Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Lampung-6 (Enam) Tempat Wisata Populer Di Tanggamus Lampung



Wisata Lampung-6 (Enam) Tempat Wisata Populer Di Tanggamus Lampung

Akhir tahun sebentar lagi akan datang, itulah saat di mana kita bisa berlibur setelah selama setahun ini bekerja. Masa liburan akhir tahun adalah saat yang tepat untuk memanjakan diri Anda dan juga keluarga Anda dengan berlibur menikmati indahnya kawasan wisata di Indonesia.

Sebagai referensi Anda, salah satu tujuan wisata yang cukup menarik adalah kawasan wisata lampung yang terletak di ujung selatan pulau Sumatra. Provinsi Lampung memang memiliki banyak sekali kawasan wisata baik wisata alam, wisata pantai, wisata keluarga, wisata kuliner, wisata edukasi dan sebagainya.

Slah satu kabupaten di provinsi Lampung yang memiliki cukup banyak obyek wisata adalah kabupaten Tanggamus. Dan berikut ini media travelling akan membagikan artikel tentang Wisata Lampung-6 (Enam) Tempat Wisata Populer Di Tanggamus Lampung. 

Keenam obyek wisata populer di Tanggamus tersebut antara lain :

1. GUNUNG TANGGAMUS

Wisata Lampung-6 (Enam) Tempat Wisata Populer Di Tanggamus Lampung

Gunung Tanggamus merupakan salah satu gunung tertinggi di provinsi Lampung selain gunung Pesagi. Gunung Tanggamus memiliki ketinggian 1.102 mdpl, dengan pemandangan di bagian puncaknya yang indah ketika pagi dan sore hari tiba. Saat itu lembah Gunung Tanggamus akan tertutup oleh kabut putih yang tebal sehingga membuat para wisatawan yang berada di puncaknya serasa berada di negeri atas awan.

Gunung Tanggamus memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan mempesona. Dari salah satu sisi punggung gunung tersebut  kita bisa menikmati keindahan Teluk Semangka di kejauhan. Teluk Semangka merupakan teluk terbesar dan terdalam yang ada di provinsi Lampung. Dari atas gunung tersebut kita dapat melihat kapal-kapal nelayan yang tengah melaut atau kapal super tanker (tanker raksasa) pengangkut minyak bumi yang sedang lego jangkar. 

Setiap akhir pekan yakni di hari Sabtu dan Minggu banyak pendaki yang naik ke gunung Tanggamus untuk bermalam di sana dan menikmati kesejukannya di esok paginya. Di gunung Tanggamus terdapat satu basecamp yang menjadi favorit para pendaki yakni base camp Sonokeling.

Base camp Sonokeling tersebut berada pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Base camp ini berada di kawasan hutan sonokeling yang ditanam oleh Dinas Kehutanan Provinsi Lampung 45 tahun lalu. Di base camp ini para pendaki biasa menggelar tenda - tenda perkemahan. Tempat ini bisa di capai setelah kurang lebih lebih 2 jam perjalanan mendaki. 

Jalur pendakian yang paling umum  di gunakan oleh para pendaki adalah melalui Desa Tanggamus. Desa ini tepat berada di kaki gunung Tanggamus. Desa Tanggamus secara administratif masuk kedalam wilayah Kecamatan Gisting. Untuk menuju ke desa tersebut maka kita harus menggunakan sarana  ojek dari Pasar Gisting.

Kaki Gunung Tanggamus sendiri terletak di tiga kecamatan, yakni kecamatan Kotaagung, Gisting, dan Ulubelu. Di bagian punggung gunung Tanggamus  yang berada di wilayah Kecamatan Ulubelu tersimpan sumber energ panas bumi yang belum dikelola oleh pemerintah.

Jika Anda dan keluarga menyukai wisata petualangan maka mendaki ke gunung Tanggamus bisa menjadi salah satu alternatif wisata yang cukup menarik.

Temukan di Google Map

2. PANTAI SAWMILL

Wisata Lampung-6 (Enam) Tempat Wisata Populer Di Tanggamus Lampung
image: wisato.id

Pantai Sawmill adalah salah satu pantai yang terletak di teluk Semangka, tepatnya di Pekon (Desa) Karang Anyar Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus. Oleh masyarakat di sana pantai Sawmill ini di sebut juga dengan nama pantai Sumil. Dari pantai ini maka Anda akan melihat gugusan pegunungan bukit barisan di sebelah barat, sementara di sisi sebelah timur dari pantai ini Anda dapat melihat pemandangan gunung Tanggamus yang memepesona.

Jika Anda datang dari arah pusat kota Bandar Lampung maka jarak tempuh yang harus Anda lalui sekitar 113 KM yang bisa Anda tempuh selama 3 jam. Setelah Anda tiba di Pasar Wonosobo anda masuk ke arah kiri. Dari pasar tersebut jaraknya hanya tinggal 2 km saja. Untuk rutenya sendiri yakni Bandar Lampung ===> Pringsewu ===> Wonosobo ===> Pantai Sawmil.

Jika Anda memilih untuk menggunakan transportasi umum, maka Anda bisa menggunakan bus tujuan ke Kota Agung atau Pesisir Barat dari Terminal Bus Rajabasa Bandar Lampung. Kemudian ketika anda sampai di Pasar Wonosobo, anda bisa turun untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke pantai Sawmill dengan menaiki ojek yang ada di pasar tersebut.

Alternatif yang lain, jika anda berangkat dari Bandara Raden Intan, maka Anda bisa menaiki bus rute Raden Intan – Pesisir Barat. Bus tersebut biasanya berangkat pukul 11:00 WIB dari bandara Raden Intan tersebut. 

Ketika Anda sampai di Pantai Sawmil ini, maka Anda akan disambut dengan pasir cokelat yang terhampar sangat luas. Ombak dan laut pantai ini cukup berbeda dengan pantai-pantai lain di Kota Agung. Pantai Sawmill ini sejatinya merupakan pantai bekas pabrik penggergajian kayu. Kemudian pabrik tersebut sudah tidak beroperasi lagi dan pantai pun sering dijadikan sebagai tempat untuk berwisata oleh masyarakat sekitar khususnya Kecamatan Wonosobo dan Kota Agung.

Beberapa Hal Yang Anda Bisa Nikmati Di Pantai Sawmill, Antara Lain :
  • Keindahan Sunrise di pagi hari
  • Keindahan Sunset di sore hari
  • Pemandangan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan
  • Pemandangan gunung Tanggamus di Kejauhan
  • Spot berfoto dengan latar gunung Tanggamus sebagai background

Ombak di pantai ini relatif kecil sehingga sangat aman bagi anak - anak Anda. Pantai ini sangat cocok untuk liburan bersama dengan seluruh anggota keluarga Anda.

Informasi Seputar Pantai Sawmill

Waktu Operasional
  • Senin - Minggu : Jam 04.30 Wib - Jam 23.30 Wib
  • Harga Tiket Masuk : Gratis
Alamat lengkap : Jl. Raya Pekon Karang Anyar, Karang Anyar, Wonosobo, Kabupaten Tanggamus, Lampung

Temukan di Google Map


3. CURUG JARUM LEBUAY

Wisata Lampung-6 (Enam) Tempat Wisata Populer Di Tanggamus Lampung

Di Kabupaten Tanggamus terdapat dua buah air terjun yakni Air Terjun Way Lalaan dan Curug Jarum Lebuay. Jika di bandingkan dengan Curug Jarum Lebuay maka Air Terjun Way Lalaan telah lebih dahulu populer karena telah di kenal luas sejak zaman penjajahan Belanda. Air Terjun di Curug JarumLebuay ini juga di kenal dengan nama Air Terjun Dua Rupa karena aliran airnya berubah menjadi dua aliran yang berdampingan ketika musim hujan tiba.

Curug Jarum Lebuay terletak di pekon (Desa) Lebuay Datar, kecamatan Air Naningan Kbupaten Tanggamus. Air terjun ini memiliki debit air yang sangat berlimpah meskipun ketika sedang  musim kemarau. Yang membedakan adalah ketika sedang musim kemarau maka  aliran air terjun ini hanya satu. Di bawah air terjun  terdapat gua kecil dan juga kolam yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk mandi dan berenang. Namun demikian, para pengunjung harus tetap berhati-hati jika berenang di sana karena banyak batu - batuan yang cukup terjal.

Informasi Seputar Pantai Curug Jarum Lebuay

Waktu Operasional
  • Senin - Minggu : -
  • Harga Tiket Masuk : -
Alamat lengkap : Datar Lebuay, Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung 35679

Temukan di Google Map

4. KAWAH BELERANG BUKIT PAGAR ALAM

Wisata Lampung-6 (Enam) Tempat Wisata Populer Di Tanggamus Lampung
image:suara1996.blogspot.com

Kawasan Kawah Belerang Bukit Pagar Alam berada di kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus. Kawasan tersebut merupakan kawasan HydroThermal atau panas bumi yang bisa di lihat dengan munculnya asap belerang yang cukup menyengat. Namun sayangnya potensi panas bumi tersebut belum sepenuhnya di eksplorasi oleh pemerintah.

Alamat lengkap : Pagaralam Ulubelu, Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Lampung 35387

Temukan di Google Map

5. PANTAI KARANG BEBAI

Wisata Lampung-6 (Enam) Tempat Wisata Populer Di Tanggamus Lampung
image: lampung.co

Pantai Karang Bebai merupakan salah satu obyek wisata yang cukup populer di Kabupaten Tanggamus Lampung. Pantai Karang Bebai sering di sebut orang sebagai miniaturnya pantai gigi hiu  karena pemandangan yang dihadirkan hampir sama yaitu kawasan pantai yang terdiri dari batuan - batuan karang dengan bentuk yang meruncing sehingga terlihat unik dan menarik.

Pantai Karang Bebai berlokasi di Pekon (Desa) Tengor, Kecamatan Cukuh Balak Kabupaten Tanggamus Lampung. Jika Anda berangkat dari pusat kota Bandar Lampung maka Jarak yang harus di tempuh sekitar 90 KM untuk bisa sampai ke lokasi pantai Karang Bebai tersebut.

Pantai Karang Bebai ini menyimpan banyak sekali potensi untuk di kembangkan lagi, namun sayangnya keindahan dari pantai ini masih belum dikelola dengan baik. Wisatawan yang datang berkunjung hanya akan disuguhi dengan apa yang diberikan oleh alam tanpa ada satupun fasilitas. Bahkan jalan untuk menuju ke lokasi wisatapun terbilang sulit dan hanya dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi.

Namun Semua itu rasanya terbayar lunas setelah sampai ke lokasi pantai karena ternyata pantai Karang Bebai sangat Indah dan Instagramable. Banyak sekali spot berphoto yang menarik dan sangat menantang di pantai ini.

Alamat lengkap : Tengor, Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus, Lampung

Temukan di Google Map

6. PANTAI MULANG SAYANG

Wisata Lampung-6 (Enam) Tempat Wisata Populer Di Tanggamus Lampung
image: wisato.id

Kondisi pantai Mulang Sayang ini masih sangat alami karena memang masih jarang di datangi oleh wisatawan. Lokasi pantai ini berada di Desa Way Nipah Kecamatan Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus Lampung. Di kawasan pantai Mulang Sayang ini maka Anda akan melihat pemandangan yang eksotis lewat barisan pohon-pohon kelapa yang memagari sepanjang pinggiran pantai tersebut. Ombak yang tenang membuat pantai Mulang Sayang terasa mengasyikkan untuk dipakai mandi dan berenang. kontur pantainya sendiri terbilang cukup landai dan sangat aman.

Jika Anda berkunjung ke pantai ini sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman yang cukup karena di pantai ini belum ada penjual atau warung yang menjual makanan dan minuman seperti di pantai - pantai yang lain.

Alamat lengkap : Way Nipah, Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus, Lampung 35382

Temukan di Google Map

Demikianlah ulasan artikel tentang Wisata Lampung-6 (Enam) Tempat Wisata Populer Di Tanggamus Lampung. Semoga artikel ini bisa menambah referensi Anda.

Post a Comment for "Wisata Lampung-6 (Enam) Tempat Wisata Populer Di Tanggamus Lampung"