Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Lampung-14 (Empat Belas) Tempat Wisata Populer Di Tanggamus Lampung


Wisata Lampung-14 (Empat Belas) Tempat Wisata Populer Di Tanggamus Lampung

Liburan akhir tahun telah tiba, saatnya bagi Anda dan keluarga untuk menikmati liburan di akhir tahun ini dengan mengunjungi obyek wisata di provinsi Lampung.

Provinsi Lampung memang memiliki banyak sekali tempat dan tujuan wisata yang sangat populer dan indah baik wisata alam, wisata pantai, wisata kuliner dan sebagainya. Jadi sangatlah tepat kiranya jika pada liburan kali ini Anda dan keluarga mengeksplore obyek wisata yang berada di provinsi ini.

Sebagai referensi untuk Anda, berikut ini media travelling akan membagikan kepada Anda tentang Wisata Lampung-7 (Tujuh) Tempat Wisata Populer Di Tanggamus Lampung, di antaranya sebagai berikut :

1. PANTAI GIGI HIU

Wisata Lampung-14 (Empat Belas) Tempat Wisata Populer Di Tanggamus Lampung
image:suara1996.blogspot.com

Obyek wisata pertama yang recomended untuk Anda kunjungi adalah kawasan wisata pantai gigi hiu. Pantai ini terletak di desa atau pekon Susuk, Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus, Lampung. Pantai Gigi Hiu atau di sebut juga sebagai Pantai Batu Layar berada tidak jauh dari obyek wisata populer lainnya di Tanggamus yakni Teluk Kilauan.

Landscape yang di tawarkan oleh tempat wisata ini adalah nuansa pantai yang dilengkapi batu karang runcing dan sangat mirip dengan gigi hiu. Maka tidak heran jika masyarakat sekitar menyebutnya sebagai pantai gigi hiu sehingga nama ini kemudian dikenal oleh setiap pengunjung yang datang ke pantai ini. Pantai gigi hiu ini merupakan daerah spot wisata di kabupaten tanggamus yang sedang hits dan hangat diperbincangkan oleh para petualang. 

Bagi anda yang menyukai photography maka kawasan pantai gigi hiu ini adalah tempat yang sangat tepat untuk menyalurkan hobi Anda. Kawasan pantai gigi hiu ini menghadirkan pilihan spot photo yang sangat unik. Ombak di pantai gigi hiu ini cukup besar sehingga di sarankan bagi Anda untuk berhati - hari terutama dalam mengawasi putra putri anda yang bermain di pantai.

Di kawasan pantai ini Anda dapat mengamati betapa indahnya alam saat terbit dan tenggelamnya matahari. Selain itu, kawasan perbukitan, pepohonan hijau dan jernihnya air laut membuat pantai ini sangat layak untuk dikunjungi.

Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan untuk bisa  sampai di Pantai Gigi Hiu ini jika anda berangkat dari pusat kota Bandar Lampung. Untuk menuju ke lokasi pantai tersebut Anda dapat menggunakan mobil, namun untuk masuk ke lokasi maka anda juga harus berganti menggunakan motor atau ojek karena kondisi jalan yang sempit serta medannya yang cukup terjal sehingga menggunakan ojek motor adalah jalan terbaik.

Informasi Seputar Pantai Gigi Hiu

Jam buka : Pukul 08.00 Wib - pukul 18.00 Wib
Harga tiket masuk : Rp. 10.000 per orang

Alamat lengkap : Pekon Susuk, Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung

Temukan di Google Map


2. AIR TERJUN LAMURAN

Wisata Lampung-14 (Empat Belas) Tempat Wisata Populer Di Tanggamus Lampung
image : instagram@lampung_gram

Kawasan wisata Air terjun Lamuran ini berada di lereng Gunung Tanggamus. Untuk menuju ke lokasi air terjun maka Anda akan dihadapkan dengan track berupa perbukitan lembah pegunungan selama menempuh perjalanan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena rasa lelah Anda akan terbayarkan saat anda sudah tiba di air terjun Lamuran ini. 

Kesejukan udara dan rindangnya pepohonan akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi para pengunjung yang datang, termasuk Anda. Derasnya aliran air terjun dan dinginnya air membuat liburan anda begitu menyenangkan. Kawasan wisata air terjun ini terletak di dusun Lamuran, tepatnya dipekon Bentengan, kecamatan Kota Agung, kabupaten Tanggamus. 

Rute menuju ke lokasi wisata Air terjun Lamuran (di kutip dari www.jumanto.com)

Bandar Lampung – Gedong Tataan – Pringsewu – Talang Padang – Gisting – Air Terjun Way Lalaan – Pantai Terbaya – Di Depan Pantai Terbaya ada Gapura Menuju Islamic Center – Masuk kompleks Islamic Center – dari Islamic Center jalan terus ikuti jalan utama – ketemu pertigaan pertama, lurus lagi beberapa meter – ketemu pertigaan kedua, belok kanan masuk ke Pekon Benteng Jaya – Setelah SD Benteng Jaya, akan ada jalan aspal ke kiri, ambil jalan ini melewati kebun-kebun karet – setelah tanjakan tajam, sudah masuk ke Dusun Lamuran – tanya warga saja di sini biar gak bingung.

Informasi Seputar Air Terjun Lamuran

Jam buka : Pukul 08.00 Wib - pukul 18.00 Wib
Harga tiket masuk : Gratis 

Alamat lengkap : Pekon Bentengan, Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung

Temukan di Google Map


3. AIR TERJUN WAY LALAAN

Wisata Lampung-14 (Empat Belas) Tempat Wisata Populer Di Tanggamus Lampung
image:bangmamad.com

Kawasan wisata air terjun Way Lalaan ini merupakan salah satu obyek wisata alam yang cukup populer bagi masyarakat Lampung, bahkan air terjun ini sudah di kenal sejak zaman penjajahan Belanda di masa lalu.

Kawasan wisata air terjun Way Lalaan ini memiliki ketinggian sekitar 11 meter, dimana air terjun ini mengalir hingga bermuara ke teluk semaka. Lokasi wisata air terjun ini berada di pekon (desa) Kampung baru,  Kecamatan Kota Agung Timur yang berada tidak jauh dari kaki gunung Tanggamus. Sebagai akses perjalanan untuk menuju ke lokasi air terjun ini sudah ada seperti tangga beton yang kokoh. Konon katanya akses jalan ini sudah dibangun sejak zaman kolonial Belanda sekitar tahun 1937. 

Untuk fasilitas yang tersedia di lokasi Air terjun Way Lalaan ini sama seperti objek wisata alam yang masih alami lainnya. Selain warung makanan dan minuman juga terdapat sarana untuk MCK. 

Informasi Seputar Air Terjun Way Lalaan

Jam buka : Pukul 08.00 Wib - pukul 18.00 Wib
Harga tiket masuk : Rp. 10.000 per orang

Alamat lengkap : Kampung Baru, Kota Agung Timur, Kp. Baru, Kota Agung Tim., Kabupaten Tanggamus, Lampung 35384

Temukan di Google Map

4. BENDUNGAN BATU TEGI

Bendunga Batu Tegi Lampung
image:suara1996.blogspot.com

Bendungan Batu Tegi adalah bendungan terbesar di Asia Tenggara. Memiliki area seluas 3.560 hektare yang berada di Pekon Batutegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung membuat bendungan Batu Tegi ini begitu megah.

Proses pembangunan bendungan ini di mulai pada tahun 1995 dan baru selesai sembilan tahun kemudian. Pada awalnya bendungan ini di manfaatkan sebagai pembangkit listrik tengan air (PLTA) namun kemudian dalam perkembangannya lokasi bendungan juga di manfaatkan sebagai salah satu tujuan wisata bagi masyarakat Lampung.

Bagi Anda yang ingin berkunjung kesini di sarankan agar datang pada pagi hari atau sore hari karena pada siang hari akan terasa panas sekali mengingat tidak adanya tempat berteduh di lokasi bendungan ini.

Informasi Seputar Bendungan Batu Tegi

Jam buka : Pukul 08.00 Wib - pukul 18.00 Wib
Harga tiket masuk : Rp. 2.000 per orang 

Alamat lengkap : Batu Tegi, Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung 35679

Temukan di Google Map


5. DANAU HIJAU 

Danau Hijau Lampung
image : instagram@info_kubar

Danau Hijau adalah salah satu obyek wisata populer lainnya yang berada di Kabupaten Tanggamus Lampung. Lokasi Danau Hijau masih berada satu kawasan dengan kawah belerang dan Air Terjun Lembah Pelangi. 

Jika Anda berangkat dari pusat kota Bandar Lampung maka membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk bisa sampai ke lokasi, yakni melewati perjalanan Lintas Barat kabupaten Pesawaran melewati kabupaten Pringsewu dan menuju Kabupaten Tanggamus tepatnya didaerah Gisting. Tak perlu khawatir, jika anda masih bingung dengan perjalananya. Sebab, Anda dapat bertanya secara langsung kepada warga disepanjang perjalanan menuju ke Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus. Gisting sendiri merupakan kawasan dataran tinggi yang memiliki udara yang sangat sejuk.

Satu hal yang perlu anda ketahui bahwa danau hijau ini berada didaerah yang dikenal sebagai daerah geothermal di Kabupaten Tanggamus. Artinya air danau ini bukan seperti air danau seperti biasanya, karena danau hijau memiliki air yang hangat dengan aroma bau belerang yang sangat menyengat. Namun demikian, bagi siapa saja yang pernah berkunjung ke daerah ini akan merasa lega dengan nuansa alamnyanya yang indah dan cantik.

Informasi Seputar Danau Hijau

Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp. 5.000 per orang 

Alamat lengkap : Pagaralam Ulubelu, Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Lampung 35387

Temukan di Google Map

6. PANTAI MUARA INDAH 

Pantai Muara Indah Lampung
image : instagram@noviezarkasih

Kawasan wisata Pantai Muara Indah terletak di Teluk Semaka, Kabupaten Tanggamus Lampung. Pantai Muara Indah ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi liburan bersama dengan keluarga Anda karena kondisi ombaknya  yang tidak terlalu tinggi sehingga sangat aman bagi anak - anak Anda untuk bermain di pantainya.

Pantai Muara Indah ini memiliki taman yang telah dijadikan sebagai ruang terbuka hijau (RTH) oleh pemerintah setempat Sehingga lokasinya sudah tertata apik dan rapih dengan dilengkapi dengan berbagai macam sarana dan fasilitas yang cukup baik.

Jadi, ketika Anda dan keluarga berkunjung ke lokasi ini, maka Anda  akan mendapatkan dua suguhan sekaligus yakni taman yang apik serta  pantai yang indah. Lokasinya juga tidak begitu jauh dengan pusat Kota Agung sehingga sangat mudah untuk dijangkau.

Informasi Seputar Pantai Muara Indah

Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp. 5.000 (Motor) dan Rp. 20.000 (Mobil)

Alamat lengkap : Pantai Muara Indah, Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung

Temukan di Google Map

7. TELUK KILAUAN

Teluk Kilauan Lampung
image : infolpg.com

Inilah salah satu tempat paling mendunia di Tanggamus. Mungkin bagi sebagian Anda nama Teluk Kilauan ini sudah tak asing lagi. Panorama alam laut yang sangat mengagumkan dan pesona Pulau Kilauan yang sangat indah benar-benar akan membuat Anda bahagia berada di tempat ini.

Selain itu, legenda Teluk Kiluan juga menjadi cerita menarik yang mengiringi perjalanan wisata Anda. Uniknya lagi, di Teluk Kiluan Anda bisa menikmati aksi lumba-lumba yang merupakan lumba-lumba paling besar di dunia.

Penangkaran penyu hijau dan gradasi air laut juga menjadi suguhan menarik dan menakjubkan lainnya di Tempat ini. Teluk Kiluan merupakan destinasi yang sangat direkomendasikan di Lampung bagi Anda pecinta wisata bahari.

Objek wisata Bahari ini terletak di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Tak hanya indah, kuliner dan budayanya juga layak untuk dinikmati.

Untuk ke destinasi wisata ini Anda perlu melakukan perjalanan sejauh 73 kilometer dari Bandar Lampung. Anda tak perlu khawatir, karena agen wisata begitu banyak yang menyediakan paket wisata mengelilingi kawasan ini. Untuk fasilitas, tentu saja fasilitas di objek wisata ini sangat lengkap.

FASILITAS DI TELUK KILAUAN

Pihak pengelola kawasan wisata Teluk Kilaun menyediakan beberapa macam fasilitas yang bisa di manfaatkan oleh para pengunjung, antara lain :
  • Sewa Jukung (Perahu) : Rp. 25.000 per orang
  • Berlayar melihat langsung Lumba - lumba di kapal : Rp. 250.000 - Rp. 450.000
  • Life Jacket : Rp. 15.000 per orang
  • Penginapan : Rp. 300.000 per malam (3X sarapan)
Informasi Seputar Teluk Kilauan

Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp. 5.000 per orang 

Alamat lengkap : Jl. Tlk. Kiluan, Kiluan Negeri, Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung 35388

Temukan di Google Map

8. GUNUNG TANGGAMUS


Wisata Lampung-14 (Empat Belas) Tempat Wisata Populer Di Tanggamus Lampung
image via instagram@dinysetyawati

Bagi Anda para pecinta petualangan Alam, melakukan pendakian ke Gunung Tanggamus adalah sebuah tantangan yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Gunung Tanggamus ini berada di daerah timur laut tepat dengan ibukota kabupaten Tanggamus yakni kecamatan Kota Agung. Gunung Tanggamus memiliki ketinggian 2.102 meter di atas permukaan laut. Gunung Tanggamus tercatat sebagai gunung tertinggi kedua di provinsi Lampung setelah Gunung Pesagi. Panorama dan pemandangan alam yang luar biasa indah sesuatu yang Anda akan dapatkan jika bisa mencapai puncak gunung Tanggamus ini.

Alamat lengkap : Hutan, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung
Temukan di Google Map

9. AIR TERJUN DUA RUPA CURUG JARUM LEBUAY

Selain terdapat air terjun way lalaan yang sudah sangat populer, ternyata masih ada satu lagi obyek wisata air terjun yang lainnya. Air terjun ini memiliki memiliki keunikan karena memiliki dua rupa sekaligus yaitu Curug Jarum Lebuay. Jika musim hujan tiba maka air terjun ini akan langsung berubah menjadi air terjun kembar yang berdampingan. 

Lokasi air terjun curug jarum lebuay berada di pekon Lebuay Datar, kecamatan Air Naningan. Ketika musim kemarau tiba air terjun ini tetap mengalir namun tidak begitu deras dan hanya ada satu aliran saja.  

Alamat lengkap : Datar Lebuay, Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung 35679
Temukan di Google Map

10. PANTAI KARANG PUTIH


Pantai Karang Putih Lampung
image via instagram@lampuung

Lokasi wisata yang satu ini menghadirkan nuansa Batu karang berwarna putih yang fotogenik sebagai menu utama yang diincar oleh para pengunjung yang datang. Batu karang yang menjulang tinggi tersebut sangat indah dan instagramable sehingga membangkitkan keinginan untuk berswaphoto. Ketika air laut sedang surut, para pengunjung bisa mendekati batu karang tersebut dan berphoto - photo di dekatnya.

Alamat lengkap : Desa Putih Doh, Kecamatan Cukuh Balak, Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus, Lampung
Temukan di Google Map

11. LAGUNA GAYAU

Laguna Gayau disebut juga Laguna Dodo, yang masih berada dalam satu kawasan dengan Teluk Kiluan Lampung, menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan eksotis. Laguna Gayau sendiri merupakan danau air asin yang terpisah dari lautan, karena dipisahkan oleh pasir atau karang.

Laguna Gayau berbentuk kolam air asin alami, dimana antara air tersebut dan air lautan dipisahkan oleh batu karang. Di Laguna Gayau para wisatawan berenang sepuasnya. Oleh karena itu jika berkunjung ke Teluk Kiliuan maka sempatkan juga untuk berkunjung ke obyek wisata Laguna Gayau  ini. 

Alamat lengkap : Jl. Tlk. Kiluan, Kiluan Negeri, Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung 35379
Temukan di Google Map


12. BUTTERFLYFLY SWIMMING POOL


Butterfly Swimming Pool Lampung
image via instagram@muizromero

Obyek wisata yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Kabupaten Tanggamus, terutama masyarakat yang tinggal di daerah Gisting. Kolam renang Butterfly ini berlokasi di Pekon Gisting Atas, atau dari jalan lintas barat Sumatera masuk lagi ke kiri sekitar 1 km.

Jika dari pasar Gisting, Anda harus melanjutkan perjalanan lagi menuju Gisting Atas, sekitar 2 km perjalanan maka anda akan sampai di kolam renang Butterfly ini.

Alamat lengkap : Gisting Atas, Gisting, Kabupaten Tanggamus, Lampung 35384
Temukan di Google Map


13. TAMAN PEMANDIAN WAY BEKHAK 

Taman Pemandian Way Bekhak berada di Kecamatan Gunung Alip, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Lokasinya sangat mudah untuk dijangkau, karena berada hanya sekitar 300 meteran saja dari pinggir jalan raya Bandar Lampung ke Kota Agung.

Taman Pemandian Way Bekhak ini memiliki air yang sangat jernih, sejuk, dan tentu saja sangat menyegarkan.

Alamat lengkap : Jl. Raya Banjarnegeri, Sukaraja, Gn. Alip, Kabupaten Tanggamus, Lampung 35379
Temukan di Google Map


14. TAMAN KOTA AGUNG 


Taman Kota Agung Tanggamus Lampung
image via instagram@cempakadiniarum

Lokasi taman ini berada persis di tengah-tengah ibu kota Kabupaten Tanggamus, yakni Kota Agung,. Taman ini dijadikan sebagai tempat berkumpul bersama teman - teman, kerabat ataupun keluarga. Lokasi taman ini berada persis di sebelah Lampu merah Kota Agung.

Taman Kota Agung ini sangat cocok untuk tempat bersantai dan beristirahat serta menikmati kesejukkan taman yang asri.

Alamat lengkap : Jl. Ir. H. Juanda, Kuripan, Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung 35384
Temukan di Google Map


Itulah daftar 14 (Empat Belas) Tempat Wisata Populer Di Tanggamus Lampung. Semoga bisa menjadi referensi dan bisa menambah pengetahuan Anda.


referensi : infolpg.com, liburanlampung.com, suara1996.blogspot.com

Post a Comment for "Wisata Lampung-14 (Empat Belas) Tempat Wisata Populer Di Tanggamus Lampung"