Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Wisata Alam Hits Dan Populer Di Sumatra Utara


Bukit Lawang
image via instagram@tempelblum_2017

Selain kawasan wisata danau Toba yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Sumatara Utara dan Indonesia, ternyata masih banyak potensi wisata alam lain yang sangat recomended untuk kita explore. 

Berikut ini adalah  3 Wisata Alam Hits Dan Populer Di Sumatra Utara yang bisa Anda kunjungi, antara lain:

1. Air Terjun Dua Warna Di Sibolangit

Air terjun dua warna Sibolangit
image via instagram@travelgramindonesiaofficial

Ketika berkunjung ke obyek wisata ini, maka Anda akan di suguhi dengan suasana alam pegunungan yang masih sangat asri dan alami. Udara sejuk dan segar begitu sangat terasa yang akan semakin membuat kita merasa damai dan nyaman sekali. Landscape alam khas pegunungan begitu memanjakan mata Anda. Kawasan wisata air terjun ini akan ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal terutama pada weekend di hari Sabtu dan Minggu.

Air terjun dua warna di Sibolangit ini menyajikan pemandangan air biru yang indah dan sangat dingin, dengan tebing yang dipenuhi oleh tanaman lumut hijau di sekitarnya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter yang sangat indah dan mempesona.

Di lokasi wisata tersebut terdapat tiga buah air terjun, salah satunya adalah air terjun Telaga biru. Kita bisa berenang dan mandi di kolam air yang berwarna kebiruan tepat di bawah air terjun. Tapi para pengunjung untuk sementara tidak dapat berlama-lama, disebabkan oleh faktor cuaca yang cepat sekali berubah, dari panas tiba - tiba turun hujan. Jika hujan, pengunjung akan kewalahan karena tidak adanya tempat untuk berlindung dan jalan yang sangat licin. 

Disebut sebagai air terjun dua warna karena air terjun yang turun dari atas Sungai akan ditampung ke dalam danau kecil dan di dananu tersebut memiliki dua warna yakni biru dan putih keabu-abuan. Jika ditelusuri air terjun ini bersumber dari letusan gunung Sibayak yang membentuk sungai yang dialasi belerang (sulfur) yang kemudian disatukan dengan hutan tangkapan air sehingga berwarna biru. Selain itu, keberadaan air terjun yang tersembunyi di hutan hujan tropis di tengah hutan Sibayak dengan ketinggian 1475 meter di atas permukaan laut membuat tempat ini tetap terjaga keasriannya. 

Alamat lengkap : Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20354
Temukan di Google Map

2. Kawah Putih Dolok High King

Kawah Putih Dolok
image via instagram@adigunatour

Tempat wisata kedua yang hits dan populer di Sumatera Utara adalah Kawah putih high king. Obyek wisata ini memiliki banyak pesona alam yang tidak diketahui oleh banyak orang. Lokasinya berada di desa High King Dolok, Kecamatan silau Kahean, kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Tempat wisata eksotis ini tidak diketahui oleh masyarakat Indonesia, karena berada di tengah kawasan hutan lebat.

Kawasan wisata ini berada di tengah kawasan hutan dengan pepohonan lebat dan tinggi. Kawasan ini merupakan cagar alam yang meliputi area seluas 176 hektar, sedangkan luas kawah sendiri mencapai hingga 4 hektar. Karena letaknya yang berada di tengah hutan maka jalan yang harus dilalui untuk mencapai lokasi wisata tersebut cukup sulit, namun semua akan terbayar ketika melihat bukit kapur dan aliran panas yang keindahan menyerupai salju.

Di sekitar area kawah putih High King, ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah bukit kapur di mana aliran air panas membuat daerah ini unik dan menarik untuk diabadikan. Selain itu terdapat aliran air panas di atas batu yang ditutupi dengan tanaman  lumut hijau. laksana karpet hijau keputihan.

Di bagian atas kawah tersebut, ada kolam alami yang tidak begitu besar dengan gelembung air panas  yang berasal dari dasar kolam. Karena airnya yang panas, para pengunjung dilarang mandi di kolam alami tersebut. Aliran air panas kemudian mengalir melewati semak - semak kering dan bermuara di Danau pirus.

Mata air panas yang berada di kolam tersebut mencapai suhu sekitar 90 derajat Celcius, Kawah Putih High King berasal dari sebuah bukit kecil di daerah tersebut, sehingga air panasnya mampu untuk membuat telur matang. Aliran air panas yang mengalir di antara batu kapur, insiden ini membuat batu menjadi putih seperti salju. Orang - orang di wilayah tersebut menyebutnya sebagai Hot Snow.

Kawasan wisata ini berada di Dataran rendah yang subur dan hijau dengan beragam jenis Flora. Keanekaragaman Flora yang ada di kawasan ini didominasi oleh bunga Meranti (Shorea parfivolia), Walnut (Cannarium SP.), malu tua (Tristia SP.), rotan (Calamus SP.), Anggrek (Bulbophylum SP.), Pouch Semar (nepenthes SP.), dan Pandan (Pandanus, SP.).

Untuk mencapai lokasi tersebut , ada tiga rute yang dapat Anda pilih, yaitu:
  • Medan-lubukpakam-Galang-Dolok King High
  • Masihul-Nagori Dolok-Dolok High King
  • Dataran-lubukpakam-Galang-bangun purba-raja tinggi Dolok
Semua akses jalan tersebut memiliki jarak tempuh sekitar 80-90 km dalam waktu 3-4 jam dari Medan.

Karena lokasi wisata ini berada di daerah terpencil dan jauh dari kota, maka tidak ada penginapan atau Hotel yang bisa Anda sewa untuk bermalam.

Alamat lengkap : Dolok Marawa, Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara 21157
Temukan di Google Map

3. Bukit Lawang Sumatera Utara

Bukit Lawang
image via instagram@disbudparlangkat

Kawasan wisata Bukit Lawang adalah sebuah kawasan konservasi Orangutan di provinsi Sumatera Utara. Bukit Lawang berada di desa perkebunan Bukit Lawang, Sumatera Utara. Terdapat sekitar 5.000 orangutan yang hidup di kawasan  Bukit Lawang tersebut. Tempat wisata ini telah menjadi kawasan konservasi orangutan sejak tahun 1973 yang lalu. Tujuan Pendirian tempat ini adalah untuk mencegah kepunahan orangutan sebagai akibat dari perburuan liar dan perusakan hutan oleh pihak - pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kawasan konservasi ini memiliki luas sekitar 200 hektar. Pada awalnya, Bukit Lawang hanyalah sebagai pusat rehabilitasi orangutan. Namun seiring dengan perkembangannya, kawasan ini  kemudian berkembang menjadi pusat observasi atau pusat pengamatan Orangutan Sumatera. Saat ini, Bukit Lawang menjadi destinasi wisata di Sumatera Utara yang cukup populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan domestik serta mancanegara. Kawasan  ini biasanya akan ramai ketika musim liburan tiba. Selain orangutan, pemandangan alam yang ada di kawasan Bukit Lawang ini juga sangat indah.

Beberapa aktivitas dan kegiatan yang dapat Anda lakukan selama berada di kawasan Bukit Lawang antara lain:

a. Trekking

Trekking adalah kegiatan wajib yang harus Anda coba selama berada di Bukit Lawang. Kawasan  Bukit Lawang, yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser memiliki tanah berbukit. Jadi, kegiatan trekking adalah kegiatan petualangan yang akan akan menguji adrenalin Anda.

Selain itu, kondisi tanah di kawasan Bukit Lawang ini juga cenderung basah dan berlumpur seperti pada umumnya kontur tanah di hutan hujan tropis. Petualangan melalui hutan sangat menyenangkan. Jika beruntung, Anda dapat melihat bunga Rafflesia arnoldi yang sedang mekar, dimana tingginya dapat mencapai diameter tiga meter.

b. Melihat Satwa Liar

Kawasan wisata Bukit Lawang juga merupakan habitat bagi berbagai jenis hewan yang hidup di alam liar. Ketika Anda trekking melalui hutan, jangan heran jika Anda akan melihat banyak hewan liar yang berkeliaran di alam bebas seperti Harimau Sumatera dan Badak Sumatera. Supaya tetap aman, Anda harus menjaga jarak dengan satwa liar tersebut. Jika mereka tidak merasa terganggu, mereka akan terlihat tenang bahkan tidak peduli tentang kehadiran kita disana.

c. Memberi Makan Orangutan

Setiap pagi di jam 8:30 dan 15:00, para penjaga di kawasan tersebut akan memberikan orangutan area makan di tempat makan, dan kita bisa mencoba untuk memberi makan orangutan tersebut.

d. Tubing

Tubing adalah kegiatan rafting seperti arung jeram, akan tetapi perahu yang digunakan adalah ban, dan hanya bisa di naiki oleh satu orang saja. Karena lokasi Bukit Lawang tersebut berada dekat dengan arus sungai Bahorok dan arus sungai yang deras, maka aktivitas ini cocok bagi Anda yang menyukai tantangan. Dengan biaya yang terjangkau, kita bisa menyewa ban dalam dan satu pemandu untuk mencoba olahraga air ini.

e. Caving

Di kawasan Bukit Lawang terdapat gua yang berisi ribuan kelelawar. Di dalam gua kelelawar itu sangat gelap sehingga disarankan untuk membawa peralatan pencahayaan seperti senter saat masuk kedalam gua kelelawar tersebut. Di dalamnya, Anda dapat menyaksikan fenomena langit gua yang terlihat halus, itu adalah sekelompok kelelawar yang sedang tidur.

f. Berendam Di Air Terjun

Air terjun di kawasan ini sangat indah dan airnya juga sangat sejuk. Arus airnya  juga sangat tenang sehingga Anda dapat berenang dan bersantai dengan sangat aman.

Akomodasi 

Akomodasi yang tersdia di kawasan wisata Bukit Lawang ini cukup lengkap. Terdapat penginapan dapat ditemukan di sini, seperti Bukit Lawang Cottage dan rindu alam Hotel. Kebanyakan penginapan mengenakan prinsip Eco-penginapan, berarti bahwa tinggal dibuat untuk berbaur dengan alam, seperti tempat tidur yang dibuat secara menggantung.

Fasilitas

Fasilitas lain yang tersedia di kawasan wisata Bukit Lawang ini antara lain Camping Ground, Restoran, pusat pengunjung, Pusat melihat, terminal. papan informasi, trotoar, dan sebagainya.

Alamat lengkap : Bukit Lawang, Kec. Bohorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara 20852
Temukan di Goole Map

Itulah ulasan tentang 3 Wisata Alam Hits Dan Populer Di Sumatra Utara. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.

Post a Comment for "3 Wisata Alam Hits Dan Populer Di Sumatra Utara"