Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Obyek Wisata Pantai Populer Di Nusa Tenggara Timur (NTT) Yang Wajib Anda Kunjungi


11 Obyek Wisata Pantai Populer Di Nusa Tenggara Timur (NTT) Yang Wajib Anda Kunjungi

Kawasan Indonesia timur memiliki banyak sekali obyek wisata yang sangat menarik, indah dan mempesona serta sangat recommended untuk Anda kunjungi. Salah satu provinsi di kawasan Indonesia timur yang memiliki banyak obyek wisata menarik adalah provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Selain obyek wisata alamnya yang sudah sangat terkenal, provinsi ini juga menyimpan potensi lain yakni obyek wisata pantai yang sangat menarik untuk Anda kunjungi.

Pada artikel kali ini media travelling akan membagikan kepada Anda yaitu 11 Obyek Wisata Pantai Populer Di Nusa Tenggara Timur (NTT) Yang Wajib Anda Kunjungi, antara lain:

1. MANTA POINT

Manta Point

Obyek wisata Manta Point ini terletak di kawasan Labuan Bajo, atau tepatnya berada di Loh Liang, Pulau Flores yang letaknya berada setelah Pantai Merah Muda (Pink beach). Manta Point sendiri merupakan obyek wisata yang sangat eksotis, menarik dan menawan yang menyuguhkan ekosistem bawah laut yang sangat kaya dan beraneka ragam. 

Bukan saja ekosistem bawah lautnya yang indah, ternyata ekosistem daratnya pun tidak kalah menariknya dengan adanya binatang komodo yang ada di kawasan tersebut. Disebut sebagai Manta Point adalah karena saat para wisatawan menyelam, maka mereka dapat berjumpa dengan ikan-ikan Pari (Manta) yang sangat menyenangkan.

Ikan Pari Manta (Manta birostris) sendiri merupakan salah satu jenis spesies ikan pari terbesar yang ada di dunia. Lebar bagian tubuhnya mulai dari ujung sirip dada sampai ke ujung sirip lainnya dapat mencapai hampir 7 meter (bahkan menurut sebuah laporan ada yang mengatakan bahwa ada ikan pari manta yang lebar tubuhnya mencapai hingga 9,1 meter). Bobot terberat dari ikan pari manta sendiri yang pernah diukur mencapai hingga 3 ton. 

Kawasan obyek wisata Manta Point ini dapat ditempuh dalam waktu  4-6 jam (tergantung pada cuaca) dari pulau Bali dengan menggunakan kapal Feri.

Aktivitas utama yang dapat Anda lakukan di kawasan ini adalah diving dan snorkeling. Kawasan ini sangat menarik untuk aktivitas diving dan snorkeling karena terletak di sebuah teluk yang di kelilingi oleh tebing - tebing besar yang menjulang dan karena banyaknya terumbu karang yang sangat indah.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke kawasan wisata yang berada di Nusa Penida ini adalah pada bulan Juli hingga September, karena pada bulan - bulan tersebut arus bawah laut di kawasan ini sangat mendukung untuk kegiatan diving dan snorkeling.

Untuk menuju ke kawasan Manta Point ini Anda tidak perlu khawatir karena banyak tersedia agen wisata di kawasan tersebut yang menawarkan paket wisata ke kawasan Manta Point ini.

Alamat Lengkap: Komodo, Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.
Temukan di Google Map

2. PANTAI BATU BIRU

Pantai Batu Biru

Pantai Batu Biru Penggajawa adalah sebuah Pantai yang terletak di Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pantai ini terletak di Nangapanda, tak jauh dari Ende, Nusa Tenggara Timur.

Penggajawa sendiri merupakan pantai berbatu yang sangat unik dan jarang sekali ditemukan di tempat lain. Jika sebuah pantai pada umumnya dihiasi oleh hamparan pasir berwarna putih, maka di pantai ini yang ada adalah batu-batu yang berwarna biru kehijauan. Hamparan batu - batu tersebut mendominasi di sepanjang garis pantai di kawasan tersebut.

Daya Tarik Pantai Batu Biru 

Pantai Batu Biru memiliki garis pantai yang sangat panjang. Pantai Batu Biru nampak sangat cantik karena disepanjang pantainya terdapat batuan berwarna biru kehijauan dalam jumlah yang sangat banyak. Selain memiliki keunikan batuan berwarna biru kehijauan, pantai ini juga  memiliki batuan dengan warna lain seperti ungu, kuning, dan merah. 

Konon menurut cerita yang berkembang di kawasan itu, bebatuan yang ada di kawasan pantai ini berasal dari dasar laut dan terseret oleh ombak. Batu-batu cantik tersebut akhirnya terdampar di pinggiran pantai tersebut. Penduduk disekitar pantai pun banyak yang berprofesi sebagai penambang batu tersebut. Mereka biasanya akan menyortir dan memilih batu berdasarkan warna, bentuk dan juga ukurannya dan kemudian menjualnya kepada pengepul dengan harga 25 ribu hingga 30 ribu per kilogram.

Lokasi Dan Rute (Akses) Ke Pantai Batu Biru 

Untuk menuju ke lokasi pantai Batu Biru ini, Anda bisa mengambil jalur dari pusat kota Ende dengan jarak sekitar 20 km menuju Pantai Batu Biru. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum untuk bisa sampai ke pantai tersebut.

Jika Anda naik moda angkutan umum, maka Anda bisa menuju ke Terminal Nao dan kemudian berganti angkutan lain yang menuju ke Nanga Panda. Selanjutnya Anda bisa meminta kondektur agar menurunkan Anda di Pantai Batu Biru karena angkutan tersebut memang memiliki trayek yang melewati garis pantai di kawasan tersebut.

Alamat Lengkap: Penggajawa, Nangapanda, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.
Temukan di Google Map

3. PANTAI NEAM

Pantai Naem
image via [email protected]_joeliussitepoe

Pantai Neam merupakan salah satu pantai yang cukup populer di NTT.  Pantai unik ini terletak di sekitar kota Kupang yang merupakan ibukota provinsi Nusa Tenggara Timur. Ladscape Pantai Neam ini sangat menantang dan cocok untuk Anda yang memiliki jiwa adventure atau petualangan. Untuk mencapai lokasi pantai ini di butuhkan fisik yang prima, karena melewati pedesaan yang pintunya ditutup, jalan yang berliku-liku dengan waktu tempuh sekitar 3 jam dari Kupang. Anda juga harus melewati hutan belantara yang ada di sana. Namun demikian rasa lelah akan terbayar lunas ketika Anda sampai di lokasi pantai ini, karena pemandangannya yang indah dan eksotis sekali.

Alamat Lengkap:-
Temukan di Google Map


4. PANTAI NEMBERALLA 


Pantai Nemberalla

Pantai Nemberala ini berada di pulau Rote yang memiliki luas kurang lebih sekitar 1.214 kilometer persegi. Lokasinya terletak di desa Nemberala, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dan berbatasan langsung dengan lautan lepas yakni Samudera Hindia. Pantai Nemberala ini juga merupakan salah satu pantai favorit yang menjadi tujuan wisatawan dari manca negara, terutama mereka yang memiliki hobi berselancar di lautan lepas, karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan merupakan salah satu yang terbaik yang ada di Indonesia.

Perjalanan menuju ke pantai ini dapat ditempuh dengan waktu sekitar 25 menit dengan menggunakan pesawat terbang dari bandara El Tari Kupang ke bandara David Constantine Saudale yang terletak di Pulau Rote. Anda juga dapat menggunakan kapal feri cepat yang berangkat dari pelabuhan Tenau di Kupang menuju ke pelabuhan Ba'a di Kabupaten Rote Ndao, dengan waktu tempuh kurang lebih satu sampai dua jam.

Salah satu hal yang menarik di pantai ini adalah pemandangan di kala matahari terbenam yang begitu cantik dan mempesona.

Alamat Lengkap: Beach Resort, Nemberala, Rote Bar., Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.
Temukan di Google Map

5. PANTAI PASIR PANJANG 

Pantai Pasir Panjang

Lokasi wisata Pantai Pasir Panjang ini terletak di Pasir Panjang, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pantai Pasir Panjang memiliki panorama laut berwarna biru indah yang dapat dinikmati oleh para wisatawan yang datang berkunjung kesana.

Pantai Pasir Panjang juga menawarkan landscape berupa hamparan pasir yang lembut dan memanjang hingga mencapai 1 kilometer. Keindahan hamparan  pasir putih tersebut dan disertai dengan warna air laut yang tampak biru menjadikan kawasan pantai ini sangat menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan yang berasal dari mancanegara. 

Untuk mencapai lokasi wisata pantai ini, Anda bisa berangkat dari pelabuhan Tanjung Perak kota Surabaya menuju ke Larantuka. Perjalanan tersebut dapat ditempuh dalam waktu sekitar 64 jam.

Alamat Lengkap: Jl. Pasir Panjang No.89, Sedau, Singkawang Sel., Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79163
Temukan di Google Map

6. PANTAI TABLOLONG 

Pantai Tablolong
image via [email protected]_98

Salah satu obyek wisata pantai lainnya yang cukup menarik adalah Pantai Tablolong. Pantai Tablolong merupakan sebuah kawasan wisata pantai yang berada di Tablolong, Kupang, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pantai ini memiliki keindahan alam pantai yang menyajikan  hamparan pasir putih yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang datang kesana. Kawasan Pantai Tablolong ini terletak diantara Pulau Rote dan pulau Timor.

Alamat Lengkap: Tablolong, Kupang Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur.
Temukan di Google Map


7. PANTAI TIMOR 

Pantai Timor
image via [email protected]_tyas

Selanjutnya adalah Pantai Timor yang merupakan salah satu obyek wisata pantai yang ada di Kota Kupang , provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pantai Timor sendiri berada tidak jauh dari Kampung Solor Kupang. Di kawasan pantai Timor ini Anda bisa menikmati keesksotisan lumut yang tumbuh di batu karang yang tersusun secara acak sehingga menambah kemisteriusan Pantai Timor tersebut. 

Alamat Lengkap: Jl. Timor Raya, Naimata, Maulafa, Todekisar, Kec. Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.
Temukan di Google Map

8. PULAU ALOR 

Pulau Alor

Alor merupakan nama dari sebuah pulau yang berada di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Luas wilayah pulau Alor ini sekitar 2.119 km², dan titik tertingginya berada pada 1.839 mdpl. Pulau Alor merupakan salah satu dari 92 pulau terluar di Indonesia karena berbatasan langsung dengan negara Timor Leste di sebelah selatan.

Pulau Alor ini memiliki keindahan alam yang sangat indah, selain itu juga memiliki ekosistem bawah laut yang sangat mempesona dengan aneka terumbu karang, ikan dan tumbuhan laut lainnya.

Di Pulau Alor ini terdapat sebuah kitab suci umat Islam yakni Al-Quran yang berusia sangat tua dan terbuat dari bahan kulit kayu yang ditulis dengan tinta ramuan tradisional yang diperkirakan berusia lebih dari 800 tahun. Peninggalan tersebut adalah sebuah bukti sejarah tentang keberadaan Islam di kawasan pulau  Alor ini.

Bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke pulau Alor,  bisa berangkat dari Kupang dengan naik kapal feri dengan waktu tempuh sekitar 12-13 jam menuju ke Larantuka. Kemudian bisa melanjutkan perjalanan dengan naik perahu kayu menuju ke pelabuhan laut Kalabahi dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Di depan pelabuhan Kalabahi yang berada di Kepulauan Alor ini, terbentang Taman Laut Selat Pantar yang juga menarik untuk Anda kunjungi.

Di kawasan pulau Alor ini tersedia fasilitas yang cukup lengkap seperti rumah makan, penginapan, pemandu wisata, dan perdagangan souvenir khas Pulau Pantar.

Alamat Lengkap: Kalabahi Kota, Tlk. Mutiara, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.
Temukan di Google Map

9. PANTAI KOLBANO 


Pantai Kolbano

Pantai Kolbano merupakan obyek wisata pantai yang berada di Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Untuk bisa sampai ke pantai ini, Anda perlu menempuh jarak sekitar 135 kilometer dengan lama perjalanan sekitar 3 jam.

Lanscape alam dan jalanan perbukitan, naik turun, bergelombang tanjakan dan turunan yang sangat curam menjadi sebuah tantangan yang wajib Anda lalui untuk menuju kawasan pantai ini. Namun kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat luar biasa mulai dari hutan, sawah, ladang yang begitu segar dan mempesona.

Alamat Lengkap: Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.
Temukan di Google Map

10. TAMAN LAUT 17 PULAU RIUNG 

Taman Laut 17 Pulau Riung

Taman Laut 17 Pulau Riung merupakan salah satu dari sekian banyak taman laut yang ada di Indonesia. Lokasinya berada di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Taman laut tersebut merupakan gugusan pulau-pulau kecil dan besar yang memanjang mulai dari Toro Padang di sebelah barat hingga ke Pulau Pangsar di sebelah timur. Untuk mencapai kawasan taman ini, para pengunjung harus melewati jalan bukit yang berliku dengan jalanan sempit yang naik turun dan berada di tepi jurang.

Kawasan taman ini di huni oleh banyak binatang seperti Komodo, Biawak timor, Ayam hutan, Musang, Kera, Landak, Rusa timor, Kuskus, Buaya, Elang, Bluwok, Bangau putih, Burung nuri, Burung tekukur, Burung Wontong atau Burung gosong, Kelelawar bangau hitam, dan burung perkici dada kuning. Sementara itu ekosistem bawah lautnya menyajikan pemandangan berupa mawar laut yang melambai-lambai dan kumpulan telur kelinci laut raksasa yang terikat oleh lendir dan membentuk rumbaian berwarna merah menyala.

Nama Taman Laut 17 Pulau Riung diambil dari tanggal proklamasi kemerdekaan RI yakni 17 Agustus 1945. Penggunaan nama tersebut dimaksudkan agar mudah diingat oleh masyarakat Indonesia.

Ketujuh belas pulau utama yang berada di kawasan Taman Laut 17 Pulau Riung, antara lain:

  1. Pulau Ontoloe (pulau terbesar)
  2. Pulau Pau
  3. Pulau Borong
  4. Pulau Dua
  5. Pulau Kolong
  6. Pulau Lainjawa
  7. Pulau Besar
  8. Pulau Halima atau Pulau Nani
  9. Pulau Patta
  10. Pulau Rutong
  11. Pulau Meja
  12. Pulau Bampa atau Pulau Tampa atau Pulau Tembang
  13. Pulau Tiga atau Pulau Panjang
  14. Pulau Tembaga
  15. Pulau Taor
  16. Pulau Sui
  17. Pulau Wire
Kawasan Taman Laut 17 Pulau Riung adalah obyek wisata pantai yang terletak di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Flores, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kawasan Taman ini terdiri dari 24 gugusan pulau-pulau kecil yang sangat indah. 

Pulau Rutong dan Pulau Ontoloe adalah pulau yang paling terkenal. Wisatawan biasanya mendirikan tenda untuk camping di kawasan pantai Pulau Rutong. Kita bisa melihat daratan pulau-pulau lain dari Pulau Rutong sehingga sangat sedap dipandang mata.

Pengunjung bisa melakukan aktivitas berenang, snorkeling, atau  berkeliling kawasan tersebut dengan perahu nelayan setempat.

Pulau Ontoloe yang lebih dikenal dengan sebutan Pulau Kelelawar, ia dikelilingi oleh hutan bakau yang menjadi rumah bagi ribuan spesies kelelawar. Pemandangan terbaik dapat dilihat ketika senja menjelang terbenamnya matahari, yakni saat kelelawar keluar dari sarangnya, beterbangan mencari makan.

Alamat Lengkap: Riung 17 islands, Nangamese, Riung, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.
Temukan di Google Map


11. PULAU SEMAU 

Pulau Semau

Semau merupakan nama dari sebuah pulau yang berada di perairan sebelah barat Pulau Timor, atau di sebelah barat Kota Kupang. Pulau Semau ini tersusun dari pasir putih, dan  gugusan karang.

Nama asli dari pulau Semau adalah Nusa Bungtilu yang berarti Pulau Bunga Tiga Warna. Bunga yang dimaksud adalah bahan kapas yang biasa dipakai untuk menenun kain adat, dan memiliki ciri khas unsur tiga warna, yakni hitam, putih, dan merah.

Alamat Lengkap: Onansila, Semau Sel., Kupang, Nusa Tenggara Timur.
Temukan di Google Map

Itulah 11 Obyek Wisata Pantai Populer Di Nusa Tenggara Timur (NTT) Yang Wajib Anda Kunjungi. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.

Post a Comment for "11 Obyek Wisata Pantai Populer Di Nusa Tenggara Timur (NTT) Yang Wajib Anda Kunjungi"