Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Sumatra Barat-Ngarai Sianok, Obyek Wisata Alam Terindah Di Sumatera Barat


image via instagram@yunitanjung

Kota Bukittinggi di provinsi Sumatra Barat terkenal sebagai kota yang berada di wilayah dataran tinggi yang memiliki banyak kelebihan dan keistimewaan. Salah satu kelebihan tersebut adalah udaranya yang relatif lebih sejuk jika di bandingkan dengan daerah lainnya. Salah satu tempat yang memiliki begitu banyak pemandangan indah di Bukittinggi adalah Ngarai Sianok.

Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah sempit yang dikelilingi oleh perbukitan berbatu curam yang dihiasi dengan sedikit aliran air di bagian di tengahnya. Landscape ngarai Sianok terbentuk oleh proses penurunan lapisan di permukaan bumi, sehingga menyebabkan terjadinya jurang yang begitu curam.

Ngarai Sianok terletak di perbatasan kota Bukittinggi, di distrik IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Ngarai Sianok memanjang dan berkelok-kelok dan memiliki pemandangan yang sangat indah dan juga salah satu objek wisata terbaik yang ada di provinsi Sumatera Barat.

Lokasi Dan Topografi Ngarai Sianok

image via instagram@kusumanigrumgusti

Ngarai Sianok berada di perbatasan kota Bukittinggi, sebagai batas bagian Selatan ngarai sampai suku Sianok anam Koto Tower, sampai daerah Palupuh. Pemandangan di Ngarai Sianok ini sangat indah dan menjadi salah satu obyek wisata terbaik. Lokasi ngarai atau lembah yang sejuk dengan pemandangan alam yang menakjubkan menjadikannya sebagai tempat yang ideal untuk berlibur bersama dengan teman - teman dan keluarga Anda.

Ngarai Sianok memiliki dinding lembah yang curam dan pemandangan lembah hijau yang terbentuk secara alami melalui pergerakan kerak dan lempeng bumi. Sebagian besar dinding Ngarai Sianok pernah runtuh akibat gempa bumi pada tahun 2007 yang lalu, Ngarai Sianok masih menarik dan eksotis untuk di kunjungi. 

Ngarai Sianok di aliri oleh sungai bisa digunakan untuk kegiatan olahraga seperti kano, arung jeram dan kayak. Sungai tersebut bermuara di Samudera Hindia. Di sekitar sungai masih ditemukan banyak jenis tanaman langka seperti bunga Rafflesia dan tumbuh-tumbuhan. Sementara di hutan ngarai Sianok, ada beberapa jenis hewan liar yang masih dapat dengan mudah ditemukan, seperti monyet ekor panjang, Rusa, Babi hutan, Macan Tutul dan Tapir.

Akses Dan Rute Ke Ngarai Sianok

Untuk mencapai lokasi Ngarai Sianok,  Anda bisa berangkat dari kota Padang menuju ke Bukittinggi, perjalanan tersebut dapat tempuh dalam waktu sekitar 2 jam dengan menggunakan moda transportasi umum. Biaya yang harus Anda keluarkan antara Rp. 15.000 - Rp. 20.000. Setelah tiba di kota Bukittinggi, perjalanan dapat Anda lanjutkan dengan angkutan umum ke lokasi Ngarai Sianok. 

Akomodasi Dan Fasilitas Di Ngarai Sianok

Sebagai salah satu obyek wisata yang populer di Sumatra Barat, Ngarai Sianok memiliki beberapa fasilitas dan akomodasi yang bisa memberikan kenyamanan kepada wisatawan yang datang berkunjung. Fasilitas tersebut antara lain  hotel yang nyaman untuk tempat bermalam bagi wisatawan. Soal makanan, para wisatawan tidak perlu khawatir karena mereka akan dimanjakan dengan berbagai macam hidangan masakan  Padang yang pasti enak dan lezat. Salah satu yang istimewa adalah Nasi Kapau yang bisa dicoba di Market Slope (selain Upper Market).

Alamat lengkap : Jl. Binuang, Sianok Anam Suku, Iv Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat 26181
Temukan di Google Map

Itulah ulasan tentang Wisata Sumatra Barat-Ngarai Sianok, Obyek Wisata Alam Terindah Di Sumatera Barat. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.

Post a Comment for "Wisata Sumatra Barat-Ngarai Sianok, Obyek Wisata Alam Terindah Di Sumatera Barat"