Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Togean Islands Sulawesi-Surga Tersembunyi Yang Harus Di Kunjungi


Togean Islands Sulawesi
image via instagram@like_touna

Pulau Togean yang berada di provinsi Sulawesi Tengah menyimpan keindahan alam pantai yang sangat luar biasa. Kawasan obyek wisata Togean Islands juga disebut sebagai Raja Ampat di Sulawesi. Objek wisata Togean ini terletak di Sulawesi Tengah, tepatnya berada di sebuah teluk yang bernama teluk Tomini, Tojo Una-Una provinsi Sulawesi Tengah. Togean Islands adalah salah satu Taman Nasional dengan luas sekitar 302.000 hektar persegi. Wilayahnya terbagi menjadi dua bagian yaitu daratan dan lautan.

Lokasi Togean Island sangat terpencil dan sangat jauh dari pusat kota, namun justru keasrian dan keaslian alam tradisionalnya yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan untuk datang berkunjung di pulau Sulawesi ini. Ciri khas pulau di Togean ini unik, karena berasal dari perbukitan batu kapur (karst) yang berasal dari hewan karang purba.

Kawasan Togean memiliki keanekaragaman habitat laut yang beraneka ragam, mulai dari hutan berbukit, hutan tropis dataran rendah, hutan pantai, hutan bakau, danau, air terjun, tempat tidur padang lamun, dan juga terumbu karang. Satu-satunya ekosistem terumbu karang yang paling lengkap di Indonesia hanya dapat kita temukan di Togean Island ini. Berbagai jenis ekosistem seperti Terumbu karang (Coral Edge), karang (Barrier Reef), Coral Ring (Atoll), dinding terumbu karang dan gua bawah laut ada di Togean.

Togean Islands Sulawesi
image via instagram@sanctumdiveunauna

Tempat wisata di Togean Island ini sangat cocok untuk traveller yang merupakan pecinta bawah air karena banyaknya jenis karang yang jarang ditemui di tempat lain dan bahkan beberapa jenis karang dan kehidupan laut yang hanya bisa ditemukan di Kepulauan Togean. Menurut penduduk setempat, salah satu lokasi terbaik untuk menyelam dan snorkeling terletak di Tanjung keramat, Togean atau berada di sebelah utara pulau Waleabahi. Posisinya berada di sisi timur pulau tersebut. Hamparan luas terumbu karang dengan pantai berpasir putih yang sangat indah sangat memanjkan mata Anda.

Selain pantai, gugusan bukit di kawasan ini mirip dengan Bukit Barisan Selatan di Sumatra, dengan bentuk horisontal, tetapi perbedaannya bukit Togean ini membelah teluk Tomini. Ada puluhan pulau yang terletak di teluk Tomini. Beberapa pantai yang paling populer adalah waleakodi, Unauna, TalaTakoh Island, Kadidiri, Malenge, Stone kada, sedangkan pulau terbesarnya, terletak di Tojo adalah pulau Waleabahi

Di pulau ini  ada perbedaan dengan pasir di sepanjang pantainya, karena di pulau ini pasirnya berwarna hitam. Menurut sejarah penyebabnya berasal dari letusan gunung berapi beberapa abad yang lalu, karena di sana masih ada gunung berapi tua yang statusnya masih Aktif. Bagi wisatawan, diharapkan lebih berhati-hati ketika bepergian ke kawah Colo. Di pulau ini juga terdapat Danau Unauna yang dihuni ubur-ubur tanpa sengat di sisi utara pulau Togean, menambah keistimewaan wilayah ini.

Danau Unauna
image via instagram@like_touna

Sebuah pulau dengan Barrier Reef yang tajam, dan sebagai tempat favorit wisatawan untuk melakukan kegiatan snorkeling, ini adalah kehidupan karang surga Togean.

Pulau kadidiri

Pulau Kadidiri adalah merupakan salah satu pulau yang paling populer di kawasan ini. Landscape pantai yang indah merupakan tempat untuk aktivitas snorkeling dan lokasi menyelam yang sangat sempurna. Di pantai barat terdapat deretan tebing yang merupakan habitat kepiting karang. Daerah pemukiman utama di pulau ini adalah desa Katupat Togean, karena di sekitar pulau tersebut terdapat area pantai yang lebih indah dan sangat cocok untuk trekking.

Pulau kadidiri
image via instagram@2819purerelax

Pulau Batu Daka

Pulau batudaka adalah merupakan pulau terbesar dan paling mudah untuk dicapai di Kepulauan Togean. Di pulau batu Daka, selain desa Bomba sebagai pemukiman penduduk, ada desa Wakai yang merupakan tempat keberangkatan ke Pulau Kadidiri yang merupakan tempat wisata di Kepulauan Togean.

Di desa Bomba ini sangat cocok untuk aktivitas  berenang dan snorkeling, Selain itu wisatawan dapat mengunjungi gua kelelawar yang tidak terlalu jauh dari desa Bomba.

Pulau batudaka

Pulau Waleabahi

Pulau waleabahi terletak di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean. Kepulauan yang terletak di pusat Teluk Tomini ini berada di Kabupaten Tojo Una Una, Provinsi Sulawesi Tengah.

Di sini adalah surga bagi para penyelam (diver), ketika Anda menyelam di laut waleabahi akan merasa seperti berada di akuarium yang sangat besar, dengan keindahan alam bawah lautnya dan visibilitas bawah air yang mencapai 35 meter, dan airnya sangat tenang dan visibilitas yang jernih, dan terumbu karang yang besar berwarna-warni dan  beraneka macam jenis ikan berenang di sekitarnya. Sunggug merupakan sebuah pemandangan yang sangat indah dan spektakuler sehingga akan sangat sulit untuk dilupakan.

Pulau Waleabahi
image via instagram@fernando_perez_ruiz

Akses Ke Kepulauan Togean

Terdapat dua rute alternatif untuk menuju ke Kepulauan Togean  yaitu Via Gorontalo atau melalui palu. Ini adalah cara yang termudah dan termurah sehingga begitu banyak orang yang memilih cara itu, yakni melalui feri tuna Gorontalo Tomini. Anda tidak perlu bepergian sangat jauh ke pedalaman. Dari Bandara Gorontalo Jalaluddin, Anda dapat menyewa kendaraan untuk menuju ke pelabuhan Gorontalo dan dilanjutkan dengan feri tuna Tomini ke Wakai, Togean. Namun, jadwal keberangkatan kapal hanya berangkat pada hari Selasa dan Jumat sekitar 18:00 sore dengan waktu perjalanan sekitar 12 jam.

Setelah tiba di tempat tujuan, pengunjung disambut oleh hamparan pepohonan mangrove dan hamparan padang lamun, yaitu padang rumput yang lapang dan sangat luas, rerumputan di padang lamun berjenis pantai rumput yang merupakan habitat mamalia laut dan spesies laut lainnya yang tinggal di Togean dan di sekitar Pulau Sulawesi.

Berbagai macam jenis kegiatan wisata yang dapat kita lakukan di Pulau Togean antara lain: 

1.Menyelam dan berselancar di Pulau Kadidiri
2. Memancing, petualangan menjelajahi hutan di Pulau Malenge, dan mendaki pegunungan di Pulau Una Una Colo.

Berwisata ke pulau Togean tidak lengkap jika Anda tidak menyelam di laut Togean. Obyek wisata di pulau Sulawesi ini dikenal sangat kaya akan kehidupan laut, ikan di Pulau Togean ribuan jumlahnya dan memiliki ukuran yang sangat besar, jumlah plankton yang tidak terkontaminasi adalah faktor utamanya. kita bisa melihat hiu karang kelabu, ikan bermata trevally, Manta Rays, serta Paus percontohan. Jika beruntung kita dapat menemukan beberapa spesies lumba-lumba yang bermain menarik perhatian wisatawan.

Penginapan

Di Pulau Togean terdapat berbagai pilihan jenis akomodasi dan penginapan, mulai dari Resort mewah hingga Homestay sederhana. Karena ada banyak pulau kecil, lokasi penginapan tidak hanya terletak di satu pulau saja. Setiap pulau memiliki pesonanya tersendiri. Pulau Kadidiri adalah yang paling terkenal di sini karena pantainya yang indah. Wakai Island, di mana Anda turun dari kapal, adalah yang terbesar dan memiliki jumlah penginapan terbanyak. Anda juga dapat tinggal di Pulau Unauna, Bomba, atau Waleabahi.

Itulah artikel tentang Togean Islands Sulawesi-Surga Tersembunyi Yang Harus Di Kunjungi. Semoga berguna dan bisa menjadi referensi Anda ketika berlibur di Togean.

Post a Comment for "Togean Islands Sulawesi-Surga Tersembunyi Yang Harus Di Kunjungi"