Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Wisata Alam Jawa Barat Yang Wajib Anda Kunjungi


3 Wisata Alam Jawa Barat Yang Wajib Anda Kunjungi
image via instagram@wisatapuas

Provinsi Jawa Barat memiliki banyak sekali obyek wisata yang hits dan populer di telinga masyarakat Indonesia. Salah satu obyek wisata di Jawa barat selain wisata pantai adalah wisata alamnya yang sangat mempesona.

Berikut ini media travelling akan menyajikan artikel tentang 3 Wisata Alam Jawa Barat Yang Wajib Anda Kunjungi. Ketiga obyek wisata tersebut antara lain:

1. GOA BUNIAYU


Goa Buniayu
image via instagram@irnaliaa

Goa Buniayu merupakan gua alam yang masih sangat asri dan alami. Di dalamnya Anda dapat menemukan stalaktit, stalagmit, serta ornamen gua lainnya. Goa ini berada di desa Buniayu Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Goa Buniayu dikenal juga dengan dengan nama Goa Cipicung dan merupakan salah satu destinasi wisata populer di Jawa Barat. Goa Buniayu ini sempat dikelola oleh Perum Perhutani selama beberapa tahun, namun kemudian pengelolaannya diserahkan kepada operator swasta supaya dapat dikelola secara profesional.

Di kawasan Goa Buniayu ini tidak hanya menyuguhkan satu goa saja. Ada banyak sekalai goa yang bisa Anda jelajahi di kawasan ini. Beberapa  goa yang lain yaitu Goa Cipicung, Goa Bibijilan, Goa Adni, Goa Nyangkut, Kubang Lanang, Goa Tanpa Nama, Goa Bisoro, Goa Karsim, Goa Gede, Goa Idin, Goa Kole dan sebagainya, namun yang paling terkenal adalah goa Cipicung atau Buniayu tersebut.

Jika Anda ingin bermalam, maka Anda bisa menyewa penginapan murah yang ada di daerah tersebut, salah satunya adalah Penginapan Nurmega. Harga sewanya relatif murah dan terjangkau yakni sebesar Rp. 150.000 hingga Rp. 300.000 per malam. Kekurangan dari penginapan tersebut hanya tidak tersedianya sarana pendingin udara. Namun Anda tidak perlu khawatir karena udara di daerah Sukabumi ini relatif sejuk dan tidak panas.

Alamat lengkap Goa Buni Ayu: Cipicung, Kerta Angsana, Nyalindung, Cimerang, Purabaya, Sukabumi, Jawa Barat 43187
Temukan di Google Map

2. CURUG CIGANGSA


Curug Cigangsa
image via instagram@putryaji

Nama Curug Cigangsa menurut penuturan dari masyarakat setempat berasa dari kata Gangsa yang merupakan nama orang yaitu Eyang Gangsa. Menurut masyarakat setempat, dahulu semasa perang kemerdekaan tempat tersebut sering dijadikan sebagai tempat persembunyian para pejuang Indonesia.

Lokasi Curug Cigangsa sendiri berada di Dusun Batusuhunan, Desa Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya berjarak sekitar 110 Km kearah selatan kota Sukabumi dan 1 km dari kecamatan Surade. 

Selanjutnya ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri pematang sawah menuju lokasi curug dengan waktu tempuh sekitar 10 menit sampai di bagian atas Curug Cigangsa.  Bila ingin menikmati keindahannya dari bawah tebing harus menuruni lereng yang cukup curam dengan kondisi jalan yang licin dan becek.  Waktu yang dibutuhkan untuk turun ke bawah sekitar 20 menit, setelah sampai di bawah Curug Cigangsa seketika itu pula rasa capek pun hilang karena pemandangan alam yang sangat indah dan menyejukan mata.

Curug Cigangsa  terdiri dari tiga tingkat yang terbentuk akibat dari gempa yang cukup kuat sehingga  menghasilkan tanah longsor. Air terjun ini memiliki aliran yang kecil, karena di bagian hulunya di bendung oleh penduduk untuk keperluan pengairan sawah atau irigasi. keunikan Curug Cigangsa adalah tembok batu berwarna hitam sebagai dasar jatunya air terjun. 

Air terjun Cingangsa merupakan salah satu air terjun dengan kondisi alam yang masih asri dan indah. sama seperti dengan air terjun Cikaso. Untuk mencapai lokasi ini maka Anda perlu kerja keras karena harus melewati medan yang cukup berat. Namun, rasa lelah Anda akan terbayar lunas setelah Anda sampai di lokasi Curug Cigangsa tersebut.

Baik di musim kemarau atau musim hujan sama saja, Anda bisa datang berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Di musim kemarau aliran air terjun ini sama saja dengan musim hujan. Curug Cigangsa sendiri berlokasi di Kecamatan Surade Sukabumi, Propinsi Jawa Barat.

Akses ke Lokasi

Untuk menuju ke lokasi wisata Curug Cigangsa dapat ditempuh melalui pertigaan tugu kota Surade. Selanjutnya kendaraan bisa dititipkan dan diparkir di salah satu rumah warga.  

Harga Tiket Masuk
  • Harga tiket masuk ke Curug Cigangsa ini hanya Rp 3.000 per orang
  • Biaya parkir untuk satu kendaraan (mobil) hanya Rp 12.000 per kendaraan.

Alamat lengkap Curug Cigangsa: Pasiripis, Surade, Sukabumi, Jawa Barat 43179
Temukan di Google Map

3. CURUG CIKASO


Curug Cikaso
image via instagram@_afirdaus

Selain kedua obyek wisata alam di atas, Anda juga bisa mengunjungi obyek wisata lainnya yaitu Curug Cikaso. Curug Cikaso memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Curug Cikaso berada di Kampung Ciniti, desa Cibitung, Kecamatan. Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

Oleh masyarakat setempat, Air terjun ini juga dikenal sebagai Curug luhur. Curug Cikaso memiliki 3 titik air terjun yang berdekatan dan dibagian bawah air terjun terdapat sebuah kolam air. Di lokasi tersebut terdapat tiga buah air terjun yakni Asepan kiri, tengah dan kanan Meong bernama air terjun yang dikenal sebagai Curug aki. Ketiga air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar sekitar 100 meter.

Untuk mengunjungi Curug Cikaso ini sebaiknya di lakukan pada pagi hari karena ketika matahari terbit maka muncul butiran yang luar biasa indah  dari dalam air terjun. 

Akses ke Lokasi

Untuk menuju ke lokasi wisata Curug Cikaso Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor ataupun mobil dan juga bisa menggunakan transportasi umum. Jika Anda datang dari arah kota Sukabumi, Anda bisa mengambil jalan kearah pantai Ujung Genteng, atau Anda bisa mengmbil jalan kearah Surade.

Harga Tiket Masuk
  • Harga tiket masuk ke Curug Cigangsa ini hanya Rp 3.000 per orang
  • Biaya parkir untuk satu kendaraan (mobil) hanya Rp 27.000 per kendaraan.
  • Biaya kebersihan Rp. 3.000 per orang

Alamat lengkap Curug Cikaso: Desa Ciniti, Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat 43172
Temukan di Google Map

Itulah artikel tentang 3 Wisata Alam Jawa Barat Yang Wajib Anda Kunjungi, semoga berguna dan bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for "3 Wisata Alam Jawa Barat Yang Wajib Anda Kunjungi"