Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Kampung Adat Naga Tasikmalaya

Wisata Kampung Adat Naga Tasikmalaya
credit:instagram@gaetlokal

Wisata Kampung Adat Naga Tasikmalaya - Kali ini media travelling mengajak para pelancong Nusantara dan luar negeri, untuk menghabiskan waktu berlibur dengan pergi ke tujuan wisata yang berada di provinsi Jawa Barat.

Bagi Anda yang menyukai tradisi dan budaya, maka artikel ini sangat tepat untuk menjadi referensi Anda, karena kita akan mengulas tentang Wisata Kampung Adat Naga Tasikmalaya yang tentu saja sangat berkaitan dengan tradisi dan budaya tersebut.

Kampung Naga merupakan salah satu wilayah di Tasikmalaya, Jawa Barat yang masih sangat erat dalam memegang teguh tradisi dan warisan budaya serta kearifan lokal dari para leluhurnya. Sama seperti halnya suku Baduy yang ada di Kabupaten Lebak, maka Kampung adat Naga ini sangat menjunjung nilai - nilai luhur tersebut.

Propinsi Jawa barat sendiri memang di karuniai dengan keelokan alam yang berlimpah, seperti alam pegunungan, pantai, air terjun, kawah,taman, Goa bahkan juga beberapa wilayah yang menjadi tujuan wisata budaya dan  sejarah serta tradisi, dimana salah satunya adalah Kampung adat Naga Tasikmalaya. 

Panorama di Kampung Naga Tasikmalaya

Wilayah Kampung Naga di huni oleh sekitar 300 an orang dan merupakan  salah satu daerah dengan tradisi dan budaya Sunda yang mengalami pengalihan budaya dari budaya Hindu menjadi Budaya Islam.

Wilaya Kampung Naga hingga saat ini belum dipengaruhi oleh budaya kekinian seperti kampung-kampung lainnya. Kampung Naga ini mempunyai tujuan alam yang mengagumkan dengan kondisi alam yang asri, pohon-pohon hijau yang berada di samping barat yang dipandang oleh warga sebagai tempat yang sakral, karena di hutan tersebut beberapa nenek moyang mereka yang telah wafat disemayamkan.

Seperti tradisi Sunda lain yang biasanya kita ketahui, beberapa rumah yang berada di Kampung Naga ini dibuat dari bambu dan kayu serta beratapkan daun kelapa. Namun demikian, meskipun dibuat dari bambu rumah mereka kelihatan benar-benar cantik karena dibuat secara teratur dan rapi.

Mereka memiliki tradisi tata langkah dalam membuat dan membangun rumah terkait dengan letak, arah rumah, baju upacara, kesenian dan sebagainya. Dalam soal membuat rumah, warga Kampung Naga tidak dibolehkan untuk mengisi rumah mereka dengan perlengkapan seperti bangku, meja, dan tempat tidur. 

Disamping itu, rumah - rumah tersebut juga tidak boleh memiliki dua daun pintu pada arah bersimpangan karena menurut asumsi dan kepercayaan mereka, supaya rezeki yang masuk lewat pintu depan tidak keluar lewat pintu belakang.

Wisata Kampung Adat Naga Tasikmalaya
credit:instagram@tasikmalayarepost

Untuk Anda yang belum pernah berkunjung ke Kampung Naga, tentu berpikir setelah tiba di Kampung Naga tersebut Anda mau ngapain? Mungkin Anda berpikir bahwa di kampung Naga Anda akan menyaksikan satu ekor Naga yang besar, atau kemungkinan akan menanyakan di mana Naga tersebut berada atau menanyakan di mana tempat menanan buah Naga nya? 

Untuk menjawab pertanyaan dan rasa ingin tahu Anda itu, Anda dapat akan merasakan secara langsung saat Anda tiba di Kampung Naga Tasikmalaya tersebut. Menurut sejarah, dahulu konon daerah ini berawal pada periode masa Syekh Syarif Hidayatullah yang juga disebut sebagai Sunan Gunung jati dan merupakan salah satu dari wali songo.

Transportasi Dan Akses Ke Kampung Naga Tasikmalaya

Fasilitas tranfortasi ke Kampung Naga cukup mudah karena dekat dengan Jalan raya Garut-Tasikmalaya-Pangandaran. Bagaimana cara menuju ke Kampung Naga dari Jakarta? Berikut akan saya bahas transportasi ke Kampung Naga dari Ibukota Jakarta dan Bandung dengan memakai kendaraan umum.

Banyak transfortasi umum yang menghubungkan Jakarta - Garut - Singaparna, seperti misalnya bis Saluny Sempurna, Sony Sempurna, Diana Sempurna, dan Anugerah Bakti. Anda dianjurkan naik salah satu bis tersebut di terminal bus Kampung Rambuatan Jakarta. 

Selanjutnya Anda dapat meminta ke kondektur bis tersebut supaya di turunkan di Kampung Naga Tasikmalaya, cukup mudah bukan? 

Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi, jalur jalan yang perlu Anda lalui ialah Tol Jakarta Cikampek melalui tol Cipularang, kemudian masuk di tol Cileunyi, keluar Cilenyi selanjutnya ke arah Nagreg, ke arah Garut kota, selanjutnya diteruskan ke arah Cilawu dan Anda akan sampai juga kelokasi Kampung Naga tersebut.

Jika Anda berangkat dari kota kembang Bandung, maka Anda langsung bisa langsung ke terminal Cicaheum, kemudian dari sana Anda naik bis Diana Sempurna yang melayani jalur Bandung - Garut - Tasikmalaya. Anda  dapat meminta ke kondektur atau pengemudi supaya di turunkan di daerah Kampung Naga.

Tetapi bila Anda memakai kendaraan pribadi, Anda bisa lewat Cileunyi ke arah Ranca Ekek selanjutnya mengarah ke Nagreg, kemudian ke arah Garut kota, dari Garut kota diteruskan menuju ke Cilawu dan Anda akan sampai di Kampung Naga.

Satu hal yang perlu Anda ketahui, bagi Anda yang ingin bermalam di daerah ini, maka Anda diharuskan lapor dahulu ke seuseupuh Kampung Naga untuk minta izin. Patuhi dan hormati semua aturan yang berlaku di Kampung Naga tersebut.

Alamat Lengkap: Neglasari, Kec. Salawu, Tasikmalaya, Jawa Barat 46471

Temukan di Google Map

Itulah ulasan artikel mengenai Wisata Kampung Adat Naga Tasikmalaya. Semoga ulasan ini dapat menjadi salah satu referensi untuk Anda ketika berkunjung kesana.

Post a Comment for "Wisata Kampung Adat Naga Tasikmalaya"