Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Traveling: Menikmati Indahnya Gunung Batok

gunung-batok
credit:instagram@dsanjaya89

Anda pasti sudah sering mendengar orang bercerita tentang keindahan Gunung Bromo dan Gunung Semeru. Akan tetapi, sangat sedikit orang yang bercerita tentang keindahan Gunung Batok. Padahal, lokasi Gunung Batok berada di kawasan Gunung Bromo dan Semeru.

Gunung Batok adalah kawasan pegunungan yang ada di wilayah Bromo Tengger. Letak Gunung Batok di tengah antara Gunung Bromo, Gunung Widodaren, dan Pegunungan Penanjakan di wilayah Bromo Tengger. 

Kenapa gunung ini disebut dengan Gunung Batok? Mungkin, jika dilihat dari ketinggian puncak Bromo dan Semeru, gunung ini terlihat seperti Batok atau tempurung kelapa.

Bagi masyarakat Tengger yang ada di kawasan Gunung Bromo, Gunung Batok menyimpan sebuah dongeng tentang sepasang kekasih yang tidak bisa dipisahkan oleh seorang rampok yang sangat sakti.

Saat perampok sakti itu jatuh hati dan ingin menikahi si putri cantik itu, dia memberikan syarat pada perampok untuk membuatkan telaga air di puncak Gunung Bromo dalam waktu semalam dan singkat kata perampok sakti itu menyetujuinya.

Namun, sebelum hari berganti pagi, si putri cantik ini berusaha untuk menipu sang perampok sakti dengan menciptakan fajar pagi lebih dini. 

Akhirnya, si perampok itu tertipu dan batok atau tempurung kelapa, alat yang digunakan untuk menggali sungai itu dilempar dan tengkurap dan membentuk gunung yang dikenal sebagai Gunung Batok. Sedangkan, kedua kekasih itu akhirnya menikah dan melahirkan anak-cucu dari cikal bakal suku Tengger.

Jadi, bukan hanya pesona yang indah dari Gunung Batok yang bisa Anda nikmati, tapi cerita rakyatnya juga. Karena, banyak sekali petuah bijak yang terkandung dalam dongeng. Jika Anda hendak melakukan pendakian ke Bromo, Anda bisa berkunjung sejenak ke Gunung Batok menikmati keindahan lain dari kawasan Bromo dan Tengger.

puncak-gunung-batok
credit:instagram@indoflashlight

Dari puncak Gunung Batok, Anda bisa melihat indahnya panorama kawasan Bromo-Tengger, hanya sebagai sebuah point of view. 

Selain itu menurut dongeng asal mula Gunung Batok tadi, sungai yang sudah setengah jadi dibuat oleh si perampok sakti kini berubah menjadi lautan padang pasir yang luas di wilayah Bromo Tengger.

Untuk mencapai daerah wisata Bromo Tengger ini bisa melalui beberapa rute berikut:

  • Pasuruan-Warung Dowo-Tosari-Wonokitri-Gunung Bromo, Jika lewat Jalur Pasuruan
  • Malang-Tumpang-Gubuk Klakah-Jemplang-Gunung Bromo , Jika lewat jalur  Malang lewat Tumpang
  • Purwodadi-Nongkojajar-Tosari-Wonokitri-Penanjakan, jika lewat Purwodadi, jalur ini paling jauh jarak tempuhnya jika dibanding dua jalur di atas.

Semoga informasi tentang gunung batok diatas bermanfaat bagi Anda.

Post a Comment for " Tips Traveling: Menikmati Indahnya Gunung Batok"