Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Pantai Yogyakarta Hits Dan Populer-Salah Satunya Pantai Baron


Wisata Pantai Yogyakarta Hits Dan Populer
image via instagram@explorealamjogja

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta juga dikenal orang dengan sebutan Kota Gudeg, Kota Pelajar serta Kota Seni dan Budaya. Di provinsi ini terdapat banyak sekali obyek wisata menarik yang sangat recommended untuk Anda kunjungi dan Anda eksplore.  Obyek wisata tersebut meliputi wisata pantai, wisata, alam, wisata kuliner, wisata edukasi, wisata heritage dan juga wisata religi. 

Pada artikel kali ini media travelling akan mengulas tentang Wisata Pantai Yogyakarta Hits Dan Populer, salah satunya adalah pantai Baron dan pantai Siung.

Silahkan simak ulasannya berikut ini:

PANTAI BARON, PANTAI TERINDAH DI YOGYAKARTA

Pantai Baron
image via instagram@diahj79

Rekomendasi tempat wisata pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Baron. Pantai Baron adalah salah satu obyek wisata pantai, yang berada di Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Lokasi pantai Baron ini berada sekitar 40 km dari pusat kota Yogyakarta. Nama pantai Baron di ambil dari nama Baron yang merupakan nama dari seorang aristokrat Belanda yang bernama Baron Skeber.

Pantai Baron adalah sebuah pantai yang memiliki landscape berbentuk sebuah baskom. Seperti pantai lainnya, di kawasan pantai Baron ini juga disediakan berbagai macam jenis ikan laut yang di jual oleh Nelayan. Beberapa jenis ikan yang biasanya dijual di Pantai Baron ini misalnya udang harimau, kakap, Pomfret putih dan tongkob. Pantai Baron memiliki fasilitas seperti tempat pelelangan ikan, wahana anak, Mesin perahu, buah Srikaya, pisang, sirsak, dan berbagai souvenir yang terbuat dari kerang laut.

Souvenir yang terbuat dari bahan kerang-kerangan dijual di Pantai Baron misalnya Bros, kerang tirai, lampu hias, cermin yang dihiasi dengan karang, figura, dan berbagai karakter binatang juga terbuat dari kerang laut.

Jika Anda ingin mencicipi hidangan ikan laut segar di tempat ini, maka tidak Anda tidak perlu khawatir karena di sepanjang pantai ini ada banyak restoran yang dapat Anda kunjungi untuk menikmati suasana pantai sambil menikmati masakan ikan laut dengan santai. Pantai Baron menawarkan pantai yang indah dan hidangan olahan dari ikan laut yang sangat lezat.

Anda juga di perbolehkan berenang di pantai Baron ini selama tidak melewati batas tanda terjauh yang telah ditentukan oleh penjaga pantai, karena Pantai Baron memiliki ombak yang relatif besar dan berbahaya. Tapi untungnya, pantai ini juga memiliki tanah datar yang bisa digunakan untuk berenang.

Lokasi Pantai Baron

Pantai Baron terletak di Kecamatan Kemadang Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Terletak 65 km dari Yogyakarta atau 20 km ke arah selatan Wonosari.

Rute Ke Pantai Baron

Jika Anda menggunakan sarana angkutan umum, maka Anda dapat melakukan perjalanan dari terminal bus Yogyakarta dengan bus TransJogja jurusan 1A, setelah tiba di Bandara Adisutjipto Anda berpindah jalur bus ke 2B, ongkosnya sekitar 3.000 rupiah.

Sesampainya di Giwangan, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan bus jurusan Yogyakarta Wonosari dengan waktu  tempuh sekitar 1-2 jam. Setelah tiba di Wonosari dilanjutkan dengan minibus menuju ke pantai Baron.

Fasilitas Di Pantai Baron

Pantai Baron memiliki beberapa jenis fasilitas yang cukup lengkap dan bisa di manfaatkan oleh para pengunjung yang datang, antara lain:

  • Lahan parkir yang luas
  • Restoran yang menawarkan aneka menu hidangan ikan laut
  • Hotel atau penginapan dengan harga terjangkau
  • Fasilitas tempat berkemah di daerah sekitar pantai
  • Area tempat memancing.

Alamat lengkap pantai Baron: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Temukan di Google Map

PANTAI SIUNG, SURGA BAGI PECINTA TANTANGAN

Pantai Siung Jogyakarta
image via instagram@tiktikservis

Selain pantai Baron, obyek wisata pantai lainnya yang ada di provinsi DIY adalah Pantai Siung yang terletak di Dusun Wates, Purwodadi, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berada sekitar 77 km dari pusat kota Yogyakarta dan memiliki lokasi wisata petualangan panjat tebing dengan 250 jalur berstandar internasional. 

Untuk menuju ke lokasi Pantai Siung ini, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil karena tidak adanya angkutan umum yang dapat mencapai lokasi pantai ini. Di sepanjang jalan menuju Pantai Siung ini, Anda akan melihat pemandangan perbukitan kapur yang ditutupi dengan pohon jati. Kondisi jalan ke pantai Siung cukup baik, tetapi banyak tanjakan dan turunan yang berkelok-kelok, sehingga sangat menantang bagi Anda. Perjalanan yang melelahkan tidak akan terasa lagi  ketika Anda sudah berada di area pantai Siung ini. Pantai dengan hamparan pasir putih dan suara ombak yang menderu, akan menciptakan suasana hati dan pikiran Anda menjadi tenang dan damai.

Ada satu hal yang membuat Pantai Siung ini menjadi unik yakni adanya tebing batu yang sangat besar yang berada di sepanjang Pantai Timur ke Pantai Barat dan tebing yang menjulang tinggi di sekitar pantai sehingga sangat cocok untuk para pecinta panjat tebing yang menyukai tantangan ekstrim. Tebing batu tersebut memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Perlu Anda ketahui bahwa dii tebing pantai Siung ini terdapat 250 jalur pendakian dengan berbagai tingkat kesulitan.

Tebing batu tersebut mememiliki berbagai macam karakter. Karakter ini dibagi menjadi beberapa blok, yaitu untuk mendaki buatan, memanjat dengan bantuan dan memanjat gratis. 

Sayangnya lokasi pantai Siung ini sangat terpencil dan lumayan jauh dari keramaian, akibatnya fasilitas yang tersedia di pantai ini menjadi sangat sedikit. Di pantai Siung ini hanya tersedia tempat parkir yang besar dan luas, toilet umum dan beberapa penjual makanan. Jika Anda ingin menginap, maka penginapan tidak tersedia di sini, dan jika Anda ingin menghabiskan malam di Pantai Siung, maka Anda dapat menggunakan pemanjat pondok yang terlihat seperti rumah panggung dengan kapasitas sekitar 15 orang. Selain itu, Anda juga dapat membawa tenda dan berkemah di tanah berkemah yang ada di belakang tebing.

Akses Dan Rute Ke Pantai Siung
  • Jika Anda berangkat dari kota Yogyakarta, maka Anda bisa menggunakan mobil pribadi Anda dapat mengambil jalur Wonosari -Yogyakarta-Tepus-Purwodadi-Pantai Siung. 
  • Jika Anda menggunakan angkutan umum, maka Anda dapat menggunakan bus dari terminal bus Yogyakarta dengan bus Jogja-Wonosari. Setelah tiba di terminal Wonosari, selanjutnya Anda dapat menggunakan angkutan umum jurusan Wonosari-Tepus. Setelah tiba di terminal Tepus, Anda dapat menggunakan ojek, karena itu adalah satu-satunya angkutan umum yang dapat digunakan ke Pantai Siung. Perjalanan dari Yogyakarta ke pantai Siung memakan waktu sekitar 2 jam.
Alamat lengkap pantai Siung: Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Temukan di Google Map

Itulah ulasan artikel tentang Wisata Pantai Yogyakarta Hits Dan Populer. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.

Post a Comment for "Wisata Pantai Yogyakarta Hits Dan Populer-Salah Satunya Pantai Baron"