Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Wisata Pantai Lombok Yang Hits Dan Populer-Pantai Senggigi Salah Satunya



Wisata Pantai Lombok Yang Hits Dan Populer
image via [email protected]_efendi

Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki banyak obyek wisata yang hits dan populer sehingga sangat layak untuk Anda kunjungi. Obyek wisata tersebut utamanya adalah obyek wisata alam dan Pantai yang ada di sekitar Lombok.

Obyek wisata tersebut tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, bukan hanya wisatawan domestik saja akan tetapi juga wisatawan dari Mancanegara. Kawasan wisata tersebut memang sudah sangat populer bahkan di luar negeri sekalipun.

Berikut ini adalah beberapa obyek wisata pantai yang sangat populer di Lombok , bahkan di Indonesia, antara lain:

1. OBYEK WISATA PANTAI SENGGIGI


Pantai Senggigi Lombok
image via [email protected]_restaurantlombok

Obyek wisata pantai pertama yang sangat recommended untuk Anda kunjungi adalah kawasan pantai Senggigi. Pantai Senggigi merupakan tempat wisata pantai yang sudah sangat terkenal di Lombok. Ada sedikit kemiripan antara pantai Senggigi dengan pantai Kuta di Bali, sehingga bagi sebagaian wisatawan berlibur di pantai Senggigi serasa berlibur di pantai Kuta Bali.

Daya tarik obyek wisata pantai Senggigi ini adalah kawasan pesisir pantainya yang sangat indah dan menakjubkan. Selain itu pantai Senggigi ini juga menyajikan kehidupan biota bawah laut yang sangat indah, sehingga bagi Anda yang memiliki hobi menyelam (diving) maka pantai Senggigi dsangat layak untuk Anda eksplore dan jelajahi. Daya tarik lainnya adalah ombak pantainya yang relatif tidak terlalu besar sehingga aman untuk anak - anak bermain di pantai.

Di kawasan wisata pantai Senggigi ini terdapat dua tempat yang sangat menarik yaitu Batu Bolong dan batu layar. Batu Bolong merupakan sebuah kuil yang dibangun di terumbu karang. Terumbu karang tersebut terletak di tepi pantai. Menurut legenda yang berkembang di masyarakat sekitar Bait Suci kuno digunakan sebagai gadis kurban. Gadis Perawan tersebut diserahkan sebagai makanan ikan hiu di laut. Cerita lain ada yang mengatakan bahwa kuil atau candi terjadi akibat dari seorang  wanita  yang patah hati dan kemudian melemparkan dirinya ke laut.

Kuil Batu Bolong Lombok
Kuil batu bolong, image via tempatwisata.pro

Rute Dan Akses Ke Pantai Senggigi

Jika Anda sudah tiba di kota Lombok, Nusa Tenggara Barat, untuk menuju ke lokasi pantai Senggigi ini tidaklah sulit karena hampir semua orang di sana sudah mengetahuinya dan dengan senang hati akan membantu Anda untuk menuju ke lokasi pantai tersebut.

Jika Anda sudah berada di Lombok, Tinggal arahkan saja kendaraan Anda menuju ke Kota Mataram. Selanjutnya dari Kota Mataram waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai ke pantai Senggigi sekitar  30 menit.

Aktivitas Di Pantai Senggigi

Pantai Senggigi memiliki air laut yang sangat jernih, sehingga Anda bisa dengan mudah melihat makhluk laut yang berenang dengan bebas. Karena ombaknya yang tidak terlalu besar, maka  Anda dapat dengan bebas berenang dan bermain di pantai bersama dengan teman, dan keluarga Anda.  Agar Kulit Anda aman, sebaiknya gunakan sunscreen ketika berenang di pantai ini.

Bagi yang hobi menyelam, bisa melakukan aktivitas diving di pantai ini dengan bebas. Dan bagi Anda yang hobi berselancar juga bisa berselancar di pantai Senggigi ini.

Dan Bagi Anda yang sekedar ingin bersantai, maka pantai Senggigi juga cocok untuk Anda. Anda dapat meikmati indahnya sunset di sana dengan bersantai di bibir pantai.

Pantai Senggigi Lombok
image via [email protected]_restaurantlombok

Kuliner Dan Minuman

Bagi Anda yang berlibur di pantai Senggigi ini tidak perlu merasa khawatir dengan makanan atau minuman. Ada banyak sekali warung yang menjual makanan dan minuman, mulai dari makanan tradisional hingga makanan modern ala eropa. Soal harga di jamin bersahabat dengan kantong Anda.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Senggigi : Rp. 15.000 / orang

Alamat lengkap pantai Senggigi: Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, kode post 83355
Temukan di Google Map


2. OBYEK WISATA PANTAI BANGKO - BANGKO

Pantai Bangko-Bangko Lombok
image via [email protected]_kartiniqueen

Obyek wisata pantai kedua di Lombok yang recommended untuk Anda kunjungi selanjutnya adalah pantai Bangko - Bangko. Kawasan Pantai ini adalah syurga bagi para peselancar yang menyukai tantangan andrenalin. Ombak di pantai Bangko - Bangko ini lumayan besar sehingga sangat cocok untuk mereka yang hobi berselancar. Besarnya ombak di pantai Bangko - Bangko ini konon masuk dalam urutan 10 besar ombak terbesar di dunia.

Lokasi pantai Bangko - Bangko ini memang terletak di daerah yang cukup kering dan tandus. Namun demikian pantai ini tetap menjadi primadona dan tujuan wisata yang cukup populer di kawasan ini. Ombak yang tinggi menggulung sangat di gilai oleh para peselancar baik mereka yang masih amatir maupun yang sudah profesional. Bagi mereka mengunjungi pantai Bangko - Bangko ini adalah sebuah hal yang tidak boleh mereka lewatkan begitu saja.

Pantai Bangko - Bangko Lombok
image via [email protected]surfergabrielsodre

Beberapa aktivitas lain yang bisa dilakukan di pantai Bango - Bangko, antara lain:

  • Memancing
  • Menjelajahi hutan
  • Berenang dan snorkeling
  • Berjemur
Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai Bangko - Bangko ini adalah pada bulan Mei dan Oktober, dimana saat itu air sedang pasang dan ombak tinggi.

Rute Dan Akses Menuju Ke Pantai Bangko - Bangko

Jika Anda akan naik angkutan umum, maka Anda bisa ke terminal Mandalika Betaris, kemudian angkot ke arah terminal Lembar. Setelah sampai di terminal Lembar, kemudian Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Labuhan Poh menggunakan angkutan umum yang lain.

Jarak dari Mataram ke Pantai Bangko Bangko Lombok sekitar 71 km dengan lama  perjalanan sekitar 1,5 sampai 2 jam.

Alamat lengkap pantai Bangko - Bangko: Jalan Putih, Batu Putih, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Bar. 83365
Temukan di Google Map

3. OBYEK WISATA PANTAI KUTA, MANDALIKA LOMBOK

Pantai Kuta Mandalika Lombok
image via [email protected]_lombok_keren

Obyek wisata pantai ketiga adalah pantai Kuta, Mandalika Lombok. Lokasi Pantai ini berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pantai Kuta ini memiliki garis pantai sepanjang 7,2 kilometer. Pada bagian barat pantai ini terdapat sebuah area perbukitan yang bernama Mandalika. Kawasan pantai Kuta ini mulai populer semenjak mulai berdirinya bangunan hotel - hotel baru di kawasan tersebut.

Popularitas pantai Kuta ini semakin berkembang belakangan ini, apalagi semenjak pemerintah berencana membangun sebuah sirkuit balapan motogp di kawasan tersebut.

Rute Dan Akses Ke Pantai Kuta Mandalika Lombok

Jarak antara pantai Kuta ini dari Kota Mataram yang merupakan Ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat sekitar 72 kilometer kearah tenggara dan dapat di tempuh selama 90 menit perjalanan.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke pantai Kuta ini disarankan untuk menyewa mobil atau mengikuti paket tur, karena angkutan umum jarang yang melewati kawasan tersebut dan jikapun ada maka tarifnya relatif mahal. Lagipula angkutan umum tersebut hanya beroperasi hingga jam 3 sore. Resikonya adalah jika Anda terlambat, maka Anda tidak akan mendapatkan nagkuta  umum lagi untuk kembali ke kota Mataram sehingga terpaksa harus bermalam di pantai tersebut atau Anda menyewa taksi lokal yang harganya cukup mahal.

Ketika perjalanan menuju ke pantai Kuta maka Anda akan melewati sebuah desa yang bernama desa Sade. Desa ini merupakan sebuah desa yang dihuni oleh masyarakat suku Sasak, yakni penduduk asli pulau Lombok. Jika Anda masih banyak waktu tidak ada salahnya untuk mampir dan melihat secara langsung bagaimana masyarakat stempat membuat kerajinan anyaman.

Daya Tarik Utama Pantai Kuta

Landscape pantai Kuta ini menawarkan hamparan pasir putih yang sangat halus dengan air laut yang sangat jernih sehingga Anda bisa melihat dengan sangat jelas pemandangan aneka biota bawah laut.

Aktivitas di Pantai Kuta Lombok

Ketika Anda telah tiba di lokasi pantai Kuta ini, maka Anda bisa melakukan banyak aktivitas, antara lain:

  • Mandi Dan Berenang di Pantai
  • Snorkeling
  • Berselancar
  • Naik Banana Boat
  • Windsurfer
  • Jetski

Anda juga bisa bersantai di bibir pantai sambil menunggu matahari terbenam yang menjanjikan panorama indah.

Sunset di Pantai Kuta Mandalika Lombok

Tidak jauh dari pantai Kuta ini, yakni sekitar 2 km arah sebelah timur Pantai Kuta terdapat sebuah pantai lain yang bernama pantai Seger. Anda juga dapat mengunjunginya nanti jika Anda masih punya banyak waktu.

Jika Anda berkunjung ke pantai Seger di bulan Februari atau Maret maka Anda akan menjumpai sebuah ritual upacara suku setempat yakni upacara Nyale. Upacara Nyale bau yakni tradisi menangkap cacing Nyale oleh masyarakat setempat untuk memperingati Kisah Putri Mandalika ditentang oleh tiga orang.

Upacara Nyale di Lombok

Harga tiket masuk ke pantai Kuta : Tidak ada tarif khusus
Biaya Parkir Motor : Rp. 5.000
Biaya Parkir Mobil : Rp. 10.000

Alamat lengkap pantai Kuta Mandalika Lombok: Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573
Temukan di Google Map

Temukan dan baca artikel tentang obyek wisata hits dan populer lainnya di blog ini.

Demikianlah artikel mengenai 3 Wisata Pantai Lombok Yang Hits Dan Populer-Pantai Senggigi Salah Satunya. Semoga semakin menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Post a Comment for "3 Wisata Pantai Lombok Yang Hits Dan Populer-Pantai Senggigi Salah Satunya"