Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Traveling: Menikmati Panorama Gunung Cikuray

Tips Traveling: Menikmati Panorama Gunung Cikuray
credit:instagram@mata_allena

Bagi Anda pecinta alam yang suka petualangan dan pendakian, Gunung Cikuray (Gunung Cikuray) di Kabupaten Garut bisa menjadi pilihan. 

Jika dilihat di peta Jawa Barat, Gunung ini letaknya persis di tengah-tengah wilayah kabupaten Garut, dikelilingi oleh 4 kecamatan, yaitu Cilawu, Cigedug, Cikajang, dan Banjarwangi.

Gunung ini tepat berada di sebelah selatan Garut kota. Sehingga, begitu Anda memasuki Garut dari arah Tarogong, gunung ini terlihat biru menjulang dengan bentuk kerucutnya yang agak landai. 

Tidak seperti gunung tinggi lainnya di Garut, yaitu Papandayan dan Gunung Guntur, Gunung Cikuray ini tidak termasuk gunung berapi aktif. 

Gunung yang memiliki ketinggian 2.821 mdpl ini masih cukup terjaga kelestariannya. Hal ini tampak dari masih asrinya hutan sekitar puncak, dan kebun teh yang terhampar hijau di kaki gunung.

Sejarah Gunung Cikuray

Tidak banyak sejarah mengenai gunung ini. Namun, beberapa naskah kuno menyebut gunung ini sebagai Gunung Srimanganti ataupun Srimanganten.

Sekitar abad ke-17, lereng Gunung Cikuray menjadi mandala, yaitu pusat pertapaan para pendeta dan kegiatan tulis menulis kerajaan Pajajaran. Bukti-bukti tertulis mengenai mandala ini masih tersimpan di sebuah cagar budaya “Ciburuy” di Kecamatan Cigedug.

Jalur Pendakian Gunung Cikuray

Tips Traveling: Menikmati Panorama Gunung Cikuray
credit:instagram@a_hollq

Dalam keadaan lancar, Kota Garut dapat dicapai dari Kota Bandung sekitar 2 jam perjalanan. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda dapat memilih angkutan kota ataupun bus menuju Cilawu di jalur Singaparna, atau menggunakan minibus menuju Cikajang.

Ada dua jalur pendakian yang sering digunakan, yaitu melalui Dayeuh Manggung di Cilawu dan melalui Cigedug. Jika Anda melalui jalur Dayeuh Manggung, perjalanan menuju puncak tidak terlalu terjal, tetapi jaraknya lebih jauh. 

Sementara itu, jika Anda memilih jalur pendakian dari Cigedug, jalur pendakian memang lebih pendek, tetapi kondisinya lebih terjal. 

Dalam keadaan normal, perjalanan dari pos pendakian sampai ke puncak dapat ditempuh antara 5-7 jam.

Selama perjalanan, Anda akan menyaksikan pemandangan hijau yang menyejukkan. Hamparan kebun teh tersaji di awal pendakian. Selanjutnya, akan terlihat belantara yang belum banyak terjamah manusia.

Di sekitar puncak ada tower relay TVRI dan TV swasta yang bisa dilihat dari kejauhan sebagai patokan. Sampai di puncak, pemandangan Anda akan dipuaskan dengan hamparan pegunungan di sekitar Garut dan awan yang memutih beriringan.

Jika cuaca sedang baik, Anda juga bisa melihat Samudra Indonesia di sebelah selatan dan puncak-puncak gunung tinggi lainnya di Jawa Barat. 

Persiapan dan Tips Pendakian

Selain harus mempersiapkan perlengkapan pendakian standar, berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan demi kelancaran pendakian Gunung Cikuray.

Bawalah air secukupnya. Seperti tipe gunung kerucut lainnya, tidak banyak mata air yang akan Anda temui di sepanjang jalur pendakian.

Hati-hatilah jika memilih persimpangan jalan karena belum terpasangnya petunjuk arah menuju puncak.

Sebaiknya rombongan pendakian dibimbing oleh salah seorang yang pernah mendaki gunung ini.

Berangkatlah menuju pagi supaya pendakian tidak terhalang kabut atau hujan saat kita akan mencapai puncak. Jika beruntung, pendakian dini hari juga bisa mengantarkan kita untuk menyaksikan matahari terbit di puncak gunung.

Post a Comment for "Tips Traveling: Menikmati Panorama Gunung Cikuray"