Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Wisata Alam Hits Dan Populer Di Kawasan Bandung Jawa Barat


Wisata Alam Hits Dan Populer Di Kawasan Bandung
image : destinationandfoodindonesia.blogspot.com

Kawasan Bandung memiliki banyak sekali obyek wisata yang hits dan popular dan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Salah satu jenis wisata yang begitu populer di kawasan Bandung tersebut adalah jenis wisata alam. Hal tersebut dapat di maklumi karena daerah ini memang sejak dahulu selalu menjadi pilihan bagi wisatawan untuk berlibur.

Berikut ini adalah 3 Wisata Alam Hits Dan Populer Di Kawasan Bandung Jawa Barat, yaitu:

SITU PATENGGANG

Situ Patenggang adalah sebuah Oobyek wisata alam dengan pemandangan utama berupa danau yang berada di sekitar tempat wisata herbal Bandung Selatan, Jawa Barat. Lokasi tepatnya berada  di Ciwidey, yakni di kaki Gunung Patuha yang berada pada ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut. Kawasan Situ Patenggang ini memiliki udara yang sangat sejuk sekali dengan suhu di bawah 20 tingkat Celsius.

Dengan permukaan air Dananu yang begitu tenang seperti kaca, kawasan berupa hamparan pohon pinus, dan ada juga kebun teh di sekitar Danau, semakin  menambah keindahan Situ Patenggang. Suasana alam di sekitar Danau begitu tenang, dengan kesegaran pemndangan hijau alami yang dapat menenangkan jiwa kita.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Situ Patenggang, disarankan untuk mengunjungi Situ Patenggang ketika  musim panas, yaitu di antara bulan April sampai bulan Oktober, karena pada bulan - bulan tersebut cuaca biasanya cerah. Meskipun kabut biasanya masih juga turun, namun ketika  musim panas biasanya kabut mulai turun menjelang sore hari. Dengan demikian maka Anda bisa memiliki waktu lebih besar untuk menikmati keindahan Situ Patenggang tersebut. 

Hal ini akan bertolak belakang jika Anda berkunjung di luar bulan - bulan tersebut atau pada musim hujan, karena kabut biasanya akan turun sepanjang hari sehingga membuat Anda tidak bisa leluasa untuk menikmati seluruh keindahan alam di Situ Patenggang tersebut.

Situ Patenggang
image : instagram@promopaketwisatamurah

Ada banyak aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan di Situ Patenggang, mulai dari bersepeda air, naik perahu angsa, memancing, perjalanan batu cinta, berjalan-jalan di sekitar perkebunan teh, atau sekedar duduk - duduk santai disekitar danau.

Alamat lengkap : Jl. Situ Patenggang, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973
Temukan di Google Map

CURUG MARIBAYA

Kawasan Bandung sering disebut sebagai Paris Van Java Indonesia karena keindahan alamnya. Kawasan ini selalu menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Selain Situ Patenggang diatas, maka Curug Maribaya adalah tujuan wisata populer di Bandung Utara, sekitar 15 km dari kota Bandung atau 5 km dari Lembang Timur. Kawasan Curug Maribaya dapat Anda capai melalui Lembang.

Maribaya
image : instagram@morgan_nou

Curug Maribaya merupakan bagian dari Taman hutan Ir. H. Juanda yang berlokasi di jalan Maribaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tepatnya sekitar 15 km dari kota Bandung dan sekitar 5 km dari Lembang Timur.

Mandi Air panas yang berasal dari Air Terjun Maribaya diyakini dapat mengobati sejumlah penyakit kulit karena airnya mengandung kadar mineral belerang yang cukup tinggi.

Salah satu lokasi di Maribaya yang sangat menarik untuk Anda kunjungi adalah Air Terjun Maribaya. Air terjun ini terlihat sangat alami dengan latar belakang pepohonan hijau yang akan membuat Anda merasa nyaman ketika berada di sana.

Air terjun ini disebut Curug Omas oleh penduduk para penduduk yang tinggal di sekitar tempat itu. Air terjun Omas ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dan di dekat air terjun terdapat dua buah jembatan untuk memfasilitasi para pengunjung yang ingin menikmati air terjun tanpa harus takut basah.

Di lokasi tersebut juga terdapat gua zaman Belanda dan Jepang. Anda bahkan dapat bebas masuk dan keluar dari gua ini, namun Anda harus tetap berhati-hati karena gua yang gelap sehingga Anda membutuhkan peralatan pencahayaan seperti senter.

Keunikan dari Air Terjun Maribaya ini adalah lokasi air terjun tidak hanya  berada dalam satu titik seperti yang biasa Anda lihat di lokasi wisata air terjun pada umumnya, akan tetapi tersebar di beberapa titik yang berbeda. Dan dari beberapa lokasi yang ada, terdapat dua buah air terjun yang paling populer di kunjungi yaitu air terjun Omas dan air terjun Koleang.

Informasi seputar Curug Maribaya

Harga tiket masuk : Rp. 8.000
Tambahan tiket Mandi air panas : Rp. 5.500

Alamat lengkap : Jl. Maribaya No.105/212, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Temukan Di Google Map

SITU BAGENDIT

Di manakah Situ Bagendit berada? Situ Bagendit terletak di Desa Bagendit, Banyuresmi Kabupaten Garut, Jawa Barat. Situ Bagendit adalah obyek wisata alam berupa situ atau danau dengan batas administratif di utara termasuk wilayah desa Banyuresmi, di sebelah selatan termasuk wilayah desa Cipicung, di sebelah timur termasuk wilayah desa Binakarya, dan sisi bagian Barat termasuk wilayah desa Sukamukti.

Situ Bagendit
image photo : ihsankusasi

Situ Bagendit sangat cocok sebagai tempat untuk bertamasya bersama dengan keluarga. Kegiatan yang dapat dilakukan di Situ Bagendit antara lain mengelilingi danau dengan perahu atau rakit dan bersepeda air. 

Beberapa fasilitas yang tersedia di Situ Bagendit ini antara lain :
Rakit, dengan harga sewa Rp. 25.000 per rakit dengan durasi 15 menit.
Sepeda air, dengan harga sewa Rp. 10.000 per sepeda dengan durasi 15 menit.
Bangku - bangku taman.
Kereta mini, dengan sewa Rp. 2000

Akses ke Situ Bagendit

Situ Bagendit terletak sekitar 4 Km dari pusat kota Garut Jawa Barat. Anda bisa menggunakan moda angkutan umum jurusan Garut Guntur-KP. Mengger-Limbangan dengan tarif Rp. 1.500, atau dengan menggunakan mobil pribadi.

Alamat lengkap : Sukamukti, Kec. Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Temukan Di Google Map

Itulah 3 Wisata Alam Hits Dan Populer Di Kawasan Bandung Jawa Barat. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi Anda.

Post a Comment for "3 Wisata Alam Hits Dan Populer Di Kawasan Bandung Jawa Barat"