Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar 10 Oleh - Oleh Khas Tanggamus Terpopuler

lambang-kabupaten-tanggamus-lampung

Kabupaten Tanggamus memiliki berbagai macam jenis oleh-oleh khas daerah yang unik dan menarik. Di Kabupaten Tanggamus ini juga banyak terdapat obyek wisata dan toko - toko souvenir yang menjual oleh-oleh menarik yang bisa Anda bawa pulang.

Kabupaten Tanggamus merupakan salah satu daerah di mana pengunjung dapat menikmati berbagai macam jenis wisata. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata edukasi, wisata religi, dan wisata keluarga, semua ada di daerah ini.

Akibatnya, kabupaten di Provinsi Lampung ini sangat ramai, terutama saat hari libur. Jika Anda mengunjungi daerah ini untuk berlibur, jangan lupa untuk membawa beberapa kenang-kenangan untuk keluarga Anda di rumah.

Kabupaten Tanggamus memiliki beragam masakan unik yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Makanan ini bahkan bisa bertahan hingga 3 hari atau 1 bulan dalam banyak kasus. 

Makanan - makanan tersebut dijual di toko suvenir, toko makanan beku, dan kios pinggir jalan. Oleh - oleh tradisional Tanggamus dalam bentuk masakan sangat terjangkau harganya.

Selain kuliner, ada pula oleh-oleh lain yang tak kalah indahnya dengan yang ada di daerah lain di Indonesia. Oleh karena itu, setiap orang yang berencana mengunjungi Kabupaten Tanggamus harus membaca ulasan di bawah ini dengan seksama. 

Berikut ini adalah daftar 10 oleh-oleh khas Tanggamus terpopuler yang patut Anda pertimbangkan untuk dibeli ketika sedang berlibur di daerah ini, yaitu:

1. Iwan

iwan-khas-tanggamus

Daftar yang pertama adalah Iwan. Hmm, kedengarannya seperti nama orang ya? Iwan adalah salah satu oleh-oleh khas Tanggamus. Iwan berbentuk seperti bakso, namun tidak terbuat dari daging sapi. 

Karena Tanggamus dekat dengan air, makanan ini dibuat dengan daging ikan segar. Karena perpaduan rasa manis dan asinnya yang membuat ketagihan, makanan ini sangat cocok sebagai kenang-kenangan.

Camilan ini bisa disiapkan lalu dipadukan dengan kuah kaldu atau bakso. Anda juga bisa makan iwan goreng sampai renyah jika Anda lebih suka camilan kering. Iwan goreng enak disajikan dengan sambal atau dipadukan dengan saus cuka merah.

Bagi yang berminat membeli snack ini bisa dalam bentuk mint yang dikemas dalam plastik tebal dan kedap udara. Ini tersedia di toko makanan beku. Ini juga tersedia untuk dibeli dari toko atau stand pinggir jalan. Satu iwan dapat dibeli hanya dengan Rp. 500 sampai Rp. 1.000.

2. Pisang Mas Kirana

pisang-mas-kirana
credit:instagram@ypray0gi

Lampung dikenal untuk barang-barang taman, terutama pisang. Salah satunya di Kabupaten Tanggamus yang merupakan tempat penanaman pisang Mas Kirana. 

Panen pisang di Kabupaten Tanggamus memakan waktu kurang lebih 9 bulan. Pisang yang dipanen dari pohonnya tidak selalu langsung matang sekali, dan bisa memakan waktu hingga empat hari untuk matang.

Saat Anda berkunjung ke Kabupaten Tanggamus, pisang ini dijadikan oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang. Pisang ini akan digunakan untuk membuat banana sale. Jika dibandingkan dengan penjualan pisang lainnya, penjualan pisang biasa Kabupaten Tanggamus memiliki rasa yang enak.

3. Otak - Otak Khas Tanggamus

otak-otak-khas-tanggamus
credit:instagram@elsafooddiary

Mendengar kata otak - otak bukanlah hal baru bagi kita. Hasil laut digunakan untuk membuat masakan olahan ini. Otak-otak adalah hidangan populer di Indonesia, khususnya di kalangan masyarakat Kota Agung Tanggamus. Salah satu daerah yang menyajikan masakan berbahan dasar seafood ini adalah Kota Agung Tanggamus.

Otak-otak Kota Agung Tanggamus memiliki rasa yang gurih dengan daging yang lembut dan aroma yang khas. Dalam bentuk cuka merah dan saus kacang, otak ini memiliki sahabat yang baik. Otak-otak ini bisa dibeli dengan harga Rp. 1.000 per otak-otak. 

4. Kopi Ulubelu

kopi-lampung
credit:instagram@robean_coffeeroastery

Provinsi Lampung dikenal sebagai penghasil kopi Robusta yang cukup terkenal. Kopi Ulubelu merupakan salah satu kopi olahan Lampung. Nama kopi ulubelu berasal dari Kabupaten Tanggamus yang merupakan daerah penghasil kopi. Rasa asam dari kopi ulubelu ini sudah terkenal.

Kopi Robusta Lampung berbeda dengan kopi robusta lainnya. Bentuk biji kopi ulubelu lebih bulat dibandingkan biji kopi robusta lainnya. Aroma yang dikeluarkan oleh biji kopi ulubelu hampir identik dengan aroma coklat.

Ada banyak jenis kopi ulubelu yang tersedia. Kopi ulubelu asli, kopi ulubelu lanang, kopi emas ulubelu, dan kopi ulubelu spesial terbatas semuanya tersedia. Kopi ulubelu ini dikemas secara kekinian. 

Untuk mendapatkan kopi ini, Anda harus membayar Rp 25.000 per 150 gram untuk kopi ulubelu tradisional dan Rp 40.000 per 150 gram untuk ulubelu gold.

5. Keripik Pisang

keripik-pisang-khas-tanggamus
credit:instagram@ikm_tanggamus

Provinsi Lampung memiliki makanan olahan yang cukup terkenal yaitu keripik pisang. Hal ini tentu bisa di maklumi karena Lampung adalah provinsi penghasil pisang terbesar di Indonesia. 

Tanggamus merupakan salah satu daerah pembuatan keripik pisang. Pisang Ambon adalah pisang yang paling umum digunakan. Jenis pisang lainnya, juga dapat diolah menjadi keripik pisang Tanggamus asli.

Keripik pisang tanggamus tersedia dalam berbagai macam rasa. Ada rasa coklat, keju, manis, asin, dan rasanya unik. Wisatawan yang berkunjung ke Lampung, khususnya Tanggamus, sering membeli keripik pisang ini sebagai kenang-kenangan untuk keluarga di kampung halaman.

6. Bekasam

bekasam
credit:instagram@nadianadia6822

Saat berkunjung ke Kabupaten Tanggamus, Anda bisa membeli bekasam sebagai oleh-oleh. Bekasam merupakan makanan olahan produksi Kota Agung Tanggamus. 

Bekasam mengacu pada produk ikan yang telah difermentasi menggunakan proses tradisional. Fermentasi ini dilakukan untuk memperpanjang umur ikan beberapa hari.

Bekasam tidak hanya untuk Anda buat sebagai kenang-kenangan; itu juga digunakan untuk melayani dalam upacara tradisional atau untuk menyambut tamu. 

Jika Anda ingin membelinya dan memberikannya sebagai oleh-oleh, ada berbagai tempat di Kota Besar Tanggamus yang bisa Anda lakukan. Penduduk setempat biasanya banyak yang menjual bekasam ini.

7. Kain Tapis

kain-tapis
credit:instagram@geraihepiku

Jika Anda berkunjung ke Provinsi Lampung, khususnya Kabupaten Tanggamus, tidak lengkap rasanya jika tidak membeli kain asli Kabupaten Tanggamus ini. 

Kain tapis merupakan tekstil Kabupaten Tanggamus dengan tema hewan atau tumbuhan dengan dominasi warna emas dan perak. Motif lain seperti motif alam juga dapat ditemukan pada kain saring ini.

Kain cucuk andak tapis dengan desain domestik dan alam, kain saring marginal dengan motif tumbuhan dan hewan, dan kain pepadun tapis hanyalah beberapa contohnya. Wanita menggunakan teknologi tradisional dan modern untuk membuat kain tapis yang indah. Jika menggunakan cara biasa, bisa memakan waktu berminggu-minggu.

Biaya filter ini ditentukan oleh penggunaan kain emas dan perak, usia kain, dan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan prosedur. 

Kain yang diproduksi secara manual atau tradisional mungkin berharga mulai dari tujuh hingga ratusan juta dolar. Kain saring yang dibuat dengan cara modern lebih murah daripada kain yang dibuat dengan tangan.

8. Batik Khas Tanggamus 

batik-tanggamus
credit:instagram@assyafabatik06

Batik Tanggamus, selain kain saring, dibuat dengan kain Kabupaten Tanggamus. Batik Tanggamus menampilkan keunikan motif biota laut, antara lain udang, karang, terumbu karang, dan biota laut lainnya. Batik Tanggamus ini memiliki nilai moneter yang besar karena menggambarkan Indonesia sebagai negara pelaut.

Tema lain dalam batik Tanggamus termasuk motif kampai, yang didasarkan pada tomat mini atau buah ceri, dan motif batik sanggi. Dengan gambar jukung atau perahu khas Lampung, pohon kehidupan, nelayan, dan cadik, batik Sanggi ini memiliki nuansa pantai yang sejuk. 

9. Sarung Khas Tanggamus

sarung-khas-tanggamus
credit:instagram@gallery_sidqi

Pria dan wanita Muslim mengenakan sarung tanggamus saat berdoa, tetapi ada sarung lain yang diproduksi untuk hiasan. Seperti sarung Kabupaten Tanggamus. Sarung Kabupaten Tanggamus baru dirilis pada Juni 2020.

Motif menjadi ciri khas sarung Tanggamus ini. Motif sarung Tanggamus berbentuk belah ketupat, dengan rona pelangi di tengahnya. Warga Kabupaten Tanggamus membuat sarang Tanggamus ini.

10. Gantungan Kunci Siger

gantungan-kunci-siger
credit:instagram@z_n_j_craft

Tugu gajah dan siger merupakan salah satu landmark terkenal di Lampung. Siger adalah mahkota pengantin dengan bentuk segitiga dan tujuh sampai sembilan cabang berwarna emas. Pengrajin membuat souvenir gantungan kunci siger setelah menjadi lambang yang cukup terkenal di Provinsi Lampung.

Salah satunya adalah Tanggamus yang merupakan rumah bagi para perajin yang membuat gantungan kunci siger ini. Jika Anda berkunjung ke Tanggamus, Anda bisa membeli souvenir gantungan kunci siger ini di pusat oleh-oleh atau toko oleh-oleh.

Itulah Daftar 10 Oleh - Oleh Khas Tanggamus Terpopuler. Saran untuk oleh-oleh bertema Tanggamus di atas dapat membantu Anda dalam menentukan oleh-oleh yang akan dibeli untuk kerabat di rumah. 

Sangat penting bahwa Anda merencanakan sebelumnya untuk memastikan bahwa Anda memiliki cukup uang untuk membeli suvenir atau oleh - oleh tersebut. Karena kenang-kenangan merupakan hal yang wajib dimiliki saat mengunjungi tempat baru.

Post a Comment for " Daftar 10 Oleh - Oleh Khas Tanggamus Terpopuler "