Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar 11 Obyek Wisata Paling Populer Di Lampung Barat


Daftar 11 Obyek Wisata Paling Populer Di Lampung Barat
image via [email protected]_

Pada kesempatan kali ini saya akan mengeksplore obyek wisata yang ada di Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Kabupaten Lampung Barat merupakan salah satu Kabupaten yang berada di bagian barat provinsi Lampung dan memiliki keanekaragaman obyek wisata yang sangat menarik, mulai dari wisata alam, wisata pantai dan wisata keluarga.

Wilayah Kabupaten Lampung Barat merupakan daerah atau sentra penghasil kopi yang sangat terkenal di provinsi Lampung bahkan di Indonesia. Dan dalam beberapa tahun belakangan ini potensi wisata alam di Kabupaten Lampung Barat ini mulai di lirik oleh Pemerintah dan juga swasta karena memiliki potensi ekonomi yang cukup menarik. Apalagi seiring dengan perubahan pola pikir masyarakat yang saat ini sangat menyukai berlibur ketika hari weekend tiba.

Menurut penuturan pejabat Plt Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) kabupaten Lampung Barat, Ronggur L Tobing, kunjungan wisatawan di Kabupaten Lampung Barat selalu meningkat setiap tahunnya.  

Menurut penuturan Beliau, Sepanjang tahun 2018 yang lalu misalnya, pengunjung wisata yang berkunjung ke Lampung Barat mencapai angka 17.027 pengunjung, Jumlah itu mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang hanya sekitar 16.449 pengunjung. Dari jumlah tersebut sebanyak 16.372 orang tersebut diantaranya merupakan wisatawan domestik dan sebanyak  655 pengunjung merupakan wisatawan asing.

Melihat perkembangan tersebut, maka pemerintah semakin menggalakkan even - even yang dapat menarik kunjungan wisatawan ke Lampung Barat, dan bukan hanua itu saja, pemerintah bekerjasama dengan pihak swasta mulai mengembangkan obyek - obyek wisata baru yang potensial.

Dan sebagai referensi untuk Anda, berikut ini adalah Daftar 11 Obyek Wisata Paling Populer Di Lampung Barat, yaitu:

1. DANAU LEBAR

Danau Lebar Lampung Barat
image via [email protected]_emilia

Obyek wisata ini disebut sebagai danau lebar karena luas danau ini terlihat melebar dari danau-danau lainnya. Hamparan danau yang cukup luas ini dikelilingi oleh bukit-bukit yang menjulang tinggi yang membuat pemandangan di lokasi wisata ini menjadi indah dan mempesona.

Lokasi Danau lebar ini berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan pekon Gunung Ratu dan pekon Suka Marga Suoh Kabupaten Lampung Barat. Selain Danau lebar tersebut terdapat pula danau asam yang letkanya tidak berada jaugh dari lokasi danau lebar tersebut. Jadi selain mengunjungi danau lebar, Andapun bisa sekalian mengunjungi danau asam sekalian.

Alamat lengkap: Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung
Temukan di Google Map

2. DANAU RANAU 

Danau Ranau

Danau Ranau adalah sebuah danau yang sangat luas dan merupakan salah satu danau terbesar kedua di pulau Sumatera setelah Danau Toba di Sumatra Utara. Lokasi danau ini berada di bawah kaki gunung Seminung yang dikelilingi oleh perbukitan, sehingga semakin menambah lengkap keindahan pemandangan alam di lokasi tersebut.

Danau ini berada di perbatasan dengan provinsi Sumatra Selatan tepatnya di kawasan Ogan KomeringUlu, sehingga kalau Anda mencarinya di google map maka akan di arahkan ke lokasi tersebut.

Bagi Anda yang menyukai dunia photografi, lokasi wisata ini sangat cocok untuk Anda kunjungi, karena Anda bisa mengeksplore kemampuan photografi Anda dengan banyaknya spot photo yang sangat menarik.

Harga Tiket Masuk : Rp. 2.000 (termasuk parkir kendaraan)
Alamat lengkap: Banding Agung Ranau, Tj. Agung, Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan
Temukan di Google Map

3. GUNUNG SEMINUNG 

Gunung Seminung

Obyek wisata berikutnya yang sangat recommended untuk Anda kunjungi adalah kawasan wisata gunung Seminung. Lokasi ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai petualangan dan adventur karena lokasi wisata ini menyediakan trekking menarik untuk para pecinta alam yang suka melakukan pendakian gunung.

Gunung Seminung ini secara geografis masuk kedalam wilayah administratif  provinsi Lampung dan provinsi Sumatera Selatan. Gunung Seminung memiliki ketinggian sekitar 1.881 Mdpl. Dan merupakan tempat yang sangat ideal untuk Anda yang suka melakukan pendakian gunung. Dari puncak gunung Seminung tersebut, Anda dapat menikmati indahnya pemandangan Danau Ranau yang berada di kaki gunung tersebut dan pemandangan pegunungan yang ada di perbatasan antara provinsi Lampung dan provinsi Sumatera Selatan .

Alamat lengkap: Lombok, Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Lampung
Temukan di Google Map

4. PADANG SAVANA SUOH

Padang Savana Suoh
image via [email protected]_ta

Padang savana Suoh adalah obyek wisata alam berupa hamparan padang rumput di wilayah suoh , Kabupaten Lampung Barat. Seperti umumnya padang savana, maka sepanjang mata memandang yang tampak adalah hamparan padang rumput yang begitu luas dan tampak sangat indah.

Padang Savana ini mengingatkan kita dengan padang savana yang ada di kaki gunung Bromo, Jawa Timur. Anda bisa puas mengelilingi lokasi padang savana tersebut dan bagi Anda yang menyukai photografi maka tempat ini juga sangat cocok untuk mengeksplore kemampuan Anda dalam bidang photografi. Ada banyak spot menarik yang bisa menjadi  obyek photografi Anda.

Alamat lengkap: Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung 34872
Temukan di Google Map

5. KERAMIKAN

Lokasi wisata keramikan ini adalah merupakan hasil dari sebuah fenomena alam yang terjadi yaitu lahar gunung berapi yang telah mengeras sehingga membentuk lempengan semen dan terlihat seperti sebuah keramik yang berwarna kekuningan.

Aroma belerang atau zat sulfur sangat terasa menyengat di udara. Ditempat ini Anda perlu berhati - hati agar tidak tergelincir dan terjatuh. Patuhi semua arahan dari pemandu yang ada di lokasi wisata tersebut.

6. KEBUN RAYA LIWA

Kebun Raya Liwa
image via [email protected]_helnia.dn

Ternyata di Kabupaten Lampung Barat terdapat sebuah kebun raya yang sangat menarik yakni kebun raya Liwa. Di lokasi wisata yang terbilang cukup baru ini (kebun raya ini di buka secara resmi pada tahun 2017 yang lalu), Anda dapat melihat dan menikmati koleksi berbagai macam jenis flora yang merupakan jenis tumbuhan langka dan jenis tumbuhan khas yang ada di kebun raya ini.

Kebun raya Liwa (KRL) ini merupakan pusat pengetahuan dan penelitian botani, kawasan konservasi, kawasan pendidikan dan penelitian, dan sekaligus dijadikan sebagai sarana rekreasi di alam terbuka untuk masyarakat Lampung.

Kebun Raya Liwa ini sangat cocok untuk liburan bersama dengan keluarga, dan untuk rombongan sekolah, namun juga romantis untuk Anda bersama dengan pasangan Anda.

Untuk moda Transportasi umum dari kota Bandar Lampung menuju ke lokasi wisata ini, Anda bisa naik bus umum atau travel. Tarif bus umum sekitar Rp.60.000 sedangkan untuk tarif travel sekitar Rp.120.000.

Fasilitas penunjang dan pelengkap yang bisa di gunakan oleh para pengunjung seperti mushola, toilet, gazebo, dan kantin juga sudah tersedia di kebun raya Liwa ini.

Harga Tiket Masuk : Gratis (Anda hanya perlu membayar parkir kendaraan saja)
Alamat lengkap: Way Mengaku, Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat, Lampung 34813
Temukan di Google Map

7. PANTAI TANJUNG SETIA 

Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia merupakan salah satu obyek wisata unggulan dan sangat populer di Lampung Barat, bahkan di provinsi Lampung dan Nasional. Kawasan wisata Tanjung Setia ini adalah tempat favorit berselancar bagi para pecinta selancar yang datang berkunjung, baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Ombak yang tinggi merupakan tempat yang ideal untuk melakukan surfing (berselancar) sehingga tidak heran kawasan wisata ini bayak di kunjungi oleh wisatawan asing dari mancanegara. Hamparan pasir putihnya merupakan perpaduan yang indah yang menjadi magnet bagi para wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini.

Harga Tiket Masuk : Rp. 8.000
Alamat lengkap: Tj. Setia, Kec. Pesisir Sel., Pesisir Bar., Lampung 34875
Temukan di Google Map

8. SITUS MEGALITIK BATU BRAK

Situs Batu Brak

Obyek wisata Batu Brak merupakan sebuah obyek wisata yang merupakan peninggalan zaman batu di masa silam. Lokasi wisata ini berada di Kecamatan Kebun Tebu, Kabupaten Lampung Barat. Situs Megalitik Batu Brak ini di temukan pada tahun 1951 oleh Badan Rekonstruksi Nasional (BRN). Dan sebagai sebuah situs warisan zaman prasejarah maka di lokasi tersebut juga sering dilakukan penelitian oleh para ahli dibidang arkeologi.

Alamat lengkap: Kecamatan Kebun Tebu, Lampung Barat
Temukan di Google Map

9. PANTAI PELABUHAN JUKUNG 

Pantai Labuhan Jukung

Selain pantai Tanjung setia, salah satu obyek wisata pantai lainnya yang cukup menari untuk Anda kunjungi adalah pantai Labuhan Jukung, Lampung Barat. Landscape pantai ini adalah pantai berpasir putih yang memiliki perpaduan yang sangat indah dengan birunya air laut yang jernih dan bersih.

Karena itulah maka pantai Labuhan Jukung ini selalu ramai di kunjungi oleh para wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai yang indah dan segar.

Harga Tiket Masuk : Gratis
Parkir Motor : Rp.5.000
Parkir Mobil : Rp. 10.000

Alamat lengkap: Kp. Jawa, Pesisir Tengah, Kabupaten Lampung Barat, Lampung 34874
Temukan di Google Map

10. REST AREA PUNCAK SUMBERJAYA

Rest Area Puncak Sumberjaya

Kawasan ini pada dasarnya adalah sebuah rest area atau tempat beristirahat bagi para pengendara yang akan memasuki wilayah Lampung Barat atau sebaliknya. Lokasinya berada di Kecamatan Sumberjaya. Karena lokasinya yang memang berada di ketinggian, maka orang - orang kemudian menyebutnya sebagai lokasi wisata puncak. Tempat tersebut dikelilingi oleh deretan pegunungan, perbukitan, dan lembah sehingga ketika Anda berada di sana maka Anda akan melihat sebuah pemandangan yang sangat indah dan mempesona.

Di kawasan tersebut juga terdapat sebuah Masjid yang cukup luas, besar dan juga sangat indah yakni Masjid Aminatul Jannah.

Harga Tiket Mauk : Gratis
Alamat lengkap: Sindang Pagar, Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat, Lampung 34871
Temukan di Google Map

11. BUKIT GERDAY BAWANG BAKUNG 

Bukit Gerday Bawang Bakung
image via [email protected]_anggia_sinambela

Objek wisata yang satu ini merupakan sebuah obyek wisata yang berada di ketinggian sehingga banyak orang yang menyebutnya dengan sebutan negeri di atas awan. Bukit Gerday Bawang Bakung merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer dan banyak di kunjungi oleh wisatawan terutama pada weekend hari Sabtu dan Minggu.

Bukit Gerday Bawang Bakung berada di Pekon (Desa) Negeri Ratu kecamatan Batu Brak kabupaten Lampung Barat. Bukit Gerday Bawang Bakung ini menyuguhkan pemandangan kota Liwa dan sekitarnya dari ketinggian, dan juga pemandangan gunung Pesagi yang merupakan gunung tertinggi di Provinsi Lampung. Gunung tersebut di yakini sebagai lokasi atau tempat kerajaan Sekala Brak di masa silam yang merupakan keturunan suku Lampung.

Lokasi wisata ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Liwa dan dapat di temoyh dalam waktu 20 hingga 30 menit dengan kendaraan. Karena kontur jalannya yang sempit maka Anda di sarankan untuk naik kendaraan roda dua untuk menuju ke lokasi wisata ini.

Daya tarik dari lokasi wisata ini adalah ketika matahari pagi hendak terbit di pagi hari dan keyika matahari akan tenggelam di sore hari. Banyak wisatawan yang senagaja bermalam di lokasi wisata tersebut untuk menikmati dan mengabadikan indahnya proses terbitnya matahari pagi di lokasi tersebut.

Harga Tiket Masuk : Gratis
Alamat lengkap: Negeri Ratu, Batu Brak, Kabupaten Lampung Barat, Lampung 34881
Temukan di Google Map

Itulah uraian artikel tentang Daftar 11 Obyek Wisata Paling Populer Di Lampung Barat. Bagi Anda yang sedang merencanakan untuk pergi berlibur, masukkan daftar wisata di atas ke dalam list Anda.

Post a Comment for "Daftar 11 Obyek Wisata Paling Populer Di Lampung Barat"