Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Wisata di Jawa Barat

 

Gunung Salak
Gunung Salak, via instagram@sasorinakato

Tempat Wisata di Jawa Barat - Jawa Barat dikenal sebagai tanah Parahyangan yang memiliki penduduk asli suku Sunda. Ragam tempat wisata di Jawa Barat dipengaruhi oleh budaya Sunda yang kuat.

Sebelum provinsi ini mengalami pemekaran dengan lahirnya provinsi Banten, tempat wisata di Jawa Barat memiliki kekayaan budaya Banten dengan penduduk asli suku Baduy. Inilah salah satu tempat wisata di Indonesia yang menjadi favorit wisatawan domestik maupun mancanegara.

Propinsi Jawa Barat beribukota di Bandung. Untuk mencapai kota Bandung, Anda bisa mengambil jalur penerbangan dengan tujuan Bandara Husein Sastranegara di Bandung. Bila Anda ingin mengambil jalur penerbangan domestik lain, Anda bisa memilih melalui Bandara Astanajapura di kota Cirebon. 

Namun kebanyakan wisatawan yang mengunjungi tempat wisata di Jawa Barat lebih suka naik kendaraan darat. Alam pegunungan yang indah sepanjang perjalanan darat menjadikan tempat wisata di Jawa Barat tidak membosankan untuk dijelajahi.

Keramahan gadis-gadis keturunan Dayang Sumbi telah dikenal oleh turis yang pernah berkunjung ke tempat wisata di Jawa Barat. Sajian kuliner kota Bandung pun menggoda selera pemburu makanan lezat. 

Beberapa lokasi tempat wisata di Jawa Barat yang menarik untuk dikunjungi antara lain:

1. Waduk Jatiluhur, Tempat Wisata di Jawa Barat Untuk Berbagai Macam Aktivitas

Waduk Jatiluhur
credit:instagram@fenifeifei

Waduk Jatiluhur merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang patut dikunjungi. Waduk Jatiluhur terletak di kota Purwakarta dan berdekatan dengan waduk Cirata. Waduk Jatilihur adalah sumber aliran sungai Citarum yang bermuara di Tanjung Karawang, Laut Jawa. 

Waduk Jatiluhur pada awalnya dibangun untuk tujuan irigasi pertanian di kota Karawang, Purwakarta, dan Cianjur. Berkat pembangunan yang intensif, waduk Jatiluhur disulap menjadi tempat wisata di Jawa Barat yang indah dan menarik.

Fungsi waduk Jatiluhur saat ini berkembang menjadi tempat wisata dan pusat olahraga air. Salah satu event olahraga yang diselenggarakan oleh tempat wisata di Jawa Barat ini adalah SEA Games tahun kemarin. 

Jenis olahraga yang dilakukan di waduk Jatiluhur adalah ski air, kano, dayung, perahu naga dan lain-lain. Tempat wisata di Jawa Barat ini juga menjadi tempat yang sesuai untuk acara liburan keluarga. Menghabiskan hari libur dengan anak-anak di waduk Jatiluhur sangat menyenangkan karena tersedia area bermain yang luas.

Alamat lengkap: Kutamanah, Sukasari, Purwakarta Regency, West Java

Temukan di Google Map

2. Makam Sunan Gunung Jati, Sisi Religi Tempat Wisata di Jawa Barat

Makam Sunan Gunung Jati
credit:instagram@intan_fashri

Makam Sunan Gunung Jati terletak di kota Cirebon dan merupakah salah satu tempat wisata di Indonesia yang memiliki suasana religius. Keunikan tempat wisata di Jawa Barat ini adalah mewakili beberapa agama dan kepercayaan sekaligus, yaitu Islam, Budha dan Konghucu. 

Kondisi tersebut bisa terjadi karena Sunan Gunung Jati merupakan salah satu anggota Wali Sembilan (Wali Songo) penyebar agama Islam di tanah Jawa. Sentuhan agama Islam sangat terasa di makam Sunan Gunung Jati.

Sisi relijius tempat wisata di Jawa Barat tersebut juga dipengaruhi oleh agama Konghucu yang dianut leluhur isteri Sunan Gunung Jati dari negara China. Sunan Gunung Jati adalah pemimpin Keraton Kasepuhan Cirebon. 

Hubungan diplomasi melalui pernikahan antar bangsa menghasilkan karakter yang khas pada makam Sunan Gunung Jati. Tempat wisata di Jawa Barat yang berada pada dataran tinggi ini adalah tujuan wisata di Jawa Barat yang berada pada satu jalur tur wisata religi wali songo dari Jawa Timur menuju Banten.

Alamat lengkap: Jl. Alun-Alun Ciledug No.53, Astana, Kec. Gunungjati, Cirebon, Jawa Barat 45151

Temukan di Google Map

3. Tempat Wisata di Jawa Barat, Indahnya Keragaman Hayati Gunung Salak

Gunung Salak

Bagi Anda yang menyukai liburan di daerah pegunungan, Gunung Salak merupakan tempat wisata di Jawa Barat yang bisa Anda pertimbangkan untuk dikunjungi. Gunung Salak terletak di kota Bogor dan masuk dalam wilayah konservasi alam yang harus dilindungi karena kekayaan jenis tumbuhan dan hewan yang dimiliki. 

Tempat wisata di Jawa Barat tersebut berdekatan dengan Gunung Halimun, sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai taman nasional Salak-Halimun.

Keindahan tempat wisata di Jawa Barat Gunung Salak dibentuk oleh beragam tanaman tropis yang tumbuh dan membentuk ekosistem disana. Keunikan tempat wisata di Jawa Barat ini adalah sebagai penyedia beragam serangga langka yang memiliki nilai jual tinggi. 

Masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Salak menangkap jangrang (Chalcosoma canacirata), capit kebo (Hexarthius buqueti), dan capit kunci (Dorcus bucephalus) yang dijual dengan harga Rp.25.000 hingga Rp.100.000 per ekor.

Disamping tiga lokasi tersebut, tempat wisata di Jawa Barat yang menarik adalah Gunung Tangkubanperahu, Danau Situ Panjalu, Pantai Pelabuhan Ratu, Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango, Kebun Raya Bogor, Dataran Tinggi Dago dan lain-lain. 

Jangan lupakan juga tempat wisata di Jawa Barat yang dihasilkan oleh aktifitas masyarakat, misalnya deretan factory outlet di Bandung, industri jaket kulit di Garut, teropong bintang di Lembang dan aneka jenis jajanan rakyat yang menggugah selera.

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi tempat wisata di Jawa Barat, siapkan perencanaan yang matang sejak sekarang karena Jawa Barat tidak pernah berhenti menghibur wisatawan yang datang. Beragam fasilitas pendukung telah tersedia di lokasi obyek wisata.

Mulai dari sarana transportasi umum, hotel, penginapan, rumah makan, tempat ibadah, mesin ATM, alat komunikasi dan lain-lain. Berlibur ke tempat wisata di Jawa Barat membantu Anda mengurangi ketegangan hidup setelah bekerja keras. Ayo jalan-jalan ke tempat wisata di Jawa Barat!

Alamat lengkap: Rengasjajar, Kec. Cigudeg, Bogor, Jawa Barat

Temukan di Google Map

Itulah ulasan artikel mengenai  Tempat Wisata di Jawa Barat. Semoga ulasan ini bisa menjadi referensi untuk Anda.

Post a Comment for " Tempat Wisata di Jawa Barat"