Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gunung Rinjani-Wisata Alam Lombok Yang Hits Dan Populer


Gunung Rinjani-Wisata Alam Lombok Yang Hits Dan Populer
image via instagram@jerem_31

Gunung Rinjani merupakan sebuah gunung yang berada di pulau Lombok, provinsi Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung berapi dengan letusan terdahsyat sepanjang sejarah di Indonesia bersama dengan letusan gunung Krakatau di selat Sunda. Gunung Rinjani adalah gunung api tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3,726 meter diatas permukaan laut di bawah gunung Kerinci dengan ketinggian 3,805 meter di atas permukaan air laut.

Wilayah Gunung Kerinci secara administatif mencakup tiga Kabupaten, yakni Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Barat.

Taman Nasional Gunung Rinjani merupakan salah satu jenis hutan hujan tropis yang didominasi oleh pegunungan dan padang savana. Taman Nasional Gunung Rinjani ditetapkan sebagai taman Nasional  melalui Keputusan Menteri Kehutanan nomor 280/KPTS-II/1997 dengan luas mencapai 40,000 - 41,000 hektar.

Mendaki Gunung Rinjani Melalui Rute Sembalun

Menurut pengalaman beberapa orang pendaki yang sudah pernah melakukan pendakian di gunung Rinjani mengatakan bahwa medan pendakian Gunung Rinjani, bisa dikatakan tidak terlampau sulit, apalagi jika sudah menemukan jalur pendakian yang tepat. Menurut penuturan mereka, ada beberapa  rute atau jalur pendakian yang biasa dipilih, yakni jalur Sembalun, jalur Senaru, jalur Timba Nuh, dan jalur Torean. Diantara keempat jalur pendakian tersebut, jalur yang menjadi favorit bagi para pendaki adalah Jalur Pendakian Sembalun, karena jalur tersebut relatif cukup mudah jika dibandingkan dengan jalur pendakian yang lain.

Ketika Anda melakukan pendakian melalui Jalur Pendakian Sembalun, maka Anda akan melewati padang savana yang datar. Namun sangat penting untuk diketahui, bahwa Anda sangat dianjurkan  untuk menggunakan sunblock selama melakukan pendakian mengingat udara bisa terasa sangat panas ketika pada siang hari.

Menjelang sore hari, udara di sekitar padang savana tersebut bisa dikatakan tidak terlalu panas lagi. Ada 4 pos pendakian yang harus dilalui dalam pendakian Gunung Rinjani tersebut, yakni pos 1, pos 2, pos 3, dan pos terakhir adalah Plawangan Sembalun. Selama melakukan pendakian, sebaiknya membawa air minum secukupnya, karena tidak semua pos yang Anda lewati terdapat mata air yang bisa Anda manfaatkan untuk mengisi Air minum Anda.

Sunset Di Pos Plawangan Sembalun Yang Menakjubkan

Bagi Anda yang sudah terbiasa melakukan pendakian gunung - gunung yang lain sebelumnya, tentu memaklumi jika keindahan Gunung Rinjani ini memang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Di waktu pagi hari, siang hari, sore hari, bahkan malam haripun, pesona keindahan Gunung Rinjani selalu terlihat dengan sangat menakjubkan.. Terutama pada malam hari, dimana Anda akan melihat keindahan langit yang bertabur dengan jutaan bintang. Apalagi jika Anda memandangnya di alam bebas atau sambil tiduran di luar tenda Anda, sungguh merupakan sebuah pemandangan yang sangat mengagumkan.

Golden Sunrise Rinjani
image via instagram@salvin_trekking

Di guning Rinjani tersebut terdapat satu tempat yang tidak boleh dilewatkan oleh para pendaki yang sedang melakukan pendakian. Nama dari tempat tersebut adalah Danau Segara Anak. Danau tersebut dapat Anda ditemukan setelah menempuh pendakian melalui dua jalur, yakni Jalur Pendakian Sembalun dan Jalur Pendakian Senaru.

Untuk dapat mencapai Danau Segara Anak dari Jalur Pendakian Sembalun, paling tidak membutuhkan waktu pendakian sekitar minimal 8 jam. Sementara jika melalui Jalur Pendakian Senaru, diperlukan waktu sekitar 7 jam pendakian.  Di sekitar Danau Segara Anak tersebut, biasanya beberapa orang pendaki melakukan kegiatan seperti berkemah, berendam di air belerang yang hangat, dan memancing ikan. Untuk bisa mencapai danau Segara Anak, memang membutuhkan perjuangan yang tidak mudah, namun semua akan terbayar ketika Anda sudah tiba di sana. Pesona alam yang indah akan membuat perjuangan Anda terasa penuh arti.

Negeri Di Atas Awan Gunung Rinjani

Banyak hal yang bisa Anda saksikan di Gunung Rinjani ini, salah satunya adalah keindahan sunrise di pagi hari. Ketika kabut sudah mulai turun semua pemandangan tampak menjadi begitu Indah dan membuat diri kita seolah - olah sedang berada di negeri atas awan. Mengapa demikian? Karena tempat dimana kita berdiri saat itu berada di atas awan - awan yang turun perlahan ke kaki gunung.

Akses Dan Rute Ke Gunung Rinjani

Untuk akses menuju ke Gunung Rinjani, Anda bisa mengawalinya dari arah kota Mataram (Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat), kemudian menuju ke Sembalun, Lombok Timur dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Jika Anda berada di luar pulau Lombok, maka Anda bisa memulainya dengan mengunjungi pulau Lombok terlebih dahulu. Anda bisa naik pesawat supaya lebih cepat tiba disana. Setelah tiba di bandara Zainuddin Abdul Madjid, Anda harus segera melanjutkan menuju ke Selong, Lombok Timur dengan menggunakan kendaraan roda empat. Dari Selong, lanjutkan perjalanan Anda ke Pasar Air Mel, Lombok Timur. Dari Pasar Aik Mel, kemudian Anda menuju ke Sembalun, Lombok Timur untuk memulai pendakian Anda di Gunung Rinjani.

Hmmm…menarik, bukan? Apakah Anda ingin mengeksplorasi keindahan Gunung Rinjani yang tersohor di Lombok? Jika ya, mulailah merencanakannya sejak sekarang!

Info Pendakian Gunung Rinjani 

Gunung Rinjani-Wisata Alam Lombok Yang Hits Dan Populer
image via instagram@pendaki_konyol23

Berikut ini adalah contoh perkiraan biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan pendakian di gunung Rinjani, Lombok sebagaimana di kutip dari www.wisata-alamku.blogspot.com, sebagai berikut:
  • Jakarta-Stasiun Gambir (Busway): Rp. 3.500
  • Stasiun Gambir-Stasiun Gubeng Surabaya (Kereta Api): Rp. 300.000
  • Stasiun Gubeng Surabaya -Banyuwangi (Kereta Api): Rp. 80.000
  • Pelabuhan Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk: Rp. 10.000
  • Gilimanuk-Ubung: Rp. 50.000
  • Ubung-Padang Bay: Rp. 50.000
  • Padang Bay-Lembar: Rp. 35.000
  • Lembar-Terminal Cakra (angkot): Rp. 50.000
  • Terminal Cakra-Sembalun (Elf): Rp. 40.000 (transportasi umum hanya sampai jam 12 siang)
  • Penginapan: Rp. 200.000
  • Tiket masuk taman nasional Gunung Rinjani: Rp. 10.000
  • Biaya Porter 50 KG: Rp. 480.000/3 malam
  • Sembalun-Terminal Cakra (angkot): Rp. 40.000
  • Terminal Cakra-Lembar (angkot): Rp. 50.000
  • Lembar-Padang Bay: Rp. 35.000
Bali-Jakarta:
TOTAL BIAYA : Rp. 1.428.500 + tiket ke Jakarta (pesawat +/- 650.000) + transportasi darat (+/- 400.000)

Bagaimana? Siap untuk melakukan pendakian di Gunung Rinjani?

Alamat lengkap Gunung Rinjani: Jl. Raya Sembalun Lawang, Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar. 83666
Temukan di Google Map

Demikianlah artikel tentang Gunung Rinjani-Wisata Alam Lombok Yang Hits Dan Populer. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for "Gunung Rinjani-Wisata Alam Lombok Yang Hits Dan Populer"