Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Solo Traveling Untuk Wanita Ke Luar Negeri


8 Tips Solo Traveling Untuk Wanita Ke Luar Negeri
image via freepik

Hobi jalan - jalan tidak mengenal jenis kelamin dan batasan usia, baik laki - laki maupun perempuan. Jika pada umumnya kaum laki - laki suka menjadi solo traveller (backpacker), maka kaum perempuan pun kini memiliki hak yang sama.

Namun kita tidak bisa melupakan fakta bahwa realitasnya kaum perempuan lebih rentan jika dibandingkan dengan laki - laki. Kedengarannya benar, mereka lebih rentan terhadap tindak kejahatan kepada wisatawan dan lebih rentan pada kecelakaan.

Selain alasan berlibur terkadang mereka juga harus melakukan perjalanan bisnis, sehingga mengharuskan mereka untuk bepergian ke luar negeri sendirian. Dan karena kerentanan mereka, maka mereka cenderung untuk menghadapi lebih banyak masalah dibandingkan dengan laki - laki. 

Nah, sebagai referensi untuk Anda, para wanita yang sering melakukan solo traveling, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba praktekkan untuk menetralkan kerentanan Anda terhadap kecelakaan atau menghindari masalah selama perjalanan Anda sehingga Anda bisa menikmati perjalanan Anda tersebut dengan aman dan nyaman.

1. Cari Informasi Dan Pelajari Tempat Yang Akan Anda Kunjungi

Kedengarannya sedikit aneh karena hal ini terlihat sepele. Tapi Anda harus perhatikan betul hal ini. Sebelum Anda pergi, Anda harus memiliki ide untuk mempelajari segala informasi tentang negara dan tempat Anda akan kunjungi tersebut. 

Mengetahui tentang budaya negara tujuan Anda, kebiasaan mereka, sikap mereka terhadap orang asing, bahasa dan informasi lainnya yang akan memudahkan Anda ketika sudah tiba disana. Jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan informasi tersebut, maka Anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi ini dari pemandu wisata untuk negara manapun dengan mengunjungi kantor dinas pariwisata di kota Anda.

2. Siapkan Paspor Dan Visa

Pasport Dan Visa
image via freepik

Sebelum merencanakan perjalanan, Anda harus memastikan tentang validitas paspor Anda. Cek kapan masa berlakunya apakah masih valid atau sudah expired. Jika tidak valid, maka jangan tunda lagi segera ajukan permohonan untuk membuat paspor yang baru. Pastikan juga bahwa Anda telah mengurus visa kenegara tujuan Anda tersebut dan menyimpan semua dokumen perjalanan yang diperlukan  sehingga akan selalu siap ketika dibuthkan.

3. Jangan Membawa Barang - Barang Berharga Anda

Membawa perhiasan ekstra (berlebihan)  dan kartu kredit hanya akan mengundang tindak kejahatan terhadap Anda, seperti pencurian misalnya. Jadi, akan jauh lebih baik untuk meninggalkan saja semua barang berharga Anda tersebut di rumah. 

Walaupun Anda tidak mengenakan perhiasan Anda, akan tetapi mengenakan kostum atau baju yang terlihat mahal, itu akan menimbulkan risiko yang tidak perlu untuk keamanan Anda. Jadi catat baik - baik hal ini, kenakan pakaian atau baju yang terlihat biasa - biasa saja dan tidak terlihat glamour atau mewah demi keamanan perjalanan Anda.

4. Informasikan Rencana Perjalanan Anda Kepada Keluarga Dan Kerabat

Jika Anda akan melakukan perjalanan sendirian, maka jangan lupa untuk meninggalkan rincian penting tentang rencana perjalanan Anda tersebut kepada keluarga, kerabat atau teman - teman Anda sehingga mereka dapat melacak dan membantu Anda jika mengalami masalah nantinya.

Jadwal dan rencana perjalanan Anda tersebut mencakup nama tempat, alamat, nomor telepon, salinan halaman identifikasi paspor Anda, rincian penerbangan dan tiket Anda.

5. Asuransi Kesehatan Dan Resep Obat

Periksa dan lihat, apakah Anda memegang asuransi kesehatan yang memadai untuk kunjungan Anda ke luar negeri tersebut. Jika tidak, maka Anda harus membeli asuransi wisatawan tambahan untuk menjaga perjalanan Anda tetap aman dan sehat. 

Jika Anda memiliki resep obat dari dokter, pastikan bahwa  Anda telah membawa resep obat tersebut Anda. Jika memungkinkan membawa beberapa obat tambahan akan jauh lebih baik, karena Anda tidak dapat memastikan kalau obat yang Anda butuhkan dapat diperoleh dengan mudah di negara yang akan Anda kunjungi.. Jaga resep obat bawaan Anda hanya dalam wadah berlabel untuk menghindari kesalahpahaman dari prasangka narkoba oleh pihak keamanan bandara.

6. Jadilah Percaya Diri

8 Tips Solo Traveling Untuk Wanita Ke Luar Negeri
image via freepik

Yakinlah ketika Anda mendarat di sebuah negara yang asing bagi Anda. Lihat, perhatikan, bertindak dan bergeraklah seolah-olah Anda telah fasih dan sudah terbiasa berkunjung ke negara tersebut. Yakinlah dalam melakukan segala sesuatu mulai dari belanja hingga menanyakan arah kepada masyarakat disana atau pada petugas keamanan setempat. Ini akan membantu Anda untuk menjauh dari potensi risiko tindak kriminal terhadap Anda.

7. Keamanan Hotel

Jadilah cerdas dan waspada saat memilih Hotel untuk tempat menginap selama perjalanan Anda tersebut. Menanyakan tentang keamanan Hotel dan memeriksa transportasi yang mudah dan dapat di andalkan. Akan lebih baik jika Anda memilih sebuah hotel yang dekat dengan sebagian besar tempat yang akan Anda kunjungi. 

Setelah Anda memasuki kamar Anda, pastikan untuk memeriksa apakah semua pintu dan jendela kamar bisa di kunci dengan baik. Jangan membuka pintu kamar Anda tanpa mengintip keluar keluar terlebih dahulu dari lubang kunci kamar Anda..

8. Pakailah Baju Yang Wajar

Jangan terlalu glamour dalam berpakaian, terlebih ketika berada di negara asing. Berdandan konservatif dan tidak mencolok akan membantu Anda untuk tetap aman dan nyaman selama berada di negara  asing tersebut. Hanya mengenakan apa yang tampak menarik namun tetap selaras dengan budaya lokal disana. Wanita setempat dapat membantu Anda dalam masalah ini. Jangan memakai pakaian yang bisa memicu pelecehan seksual terhadap Anda.

Jadi ingatlah, bahwa kesuksesan perjalanan Anda berada di tangan Anda sendiri. Selalu berhati - hati dalam segala tindakan Anda akan membuat perjalanan Anda aman dan terasa menyenangkan.

Post a Comment for "8 Tips Solo Traveling Untuk Wanita Ke Luar Negeri"