Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar 10 Oleh-oleh Khas Pringsewu Terpopuler

lambang-kabupaten-pringsewu
credit:https://www.pringsewukab.go.id/

Pringsewu adalah salah satu kabupaten yang termuda di provinsi Lampung, Indonesia. Pringsewu pada awalnya adalah sebuah kota kecamatan yang masuk kedalam wilayah Kabupaten Lampung Selatan. 

Kemudian seiring dengan era reformasi dan otonomi daerah, Kabupaten Lampung Selatan megalami pemekaran menjadi Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Tanggamus. Dan Pringsewu masuk kedalam wilayah administrtif Kabupaten Tanggamus.

Kemudian, Kabupaten Tanggamus juga mengalami pemekaran kemabli menjadi Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Pringsewu, sehingga akhirnya Pringsewu menjadi sebuah Kabupaten yang berdiri sendiri.

Dari segi pendidikan kependudukan, kesejahteraan, dan pendapatan daerah, kabupaten ini mengalami perkembangan yang pesat dan positif. Pringsewu adalah nama yang diberikan untuk kabupaten ini karena dulunya ditumbuhi pohon bambu yang rimbun.

Keindahan alam di Kabupaten Pringsewu sungguh mempesona. Bahkan, banyak pelancong dari seluruh dunia mengunjungi kawasan ini untuk berlibur atau sekadar berfoto. Selain itu, Kabupaten ini menawarkan berbagai macam souvenir menarik, jadi pastikan untuk menyimpannya.

Kerajinan yang dibuat di distrik ini sama menariknya dengan yang dibuat di bagian lain negara ini. Ini menarik sejumlah besar wisatawan yang ingin membelinya. 

Beragamnya oleh-oleh yang ditawarkan dijamin akan menggugah rasa penasaran Anda untuk membelinya. Anda bisa membeli oleh-oleh khas Pringsewu di sini.

Selama berkunjung ke Pringsewu, Anda dapat membeli berbagai oleh-oleh unik. Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Pringsewu yang mungkin ingin Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Sepuluh oleh-oleh khas Pringsewu adalah sebagai berikut:

1. Keripik Pisang 

keripik-pisang

Pisang banyak terdapat di Provinsi Lampung, khususnya di Kabupaten Pringsewu. Bahkan saking melimpahnya, provinsi Lampung juga terkenal sebagai Provinsi penghasil pisang terbesar di Indonesia. 

Karena buahnya yang melimpah, penduduk setempat mengolahnya menjadi keripik pisang. Ada berbagai macam rasa yang tersedia, seperti jagung bakar, coklat, susu, dan banyak lainnya, yang pasti akan memuaskan lidah Anda.

Camilan ini dibuat dengan irisan tipis pisang yang telah digoreng dan dibumbui sesuai selera. Ini memiliki rasa yang renyah dan beraroma yang menarik bagi banyak orang. Selama berada di kawasan ini, tak ada salahnya membeli keripik pisang khas Pringsewu sebagai oleh-oleh atau untuk dikonsumsi sendiri.

2. Kue Lapis Legit 

kue-lapis-legit

Kue Lapis legit adalah kue tradisional Indonesia yang cukup terkenal. Kue ini berasal dari Portugal, Belanda, dan Indonesia sebagai kue akulturasi. Kue ini dikenal sebagai spekoek di Lampung. 

Tepung terigu, telur ayam, mentega, dan bahan-bahan lain dalam jumlah besar digunakan untuk membuat kue ini. Persiapan harus dilakukan dengan cermat agar dapat disajikan dengan tepat.

Sesuai dengan namanya, tekstur kue ini memang asli. Bentuknya unik, dengan lapisan hitam dan kuning. Kue ini sangat lembut ketika masuk ke mulut saat dimakan, sehingga cocok untuk disajikan sebagai camilan di rumah.

Jika dibandingkan dengan kue tradisional lainnya, harga lapis legit relatif mahal. Namun, jika Anda sedang mencari oleh-oleh berkualitas tinggi dari daerah Pringsewu, makanan ini adalah pilihan yang tepat. Banyak wisatawan yang datang untuk membelinya karena memiliki cita rasa unik yang sulit ditemukan di tempat lain.

3. Kerupuk Ikan Cumi

kerupuk-cumi
credit:https://budaya-indonesia.org/

Cumi-cumi yang sudah diolah biasa disajikan sebagai lauk nasi. Namun, di daerah Pringsewu, cumi-cumi dijadikan kerupuk yang cocok untuk camilan di rumah. 

Banyak wisatawan yang menginginkan kerupuk ini karena rasanya yang gurih dan renyah. Kerupuk ini dibungkus dengan nyaman sehingga Anda bisa membawanya pulang.

Kerupuk ini kaya akan asam amino, protein, vitamin B, dan asam lemak omega 3 yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan. Karena harganya yang sangat murah, Anda tidak perlu khawatir membayar lebih untuk jajanan lezat ini. Alhasil, camilan ini sangat cocok untuk dibawa pulang.

4. Kue Semprong 

kue-semprong

Kue semprong merupakan kue dengan tekstur renyah yang direntangkan seperti pipa. Terlepas dari kenyataan bahwa orang Portugis menemukan dan membawa kue ini, kue semprong yang dibuat oleh penduduk daerah Pringsewu memiliki rasa yang lebih unggul karena modifikasi dari resep kue aslinya.

Kue ini hadir dalam berbagai rasa, termasuk cokelat, wijen, durian, dan berbagai macam lainnya, yang semuanya enak jika dicampur. Harganya yang terjangkau, menjadikannya sebagai oleh-oleh yang ideal bagi pengunjung yang berkunjung ke wilayah Pringsewu.

5. Bolu Tape

bolu-tape

Bolu tape adalah masakan khas yang terbuat dari singkong atau ketan yang telah difermentasi. Tape dijadikan kue bolu di kabupaten ini yang berbahan dasar tepung terigu, telur, vanili, dan tape.

Saat di mulut, perpaduan yang pas antara tape dan sponge ini terasa sangat lembut. Pelancong lokal dan asing sama-sama sering membeli kue ini sebagai kenang-kenangan atau untuk dimakan sendiri. Spons ini sudah tersedia di toko-toko souvenir di seluruh wilayah Pringsewu.

6. Kopi Durian

kopi-durian

Kopi dibuat dari biji kopi pada umumnya. Kopi telah diberikan berbagai komponen seperti coklat yang banyak diminati masyarakat akibat perkembangan zaman. Namun kopi dari daerah Pringsewu ini mengandung ekstrak durian yang memadukan rasa asam kopi dengan manisnya buah durian asli.

Banyak peminum kopi yang tertarik dengan inovasi kopi baru ini. Ekstrak durian ini berasal dari durian yang sudah matang. Keunikan kopi ini telah memikat wisatawan baik lokal maupun internasional untuk membeli dan mencicipinya. Kopi ini juga bisa dibeli secara langsung atau online.

7. Ikan Lele Asap

ikan-lele-asap
credit:[email protected]_kitchen

Ikan lele merupakan jenis ikan yang banyak ditemukan di Indonesia. Ikan lele biasa diolah menjadi lalapan, pecel lele, dan produk lainnya. Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, memiliki olahan ikan lele yang sangat khas. Lele asap adalah lele olahan. Ikan lele ini dibuat dengan cara diasap, sesuai dengan namanya.

Karena ukuran dan kelimpahannya yang besar, lele afrika, terkadang dikenal sebagai lele raksasa, digunakan dalam menu ini. Jika ingin membeli masakan ini tidak perlu khawatir karena ikan lele asap tidak cepat rusak. Ikan lele ini disediakan dalam kemasan plastik tebal yang membuat pengangkutannya cukup nyaman.

8. Dodol Sirsak 

dodol-sirsak
credit:[email protected]_asih

Dodol hadir dalam berbagai rasa, termasuk dodol pandan yang merupakan makanan pokok di Lampung. Dodol rasa sirsak ini terbuat dari santan, gula, tepung ketan, jahe, dan pala di daerah Pringsewu.

Hidangan ini juga dikatakan menawarkan banyak manfaat kesehatan karena mengandung antioksidan dan kandungan serat tinggi yang membantu pencernaan. Camilan ini juga mengandung vitamin C, B1, dan B2 yang bermanfaat untuk aktivitas tubuh. Dodol ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang sangat menggugah selera.

Dodol sirsak di wilayah Pringsewu banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena harganya yang murah, rasanya yang enak, dan beberapa manfaat untuk kesehatan. 

Jika Anda sedang berkunjung atau berlibur di kawasan Pringsewu, pastikan untuk membeli dodol ini karena rasanya yang selalu bikin ketagihan.

9. Kerajinan Bambu 

kerajinan-bambu
credit:[email protected]_bamboocraft

Kerajinan bambu merupakan ciri khas Kabupaten Pringsewu. Seperti namanya, kerajinan ini terbuat dari bambu yang dapat dibentuk menjadi kursi, meja, dan berbagai dekorasi bambu untuk digunakan di rumah Anda. Karena biayanya yang murah, sangat cocok bagi Anda yang memiliki sumber daya terbatas.

Banyak orang, terutama pengunjung yang berkunjung ke kawasan ini, tertarik dengan kerajinan ini. Hal ini terlihat dari banyaknya kerajinan yang dipesan dari luar Lampung karena kualitasnya yang tinggi. Mereka yang mencari furniture bambu harus pergi ke lingkungan Pringsewu, yang menawarkan kualitas terbaik.

10. Kain Tapis

kain-tapis
credit:[email protected]_hepiku

Karena kualitas tinggi dan daya tarik estetika, kain tapis adalah andalan provinsi ini. Benang kapas ditenun menjadi kain ini. Benang emas, benang katun, dan kain tenun yang disebut sanwos adalah beberapa bahan lain yang digunakan. Pernikahan sering menggunakan penggunaan kain saring. Kain ini banyak digunakan untuk pakaian wanita.

Warna perak dan emas mendominasi kain ini, yang memiliki motif flora dan satwa liar yang mirip dengan kain filter marginal. Selain itu, terdapat berbagai macam motif pada kain ini, seperti motif rumah pada kain tapis Andak cucuk. Kain saring pepadun adalah alternatif yang lebih keras dan sederhana dari jenis kain saring lainnya.

Kain ini bisa dibuat dengan berbagai cara. Ada dua jenis metode: manual dan modern. Tergantung pada jumlah pekerjaan, kerumitan, dan usia kain, kain saring yang diproduksi secara manual dapat berharga lebih dari 5 juta rupiah. Karena diproduksi secara massal, kain saring yang dikerjakan secara modern dengan mesin bordir lebih murah.

Banyak wisatawan membeli kain saring yang diproduksi oleh mesin bordir karena harganya yang terjangkau dan kualitasnya yang sangat baik. Alhasil, kain ini wajib Anda beli saat berlibur di kabupaten Pringsewu agar memiliki keindahan kain yang tiada tara. Ketika Anda membeli kain saring ini, Anda juga melestarikan lingkungan.

Itulah Daftar 10 oleh-oleh khas Pringsewu terpopuler yang bisa Anda beli saat berkunjung atau berlibur bersama keluarga. Banyaknya jenis oleh-oleh yang ditawarkan di kabupaten ini memiliki keunikan rasa dan cita rasa tersendiri yang akan membuat Anda tertarik untuk membelinya.

Post a Comment for " Daftar 10 Oleh-oleh Khas Pringsewu Terpopuler "