjalanan liburan Anda?

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat uang untuk perjalanan liburan adalah melalui proses yang disebut "akuntansi mental."

Akuntansi mental adalah teknik psikologis dimana orang memperlakukan uang dengan cara yang berbeda tergantung pada bagaimana mereka mendapatkannya dan berencana untuk menghabiskannya. Contohnya adalah dengan menggunakan rekening sub-tabungan.

Kebanyakan bank memungkinkan Anda untuk membuat sebuah rekening sub-tabungan bersama dengan rekening tabungan normal Anda. Anda dapat menaruh uang ke account ini setiap bulan dan tahu bahwa itu akan berguna untuk tujuan perjalanan liburan Anda.

Secara mental akuntansi uang ini adalah untuk rencana perjalanan liburan, Anda memanfaatkan trik psikologis yang kuat dengan memfokuskan tujuan tabungan Anda.

Ketika Anda menerima gaji Anda, maka uang Anda kemudian disalurkan membayar tagihan Anda, seperti listrik, gas, air pam dan sebagainya. Akan tetapi, jika Anda memiliki sub tabungan ini maka Anda harus selalu menyisihkan terlebih dahulu sesuai persentase yang telah Anda tetapkan sendiri. Lakukan ini dengan konsisten, maka rencana perjalanan liburan Anda pasti akan terwujud.

Demikianlah uraian artikel tentang 7 Tips Merencanakan Liburan Secara Cerdas Dan Sistematis. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.

Post a Comment for "7 Tips Merencanakan Liburan Secara Cerdas Dan Sistematis"