Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Alam Gunung Kidul Yogyakarta Yang Hits Dan Populer-Gua Pindul Salah Satunya


Gua Pindul Yogyakarta

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyimpan banyak potensi obyek pariwisata yang sangat menarik dan sangat recommended untuk di kunjungi. Selain obyek wisata pantainya yang sudah sangat terkenal seperti pantai Baron dan pantai Parangtritis, ada juga wisata alam yang tidak kalah menariknya yakni Gua Pindul, yang diresmikan pembukaannya pada tanggal 10 Oktober 2010 dan Air Terjun Sri Gethuk yang terletak di Gunung Kidul

OBYEK WISATA GUA PINDUL

Gua Pindul adalah salah satu obyek wisata alam yang sangat menantang Adrenalin dan jiwa adventure Anda. Gua Pindul merupakan sebuah gua yang berada di desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, provinsi DIY. Desa Bejiharjo sendiri terletak di daerah perbukitan yang didominasi oleh bebatuan terjal. Perjalanan dan petualangan menyusuri Gua Pindul akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan. Di dalam gua Pindul tersebut Anda akan menemukan banyak formasi batu - batuan dari stalaktit, yang merupakan jenis mineral sekunder yang menggantung dari langit - langit gua tersebut.

Anda juga bisa menjumpai adanya stalaktit yang tumbuh dari bawah lantai gua dan berdiri keatas seperti menjadi sebuah pilar. Beberapa jenis batuan nampaknya masih terus tumbuh dan menetes air dan mineral.

Gua Pindul sendiri terbagi menjadi tiga buah zona, yakni zona terang, zona redup dan zona gelap. Pada salah satu bagian dari Gua Pindul ini terdapat sebuah area yang cukup lebar sehingga terlihat seperti kolam sehingga sinar matahari bisa masuk kedalam gua. Celah tersebut juga bisa digunakan dan dilalui sebagai jalur masuk kedalam gua Pindul secara vertikal.


Gua Pindul Yogyakarta
image via instagram@chayahuda

Untuk melakukan kegiatan dan aktivitas Cave Tubing di Gua Pindul, Anda tidak perlu melakukan sebuah persiapan khusus. Beberapa jenis peralatan yang digunakan cukup peralatan standar cave tubing seperti Tabung Oksigen, Pelampung, dan juga headlamp (lampu kepala), dan enaknya semua peralatan tersebut telah disediakan oleh pihak pengelola obyek wisata Gua Pindul tersebut.

Untuk keamanan, maka Anda hendaknya lebih memilih waktu di pagi hari sekitar jam 9.00 pagi. Pada jam - jam tersebut suhu air didalam gua sudah tidak begitu dingin dan pada jam tersebut, sinar matahari sudah ada yang masuk kedalam gua.

Pada Dasarnya Gua Pindul adalah sebuah sungai bawah tanah. Oleh karena itu merupakan pengalaman yang sangat menantang untuk menyusuri sungai yang mengalir didalam sebuah Gua. Waktu yang di perlukan untuk satu kali trip menyusuri Gua Pindul sekitar 45-60 menit dengan panjang lintasan sekitar 350 meter dan lebar Gua sekitar 5 meter, sementara jarak antara permukaan air sungai dengan langit - langit gua sekitar 4 meter.

Berikut ini adalah informasi harga tiket masuk ke lokasi wisata Gua Pindul dan pilihan paket wisata lainnya yang bisa Anda pilih, antara lain:
  • Paket caving Gua Pindul: harga tiket: Rp. 35.000 / per orang
  • Paket Rafting/River tubing Oya River harga tiket: Rp. 45.000 / per orang
Harga Tiket
  • Harga tiket susur Goa Wren: 30.000,-/pengunjung
  • Harga susur Gua Sriti (sementara tidak tersedia), harga tiket: Rp. 30.000 / orang
  • Harga susur Gua Gold (sementara tidak tersedia), harga tiket: Rp. 25.000 / orang
  • Harga susur Gua asri (sementara tidak tersedia), harga tiket: Rp. 20.000 / orang
Enaknya lagi, harga diatas sudah termasuk harga sewa semua peralatan, transportasi, pemandu dan layanan antar jemput gratis oleh pengelola obyek wisata Gua Pindul tersebut.

Untuk Informasi Reservasi Tiket Goa Pindul, Anda bisa menghubungi nomor berikut ini:
Akses Dan Transportasi Menuju ke Gua Pindul

Berikut ini adalah rute perjalanan menuju ke Gua Pindul dari Kota Yogyakarta sebagaimana dikutip dari www.wisatagoapindul.co.id, sebagai berikut:

Dari arah kota Yogyakarta, Anda bisa mengambil arah rute perjalanan menuju ke Kids Fun dan bukit bintang, karena arahnya sama dengan gua Pindul. Ikuti saja jalan besar tersebut sampai Anda melewati Hutan Tleseh.

Setelah melewati hutan tersebut, selanjutnya Anda akan melewati  pertigaan Gading. Pilih jalan yang lurus menuju ke Kota Wonosari dengan jarak tempuh sekitar 3 jam. Tepat di tugu batas kota yang berupa gerbang, Anda akan melihat Bunderan Siyono. Di situ Anda kemudian bisa menyewa ojek yang bisa mengantarkan Anda sampai ke Goa Pindul.

Sebagai alternatif lainnya, Anda juga bisa menyusuri jalan ring road Wonosari. Sekitar 1 km kemudian Anda akan menemukan perempatan PKU/Dishub, Arahkan kendaraan Anda untuk melewati perempatan Budegan sekitar 1 kilometer.

Selanjutnya terus lurus hingga sampai di perempatan Grogol. Kemudian belok kekiri dan terus lurus hingga sampai ke pedesaan yang nantinya akan mengantarkan Anda langsung menuju ke Goa Pindul.

Alamat lengkap Gua Pindul : Dusun Gelaran II, RT.3/16, Gunungbang, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891
Temukan di Google Map

OBYEK WISATA AIR TERJUN SRI GETHUK 

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul, Yogyakarta
image via instagram@lauramariiae

Obyek wisata selanjutnya yang cukup populer di Gunung Kidul adalah Air terjun Sri Gethuk.  Lokasinya berada di Kecamatan Playen, desa Bleberan. Obyek wisata yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah, air yang melimpah, area persawahan yang subur, dan di daerah ini tidak pernah mengalami kekeringan seperti daerah - daerah lain di Gunung Kidul. 

Air terjun Sri Gethuk Gunung Kidul memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan terbagi menjadi tiga bagian dengan landscape berupa bebatuan yang sangat indah.

Berikut ini adalah harga tiket masuk ke lokasi wisata Ari Gethuk
  • Harga tiket masuk Rp. 3.000 / orang.
  • Harga sewa kapal Rp. 5.000 / orang.
  • Harga sewa ban Rp. 2.000 / Ban.
Akses Dan Rute Menuju Ke Air Terjun Sri Gethuk

Jika Anda datang dari arah kota Yogyakarta, maka jarak yang harus di tempuh sekitar 45 km. Anda bisa melewati jaalan raya utama dari Yogyakarta menuju ke Wonosari hingga sampai di daerah Piyungan. Kemudian lanjutkan hingga sampai ke daerah Pathuk, Sambipitu hingga sampai di lapangan Gading milik TNI AU. Dari situ, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Playen hingga sampai di pasar Playen. Dari Pasar tersebut Anda tinggal bertanya kepada masyarakat setempat arah ke air Terjun Sri Gethuk. Mereka  dengan senang hati akan membantu Anda.

Untuk mencapai lokasi air terjun, Anda harus menuruni tangga  dengan jumlah sekitar 96 anak tangga. Jika malas menuruni anak tangga tersebut, maka Anda bisa mengambil alternatif jalan lain, yakni dengan menyewa fasilitas perahu tradisional (gethek) untuk sampai kelokasi air terjun tersebut.

Alamat lengkap air terjun Sri Gethuk: Mungguran II, Bleberan, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Temukan di Google Map

Demikianlah artikel tentang Wisata Alam Gunung Kidul Yogyakarta Yang Hits Dan Populer-Gua Pindul Salah Satunya. Semoga bermanfaat dan berguna untuk Anda semua.

Happy Traveling

Post a Comment for "Wisata Alam Gunung Kidul Yogyakarta Yang Hits Dan Populer-Gua Pindul Salah Satunya"