Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Agar Tetap Sehat Selama Perjalanan Liburan Anda


Tips Agar Tetap Sehat Selama Perjalanan Liburan Anda
image via pixabay

Tidak ada orang yang ingin menghabiskan perjalanan liburan mereka dengan keadaan sakit di kamar Hotel mereka atau bahkan yang lebih buruk dengan berada di rumah sakit. Beberapa hal mungkin saja tidak dapat dihindari, akan tetapi kebanyakan hal yang lain bisa kita cegah dan kita hindari.

Dengan melakukan sedikit perencanaan preventif (pencegahan) akan dapat membuat liburan Anda menjadi aman dan menjaga Anda tetap berada di pantai dan bukan di rumah sakit. Mengambil beberapa tindakan pencegahan dan membuat liburan Anda aman dan bebas dari penyakit sangat penting untuk Anda perhatikan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah penyakit selama perjalanan liburan Anda, antara lain :

1. Mencegah gigitan serangga yang menyebabkan penularan penyakit, seperti malaria dan dengue. Salah satu perlindungan terbaik untuk mencegah gigitan serangga adalah dengan menggunakan krim penolak serangga (bug spray) dengan kandungan 30%-50% DEET. Cara lainnya adalah dengan menggunakan Picaridin, yang tersedia dalam konsentrasi 7% dan 15%, namun ini membutuhkan aplikasi pemakaian yang lebih sering. 

2. Memakai kemeja berlengan panjang, celana panjang, dan topi selama berada di luar ruangan. 

3. Jika Anda tidur di kasur yang ditutupi oleh kelambu maka semprot terlebih dahulu dengan permethrin, dan jika tidak tidur di kamar yang ber-AC atau disaring dengan baik maka lakukan hal tersebut. 

4. Melakukan penyemprotan kamar dengan produk yang efektif terhadap serangga terbang, seperti yang mengandung bahan pyrethroid. Berhati-hatilah dengan makanan dan air. Penyakit dari makanan dan air adalah penyebab utama penyakit bagi para pelancong. 

Ikuti tips berikut ini untuk menjaga makanan dan minuman yang aman, antara lain: 


Tips Agar Tetap Sehat Selama Perjalanan Liburan Anda
image via freepik

1. Cuci tangan Anda sesering mungkin dengan sabun dan air, terutama sebelum makan. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan gel tangan berbahan dasar alkohol (dengan kandungan minimal 60% alkohol). 

2. Minum hanya air mineral botol atau air matang, atau berkarbonasi (bubbly) yaitu minuman dalam kaleng atau botol. Hindari minum air keran, minum dari air mancur, dan es batu. Jika hal ini tidak mungkin, belajar bagaimana membuat air lebih aman untuk diminum. Jangan makan makanan yang dibeli dari pedagang kaki lima. Dan pastikan makanan tersebut telah dimasak sepenuhnya. 

3. Hindari produk susu, kecuali jika Anda tahu bahwa susu tersebut telah dipasteurisasi. Penyakit dari makanan dan air sering menyebabkan terjadinya muntah dan diare. Pastikan untuk membawa obat diare sehingga Anda dapat mengobati kasus ringan sendiri. 

4. Hindari cedera karena kecelakaan. Kecelakaan  mobil adalah penyebab utama cedera yang alami oleh banyak wisatawan. Lindungi diri Anda dari cedera ini dengan cara tidak minum sambil mengemudi.  Selalu mengenakan sabuk pengaman Anda dan menggunakan kursi mobil atau tempat duduk penguat di kursi belakang untuk anak - anak.  Dan pastikan untuk mematuhi hukum lalu lintas jalan raya setempat. 

5. Mengenakan helm ketika Anda naik sepeda atau sepeda motor. Jangan paksakan diri dengan naik bus yang kelebihan penumpang.

Tips kesehatan lainnya adalah dengan menghindari gigitan hewan dan penyakit serius (termasuk rabies dan wabah) terutama gigitan anjing dan kucing. Jika Anda digigit atau menggaruk, mencuci luka tersebut sesegera mungkin dengan sabun dan air bersih yang mengalir. Setelah itu menghubungi petugas medis untuk menentukan apakah suntikan anti-rabies diperlukan atau tidak. 

Untuk menghindari infeksi seperti  tertular HIV dan virus hepatitis , pastikan bahwa Anda tidak berbagi jarum untuk membuat tato, menusuk tubuh, atau suntikan. Untuk mengurangi risiko penyakit HIV dan penyakit menular seksual lainnya selalu menggunakan kondom lateks agar aman. 

Untuk mencegah infeksi jamur dan parasit, menjaga kaki tetap bersih dan kering maka pastikan bahwa Anda tidak pergi tanpa mengenakan alas kaki, terutama di pantai di mana binatang mungkin telah buang air besar. 

Untuk Menjaga pikiran Anda tetap tenang, Anda bisa mencoba tips berikut ini:

Diary
image via freepik

Membawa buku harian Anda

Membawa buku harian Anda ketika sedang berlibur dapat memungkinkan Anda untuk tetap sehat selama berlibur.  Hal ini dapat mencegah berbagai jenis gangguan kesehatan yang berhubungan dengan pikiran. 

Sebuah buku harian dapat memberikan Anda rasa positif yang besar. Cukup dengan menulis tujuan Anda dan apa yang Anda harapkan untuk mencapainya dapat menjadi awal dari sesuatu yang istimewa setelah Anda kembali dari perjalanan liburan Anda.

Aktivitas Jogging

Cukup dengan mengenakan sepatu kets, headphone dan mulailah jogging di pagi hari. Bagi Anda yang cenderung perfeksionis Anda juga dapat membawa Cal-Tracker yang mengawasi seberapa banyak kalori Anda dibakar dan jumlah jarak yang Anda tempuh. 

Berolahraga

Siapa yang akan berpikir bahwa berolahraga dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda? Ini adalah hal yang serius bahwa berolahraga dapat membantu menjaga kesehatan Anda saat berlibur. Namun Anda tidak boleh berlebihan dalam melakukannya. Cukup lakukan hal yang sederhana seperti push up, pull up dan berbagai latihan perut dapat membuat Anda berkeringat. Anda tidak perlu pergi ke gym untuk tetap bugar selama liburan.

Tetap aktif

Berikut adalah slogan untuk selalu Anda ingat selama perjalanan liburan Anda, "tetap sehat, tetap aktif." Hal ini juga dapat bekerja secara terbalik, "tetap aktif, tetap sehat."

Untuk memastikan Anda melakuka tingkat aktivitas yang tepat, pastikan untuk memesan berbagai kegiatan sebelum perjalanan liburan Anda. Tetap aktif adalah salah satu kunci terbesar untuk menjaga kesehatan Anda selama liburan Anda.

Selain itu Anda juga harus Menjauhi hal - hal berikut ini:


Fast Food
image via freepik

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji biasanya sarat dengan kandungan natrium dan berbagai bahan  pengawet yang sering membuat orang merasa tidak nyaman. Anda harus berusaha untuk menghindarinya selama liburan Anda agar Anda tetap sehat. 

Jika Anda hanya pergi berlibur satu hari maka membawa bekal makanan ringan atau suplemen dapat mengurangi keinginan Anda untuk makan makanan cepat saji tersebut. 

Karbohidrat yang berlebihan

Karbohidrat yang berlebih juga tidak bagus untuk kesehatan Anda. Hal ini dapat mengakibatkan Anda merasa sakit dan kesulitan untuk tidur. 

Berlebihan dengan minuman

Menikmati minuman segar di tepi kolam renang atau pantai adalah hal yang sangat menyenangkan. namun jika Anda ingin menghindari kesulitan, maka jangan berlebihan dalam mengkonsumsi minuman tersebut. Minuman beralkohol bukan satu-satunya masalah. Minuman ringan juga mengandung jumlah gula yang tidak perlu, karena bisa menyebabkan perut Anda menjadi kembung.

Itulah artikel tentang Tips Agar Tetap Sehat Selama Perjalanan Liburan Anda. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk Anda.

1 comment for "Tips Agar Tetap Sehat Selama Perjalanan Liburan Anda"

  1. Bagi kamu yang kesulitan nyari alat kesehatan di Mamberamo Raya kamu bisa langsung untuk mengunjugi distributor alat kesehatan Mamberamo Raya sekarang juga

    ReplyDelete