Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Destinasi Wisata Wakatobi-Surga Pecinta Diving Di Sulawesi Tenggara


Wisata Wakatobi
image by flickr.com

Destinasi wisata Wakatobi adalah nama salah satu kawasan obyek wisata pantai di Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Wakatobi adalah gugusan pulau - pulau yang memiliki keindahan pantai eksotis, dan terkenal bahkan hingga ke mancanegara dengan keindahan terumbu karangnya. Air laut biru menjadi  salah satu keindahan yang dapat dinikmati oleh wisatawan yang melakukan aktivitas diving atau snorkeling. Anda dapat melihat dengan jelas dunia bawah laut yang luar biasa indahnya, dan hanya bisa Anda temukan di Kepulauan Wakatobi. 

Bahkan organisasi kebudayaan PBB yakni UNESCO telah mempublikasikan bahwa ada sekitar 750 jenis dari 850 jenis  spesies karang yang dimiliki oleh Wakatobi. Berbagai jenis spesies biota dan karang yang tidak dapat ditemukan di tempat lain, dan hanya ada di Wakatobi.

Nama Wakatobi merupakan sebuah singkatan yang berasal dari kombinasi empat pulau yang ada di kawasan tersebut, yakni  Kepulauan WA = wangi-wangi, KA = Kaledupa, TO = Tomia, BI = Binongko. Bila di satukan singkatan tersebut menjadi WAKATOBI.

Pulau Wangi-Wangi, merupakan pintu gerbang tama dari Taman Nasional Wakatobi. Pulau ini juga disebut sebagai Pulau Wanci karena sering terjadinya porpoises. Jika Anda sedang beruntung maka akan melihat lumba-lumba berenang secara berkelompok selama di perjalanan. Kawanan Lumba - lumba tersebut dapat dilihat di pagi hari sekitar jam 6 sampai jam 8 di sekitar perairan pulau Kapora.

Di pulau yang memiliki aroma wangi ini terdapat sebuah desa yakni Bajo Mola. Untuk bisa menuju ke desa Bajo Mola, Anda dapat menyewa perahu  dari penduduk sekitar kawasan tersebut. Di desa Bajo Mola ketika kondisi perairan sedang surut, maka Anda dapat melihat  banyak kehidupan laut karena airnya dangkal. Ada juga binatang landak laut yang menjadi makanan favorit penduduk disana. Jika Anda ingin mencobanya, Anda dapat makan landak laut secara langsung. Di pulau ini juga terdapat beberapa Resort yang secara khusus menyewakan Fasilitas untuk menyelam (diving).

Wakatobi resort
image by flickr.com

Di pulau Kaledupa, terdapat sebongkah Meja karang dengan ukuran 2-3 meter. Di pulau ini, terdapat  juga danau air asin yang disebut dengan nama laut Sombano, serta penangkaran udang merah. Untuk sampai di sana Anda dapat menggunakan transportasi air (perahu). Setelah tiba di Pulau Kaledupa tersebut, Anda harus berjalan lagi untuk sampai ke Danau Sombao. Jika Anda berada di Danau tersebut ada hal yang harus Anda lakukan yaitu mengambil dan membunuh udang merah karena merupakan salah satu aturan yang telah ada.

Kemudian Pulau Tomia, dimana pulau ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Untuk pergi ke pulau Tomia, Anda bisa naik perahu sekitar 4 jam dari pulau Wanci, yang merupakan ibukota Kabupaten Wakatobi. Pulau ini terletak di kawasan segitiga terumbu karang malaikat yakni terumbu karang yang meliputi Indonesia, Filipina, dan Maritim Solomon. Wilayah ini merupakan daerah yang kaya dengan keragaman terumbu karang serta keanekaragaman hayati laut lainnya, termasuk memiliki spesies ikan terbaik yang ada di dunia.

Wakatobi Indonesia
image by flickr.com

Selain keindahan pantai di pulau Tomia, Anda juga dapat melihat situs benteng bersejarah yakni Fort Patua yang merupakan sebuah situs warisan budaya di Pulau Tomia. Benteng Fort Patua tersebut terletak di daerah yang cukup tinggi yakni daerah perbukitan, dimana dari tempat tersebut Anda dapat melihat Kepulauan Tomia Wakatobi yang sangat indah.

Pulau Binongko, pulau ini merupakan salah satu pulau yang ada di Kabupaten Wakatobi. Pulau ini berada tepat di sebelah selatan Pulau Tomia. Di pulau tersebut Anda dapat menikmati keindahan pantai dan juga dapat melakukan aktivitas diving dan snorkeling di air laut yang jernih dengan kekayaan biota terumbu karang yang tidak kalah indahnya dengan pulau lain di Wakatobi.

Terumbu karang Wakatobi
image by flickr.com

Keindahan alam yang ada di setiap pulau di kawasan obyek wisata Wakatobi adalah salah satu rekomendasi destinasi wisata yang harus Anda kunjungi. Jika Anda ingin menjelajahi keempat pulau di kawasan tersebut maka Anda perlu menmpersiapkan waktu berlibur Anda lebih lama. 

Salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan adalah menyelam (diving) di Wakatobi, untuk menikmati keindahan bawah lautnya.  di kawasan tersebut terdapat banyak sekali pantai yang indah, seperti bahasa Turki Molii Sahatu, Turki Sousu, Turki Waha, Turki Hoga, Turki Sombano, Turki Peropa, Turki Huntete, Turki Soha, Turki Onemobaa, Turki Palahidu.

Pulau Hoga

Pulau ini berada dekat dengan pulau Kaledupa dan merupakan salah satu pulau terbaik di Wakatobi. Pulau ini masih sangat alami dan luas, dimana  banyak sekali terdapat  pohon palem dan pohon pinus. Pulau Hoga adalah salah satu tempat favorit para penyelam profesional di dalam negeri dan di luar negeri. Pada sekitar bulan Juni sampai Agustus sangat banyak pengunjung yang datang, terutama mahasiswa dari Eropa dan Amerika yang ingin meneliti kehidupan laut disana.

Diving Wakatobi
image by flickr.com

Pantai Molii Sahatu 

Kawasan obyek wisata Wakatobi di Sulawesi Tenggara terkenal sebagai salah satu tujuan menyelam kelas dunia. Di Pantai Wakatobi terdapat sebuah pulau yang memiliki ratusan mata air tawar di pantainya yakni pantai  Moli Sahatu. Lokasi pantai ini  juga berdekatan dengan pantai Patuno. Selain keindahan pantai berpasir putih dan air laut biru jernih, pantai Molii Sahatu memiliki keunikan yaitu munculnya ratusan mata air tawar yang keluar dari antara bebatuan dan pasir.

Menurut kepercayaan dari penduduk lokal setempat, air tawar yang ada di pantai Molii Sahatu dapat membuat awet muda. Anda tidak akan menemukan keunikan pantai seperti ini di tempat lain. Selain melihat mata air tawar, di pantai Molii Sahatu ini, Anda juga dapat melakukan aktivitas lain seperti berenang, menyelam (diving) dan snorkeling. 

Pulau Anano Runduma 

Pulau ini adalah salah satu pulau yang unik dan harus dikunjungi saat berlibur di Wakatobi. Pulau ini menawarkan lebih banyak wawasan ilmu pengetahuan bagi para pengunjung karena di sini terdapat pusat pembibitan penyu hijau.

Jika Wisatawan datang pada waktu yang tepat, maka para wisatawan akan melihat proses pelepasan penyu tersebut dan kegiatan tersebut menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung. Anak - anak Penyu anak yang cukup kuat dibebaskan pergi ke laut lepas yang indah di Kepulauan Wakatobi.

Penyu Wakatobi
image by flickr.com

Aktivitas Menarik Di Wakatobi

Bukit Tomia

Dari bukit Tomia, para pengunjung dapat melihat keindahan alam di seluruh kawasan wisata Wakatobi. Tidak hanya keindahan alam yang menenangkan tetapi kesegaran udara di tempat tersebut akan menjadi favorit bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Snorkeling Dan Diving

Ketika Anda berlibur ke Wakatobi, tentu saja, hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah snorkeling. Sebenarnya, hanya dengan aktivitas snorkeling saja, Anda mampu melihat keindahan dunia bawah laut di Wakatobi karena lautnya yang sangat jernih, jadi tidak perlu menyelam (diving).

Snorkeling Wakatobi
image by flickr.com

Bagi Anda yang suka menyelam juga bisa mendapatkan pengalaman baru ketika menyelam di Wakatobi ini. Keuntungan dari menyelam, Anda dapat melihat lebih jelas dan lebih dekat dengan kehidupan di bawah laut Wakatobi. Pulau Hoga dan Tomia adalah dua lokasi yang paling populer dan paling direkomendasikan untuk dicoba. Hoga sendiri adalah sebuah pulau yang tidak begitu besar dan terletak di dekat Kaledupa.

Menonton Tari Suku Khas Buton

Wakatobi juga sangat kaya akan seni dan budaya di mana tarian khas suku Buton dapat dilihat untuk meningkatkan wawasan pengetahuan dan inspirasi bagi wisatawan. Tarian yang dimaksud termasuk tarian perang suku Buton di mana biasa di mainkan oleh anak-anak. Tarian lain yang juga cukup populer di Wakatobi adalah tarian Mborira.

Mengunjungi Desa Bajo

Kampung suku Bajo
image by flickr.com

Kampung suku Bajo bukan berada di daratan atau di pulau itu, akan tetapi rumah - rumah mereka didirikan di atas permukaan air laut. Penduduk di sana pernah menjadi nomaden karena tinggal di perahu, tapi sekarang mereka akhirnya bisa mendirikan rumah dan tidak lagi hidup secara nomaden atau berpindah - pindah. Ketika mengunjungi Wakatobi, maka Anda harus mengunjungi Desa Bajo ini karena keunikannya.

Penginapan Di Wakatobi

Bagi Anda yang ingin bermalam di Wakatobi , ada banyak tersedia hotel dan resort atau rumah - rumah penduduk yang bisa Anda sewa. Para wisatawan pada umumnya tinggal di Pulau beraroma wangi, walaupun ada juga penginapan lain seperti di pulau Kaledupa atau pulau Tomia. Tarifnya berkisar dari ratusan ribu.  jika Anda ingin menyewa sebuah resort mewah maka tarifnya dapat mencapai jutaan rupiah untuk satu malamnya.

Itulah artikel tentang Destinasi Wisata Wakatobi-Surga Pecinta Diving Di Sulawesi Tenggara. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.

Post a Comment for "Destinasi Wisata Wakatobi-Surga Pecinta Diving Di Sulawesi Tenggara"