Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ranu Kumbolo, Danau Suci Gunung Semeru

 

Ranu Kumbolo, Danau Suci Gunung Semeru
credit image:instagram@lukmannv

Ranu Kumbolo, Danau Suci Gunung Semeru - Apakah Anda adalah salah seorang yang yang memiliki jiwa adventur dan menyukai petualangan di alam bebas? Jika ya, maka tepat sekali jika Ranu Kumbolo ini Anda masukkan kedalam daftar destinasi liburan Anda.

Siapa yang tidak kenal dengan dengan Gunung Semeru, yang merupakan Gunung tertinggi  di pulau jawa? Gunung Semeru di Jawa Timur ini merupakan salah satu gunung dengan jumlah pendaki paling banyak karena memang menawarkan tantangan dan keindahan-keindahan alamnya yang tidak ada bandingannya. 

Salah satu surga yang tersembungi dibalik lebatnya hutan di kawasan Gunung Semeru ini adalah Danau Ranu Kumbolo. Danau Ranu Kumbolo adalah sebuah dananu yang memiliki air sangat jernih dan memang menjadi daya tarik yang selalu menjadi pengobat lelah para pendaki untuk beristirahat.

Danau Ranu kumbolo terletak di jantung Gunung Semeru. Untuk mencapai lokasi danau Ranu Kumbolo ini, Anda harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh yaitu sekitar 5 jam perjalanan dari Ranu Pani. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena lamanya perjalanan akan akan terbayar lunas ketika Anda melihat indahnya pemandangan alam di danau Ranu Kumbolo yang sangat indah ini.

Sejarah Danau Ranu Kumbolo

Sunset Di Ranu Kumbolo
credit image:instagram@infopendaki_id

Siapa yang mengira bahwa danau ranu kumbolo yang indah ini adalah danau yang disucikan oleh warga suku Tengger? Menurut sejarah, dulunya ada seseorang dari suku Tengger yang mendapatkan wangsit untuk mencari sumber air suci di gunung Semeru. 

Pada saat itu dia berjalan dan berkelana membelah hutan yang ada di kawasan gunung Semeru untuk mencari air suci itu dan pada akhirnya dia menemukan sebuah danau yang sangat luas yaitu danau Ranu Kumbolo tersebut. Oleh karena itu kemudian di danau Ranu Kumbolo tersebut dibuat sebuah prasasti yang disucikan oleh warga suku Tengger sampai sekarang.

Selain melakukan upacar ritual dan memberikan sesaji-sesaji di prasasti yang ada di dananu Ranu Kumbolo ini, warga suku Tengger juga sangat menjaga kesucian danau Ranu Kumbolo tersebut. Selain itu sangat di anjurkan agar para pendaki gunung Semeru yang beristirahat di danau tersebut untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mengotori danau Ranu Kumbolo tersebut.

Danau ranu kumbolo ini juga merupakan tempat yang selalu digunakan oleh sebagaian besar para pendaki untuk melakukan camp perjalanan pendakian mereka. Penyebabnya adalah karena disini terdapat sumber air yang melimpah, lokasinya yang landai dan juga pemandangan alamnya yang sangat indah dan menarik. Bahkan banyak juga wisatawan yang hanya sekedar melakukan camping di danau Ranu Kumbolo saja tanpa melakukan perjalanan pendakian selanjutnya sampai puncak Mahameru.

Menikmati liburan di kawasan danau Ranu Kumbolo juga merupakan hal yang tepat karena Anda hanya perlu meluangkan waktu sekitar 2 hari 1 malam saja untuk berlibur kesini. Menikmati kebersamaan bersama keluarga Anda dengan menikmati keindahan alam di Ranu Kumbolo tentu akan menjadi liburan yang sangat berkesan nantinya.

Alamat Lengkap: Tulungrejo, Pasrujambe, Lumajang Regency, East Java

Temukan Di Google Map

Demikianlah uraian artikel mengenai Ranu Kumbolo, Danau Suci Gunung Semeru. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk Anda.

Post a Comment for "Ranu Kumbolo, Danau Suci Gunung Semeru"