Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Obyek Wisata Alam Populer Di Nusa Tenggara Timur (NTT) Yang Wajib Anda Kunjungi


6 Obyek Wisata Alam Populer Di Nusa Tenggara Timur (NTT) Yang Wajib Anda Kunjungi

Provinsi Busa Tenggara Timur memiliki begitu banyak obyek wisata alam yang sangat indah dan mempesona. Semua obyek wisata tersebut sangat layak dan rekomended untuk Anda kunjungi. Salah satu obyek wisata alam yang sudah sangat terkenal di Indonesia adalah Danau kawah gunung Kelimutu.

Sebagai referensi untuk Anda, berikut ini saya akan membagikan kepada Anda tentang 16 Obyek Wisata Alam Populer Di Nusa Tenggara Timur (NTT) Yang Wajib Anda Kunjungi, antara lain:

1. AIR TERJUN CUNCA WULANG 

Air terjun cunca wulang
image via instagram@travelblogen

Obyek wisata Air Terjun Cunca Wulang merupakan salah satu obyek wisata alam yang berada di Labuhan Bajo, Flores, provinsi Nusa Tenggara Timur.  Air Terjun Cunca Wulang berada di kawasan hutan Mbeiling, atau tepatnya berada di Pota Wangka, Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Hutan Mbeiling sendiri adalah salah satu kawasan hutan yang dikategorikan sebagai hutan wisata. Di lokasi ini terdapat air terjun Cunca Wulang yang sangat asri dan menyegarkan mata. Kata Cunca sendiri memiliki arti air terjun, sementara kata Wulang memiliki arti Bulan. Jadi Cunca Wulang maksudnya adalah air terjun ini jika dilihat dari atas seperti jatuh dari bulan. Selain dari air terjun Cunca Wulan tersebut,  ada dua lagi air terjun di kawasan tersebut yaitu Cunca Rami dan Cunca Lolos.

Bagi Anda yang ingin menuju ke kawasan Cunca Wulang, maka Anda harus menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 30 kilometer dari kawasan pelabuhan Labuan Bajo, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dengan menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi. Medan menuju ke kawasan Hutan Mbeiling sendiri memiliki kontur jalan yang lumayan bagus yaitu aspal halus sehingga dapat dengan mudah dilewati oleh kendaraan. Selain itu jalurnya juga tidak terlalu sepi karena jalan yang dilewati tersebut merupakan jalan provinsi yang tentu saja merupakan jalan utama dan dilalui oleh banyak kendaraan.

Alamat Lengkap: Pota Wangka, Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.
Temukan Di Google Map


2. AIR TERJUN OEHALA 

Air terjun Oehala
image via instagram@herrytjiang

Obyek wisata alam selanjutnya yang cukup populer di Nusa Tenggara Timur adalah air terjun Oehala. Air Terjun Oehala, berada di wilayah Timor Tengah Selatan atau tepatnya di Oehala, Batu Putih, Kabupaten Timor Tengah Selatan, provinsi Nusa Tenggara Timur.

Seperti lokasi air terjun pada umumnya, maka di kawasan obyek wisata ini juga menyajikan keasrian dan keindahan alam yang sangat menyegarkan mata Anda. Sejuknya keaslian alam masih dapat Anda jumpai dan Anda rasakan ketika menginjakkan kaki di kawasan Wisata Air Terjun Oehala Ini. Air Terjun Oehala sendiri terdiri dari 7 tingkatan besar yang terbentuk secara alami tanpa adanya campur tangan manusia dalam proses kejadiannya.

Sebelum Anda sampai ke lokasi air terjun tersebut, maka Anda akan menjumpai sebuah undakan anak tangga yang berjumlah 40-an anak tangga dimana Anda harus melewatinya untuk bisa sampai ke lokasi air terjun tersebut.

Lokasi Air Terjun Oehala berjarak sekitar  13 Kilometer dari pusat Kota Soe. Karena lokasinya yang dekat dengan pusat Kota Soe, maka Anda akan dapat dengan mudah mendapatkan sarana transportasi umum untuk menuju ke kawasan tersebut.

Alamat Lengkap: Oehala, Batu Putih, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.
Temukan Di Google Map

3. PEMANDIAN AIR PANAS MENGERUDA 

Air terjun Mengeruda
image via instagram@like_ntt

Pemandian Air Panas Mengeruda merupakan salah satu pemandian air panas alami yang berada di Mengeruda,Desa Piga Kecamatan Soa, Kota Bajawa Kabupaten Ngada, provinsi Nusa Tenggara Timur. Sumber mata air pemandian tersebut berasal dari Gunung Inelika di Bajawa. Pemandian Air panas ini dikenal oleh masyarakat karena memiliki khasiat alami yakni bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit yang sulit untuk di sembuhkan. Selain karena suhunya, pemandian air panas ini juga memiliki kandungan belerang serta zat vulkanis lain yang berasal dari magma bumi yang membuat air panas juga memberikan khasiat menyehatkan dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan terapi kesehatan secara alami..

Bajawa merupakan daerah pegunungan yang dilewati setelah kota Ruteng. Tempat pemandian air panas Soa berada sekitar 18 km dari pusat kota Bajawa, atau perjalanan dari Labuan Bajo selama 8 jam lewat jalan darat dengan menggunakan mobil pribadi. Pemandian air panas ini merupakan salah satu daya tarik utama pariwisata di Bajawa yang sangat diminati oleh wisatawan lokal bahkan mancanegara yang menyempatkan singgah sementara di tengah perjalanannya menuju ke danau Kelimutu.

Alamat Lengkap: Mengeruda, Soa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.
Temukan Di Google Map


4. AIR TERJUN WAIKELO SAWAH 

Air terjun waikelo sawah
image via instagram@ayodolan

Obyek wisata selanjutnya adalah Air Terjun Waikelo Sawah yang merupakan sebuah obyek  wisata alam berupa air terjun yang berada di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Air Terjun Waikelo Sawah berada di tanah yang tandus dan di wilayah yang jarang turun hujan. Air terjun tersebut juga menjadi sumber mata air yang tidak pernah surut dan di manfaatkan oleh masyarakat sekitarnya. Air Terjun Waikelo sendiri dibangun pada tahun 1976.

Air Terjun Waikelo Sawah berlokasi di kaki bukit dan dikelilingi oleh pepohonan yang lebat. Air terjun tersebut berasal dari sebuah kolam dari dalam gua selebar 4 meter dan ketinggian sekitar 3 meter, dimana aliran air tadi kemudian mengalir ke kolam kecil yang berada di mulut gua.

Untuk menuju ke lokasi air terjun ini, Anda dan pengunjung yang lain dapat memulai perjalanan dari Tambolaka. Selanjutnya naik angkutan umum untuk menuju ke Waikelo Sawah. Lokasi obyek wisata ini berjarak hanya sekitar 12 kilometer dari Kabupaten Sumba Barat. Perjalanan ke lokasi tersebut dapat ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Kondisi jalannya sendiri  sangat baik dalam arti sudah beraspal halus dan tidak ada yang berlobang.

Alamat Lengkap: Waikelo Sawah, Tema Tana, Wewewa Tim., Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.
Temukan Di Google Map


5. AIR TERJUN TANGGEDU 

Air terjun Tenggedu
image via instagram@mari_kemana

Obyek wisata alam kelima yang ada di provinsi Nusa Tenggara Timur adalah Air Terjun Tanggedu. Air terjun Tanggedu merupakan sebuah air terjun yang berada di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, provinsi Nusa Tenggara Timur. Air terjun Tanggedu ini dikenal sebagai "Grand Canyon" dari Sumba Timur. Air terjun Tanggedu ini merupakan salah satu obyek wisata alam yang cukup populer di daerah ini. Lokasi obyek wisata tersebut berjarak sekitar 46 kilometer di sebelah utara Kota Waingapu.

Obyek wisata Air terjun ini bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat yang melintasi Desa Mondu dan Kampung Adat Prainatang. Air Terjun Tanggedu memiliki ciri khas yang unik yakni berupa relief pada batu - batuan yang ada di sana. 

Alamat Lengkap: Ndapayami, Kanatang, Ndapayami, Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Tim.
Temukan Di Google Map


6. KAWASAN BUKIT CINTA

Bukit Cinta
image via instagram@fadila4a

Kawasan Bukit Cinta pada kenyataannya adalah  sebuah bukit cantik yang berlokasi dekat dengan Bandara El Tari, Kupang. Bukit cinta sendiri berupa hamparan bukit dengan luas sekitar belasan hektar. Bukit Cinta Kupang memberikan pesona keindahan alam tersendiri dengan hamparan padang rumputnya yang nampak seperti permadani yang berwarna hijau segar ketika musim penghujan tiba. 

Di sekitar bukit tersebut terdapat gua-gua peninggalan zaman penjajahan Belanda yang konon katanya digunakan sebagai tempat persembunyian penjajah Jepang pada saat Perang Dunia ke-2 yang berkecamuk saat itu. 

Lokasi kawasan Bukit cinta berada di pinggiran jalan dan hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari bandara El Tari Kupang. Bagi Anda dan para pengunjung dapat menggunakan transportasi umum yakni rute Kupang-Penfui untuk sampai ke lokasi tersebut dengan membayar ongkos sebesar 3.000 rupiah.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan jasa ojek setempat yang biasanya mangkal di bundaran dekat dengan lokasi tersebut dengan ongkos berkisar antara 5.000-10.000 rupiah. 

Alamat Lengkap: Penfui Tim., Kupang Tengah, Kupang, Nusa Tenggara Timur.
Temukan Di Google Map

Itulah 6 Obyek Wisata Alam Populer Di Nusa Tenggara Timur (NTT) Yang Wajib Anda Kunjungi. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.

Post a Comment for "6 Obyek Wisata Alam Populer Di Nusa Tenggara Timur (NTT) Yang Wajib Anda Kunjungi"